Panik menyerang SF hari Rabu kemaren… sepulang servisin Jeng Erti buat persiapan lebaran lah kok disambut oleh bunyi meteran listrik yang menandakan pulsa listrik pascabayar hampir habis. Segera samber HP dan niat beli pulsa listrik via mandiri online… yang bikin panik bukan proses belinya karena dah rutin dilakukan. Tapi keluar warning jika pembelian tidak dapat dilakukan karena telah melebihi limit KWH ! Awalnya, SF kira ada masalah sama sistem online banking… 

Coba SF kontak kenalan SF yg jualan pulsa listrik… eh sama juga transaksi gagal. SF putuskan untuk telp PLN dan menanyakan perihal ini. Ternyata….! Dibulan ini SF dah dinyatakan telah membeli pulsa listrik 5 x 500rb ! Dan ini terjadi di tanggal yang sama. Hanya beda menit…! Tepatnya tanggal 9 Mei. Pihak PLN menyebutkan berapa saja nomer token yang telah dikeluarkan untuk SF , SF catat saja pada selembar kertas. Selanjutnya SF diminta CS PLN untuk menghubungi mandiri untuk menyelesaikan masalah ini. 

Saya teringat, tanggal 9 Mei itu SF memang beberapa kali transaksi beli pulsa via mandiri online. Beberapa kali transaksi gagal tanpa sebab yang jelas. Saat itu SF yang sedang dinas sempat screenshot notifikasi mandiri untuk dikirim kebunda yang menunggu dengan segera kiriman pulsa listrik. 

Setelah beberapa kali usaha akhirnya pembelian pulsa berhasil, dan SF mendapat notifikasi nomer tomen yang harus diisi di meteran listrik. 

HARI ITU HANYA ADA 1 NOTIFIKASI PEMBELIAN TOKEN LISTRIK YANG BERHASIL !. ini screenshotnya :

Ini jelas salah mandiri , malah saya yang disuruh kesono… permasalahan jelas, data nasabah jelas, waktu kejadian jelas, pengaduan saya jelasnya juga direkam mandiri… lah kok saya yang disuruh kesana … ampun dah.

Saya putuskan telp PLN lagi untuk minta kepastian, untung saja ada jawaban yang sedikit bikin lega… token PLN yang sudah dibeli tidak ada expire datenya. Jadi bisa dipakai kapan saja… namun sayangnya token hanya bisa diisi di meteran listrik rumah yang saya tinggali, ga bisa dipakai ditempat lain. Slamet…slamet tokennya masih bisa dipakai… jadinya SF punya tabungan listrik untuk beberapa bulan kedepan. Masalahnya kalau SF pindah dinas sewaktu-waktu… kudu pindah rumah. Token listrik ini ga bisa dipakai… 
Pelajaran yang dapat diambil… meski transaksi perbankan online dinyatakan gagal , anda harus tetap meyakinkan transaksi itu, bisa cek saldo , dan cek transaksi terakhir. Lebih mantebnya hubungi CS banknya. 

Dah pada tau fidget spinner? Belum….? Ahhh ga gaul brarti…. he3… asline SF sendiri malah baru tau dari Faiz kok….  tiap hari nggremeng minta fidget spinner. Pas kebetulan juga rekan kerja  juga ada yang belikan buat anaknya…. dia beli 150rb, Saya belikan Faiz yang 50rb sajah.. pokoke berat, jadi Faiz ga tau klo harganya murah πŸ™ƒ 

Lah kok pas dibawa pulang , Faiz protes… “kok goyang goyang Pa…. muternya juga ga lama… di youtube bisa 3 menit lebih…. ” Faiz minta dibelikan lagi yang bagus…  (modiar …. kudu beli lagi dah yang agak mahalan :mrgreen: )

Googling sana sini , salah satu penyebab spinner ga bisa muter lama karena bearing jelek. Ya wis SF belikan bearing R188 secara online… eh ya ada 3 tipe bearing fidget spinner, yg SF tau 608,606 dan R188…. yang paling kecil R188 sekitar 12mm diameter luarnya. Belinya di topfidgetspinner harganya 39rb. 

Sebelum upgrade bearing


Selanjutnya proses Bongkar bearingnya… tinggal puter tutup bearing (caps) dan bearing tinggal di ketok kearah luar, agak maksa sih. Nah saat bearing baru dipasang lah kok bearing agak geser geser saat tutup bearing di tekan… solusinya bearing baru dikasih double tape tipis disisi luar… setelah itu masukkan kelubang bearing, memang agak susah :lol …. SF pasang dulu penutup bearing lantas SF tekan bearingnya agar masuk…. rapetin capsnya , langsung diputer… 

Setelah upgrade bearing r188


krasa langsung bedanya…. putaran halus, suara dan getaran berkurang drastis…  saatnya tes… 

Kali ini Fidget spinner menghasilkan putaran jauh lebih lama … hampir 3 X lipat standarnya….
 tepatnya jadi 3 menit ! Lumayan lah menyiasati agar ga perlu belikan fidget spinner baru buat Faiz… SF yakin kalau fidget spinner ini kualitasnya lebih presisi (balance) pasti bisa lebih… 

Memang Bener Faiz ga minta dibelikan baru, tapi adiknya jadi pengen…papanya juga πŸ˜† jadi beli lagi 2 biji…. hmmm gara2 Faiz , SF jadi makin penasaran :mrgreen

Kiri 4m2dtk, tengah 1m40dtk, kanan ori 1m5dtk, upgrade jadi 3m 0dtk


Oktober 2016 lalu Popeng berumur 3bln. Saat itu SF selamatkan dia dari breeder dengan uang seadanya didompet (seharga persia medium). Tak terhitung berapa kali kedokter.

Umur 7 bulan besarnya dah menyamai michel seekor kucing persia himalayan dewasa yang telah dikebiri ( kucing dikebiri, biasanya lebih besar) 

Sekarang umurnya sudah 10 bulan , dah berat banget digendong. Besarnya melebihi Michel yang sudah mentok pertumbuhannya. 

Sekarang bunda sering kewalahan kalau gendong


Lah makannya ga karuan… kebetulan Popeng cocok banget sama equilibrium merah. Vitamin juga doyan… bisa melar kalau ga disuruh diet. 

Hobinya aneh aneh , mulai ngobok akuarium, nonton animal planet,main boneka, setiap saat ngusilin michel

 klo BAB agak dodol… dianya masuk bak pasir, eh BABnya malah diluar bak pasir πŸ’©πŸ˜Ή

Artikel terkait kucing :

http://smartf41z.com/2017/02/12/begini-kondisi-kucing-persia-yang-dulu-kena-kutu-dan-jamur-parah/
http://smartf41z.com/2017/05/19/kucing-yang-dulu-pernah-kelindes-mobil-2-kali-keguguran-dan-sekarang-punya-anak-angkat/
http://smartf41z.com/2017/03/18/tips-memilih-kucing-persia-soal-selera-karakter-dan-biaya/
http://smartf41z.com/2015/10/13/perubahan-kucing-setelah-di-kebiri/ 
http://smartf41z.com/2015/07/01/ngeri-ada-juga-manusia-yang-tega-menyiksa-dan-membunuh-ratusan-kucing/
http://smartf41z.com/2015/06/03/kucing-himalayan-bulu-setebal-persia-sifat-lebih-aktif/

Kebahagiaan menjadi seorang ibu mungkin dialami oleh mong-mong. Mong2 Beberapa bulan lalu sempat terlindas mobil didepan mata SF. Saat SF bawa ke dokter hewan, mong2 yang sedang hamil ini hampir tidak ada kemungkinan selamat… (kisah selengkapnya baca disini )

Alhamdulillah Mong2 masih diberi kesempatan hidup. Namun entah karena ada kelainan didalam rahimnya, 2 kali hamil dan 2 kali juga keguguran (bayi kucing lahir mati)

Sewaktu bundafaiz belanja ke abang sayur, dia melihat sepasang bayi kucing yang masih belum bisa berjalan ditaruh dikotak sepatu. Sepertinya dia dibuang seseorang … (bukan dibuang ini mah… tepatnya dibunuh!!! , belum bisa jalan kok dah dibuang). Setelah tanya ke abang sayur, Bunda yakin kalau anak kucing ini tidak ada induknya. Abang sayur yang biasa nongkrong ditempat itu juga memastikan anak2 kucing itu tidak ada induknya… ada kemungkinan dia dilahirkan di suatu tempat, tapi karena bersuara terus, saat induknya cari makan , sia disingkirkan oleh seseorang .

Bunda dah pengalaman miara bayi kucing. Untuk menyelamatkan 2 bayi kucing ini , Bunda membawanya pulang… rencana dikenalkan ke Mong2 yang ga sempat menyusui karena anaknya lahir mati. Kalau Mong2 nolak terpaksa dibelikan susu dan disuapin pakai kapas.

Awalnya Mong2 nolak keberadaan 2 bayi kucing ini (yg selanjutnya dikasih nama Mimi,Mumu) . Tapi karena paksaan BundaFaiz, Mong2 nyerah juga berontak , dan mau menyusui Mimi dan Mumu. Lambat laut Mong2 justeu menjilati bayi kucing tersebut… tandanya dah sayang sama mimi-mumu. 

Michel dan Popeng yang penasaran dan mendekati bayi kucing langsung diusir Mong2… meski Michel dan Popeng ukurannya 2x lebih besar, tetep saja  jiper sama emak2 klo lagi ngamuk… πŸ˜† 

Kucing segedhe ini takut sama emak emak klo lagi ngamuk

Terlihat sekali Mong2 begitu menyayangi  dan ingin melindungi ke2 anak angkatnya… 

Keesokan harinya ada keanehan lagi…. anak angkatnya Mong2 bertambah 1 lagi. ..Entah dari mana asalnya… kucing yang baru ini dah agak besar dan sudah bisa berjalan…. 

Hlahhh anaknya sapa lagi ini…. πŸ˜‚

Semoga saja happy ending… hamil ditinggal pacarnya- kelindes mobil hampir mati – keguguran 2 kali – punya anak angkat 3 …. sapa tau nanti Michel atau Popeng mau jadi pangerannya πŸ˜† 

#sinetron dunia perkucingan


Beberapa fitur motor lawas dianggap nambah biaya beberapa lagi dianggap merusak estetika , karena itu beberapa fitur motor lawas dihilangkan pada motor sekarang. Apa saja itu?

1. Tutup rantai full. Yang paling SF inget saat itu adalah honda prima dan honda grand milik ortu. Cover rantainya full menutupi gir dan rantai. Rantai jadi bersih dan awet. Tapi sering bertambahnya usia seringkali cover ini bergesekan dengan rantai/gir sehingga menimbulkan bunyi. apalagi kalau pernah kecelakaan, penyok semua deh cover dari plat ini. Untuk mengintip kondisi ketegangan rantai dan melumasi rantai ada lubang yang bisa dibuka tutup.

2. Bunyi sein. Yamaha alfa dan beberapa motor bebek lawas, kalau pas sein keluarkan bunyi tit…tit…tit… berguna agar pengendara sekitar waspada atas pergerakan kita. Hmm fitur ini sepertinya perlu dihidupkan lagi terutama untuk emak2…. tenang jaman sekarang masih ada yang jual modul flasher yang bisa keluarkan bunyi.

3. Rak dengan jepitan di atas spakbor depan , nah ini dulu ada diastrea 800 milik sodara. Lumayan buat jepit buku atau semacamnya yang tipis tipis. 

4. Shock depan gas. Motor SF dulu GL Max depannya ada pentilnya loh… πŸ™‚ klo ingin ngerasin shock tinggal nambah gas, bikin empuk tinggal kurangin gas. Klo ga salah RZR (ato RXZ) ada juga ginian.

5. Shock belakang adjustable dengan pengoperasian yang mudah. Nah honda prima ada loh fitur ini pada shock belakang. Tinggal geser2 tuas. Beberapa motor sport sekarang adjustable juga tapi repot kudu pake kunci khusus

6. Headlamp kaca tebal, reflektor logam. Awet dah headlamp depannya… kalau sekarang mika plastik bening reflektor juga plastik yang di chrome.

7. Kick stater… kalau dulu setiap motor ada.. nah sekarang mulai diilangkan loh… sport CC besar, sport fairing, sampai Nmax ikutan ilangin fitur ini. Kedepannya jangan kaget klo tiba-tiba motor baru ga ada kick staternya.

8. Saklar lampu motor jadul untuk mengatur masing-masing kerja lampu senja, lampu dekat dan jauh. Motor sekarang lampu otomatis nyala saat mesin motor nyala. Saklar cuma untuk lampu dekat dan jauh.

9. Motor lawas yang laku dijual adalah versi spoke wheel, sekarang kebalikan versi spoke wheel malah ga laku. Motor baru rata2 ga menyediakan versi spoke wheel kecuali jenis adventure dan bebek versi terendah.

10. Rem depan tromol? Hayo ada ga motor sekarang yang rem depannya tromol

11. Injekan perseneling motor dulu 2 arah untuk nambah dan ngurangi gigi. Sekarang yang pake cuma motor bebek. Motor sport sekarang pindah gigi pake injek cungkil (1 sisi depan saja)… merusak sepatu dan ga ramah bagi pengendara bersendal :mrgreen:

12. Motor lawas pake karburator. Gampang settingnya. Sekarang pake injeksi makin tergantung sama bengkel dah.

Hmmm apalagi yak?… monggo kalau ada yang nambahin

Tikus termasuk musuh besar kendaraan yang diparkir digarasi rumah yang terbuka. Suzuki Spin milik bunda dah pernah jadi korban sampai ga bisa dinyalakan. 

Nah kesialan terakhir dialami oleh ertiga GX milik SF. Malam itu SF rencana pakai ertiga bersama rombongan mancing ke daerah tanjung pakis karawang. Sehabis Maghrib SF berencana isi bensin sekalian cek tekanan angin Ertiga.

Saat mesin dinyalakan SF merasa ada yang tidak normal… kok mobil terasa bergetar ya… SF nekat saja melaju. Saat pedal gas dilepas makin terasa keanehannya , mobil seakan mau mati .. tapi kemudian bergetar dan RPM naik lagi (ga jadi mati) berulang ulang seperti itu… laju mobil terasa tersendat-sendat… suaranya seperti angkot jadul yang tidak terawat. Orang bilang jalannya “pincang” . SF dulu pernah merasakan ini pada suzuki carry jadul milik ortu… ternyata saat itu busi mati sebiji. 

Begitu intip speedometer ertiga baru sadar jika lampu indiktor check engine nyala… keanehan lainnya indikator pada MID bagian trip meter/konsumsi bbm tereset jadi nihil /garis dua (–) . (Mohon maaf saat itu SF ga bawa HP karena dicash dirumah untuk keperluan mancing dilaut seharian malam nanti, jadi ga ada foto foto.)

Maaf speedo nyomot di google lantas diedit

Agak panik juga… malam nanti mobil mau dipakai luar kota lah kok bermasalah. SF putuskan ke montir serba bisa di kompleks perumahan SF… mulai motor, genset, mesin air, mobil ditangani semua oleh Opung ini… 

Opung langsung buka kap mesin , berbekal senter dari HPnya beliau mencari keanehan pada mesin ertiga… ” nah ketemu masalahnya,” sambil menunjuk sepasang kabel yang bermasalah. 1 selongsong kabel yang didalamnya terdiri dari 2 kabel. 1 kabel putus dan 1 lagi terkelupas. “Pasti ini sebabnya” 

Opung sendiri kurang tau kabel apaan ini, karena ga pernah garap ertiga (biasa mobil2 lama) , “kabel injeksi kali” jawab dia sekenanya πŸ˜† ada yang tau kabel apakah yang berada si bagian belakang atas blok mesin deket dip stick (ada 4 soket kabel, 1 soketnya di camil tikus) , Saya mengira ignition coil… CMIIW?

Sayangnya putusnya kabel dibagian pangkal soket , jadi susah nyambung kabelnya. Soket dilepas dari dudukannya agar mudah sambung kabelnya. Awalnya Opung berusaha cungkil-cungkil agar logam tembaga didalam soket mau nongol, tapi gagal… Akhirnya Opung pake cara barbar  πŸ˜† , soket dikikis pake cutter agar logam konektornya keliatan. Kemudian di solder dengan potongan kabel baru. Setelah lolos uji kekuatan solderan , baru di isolasi.

Setelah kabel disambung dengan bawaan ertiga dan soket dicolokkan kembali, ertiga kembali menyala normal…alhamdulillah….  πŸ™‚  display MiD bagian konsumsi bensin/tripmeter muncul kembali …. 

tapi …. indikator check engine masih menyala…. alamakkk! Pusing lagi Opung mencari-cari masalahnya. Sampai akhirnya Opung menyerah… “mending  dibawa ke bengkel resmi saja Pak mungkin injeksinya (ECU maksudnya ) perlu di reset .” 

“Klo soal ini gampang”  , jawab SF sok tau :mrgreen: .  Copot saja kabel akinya selama beberapa menit …. Opung manut saja ucapan asal asalan dari SF. 

5 menit kemudian kabel aki di pasang kembali, dan mobil dinyalakan… voilahhh ! Indikator check engine dah ilang…. ! πŸ‘

Tapi jam pada MID jadi ter reset. Tombol audio pada setir ertiga jadi ga berfungsi… jadinya kudu dikalibrasi ulang deh…. utak atik sendiri 5 menit beres dah….

Jiahh… waktu istirahat sebelum begadang mancing , malah dipakai benerin mobil… GPP dah semoga pelajaran ini berguna bagi yang lain… untung saja mancing malam itu sukses besar… berhasil menyelamatkan 8 ekor tenggiri yang tenggelam πŸ™‚

Nb : klo ada mobil baru gress, atau mobil mewah mogok atau bahkan sampai terbakar… ada kemungkinan gara-gara tikus bikin korslet kabel… jangan dibully karena tikus juga bisa mengisengi mobil anda… πŸ™‚ . Tetangga saya pengguna freed pernah mengalami kasus mobil mogok gara2 kabel digigit tikus sampai diderek segala 

Mobil yang berumur 4 tahun dengan jarak tempuh yang cuma 26rban ini. Hampir tidak mengalami kendala berarti…  kecuali brebet karena kabel digigit tikus, dan masalah terakhir kmaren masalah pintu belakang yang lemah per hidrolisnya. Saat handel pintu belakang di buka pintu ga mau naik…otomatis kalau keluar masukkan barang kudu disangga kepala… kalau ga gitu pintunya turun…

Ini yang ingin SF bahas hari ini… 

awalnya SF pergi ke 2 tempat servis shock mobil, karena SF pikir bisa di servis. Ternyata ga bisa… kudu ganti. 

SF segera meluncur ke toko sparepart terdekat… 


Pagi itu belum genap jam 8 hanya beberapa toko yang buka… SF coba mampir ke 1 toko yang kliatan kumplit… setelah nyocokin  pricelist suzuki (klo ga salah namanya balancer comp, back door). dia jawab 800 rban untuk yang ori…belum sempat SF konfirm  seller nambahi itu harga sebiji !… “sepasang kena 1,6 jt donk…! ” tanya SF terkaget… (bener juga SF cek di web eparts.suzuki.co.id @rp.842.700)

Sellernya mesem saja…. “iya pak masih saya diskon nanti… tapi sayang pake yang Ori.. mending pasang yang universal Taiwan.” Harga yang ditawarkan 230rb SEPASANG!!! huwik bagai langit dan bumi perbandingannya! Tapi katanya, kudu pasang dibengkel khusus karena ga PNP. SF serahin ke bengkel rekomendasi dia …. setelah nego harga per hidrolis pintu KW kena 220 dan ongkos pasang cuma 50rb!
Pengerjaannya gampang2 susah… karena dudukan beda dengan bawaan ertiga… gampang kalau tau caranya,susah kalau nebak nebak…. πŸ™‚ 

jadinya dudukan/braket besi hidrolis bawaan ertiga dicopot dan dipasang ke hidrolis baru

Setelah terpasang… pintu belakang langsung Njengat… ! πŸ˜†

Karena ini bukan blog yang bahas politik… SF bahas dari sisi lain ya… yakni soal kerak lilin yang berbahaya bagi pengguna jalan.

Kerak lilin sampai di jalan aspal. Sumber : http://www.riauonline.co.id

Kerak lilin yang ditinggalkan begitu saja dalam aksi 1000 lilin untuk NKRI di Riau jelasnya mengganggu pemandangan dengan mengotori trotoar-trotoar tempat aksi berlangsung, kerak tersebut sangat susah dibersihkan kalau terlanjur nempel di aspal../trotoar. Kalau sudah dikerok pun bikin masalah baru…. lilin sangat mudah terbakar… kalau di pool sembarangan jelas beresiko kebakaran… 

bukan hanya itu… kerak lilin juga sangat beresiko mengancam keselamatan pengguna jalan. Karena sifatnya licin jika sudah melapisi permukaan trotoar (aspal) 

Jadi bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya yang melewati lokasi lokasi tempat aksi 1000 lilin bagi NKRI harap lebih waspada.

Monggo saja ikut aksi 1000 lilin untuk NKRI jika tujuannya baik… berdoa biar Indonesia lebih baik, berdoa agar ga ada perpecahan antar agama, berdoa agar pimpinan bangsa ga korupsi dan jadi panutan bagi masyarakatnya. Tapi jangan pakai cara radikal, udah tau mengotori lingkungan masih saja cuek, ditinggal begitu saja. Cinta Indonesianya dimana…. ?  Kota-kota yang akan adakan aksi serupa jangan kaya gini ya…. 

Sumber : timeline FB

Untuk mensiasatinya , panitia bisa melarang peserta menempelkan lilin ke aspal/trotiar… bisa juga pakai gelas/wadah lain agar lilin ga netes kemana-mana. Kalau sayang kelasnya ya monggo dibawa pulang lagi. Jangan sampai lelehan lilin mengotori lingkungan…. ingat kebersihan adalah sebagian dari Iman.

Satu lagi… untuk disposal sisa sisa lilin mungkin bisa kerja sama dengan pengepul … kan bisa diolah lagi. 

Jengkel banget saat mau memakai lem G/lem korea ternyata sudah kering membatu. Padahal baru sekali dipakai dan isinya masih buanyak. Untuk itu kali ini SF share cara bikin Lem G/ korea (istilah di Jakarta) awet tidak mudah mengering. Caranya simpel banget… beberapa pembaca mungkin sudah biasa mempraktekkan… 


Modalnya cukup sobekan tas plastik/kresek. Saat selesai digunakan… buka tutup corong pada lem korea… tutup permukaan badan lem dengan potongan plastik yang di double 2, lantas pasang kembali tutup corong lem korea menjepit potongan plastik tadi…. eh ya kelupaan… sebelum tutup corong dipasang kembali ke badan/botol lem , tiup dulu corong plastik setelah terpakai agar sisa lem ga mengering menutupi corong. Hari hati ya… kalau belepotan bisa2 nempel bibir πŸ™‚


InsyaAllah lem korea akan awet… pengalaman SF , sebulan setelah pemakaian pertama , lem korea didalam botol masih cair 

Memang susah jadi rakyat kecil… Susah cari uang dengan cara halal. Berikut curhatan penjual mie ayam langganan SF. Sebut saja Udin…


Udin datang dari Jawa beberapa tahun silam untuk jualan mie ayam. Dia memilih lokasi deket kompleks pendidikan militer. Bukan jalan utama jadi ga rame rame amat… ga ada yang namanya macet didaerah ini. Setiap bulan Udin menyetor beberapa ratus ribu sebagai uang keamanan/sewa lokasi dipinggir jalan ini kepada pihak tertentu.

Keberadaan Udin sangat dibutuhkan oleh pekerja yang kebetulan lewat daerah situ… mulai sopir angkot, karyawan swasta, sampai PNS seperti SF jadi langganan mie ayam ini.

Beberapa hari lalu SF dicurhati Udin yang apes kena operasi satpol PP… entah kenapa operasi ini ga seperti operasi Satpol PP pada umumnya, atau memang ini cara baru ya? Petugas patroli Satpol PP turun dari mobil , meminta Identitas Udin dan mencatatnya, lantas petugas meyerahkan selembar surat undangan sidang esok harinya… kata Petugas : “Bapak telah melanggar aturan tidak boleh berdagang di atas saluran air/got. Karena itu besok bapak harus ikut sidang.” 

Udin sempat protes karena tiap bulan sudah setor uang keamanan, dan merasa lapaknya ga merugikan siapapun, Ga bikin macet, ga bikin kotor, ga mengganggu pejalan kaki…petugas menjawab dengan tegas…” aturannya memang ga boleh,  kalau mau protes nanti pas sidang saja. ”

Bukan hanya penjual mie ayam ini saja yang kena, 2 lapak sebelahnya juga dikasih surat Cinta oleh satpol.

Beberapa hari kemudian saat SF sarapan diwarung yang sama. Seperti biasa  Udin penjual mie ngajakin ngobrol… kali ini dia kembali curhat… “Kenapa ya…Pemerintah kok malah menyusahkan rakyat kecil , usaha halal dipersulit… lah kalau usahanya mati trus jadi maling/begal gimana?” Kalau saya memang mengganggu lalu lintas , atau bikin kotor , saya ikhlas di denda atau sekalian diangkut gerobak saya” ini kan jalan sepi ga ada macet.., karyawan- karyawan dan warga sini juga butuh orang jualan kaya saya. Susah kalau sekarang pemda juga minta jatah?” Sebelum SF tanya maksudnya, Udin lantas menceritakan pengalaman menghadiri sidang kemaren. Sebelum memasuki ruang sidang , Udin di briefing  seseorang (menurutnya petugas satpol pp), disuruh ngaku baru jualan, jangan banyak protes biar dendanya ga mahal. Waktu sidang oleh hakimnya ditanyain dan dikasih tau salahnya apa… lantas ketok palu… bayar denda 200rb. Sidang memang bentar tapi antri… jadinya hari itu ga bisa jualan. 

“Kalau sering kaya gini… ga bisa jualan saya… rugi bandar… kalau saya naikkan harganya pelanggan bakal pergi…. ” kata Udin sembari menahan emosi….

Dalam pekerjaan apapun memang selalu ada aturan… bahkan kerjaan SF sendiri ada hubungannya dengan penegakan aturan… tapi SF juga manusia… susah melupakan sisi kemanusiaan… 


Pemerintah Indonesia belum bisa menjamin dan memberikan lapangan pekerjaan bagi seluruh warganya… janganlah mempersulit usaha rakyat kecil… kalau memang jelas lapaknya ga ganggu lalu lintas, ga merugikan pengguna jalan, ga bikin kotor, bahkan keberadaannya dibutuhkan oleh warga yang ingin sarapan murah meriah.. kenapa sampai dipersulit…? Dia punya keluarga dirumah yang kudu dihidupi… 

Tapi entahlah.. mungkin pembaca blog ini punya opini berbeda….