Ninja 250 dan CBR 250 Cocok untuk Motor Pemula?

Di Eropa dan USA, Ninja 250 dan CBR 250 disejajarkan dengan CBR 125 dan R15 masuk kategori motor pemula. Makanya di Eropa dan di Amerika rata2 untuk perbandingan antara N250 VZ CBR 250 mereka ga hanya melihat dari sisi power saja, namun dari sisi konsumsi bensin, kemudahan berkendaranya, dan harganya. Otomatis CBR diunggulkan daripada ninja untuk masalah ini.  Ga mustahil CBR 250 bakal menguasai pasar 250cc didunia .

Tapi di Indonesia tunggu dulu…. Ninja dan CBR udah masuk motor level atas yang penggunanya mayoritas sudah mahir berkendara dan dalam kondisi ekonomi yg menegah atas ( ga kaya penulis yang maksa nyicil bertahun-tahun buat nebus ninja bekas. He3….), so masalah konsumsi bensin, kemudahan pengendara dan harga adalah pertimbangan nomor sekian. Ntar klo di Eropa bakal diketawain cewek2 loh, lah disana Ninja dan mungkin juga CBR jadi motor favorit wanita. Bahkan 1/3 rider Ninja 250 di Eropa adalah WANITA!    GLODAGHH…..!

Seperti yang telah disebut diatas, Ninja dan CBR adalah untuk orang-orang yang “mampu” baik dari segi skil maupun materi. Pernah baca disuatu forum ada seorang yang betul2 newbie yang sebelumnya belum pernah naik motor tiba2 beli Ninja 250. Setelah mencoba mengendarai, beberapa kali dia posting di forum, bingung waktu balik arah lah, bingung waktu berhenti ditanjakan lah, sampai akhirnya curhat dalam sehari 2 kali jatuh. So bagi rider pemula mending berpikir 2 kali buat meminang CBR250 maupun N250 buat motor pertamanya. Perbedaan Ninja/CBR250 dibandingkan motor bebek ato sport naked adalah pada berat, radius putar yang lebar, tenaga yang meluap dan tentunya harga.  Jika bandingkan dengan tiger yang termasuk motor gedhe untuk ukuran orang Indonesia, saat putar balik di jalan raya 2 jalur cukup ambil ancang-ancang dari tengah jalan masih bisa “nututi” masuk disisi kiri arah yang berlawanan. Nah kalo Ninja dipastikan bakal ga bisa. Klo mau putar balik harus minggir kiri dulu baru bisa masuk sisi kiri arah sebaliknya, bahkan untuk jalan kampung yang kecil harus maju-mundur untuk balik arah. Belum lagi bobotnya 160kg untuk ninja/CBR250, tiger aja yg segedhe itu beratnya cuma 135kg-an klo pas jatuh dipastikan bakal kewalahan untuk berdirikan motornya. Diluar negeri boleh lah Ninja/CBR250 jadi motor pemula karena postur bule lebih bongsor dan kondisi jalan raya dan lalulintas ga “sekejam” disini, tapi kalo di Indonesia kliatannya ga direkomendasikan untuk biker pemula.

Apa ini tergolong motor untuk pemula :

MAKSA, kaki aja ga nutut!!!

Klo yang ini,

Apalagi yang ini, bisa jungkir balik!

Ato mungkin ini :

bisa jadi cocok untuk pemula,

bagaimana dengan ini nih,:

Nah ini baru pas untuk motor pemula.

Tapi klo buat Ananda, ini aja lah:

Pas!!!!

Senyum, aktivitas tanpa usaha yang bisa bikin efek yang luar biasa!!! 🙂 🙂 🙂

TAGS :

Ninja N250 CBR 250 R Hyosung 250 spin 125 motor cocok buat pemula balap newbie berat kencang susah

29 thoughts on “Ninja 250 dan CBR 250 Cocok untuk Motor Pemula?”

  1. Mo bergaya pake byson ato NMP aja bobot ringan. Klo dimodif MAUT hasilnya.
    Foto2 itu ambil dari album foto pribadi kok. btw balita itu udah naik kelas loh, meski baru 2th udah bisa naik motor model HARLEY!!!(roda 3 dan pake mesin dinamo) Kqkqkqkqkkq…..

  2. Kog saya pakai N250 muternya nga perlu ancang2 banget ya? Berat emang iya sih… mungkin karena nga terbiasa dgn moge.

    1. Dibanding dengan sport naked selisihnya lumayan loh mas bro, rata2 motor berfairing radius putarnya juga terbatas karena mentok fairing, apalagi dibanding bebek ato matic. Bisa sih diakalin dengan memiringkan body semiring mungkin tapi resiko dengan berat segitu motor bisa ambruk, ato tangan bisa kesleo.
      @thx mo mampir.

    1. akhirnya mampir jg bro. he3… waduh ngedrif??? slide roda belakang? klo tiger ato motor yg pake setang konvensional masih bisa tuh. klo motor pake setang jepit dan fairing, tangan bisa kesleo apalagi berat motornya 160kg.

  3. standar tengah kalo ga ada nyusahin buat harian. Klo saya sih liat dari fungsionalitas dulu baru tampilan. eh harusnya ke topic sebelah kali ya komen ini. thx masukannya

  4. bener tuh, tiap negara beda kondisi. ada baiknya naek motor mulai dari yg gak bermesin, mesin cc kecil, menengah, baru besar.. bertahap lbh mantab.

  5. bnr tuh gan.. ane aj naek mtr vixion mutar ok.. cma bobot na lumayan..
    al na postur tubuh ane kurus tp tinggi..
    berkat tinggi rada bz lha ngontrol mtr..

  6. Hihihihi.. anaknya jadi model ya? Unyunyaaa… ^_^
    Seriously thinking beli Ninja 250cc, secara tinggi ane 170. Nyampe laah kaki aja mah. Apalagi badan ane bongsor. Thankies buat sharing artikelnya, Gan..

  7. wah ane banget nih. pertama kali belajar pake mio (belajar matik duluan), naikin 3-4x terus naik ke manual. naik manual 3-4x lgsg belajar ninja 250 dan sekarang kuliah bawa ninja terus (harus diakui, kalo ente bawa ninja di kampus derajat kekerenan ente lebih tinggi dr yg bawa mobil…)

    udah 4 bulan make alhamdulillah belom jatoh, moga ngga sih. kalo masalah muter apa dll emang perlu membiasakan aja. pertama dikasih tau caranya sm kakak ane trs berani praktikan sendiri. kalo awal2 emang perlu ati2 ntar coba dibawa pelan aja dulu. kalo menurut ane sih, ni motor cocoknya utk orang tinggi 170 atau keatas. 168-169 bolehlah. tinggi ane 171 dan rasanya kalo kaki full napak (ga jinjit) lebih comfort dan nyaman aja sih.

    oiya, kalo ente orangnya emosian atau gampang marah mending jgn bawa ninja deh. ane pernah di jalan kayak ditantangin balapan sm 3 orang bawa motor bebek tp ane mikir drpd rusak ni motor terus servisnya mahal mending ane ignore aja. toh ane ga bawa ninja buat balapan atau cari speed. ane bawa ninja cuma buat gaya aja, pengen keren aja. ya bs dibilang ini motor pertama ane sih

    1. sama kayak ane bro prinsipnya ane mau bawak ninja 250 buat gaya2 an tapi ane baru belajar makek motor kopling 2x itu pun satria FU jadi nggak PD kyknya tinggi ku sih sekitar 170 an berat badan ane aja kurang kyknya T_T masik 45 – 50 pokoknya ngak sampek 50

  8. Baru bisa naik satria… Kepengen naik nijah tapi poyo mungkin dengan postur triplek gini tinggi cuma 153 bb cuma 45… Kira” kalo jatoh sakit nggk…
    Ahhahaha …. Sarannya dong….
    Ngebet bnget hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.