Motor Sport Tanpa Kick Stater dan Standar Tengah Nyusahin Buat Harian.

Sebelum memutuskan meminang si “bolot” (ninja kesayangan), hal utama yang menjadi pertimbangan adalah absennya kick stater dan standard tengah.  Setelah googling sana- sini motor sport 250 cc keatas memang mayoritas ga pake fitur ini. Menutut hemat saya, 2 fitur ini sangat penting  apalagi untuk motor harian yang harus tahan banting dan selalu siap pakai setiap saat. Saya sendiri orangnya sangat gemar otak- atik motor sendiri. Paling males klo disuruh kebengkel apalagi kalo sampe antri.

Ketiadaan standar tengah sangat menyusahkan saat mau bongkar pasang roda depan dan belakang. Bayangin aja kalo motor kena paku gedhe dan ketahuan pas dirumah, sedangkan rumah penulis sendiri jauh dari tukang tambal ban. Klo harus dorong motor yang segedhe itu Ogah banget! Selain berat, juga tengsin juga he3… .Problem lainnya makan space parkir yang luas jika ga ada standar tengah. Bisa bayangkan kalo motornya gedhe ga ada standard tengah trus pasang side box, bisa2 suruh bayar parkir buat tiga motor tuh. He3… (maksa.com)

Solusinya, ya mau ga mau harus beli stand paddock, harganya lumayan mahal loh! Itupun paddock belakang biasanya ga bisa buat depan. Nah loh harus beli 2 kan ! Solusi lain bisa pake dongkrak sih, tapi ribet dan kurang safety.

Ga ada kick stater juga menyusahkan loh. Bagi  motor yang berumur hal ini bisa jadi masalah, pengalaman pake tiger beberapakali bendik stater kena, trus belum lagi ada masalah kelistrikan/ korslet, ato aki sudah waktunya ganti,  nah pas ga ada waktu buat benerin kan tinggal “pancal” aja kan udah nyala motornya. Motor yang lama ga dipake juga kadang susah distater loh, solusinya ya “mancal” lagi. Sering juga motor ngambek karena bensin kecampur air lah, busi setengah modar lah, ato filter udara kotor lah sehingga meskipun elektrik stater jalan tetep aja ga bisa hidupin motor. Pake kick stater beberapa kali motor baru bisa hidup, daya hisap mesin kan lebih kuat pake tenaga kick stater (apalagi kalo yang “mancal” segedhe beruang 😛 )

Yang depan buat harian, yang belakang buat weekend

Karena saat ini ga ada motor 250cc yang pake kickstater dan standard tengah, akhirnya tetep ambil ninin  deh. Awalnya ada niatan mengistirahatkan Tiger kesayangan yang udah diserang penyakit “tua” dan pake Ninin buat harian, tapi mengurungkan niat (biar motor barunya tetep awet muda). Tiger pun tetap setia nemenin penulis sehari2 buat cari sesuap nasi.

Intinya punya motor harus selalu rajin dirawat, apalagi yang ga ada kick stater dan standar tengah, harus sediain dana ekstra untuk beli paddock ato charger aki kalau diperlukan.

24 thoughts on “Motor Sport Tanpa Kick Stater dan Standar Tengah Nyusahin Buat Harian.”

  1. mas bro, sampeyan khan pengguna motor tiger dan ninja…lha yg ingin saya tanyakan itu, diantara keduanya mana yg lebih besar torsinya, tarikan pertamanya galak yg mana?

  2. tarikan awal ninja dan tiger saya rasa sama tapi saat RPM 10rb tiger udah minta naik gigi,Ninjanya baru dapet torsi dan tenaga yg dasyat sampe RPM 13000. begitu naik gigi tiger rpmnya menggali lagi di RPM yang agak rendah, sedangkan Ninja RPMnya ga begitu ngedrop, palingan dari 13000 turun ke 10-11 ribuan, bahkan bisa whellie kalo badan kurang membungkuk. Makanya disinyalir kalo start berhenti kemungkinan Ninja bisa kalah sama CBR tapi klo udah pindah gigi Ninja langsung menyodok. Eh ya Ninja pake close ratio karena cenderung ke sport sedangkan tiger/ CBR cenderung long ratio. Bedanyanya lagi naek ninja ga terasa kenceng karena getaran 2 silinder sangat minim, tapi naek tiger kecepatan 100kpj udah kerasa bgt coz udah geter semua. apa karena motor saya dah tua ya?

  3. emg fitur yg gk bs disepelekan…dan bener bagi yg suka ngebengkel sndiri bakal ribet klo gak ad standar tengah…kyk ane sering bongkar body motor ampe gundul hanya karena pingin bersihin daleman body yg menumpuk debu…klo tnpa standar tengah hehehe bakal ribet…

    1. ha3… bener ! awalnya ga ngincer ninja sih. maunya tiger 250 ato fazer (saat itu gw 250 blm ada isunya), dan berharap ada standar tengah dan kick stater. berhubung liat turunannya diluar ga ada yang pake fitur ini. ya ambil aja yang udah ada dipasaran

  4. kick starter menurut saya ga terlalu ngefek asal perawatannya bener.. kalo soal standard tengah, ya pinter2 nyari tempat parkir.

    paddock stand menurut saya si beli yg mahal sekalian masboss yg adjustable, di samping bahannya tahan lama, karena adjustable tersebut bisa dipake ke tipe motor lain yg ukuran arm-nya berbeda.. jadinya bisa buat jangka panjang..

    1. Akur… berhubung kesibukan kerja dan ada 3 motor dirumah yang harus dirawat terkadang butuh waktu, tenaga dan dana ekstra. tapi itu sih konsekwensi yg harus dijalani. sementara ini masih blm ada rencana cari paddock cos “bolot” kliatannya masih fit. thx

    1. yup, rata2 emang gitu apalagi kalo motor sport. tapi ada juga moge yang pake standar tengah. tapi ga yakin juga apa ada moge pake kick stater ya?

  5. pasang amperemeter buat ngecek kondisi aki…
    kalo standar tengah sih ya angkat tangan deh… paddock stand mending bikin sendiri ke tukang las… lebih murah dan bisa custom, sangat berguna buat parkir di garasi… kesian kalo standar samping terus dalam waktu lama, minimal ban bisa kempes…

  6. gan, numpang nanya, itu stang tiger agan harganya kisaran berapa ya ? thx 🙂
    blognya bermanfaat banget, te o pe be ge te deh !! 😀

  7. mungkin g ya produsen mikir klo pasang standar tengah tu “agak” percuma soale motor 250 cc keatas kn berat, nah butuh extra tenaga buat nyetandarin tengah tu motor 🙂

  8. Moho. Maaf gan sebelumnya. Cuma shering ja. Misal ninja 250 pake kick stater apa mampu kaki kita mancalnya. Sedang kompresi ninja t 1:11. Itu knp d lengkapi elektrik gan

  9. Mau kasih tau aja bro, yg namanya motor sport pasti gak ada kick stater dan standar tengah walaupun itu 150cc karena akan menggangu tampilan dari motor tersebut. Apa lagi ini ninja yg silindernya 2 pasti mustahil buat nyalainnya pakai kick stater karena pistonnya 1 aja udah berat klo di engkol apalagi ini yg pistonnya 2 ya pasti gak mungkin kuat di engkol. Makasih semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.