278 comments on “Tiger Sang Legenda Punya Penyakit yang Juga Melegenda

  1. 50.000 KM udh turun mesin???untung saja MXku tahun 2006 50.475 KM msh blum turun mesin

    yaa tergantung penggunaan sih,MXku juga sering buat touring jauh dg service 3000KM

      • Haha… ini juga salah satu penyakitnya Tiger kyknya, soalnya punya temen saya juga begitu, seal bocor. Untungnya temen saya tau/sadar. Tapi tetep aja mesinnya udah bermasalah juga. Akhirnya dibetulin ala kadarnya terus dijual deh, hehe… Kasihan juga yg beli nanti, nerusin PR doang, hahaha…

  2. Pingback: Tiger Kesayangan Smartf41z Rontok Lagi « Smartf41z

  3. wah..GL max’q jg mengalami penyakit yg sama nih…taon 99..
    padahal baru ganti rantai kamprat ahm+tensioner kamprat KW…
    tapi selang 3 bulan penyakit udah kambuh lagi..oalah..
    risih bgt denger bunyinya om..kletek2..tiap pagi mesti ngencengin manual..gimana om cara ngakalinya??kasi gambar dong..biar ane tunjukin ke bengkel langganan ane…trims

    • Saran saya cek LATnya digetok2 dia memendek ga. Kalo memendek berarti harus ganti. Trus cek juga laher noken. Ini bisa dicek sendiri dengan buka tutup gir kamprat atas. Trus coba dicukit2 pake obeng. Kalo goyang berarti laher noken yang kena

    • Tiger baru pilot jetnya kekecilan. Itu yang bikin cepet panas. Naikin 1 step aja. Klo knalpot racing mainjet juga ikut naik 1 step. Kalo mesin panas harusnya rantai keteng/kamrat ga bunyi, bunyinya justru saat start awal saat mesin dingin dan belum terlumasi sempurna.

  4. Bang saya mau tanya Mega Pro dan Tiger itu kan mesinnya sama GL jg,tapi kok waktu mesin dingin suaranya alus tapi pas agak panas bunyi gitu di headnya…tepatnya di tempatnya token as dan pelatuk,Itu masalahnya kenapa yahhh??Mohon bantuannya ๐Ÿ™‚

    • Sumber suara blok atas ya? Kompleks harus diliat satu -satu tuh. Bisa jadi laher noken,rumah lahernya aus, noken atau pelatuknya tipis, dll. Coba cek lebih detail ke bengkel mas bro. Nah saat bongkar sekalian aja cek kamratnya. Tapi biasanya kalo kamrat bunyi kenceng justru pas dingin

      • Kalo bengkel ada yg bilang Bak Kopling,Stang seher nya goyang,trus sama plastik yg buat neken rante keteng,dan noken as dan platuknya aus jd saling bertabrakan bukan saling neken…
        Nahhh itu yg bener yg mana dah,hehee…soalnya kalo dinyalain bunyinya,Tek tek tek,kalo digas kerrr……gitu,padahal rante keteng udah ganti…apa harus ganti plastik (yg warna item buat neken rante keteng) rante keteng juga yah bang??
        Oia trus kamrat itu yg dimanannya bang??hehee,maklum gag ngerti mesin,hehee:p

        • Kamrat=rantai keteng. Bisa juga LAT loh alias tonjokannya… ini yang sering diabaikan padahal pengaruhnya besar, tapi lumayan mahal 300rb lebih. Buka dinamo stater trus buka baut +kecil diujung LAT,hidupkan mesin dengan cara diengkol. Trus putar baut minus kecil berlawanan jarum jam (bikin tonjokan memanjang) kalau bunyi kasar hilang terjawab sudah. LAT berarti sudah lemah

    • pilot 40, main 122. Pertanyaannya kepotong bro sekalian saya tambahkan klo ganti knalpot racing perlu penyesuaian naik 1-2 step, kalo perlu posisi jarum skep dinaikkan (kancingan jarum turun 1 tingkat). setelah pergantian settingan coba jalan beberapa km, setelah itu cek kondisi busi. warna putih berarti ukuran spuyer kurang gedhe, kalo hitam berarti terlalu boros. pasnya merah bata. nyetting karbu memang gampang2 susah

  5. Gan,ane pnya max’03.koq mesin’y cpt pns y?kmrn si abis turun mesin,OS 50,ap perlu ganti pilot ama main jg y?lari’y jd nahan bgt,thx.mohon info

    • Cek kondisi busi. Jika memang warna elektroda putih berarti kurang boros. Harusnya merah bata. Kalau belum sempet ganti spuyer cukup naikkan jarum skep 1 tingkat

      • om,kmrn akhir’y jarum skep ane naikin 2,soal’y klo naik 1 masih sama rasa’y.ane mau tanya nih,emg ukuran main jet ama pilot jet standar gl max brp y?trus klo mau di gedein jd ukuran brp y,ap pake punya pro neotek?

        • Ukuran gl max pj 45 mj 100
          Gl pro pj 38 mj 108
          Mending beli eceran produk racing saja bro. Cek dulu kondisi busi jika sedikit putih naikin 1 step pj masing-masing

  6. mas bro,,ane mau nanya nih,,,,ane punya megapro tahun 2005,,,kenapa ya suara mesin nya kasar,,pada hal nyampe2 udah turun mesin untuk memastikan apa yang rusak,,tapi gk ada,,,,saat star lepas koupling ada suara tret,,,,,t,….. gitu,,,,tapi kalao udah melaju kencang palah tambah halus,,,,apa emang semua megapro kaya gitu,,,,,tolong mas bro ya,,,,,,,sebelum nya makasih,,,,,

    • Coba cek kamrat, LAT, lidah tensioner dan laher Noken. 4 part ini erat hubungannya. Tapi lebih baiknya cek ke bengkel yang lebih ahli aja bro. Biasanya bengkelnya anak CB mahir analisanya, soalnya udah biasa nangani swap engine dan modifikasi lainnya

      • oke mas bro,,,,palahan pengecekan di tm ane sepesialis cb,,club,,,,kl untuk leher noken dan lakher noken pun sudah di cek juga,,,kl rantai keteng baru,,,,,tapi tensioner nya masih pake yg lama,,,,untuk setelan keteng sih belum di cek sih,,,,apa lat sama setelan keteng pengaruh banget ya mas bro,,,,soal nya cuma 2 itu yang belum ane ganti,,,habis setelan keteng harganya lumayan ,,,padahal barang nya sepele,,,,

        • Ngefek bgt bro. Punyaku lemah langsung aku ganti merk thailand langsung alus lagi. Harga 75 rb bro. Tapi ya gitu beberapa bulan kemudian lemah lagi. Dulu waktu masih pake ori LAT ane gulung ulang masih kuat pernya. Tapi begitu pake Thailand punya pernya ga seberapa kuat. Jadi kepikiran beli LAT lagi nih, coz yang ori pernya putus ditengah ๐Ÿ™

  7. bro mau nanya nih knapaya tiger ane akhir” ini ada bunyi kwer….kwer halus bunyinya dari dalam medin tapi gak jelas tempatnya? mohon inponya

    • Susah mas bro mengira2. Kalo kamprat kena gejalanya bunyi saat dingin, lama2 bunyi nglotok terus. Sumber bunyi aneh macem2 bisa dari setang seher, kruk as, laher noken, kamrat, sistem kopling, celah noken dan temlar terlalu lebar, dll

  8. mas bro mau tanya, saya punya GL 2001, kemaren baru saya ganti lampu depan punya CB, yang saya tanyakan kenapa saat lampu dinyalakan mesin jadi gampang mati masbro, kurangin gas pasti mati..tapi kalo gak nyalain lampu sehat motore mas bro..itu kenapa yah…

      • kalo posisi netral alias gak jalan di geber2 gak papa masbro…tapi kalo uda jalan gampang mati *mewek …. iya udah makasih ya masbro…..

  9. lam kenal bro..
    bro w pake tiger revo 09.. pake ban 130/80, konsepnya touring.. yang w keluhin dr pertama pake masa dua kali ganti bos gear.. apakah keberatan atau apa!? tolong d bantu y sob..
    thanx b4

    • Velg udah diganti ya bro?Cek alur kancingan gir udah kalah belum? Klo masih bagus berarti memang bobotnya keberatan. Profil bannya gedhe banget kliatannya, maksiman tiger pake 120/80 atau 130/70. Satu lagi bro jangan terlalu sering akselerasi mendadak. ๐Ÿ™‚ . Eh ya kalau bengkel yang masang kurang pengalaman biasanya asal pukul saja pake palu sampai mentok. Padahal harusnya yang dipukul sisi luar karet bos (bisa pake kunci pas) sampai permukaan bibir sejajar bibir lubang divelg. Kalau karet bos masih bagus artinya karet masih kenyal dan belum pecah (besi dalam bos belum goyang) diganjel saja pake o ring , tapi jangan sekali kali pake ring per, bisa bikin rusak jalur kancingan gir (pengalaman pribadi)

  10. saya punya megapro thn 2000 kalau habis buat lari kenceng ada suara check check check, kira2 apanya ya bos?

  11. oke mas bro,,makasih,wat saran nya,,,,sekarang MEGI ane udah normal kembali,,palahan kemaren aku beliin seker sama ring seker,,,buat calon bandul tiger,,,,,,,moga sukses selalu,,,,,

  12. Mas,ni msh mslh yg sama dgn smua gl,keteng.klo misal laher noken as yg kena brati kan bongkar mesin.nah,yg dibongkar hanya head’y aj kan y?
    Satu lg,sy mau gnti velg n ban lebar,brp max ukrn’y soal’y kan gl max cc’y g sebrapa?kmrn ad saran utk dpn v:185×17 b:90/80, blkg v:215 ato 250×17 b:100/70 ato 80?gmn?thx y

  13. Numpang tanya mas bro saya punya tiger 96,belakangan di head terdengar bunyi ngelitik.,,,tik..tik…tik….trus saya bawa ke bengkel untuk stel klep…montirnya bilang rocker armnya kudu ganti..dan alhasil seteleh klep di stel bunyi malah nyaring…mohon masukannya??

  14. bro saya punya tiger 1996,belakangan terdengar suara ngelitik,Tik….tik…tik..sumber suara setelah di identifikasi ternyata beasal dari cyl head>>setelah itu saya bawa ke bengkel langganan untuk stel klep,setelah klep distel bunyinya kok makin nyaring ya??saya dianjurkan untuk ganti rocker arm(templar),trus yang saya tanyakan apakah ada nantinya part lain yang harus di ganti??padahal saya baru ganti bearing camshaft,,mohon petunjuknya terima kasih

  15. salam kenal bang.,motor tiger revo saya kalo baru idup mesinnya ngebul dr knalpot km 80ribuan /kalo tutup oli dibuka belum ada asep,rusak apanya tu?

  16. Bener bgt mas bro judul artikel nya…”Sang Legenda yang punya penyakit me’Legenda’…..”
    dua kali punya tigi rev (yang pertama th’09 n skg th ’11) dan semua nya punya masalah bau kampas kopling yang mengganggu. Persis kayak bau kampas kopling truk pasir pas ditanjakan. Tapi aneh nya ni bau cm kecium kalau pas kujanan dijalan. Cuaca kering bau g timbul. Sering juga saya cium bau badan si Tigi punya orang pas di lampumerah juga gitu (kebetulan saya pake skutik (mtr harian) wkt itu, jd saya pastikan itu bau badan dari tigi di samping saya).
    Biar begitu, saya sayang bgt sama Honda yang satu ni. Empuk diajak Touring.

  17. mas brow,ane barua aja beli GL PRO 98, mesin dah aq ganti mulai,noken as,Templar,rantai kamprat,karet tensioner,klep,tapi herannya rantai kamprat 3 kali dah aq ganti karena kemakan bagian samping…yang bikin es mosi ๐Ÿ™ lagi muncul lagi suara kasar srok..srokk…bengkel bilang laker bandulnya goyang kanan kiri(dikit) ngakibatin suara kasar…gimana solusinya…makasih

  18. salam kenal mas bro…motor ane tiger 2000 th 2005 punya penyakit baru neh…kalo panas knalpotnya keluar asap warna putih…mulai mirip bajaj lg ngetem…knapa ya mas bro(info : mulai berasap des’11 jd skrg ud jln 8 bulan)? bengkel bilang sih udh kudu turun mesin, apa iya mas bro? Antisipasi sih tiap 1000-1200km ganti oli tuh, ciri2 kaya gitu turun mesin semuanya ato bwh aja mas bro? Ada bengkel referensi ga mas bro? tks

    • Kliatannya seher dah baret tuh. Terpaksa oversize (OS)… klo std ahm langsung OS 50, klo pake seher aftermarket misal indopart bisa OS 25 CMIIW. Booring pake aslinya tapi dilebarin. Yang diganti seher+ ring seher. Mumpung bongkar mesin sekalian skur klep dan bersihkan ruang bakar, cek sekalian noken dan lahernya, klo oblag lahernya ganti saja. Bongkar mesin cukup silinder atas saja. Bengkel rekomended coba ga bung forumnya tiger saja. Saya pendatang di jakarta ga tau mana-mana ๐Ÿ™‚

    • Gw jg pernah ngalami tu bro sm pro neotech gw.. mesin lngsung mati di jalan, ketika di cek klep ud bengkok, kta bengkelnya “untung sehernya g ikutan jebol..” penyebabnya emng krn udah umur, krna dr ori th 97 smp th 2011…

  19. aslmkum mas…
    mas sya mo tnya,saya pnya mtr gl max2005..trus mesin ngebul nah sya langsung ke bengkel katanya harus turun mesin,pas turun mesin ternyata bener seher baret2.dan bosnya jga luka..kata bengkel”ganti seher sekalian over bos aja”digantilah pake seher gl pro,,setelah selesai ko mesin klw panaas ko mash ngebul knapa ya mas?

    • Seher GL pro jenong klo ga salah jadinya kompresi naik. Masalah ngebul lagi bisa jadi pengerjaannya ga bagus. Atau malah bisa sumber ngebulnya dari tempat lain(klep) . Ganti bengkel aja bro atau ke ahm sekalian

  20. waduhhh…lumayan juga ya penyakit nya…tapi masa iya sih penyekit nya sampe sekarang masih ada?

  21. mantap ni bro..
    q mau nanya bro gimana cara mengatasi temlar yang gampang krowok masak baru ganti dapat 1 minggu udah krowok lagi… motornya GL max bro…
    mohon bantuanya bro….

    • Gl maxku dulu juga pernah gini, ternyata oli telat naik. Penyebabnya ada sumbatan di jalur oli. Cara ngeceknya lepas baut setelan klep depan trus hidupkan mesin, kalau oli nyiprat berarti masalah bukan disitu. Bisa jadi kualitas temlar jelek. Ganti saja model roller yang lagi tren ๐Ÿ™‚

  22. Pagi mas bro..
    Aku pnya tiger rev 09…yang kayaknya udah boros sekali konsumsi bensinnya. Mohon dishare cara ngatasin pnyakit borosnya. Thanks for all

    • Bisa jadi setelan klep terlalu renggang, ruang bakar berkerak, atau ada modif non standard? Misal knalpot racing/gedhein spuyer/ganti filter racing? Konsumsi bensin normal di Jakarta 1:25-1:30 an klo diluar jakarta bisa lebih irit lagi secara ga macet

  23. pas banget ni artikel dengan masalah motor saya. udah lama bunyi kltek..kltek..kltek…tapi kadang-kadang.kalau dibiarin pengaruh ga ke tenaga mesin?atau dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah ga terhadap mesin?

    • Kalo dibiarin gawat bro. Saat bunyi terus ga ada jeda berarti kerenggangan kamrat /rantai keteng sudah parah akibatnya rantai keteng bisa lepas dari girnya selanjutnya klep bisa bengkok dihantam seher. Seher dan silinder bisa jebol kalau pas kecepatan tinggi

      • sekarang motornya dh oke,suaranya dh normal.barusan saya bongkar meski harus 2x potong plat spiral yang di dalam tu karna salah menggulung, maklum amatiran.kalau plat spiral tu habis, pa da jualannnya ga ya?

  24. mas bro lam kenal…ane ada maslah ne.. motor tiger ane, bolak balik ganti bos klep, tiap abis di ganti, bos klep langszung longgar lagi, minta masukan mas bro..permasalahan dimananya..mksh..

  25. Hallo ..
    Bisaa bantuu yaa . Tiger 2007 saya bunyi tak. .. tak …tak …takkk .
    saat panas dan tarikan . . apa ini masalah rantaai Kamprat/keteng nyaa yaa OM ..

  26. Numpang tanya gan, setelah ganti rantai keteng, tiger saya rembes terus di sekitar baut L atas dan bawahnya. padahal sudah dibenerin di AHASS, masih aja rembes, meski sudah di kasih sealer. Mohon bantuannya Gan.. apakah harus ganti packing ya?

  27. mas bro ane mau nanya ini.. dampak dari gak memakai accu buat honda tiger revo 2008 apa yas mas bro.. apakah bahaya buat mesin??

  28. hlo mas bro lam knal sy mu tanya gl pro saya klo ganti gigi keras bgt pdahal stelan kopling udah jauh mhon pencerahanya

  29. pnyaku malah ancur….kluar asepnya…
    brp ya seker sm ringnya…waduh..ad yg bs bntu ga ya…ga pnya duit nih,hha

  30. saya barusan ganti noken as krn aus & suara ksar, kmrn beli merk AHM tapi made in Indonesia tp bru 1 bulan muncul suara kasar lg spt noken as yg aus… ini mmg kualitas noken as yg kg bagus atau apanya?…. mohon solusi nya

    • 1 bulan noken as kena lagi? Rasanya ga mungkin. Kecuali jalur oli ga lancar atau tersumbat. Kebetulan saya pernah ngalami. Jadinya jeroan top silinder ancur. Atau laher noken oblagh ?

  31. slam kenal mas saya bingung bnget,keteng saya bunnnnnnnnyi trus saya dah pake keteng dari ahas tonjkan tansinor saya pake buatan tailand noken dah di ganti blok nya blm aus.kira apnya yah mas bro

    • Tonjokan /lat thailand untung2an . Ane juga gitu kok. Begitu ganti ori problem solved. Coba diakali dulu dengan digulung ulang. Bunyi berisik yang dialami tiger saya biasanya karena keteng, lidah tensioner dan LAT, pernah juga laher noken oblak.

  32. mf mas tadi blum dicantumin mtor nya,tiger thun 2001 saya dah cek smua oke cuma stlah ganti suara bagus sukses lah tapi stlah lamanya satu atau 2 hari datng lagi suara nya

    • Coba dinamo stater dilepas trus nyalakan motor dengan kick stater. Buka baut kecil LAT trus dengan obeng minus kecil putar baut adjuster LAT berlawanan jarum jam kalau suara berisik hilang berarti LAT ghailand memang lemah. Nyesek juga beli LAT ori 350rban

  33. mau ty, tiger’05 sy lampu depannya kurang terang, dan klakson kurang nyaring, starter kadang2 susah. kt bengkel ganti accu baru aja. udah diganti accu baru, tp baru 2bln kembali ke asal…mohon infonya gan.tq

    • Jelasnya pengisian tak sempurna. bisa jadi spul, kiprok atau perkabelan usang. tiger 04ku pernah bermasalah pada kabel bodinya akhirnya beres dengan cara diurut satu-persatu. Spul juga pernah jebol 2 kali

  34. Bro ane motor megapro awal 2006.standar konsep touring ban lebar ring 18.biasa pke touring loem pernah turun mesin.tp maren ane bawa ke jakarta dri kampung beberapa hari kmudian mesin cepet panas.pdhal dh ganti oli amp 2 kali+ seting knp nh bro kira2 megi ane kok gtw.

  35. tiger 2005 ane kena penyakit oli kering alias ga naik…alhasil suara bagian atas berisik sekali..pas dibuka,wow noken as,klep pada rompal semua….trus ganti noken as thailan kata bengkelnya sih+klep+kamrat…tapi baru aja 5 bulan dah kumat lagi nih..malahan sekarang ditambah ngebul ngelebihi motor 2tak…
    yg ane tanyain kira2abis berapa tuh kalo dibetulin dgn memakai part yg agak lumayan lah..jgn orisinil..ga nyanggup ahh..

    • saya pake seher indopart tapi ring seher ori lumayan tuh. coba ganti bengkel mas bro… kemungkinan waktu oversize tukang bubut kurang ahli. saya pernha di kasih tau mekanik bubut booring ga rata bentuk silinder tapi sedikit mengerucut. nah yang ini ahli bubut berpengalaman kudunya sudah nglotok ilmunya ๐Ÿ™‚

  36. mikum suhu mau tanya tiger ane klo bru dinyalain ada suara nyit nyit nyit kya anak tikus ke gencet…suaranya lumayan berisik+lama,,mhon pencerahan dari suhu2 dsni…tengkyu..

  37. numpang nanya ya agan..
    tiger lawas ane akhir2 ini kalo mesin lagi panas susah distater dan malah yang sering seperti kehilangan stroom gitu nyalanya..
    apa businya yg waktunya ganti ya? atau ada kelistrikan lain yang bermasalah ya?
    lampu pake H4 dan aki sering tekor
    maturnuwun sebelumnya gan

      • pak, motor sya MP old, sdah saya struk jadi sama dengan tiger. rantai kamprat tiger baryu, tapi mesin kadang kasar kadang halus.LAT mgprro dengan tiger kekuatannya sama dengan LAT tiger kah pak ? “Buka dinamo stater trus buka baut +kecil diujung LAT,hidupkan mesin dengan cara diengkol. Trus putar baut minus kecil berlawanan jarum jam (bikin tonjokan memanjang) kalau bunyi kasar hilang terjawab sudah. LAT berarti sudah lemah”. untuk menyetel baut min pada LAT, kalau kondisi mesin hidup tidak papa kah pak ? atau hanya diengkol saja ? mohon pengalamannya pak.

        • saya pernah tanya mekanik katanya punya tiger lebih kuat… tapi entah.. harganya juga sepertinya beda… puter baut setelan itu cuma buat ngetes fungsi LAT bisa nonjok ga… begitu baut setelannya dilepas ya otomatis terkoreksi dengan sendirinya LATnya alias bakal bunyi lagi. untuk ngecek hilangnya bunyi memang harus dihidupkan mesinnya

  38. sya fans tiger….mtor brisik mo jual syang
    kampas kpling saya ganti punya GL100
    ngaruh gag bro????soal lari……

  39. kalo 50000 km udh turun mesin q gak heran,,coba kalo mega pro q baru 1 bulan jadi dr overhoul sudah mnta turun mesin lagi……
    kalo motor dr honda q ndk heran memeng dmna mna jg sprti itu.

    • ga bener bengkel/tukang bubutnya tuh saya pernah ngalami juga di GLMax… oversize ke bengkel bubut baru. setelah dipasang motor tetep ngebul. akhirnya ganti tukang bubut lain. coba cari info langganan tim balap biasanya presisi dan berpengalaman

  40. artikel yang menarik gan.
    mau tanya gan,gl pro gw timbul suara ngoklok dibagian head tapi sebelah kiri.
    kira2 apanya gan yg minta diganti.noken ato rantai kampratny?
    td siang udah ganti setang piston n pison.

  41. Gan mau tannya apa gunanya karet penyumbat dihead clinder yang dekat bearing noken as dilepas ada pengaruh buruk atau baik dan apa fungsi utamanya. makasih buanget.

    • Trik ini pernah saya baca di artikel RAT katanya bisa bikin distribusi oli lebih merata buat motor oprekan… tapi entah saya sendiri belum mengaplikasikan

  42. numpang tanya gan…
    tiger ane th.2005, bunyi suara tek tek tek trs kalo jalan, udh d ganti rantai keteng, kampas kopling, rusak apanya tuh gan, thank’s

  43. RAJA 98 UDAH PENSIUN MESKI SEKALI KALI DI PAKE BUAT SANTAI JALAN PELAN WARNA NGEJRENG BISA NGACA LAGI.
    GANTINYA MEGA PRO 2004 DARI BARU…EEEEee baru 8 bulan udah berisik di obatin ma bengkel suruh ganjal ok deh…ya ampe skarang dah 8 thn (standar) gan tetap bunyi…(masih mau 125 kpj loh) biarin aja deh gak di obatin gak sakit ko cuma klo lg brenti ck..ck..ck..ck..ck..ck…cuek aja lagi>>>>

  44. mungkin disitu itu tantangannya punya motr2 legend.. klo ditangan yang amature pasti repot ya.. sama kayak legend yang lain vespa contohnya.

  45. maaf mas numpang tanya. Saya abis bongkar gl100 gnti piston ama seting klepnya. Setelah saya pasang lagi kog suaranya malah jadi gak karuan seperti klep bertabrakan. Tapi saya bongkar lagi kog gk ada bekas di kepala piston.? Kira kira suara berasal dari mana ya?.. Mohon pencerahan. Thanks..

    • Timing melesetkah ? Saya sebenernya bukan ahli mesin kok mas bro… cuma pengalaman nemenin mekanik bo.gkar serta pengalaman kejadian yang pernah nimpa motor2 saya ๐Ÿ™‚

  46. numpang tanya bang,, piringan rantai tiger 1set,merek apa yg bagus selain merek ori AHM,dan kira2 berapa harganya..?

  47. tanya mas bro.. ane punya tiger revo thn 2008,
    klo pagi2 dipanasin mesinnya ada bunyi kletek2 kletek gitu, tek tek tek.. klo di gas hilang, klo dibawa jalan hilang, klo dibawa kenceng, mesin dah panas kemudian di netralin tu suara hilang,
    itu kira2 knp mas bro?? bunyi nya keknya di kanan gitu. setiap pagi dipanasin ada terus. oli nya shell
    .mohon sarannya. makasih

    • Ada hubungannya dengan kopling ya? Bisa jadi kopling house oblagh harus pantek ulang karet kopling housenya. Biasanya gejala kopling house oblak tersendat sendat saat lepas kopling

      • makasih mas tanggapanya… gini mas.. pagi di panasin bunyi kletek tek tek tek.. tapi klo kopling di tarik, bunyi nya hilang, klo di lepas timbul lagi.. pokonya klo posisi netral bunyi tek tek nya, nah klo udah jalan jauh and mesin panas tuh bunyi rada2 hilang… apa rantai timing/keteng yah..? atau apa kampas koplingnya? mohon pencerahan lagi .. kasih mas

        • Cara cek keteng kendor sudah saya jabarkan di jawaban2 diatas. Bunyi dari mekanisme kopling seringkali karena kopling house goyang. Gejalanya motor tersendat2 saat lepas kopling dan pada kecepatan rendah. Mekanik pengalaman bisa tau masalahnya berdasarkan sumber bunyi kok.

  48. bro,tirev 2008 ane udah oversize100 piston flat,pj38 mj125,,tapi kenapa ya kadang-kadang selalu nembak waktu gas baliknya ? waktu cek busi warna nya hitam ane kecilin lagi stelan angin nya,motor jadi mbrebet,stelan angin di naikin tarikan berat tenaga ngedrop .
    .mohon infonya.

  49. Mas Bro mw tnya ni,saya pya tiger 2005, kli in tiger saya suka bunyi kriing..kriiing sprti gtu.,

    tlong mas bro solusinya. Thank’s

    • Mungkin kamrat dkk juga masalahnya. Beberapa rekan saya dipusingkan sama hal ini sampai akhirnya milih dijual saja karena ga sembuh2. Saran sih ganti total kamrat,lidah tensioner sama LATnya sekalian. Tapi cek lebih detail ke mekanik yang berpengalaman

  50. Bray,tiger 2004 ku oli sbulan asat tapi tidak ngebul n tidak ada kebocoran mesin,,mesin sbelah kiri berbunyi kletek2 terus menerus tanpa brenti,mesin masih standart tapi larinya brangas banget,bahaya g bray klo di biarin?? soalnya setiap malming buat drag terus bray,dan penyakitnya apa dan yg harus di ganti apa,,tolong bray pencerahanya

    • Ngebulnya mungkin rpm tinggi saja bro… bingung juga ga ada bocor ga ngebul tapi oli berkurang terus. Klo sebelah kiri sumbernya bisa jadi kamrat dkk sumber masalahnya

        • smartfaiz :
          Cara cek keteng kendor sudah saya jabarkan di jawaban2 diatas. Bunyi dari mekanisme kopling seringkali karena kopling house goyang. Gejalanya motor tersendat2 saat lepas kopling dan pada kecepatan rendah. Mekanik pengalaman bisa tau masalahnya berdasarkan sumber bunyi kok.

          thans bro… udah ketemu penyakitnye.. karet kopling nya hancur.. ngeri ane liat nya, tapi gak menganggu kemana syukurnya. jadi ane ganti karet kopling GTA, ama pasang 90 rebo… udah adem bunyi nya bro… seipp thanks bro

        • Weitss.. ngeri sering ganti ya. Saya baru sekali. Dalam kondisi standardkah,driving style gmn? Oli sering telat? Klo pemakaian wajar harusnya seher dan ring serta oversize ga sering ganti. Klo area seher sering bermasalah mending kembali ke oversize 0 alias balik std, jadinya beli rumah booring, seher dan ringnya stdn cek sekalian stang piston dah kena belum,termasuk kruknya. Klo dirasa membebani ya terpaksa dilego mas bro… ganti yang diasil cylinder biar lebih awet

  51. Saya punya Tiger th 2002. Tercatat mungkin sudah 10 kali rantai keteng loncat dari gear nya dan imbasnya pasti, klep nya bengkok. ya gara-gara saya sering abaikan kala suara dari sekitar keteng mulai kendor. saya sudah coba berbagai merk keteng, dari yang aspira, AHM, yang Jepang semuaaaaanya sama aja umurnya, ga ngaruh, sekitar 7-8 bulan dah, sudah muncul pertanda. fyi, saya kalau ganti keteng sekalian ganti LAT nya juga. LAT juga udah nyoba berbagai merk, yang paling awet emang sih yang harga nya 300 ribuan. kalau masalah kayak gear set rantai dan lain-lain sih menurut saya masih di anggap wajar. tapi masalah seputaran rantai keteng yang sering membuat saya ingin berpindah kelain jok. Tapi sayang kalau di jual ๐Ÿ™‚ sampai sekarang masih ada dirumah ๐Ÿ™‚ . ini cuman sharing aja n curhat tentang “doi” yang selalu setia menemani setiap perjalanan, walau sering ngambek, kalau kemauannya gak diturutin cepet2. Salam RIDER

  52. Rendi Hartanto :
    assalammualaikum/./
    saya mempunyai penyakit motor tiger sama dg mas galihโ€ฆ
    tiger saya tahun 2004
    bosen ganti reng piston trusss mohon mas pencerahannya.. coz ne motor sering di kendarai untuk touring antar propinsi trimsss

  53. Bos tiger sy ko setiap digas rpmnya turunnya lambat,tp klo stelan gas diputar kecil malah digas rpm turunnya langsung bikin mesin mati, bgmana caranya supaya rpm cpt turun tp tetep msh di angka 10 rpmnya. Trim

    • ini penyakit juga sama tiger lawas… saya pernah kejadian kaya gini ternyata manipol bocor/ retak halus. pemasangan manifol/karbu meleset juga bikin stasioner terganggu…. penyebab lain jeroan karbu sudah ga prima bisa disiasati dengan penggantian satu set jeroannya

  54. tlg kasih solusi temn2 yg tau,aq puny Tiger2000 taun 1999 sering jd kendala bukannya busi mati,tp setiap pemakaian hampir 3mingg past busi pengapian bocor,atau percikan busi nggak fokus di tengah.jd mesin mbrebet dn tersendat,gant busi baru lgsg normal.tp past nggak sampai 3 mingg past bgt lg.mohon pencerahannya sobat.tx

    • Waduh kok aneh.. mesin ga standard ya? Modif mesin apa saja. Cek warna busi kalau putih berarti kurang boros, kalau hitam berarti terlalu boros. Atau jangan2 spull mau tewas. Gejalanya tiap pagi susah banget dihidupkan, pakai kick stater ga bantu juga. Sering juga brebet rpm tertentu

  55. Untuk yg punya masalah dgn rantai keteng atau kamrat si macan lebih baik pake rantai kamrat punya CB 100 diganti sm gir tem jg yg ukuran 100. Alhasil si macan gak bunyi berisik dan tarikan makin wuzz… rantai juga murah cm 35rb doank euy.. itupun orisinil AHM. Monggo di coba.. ane udah pake hampir 2 tahun kupake turing ga ada masalah dan aman pula.. Selamat mencoba.. ๐Ÿ™‚

  56. salam kenal bro….
    ane punya motor mx tahun 2010 skg kilometer dah 54.000, sebaiknya pada kilometr brp ane harus service besar? untuk saat ini motor masih belum ada keluhan apa2, laripun masih wuuuz wuuuz karena ane rajin ganti oli setiap 2300 km. thanks bro….

  57. smartf41z :
    Tiger baru pilot jetnya kekecilan. Itu yang bikin cepet panas. Naikin 1 step aja. Klo knalpot racing mainjet juga ikut naik 1 step. Kalo mesin panas harusnya rantai keteng/kamrat ga bunyi, bunyinya justru saat start awal saat mesin dingin dan belum terlumasi sempurna.

    salam kenal mas…
    saya punya tiger 2011, motor baru 1,5th, dan jarang dipake jauh2 jga, jd blum merasakan penyakit yg berarti…
    cm masalah panas mesin, entah sya yg lebay atau emang tu mesin panasny cepet bgt… apa lg kalo macet2an beuuuh….
    baru tau saya masalah panas tu bisa karna ukuran pilot jet… saya pikir blum dpt oli yg cocok… nyoba macem2 oli ternyata panasny cepet juga….

    ditunggu review gear sinnobny…

  58. hallo mas bro , tiger saya tahun 2011 akhir , sekarang masih 18ribu km udah keluar asap tebal putih , dan untuk oli kok sering berkurang ya padahal ga ada kebocoran, itu kenapa ya mas bro?

    • Lohhh… 18rb kok dah keluar asap putih dan oli berkurang? Seher kena tuh… ada sesuatu yg ga wajar klo usia segitu isi silinder dah kena. Oli telat ganti kah, atau salah oli? Pernah kebanjiran. Punya saya saja di 70rban baru kena itupun khilaf karena kehabisan oli

  59. makanya harus rajin service broooo, itu kayaknya oli mesin dah naik ke pembakaran, mending dilem kuning aja brooooo

  60. broo ane pengen banget punya tiger, tapi bagusnya beli second dengan konsekwensi mungkin servis sana sisni, apa uangnya wat DP ambil kreditan?

    • kalau saya sih jaman sekarang ga berani ambil tiger… isunya mau diskontinyu…. nabung saja nunggu gen baru sapa tau pake 250 cc titisan cbr250

  61. Siang suhu….. q mau berbagi neeh punyaku tiger 2004, 9 tahun dipakai ga pernah bermasalah. yang pernah diganti cuma geer dan rantai. sering dipakai buat kebut-kebutan. Sampai saat ini belum pernah turun mesin, dulu q pakai oli federal lalu Castrol namun 3 tahun terakhir q pakai TOP ONE mobil, tarikannya semakin enteng setelah 50 km pertama. apakah berpengaruh ya Suhu?? Mohon penjelasannya.

    • manteb motor 9 thn ga ada problem beruntung tuh. semakin enteng mungkin karena semakin lama oli semakin encer… namun selepas pemakaian 1500 km biasanya kekentalan makin berkurang begitupula kemampuan pelumasannya. Coba deh enduro racing rasakan bedanya ๐Ÿ™‚

  62. Sorry nii,, ane mw tanya..
    Klo piston tiger revo kita ganti pake piston dome MP1600,,perlu ada yg di rubah ga?
    terus biasanya Si Tigi kog agag brisik,, Tiger revo 2012, Km 20.000..

    Terus plat kopling yg besar itu punyanya apa??

    • Tiger bisa pake punya MP,kompresi sedikit naik. Makin maknyus minum pertamax. Klo dah 20000km bisa jadi kamrat dah waktunya ganti. Plat kopling bisa pake punya tiger,megapro,GL series

  63. maaf saya mau tanya, gl max 105 cc dah ganti buring neotec 156 cc tapi kalo yang lain gak di ganti apa akibatnya ? tendangan kick starter jadi berat dan sering mantul balik . kepana ……..trims searingnya

    • Waduh banyak sebabnya… bisa jadi laher noken rusak,noken dan templar aus,kruk ass/stang seher goyang,dll bongkar total saja trus di cek sagu persatu.

  64. Salam kenal.
    Mau nanya nih gan, kalau ganti seal rpm mp thn 2007 apakah harus bongkar tutup blok kanan mesin? punya tips cara bongkarnya? masalahnya oli yang rembes lumayan. Terima kasih atas pencerahannya

  65. salamkenal.
    saya mau nanya ni gan. saya ganti rantai mesin tiger revo. trus pas udah di pasang. si penonjok ketengnya gax bisa dipasang. karna rantainya kenceng bgt. knp bisa gitu tah.

    • waduh salah pasang kali… sebelum LAT dipasang jelasnya posisi penonjokkan dipendekkan mentok. meskipun rantai keteng kenceng harusnya LAT masih bisa tetep dipasang

  66. met mlm bapakรฉ faiz. mo minta wangsit nih… q punya glmax 96 klu mesin dah panas ada suara kriiik gitu trus larinya lemot,getar.gigi 5 kyk gigi 3,pdhl abis trn msn ganti per+sehernxa. Kalo diselah ringan(pantat gk perlu di angkat dr jok) n gk ada tendangan baliknya(ktx ngabisin sandal). napa tu bapakรฉ faiz. trims

    • ga ada tendangan balik berarti kompresi bocor… beberapa mekanik yang feelingnya kuat ngetes pakai busi yang dicobot trus lubang busi ditutup gombal dan ditekan dengan ibujadi. kalau kompresinya tinggi pakal ada letupan sampai bunyi keras.. dass…dass… klo bengkelnya cangggih ada alat ngukur kompresi. kompresi bocor bisa dari ruang bakar (seher+ring), biasanya ditandai asap putih, payung klep ga menutup rapat karena berkerak, atau dari paccking silinder bocor. Suara krikkk jangan-jangan kruk asnya kena, atau bisa juga sektor kamrat dan kawan2nya … (kalau sumbernya dari atas). tapi biasanya gejala awal kamrat kendor justru bunyi saat mesin dingin, lama2 bunyi terus baik mesin dingin-panas

  67. mohon penjelasan suara mesin megy 2007 punya saya klo baru di jalanin or di panasin bunyi’y ky ada part yg ber tabrakan kmletak gto ntu np yah?mhon penjelasan’y gan thanks.

    • kok bisa ya… mungkin salah saat pemasangannya?mukulnya terlalu kedalem sehingga kancingan gir kendor? atau nap girnya (alur buat kancingan gir) dah terlalu lebar. beberapa rekan punya solusi daleman boss gir diberi alur trus baut gir diganti baut biasa. denger-denger sinnob juga keluarkan boss gir yang lebih kuat, tapi saya nyari dibeberapa tempat ga ada yang jual

  68. sama kyk tiger revo ane ni , gara2 rumah kopling pecah jdi ngerembet ke seherr deh al hasil mtr ngebul udah kyk mtr 2 tak x_x

    • Mlm broo? Z px gl max thn 83,klw z trik gas tingi2 mtor kyk g mau jln,klw z paksa buxix ky plakk..plakk,…….kira2 apx itu bro?

      • kalau laju motor ga bertambah seiring naiknya RPM sepertinya kopling selip… tapi ngeri tuh kalau sampai ada bunyi2 an aneh… bisa jadi kopling house goyang dombret

    • paling bentar lagi di stop produksinya oleh honda…. di upgrade total mesin dan bodinya… cuma nama tiger sepertinya tetep dipertahankan.

  69. ngemeng2 soal ‘si macan’,numpang jual boleh yach…punyaku taon ’05 …alesannya jrg kepake..mesin normal,pakenya alus oom…gir+rantai+ban dpn-blk baru punya HGP.do’i di jepara.cp 08122914191.tq smartf41z and tiger lovers..

  70. Slm knal?z mau nx nie gl max thn 83 z sdh ganti cdi tp ko klw gas naik mlh mtor g mau jln,aplgi klw z pksa buxix ky plakk…..plakk…plakkk.mhon infonya mas bro?

    • sudah saya jawab di atas…
      kalau laju motor ga bertambah seiring naiknya RPM sepertinya kopling selipโ€ฆ tapi ngeri tuh kalau sampai ada bunyi2 an anehโ€ฆ bisa jadi kopling house goyang dombret

  71. hallo masbro.,mau tanya sedikit neh.,ane pke tiger th 2001.,ane punya masalah motor klo dbawa pelan bgt, body tuh kerasa ga stabil kayak yang reyot.,ane udh ganti laher ban blkng, bagian arm udh ane kencengin bgt alhasil shockbreaker jd kurang maen.,.ban blkan bru aja ane ganti.,.,tp msh aja tetep ga stabil.,,sampe org bengkel jg lmyan bingung..apanya ya masbro?? mohon pencerahannya.,,cos ane sayang bgt ama tigi.,thnx masbro

    • standar tengah trus di goyang bannya… asumsi laher ban baru berarti jarah pinggiran ban dan arm ga berubah. tapi kalau ban belakang masih kerasa goyang berarti bushing arm yang kena… ini dulu yang bikin tiger saya goyang dombret. cek juga kelurusan ban depan dan belakang kalau perlu press bodi… eh ya komstir depan bermasalah juga bikin handling kacau. semoga membantu

  72. broo ane pake meggy tahun 2005
    aฯ‘a maasalah samaa kelistrikan nya
    kalow โˆ‚ฮ nyalain lampu gak kuat stater terus lampu redup Kฦ–รต โˆ‚ฮ geber baru terang…..
    ฦฑฯ‘aั’ ganti kiprok “โ€ ะ”รžรฎ โ„ณวปยงยกะ‚ tetep ฦรคยช ngaruh
    mohon pencerahan nyaa.

  73. asslm,,,
    mas tiger saya 2005 ketika posisi mesin dingn seblh kanan mesin bunyi keltek2 tu ap ya kira2 bhya gk trus ak pake pertamak sama bensin campur 1 banding 3 pengaruh gk y?

    • Kok sebelah kanan ya…. apakah rumah kopling oblagh.. tapi harusnya kalau tuas kopling dimainkan bunyinya berubah ubah.. klo sumbernya dari kiri apalagi pas dingin kemungkinan besar kamprat dkk

  74. All….kawan kawan
    Sama trnyata pnyakitnya si tigi.tp ni motor pnya saya parah amat yak.bloman 1 thn dah abis tnsioner rante kteng 3.msin udh oz 150,noken as colek dikit.ya lmyan dah jabanin scrpio ma stria.malah bnsin gak boros.byusi jga pas…mrah bata.pake shell super.knapa y….tp sempet oli gak naik.mtr jd gk beres gini.ada saran soal tensioner n rante keteng gak y.makasihh

  75. lam kenal bro…
    bro ane mau tanya seputar tonjokan keteng(LAT),motor ane nmp tonjokan ketengnya dah lemah,rencananya mau diganti,berhubung dana belom mencukupi terpaksa di stel aja dulu,,cuman yg jd permasalahannya cara nyetelnya gimana ya,…..
    1.untuk menyetel tonjokan keteng agar lebih menyentuh ke rantai keteng itu di putar berlawan arah jarum jam atau se arah jarum jam
    2.sebaiknya apakah sewaktu penyetelan tonjokan keteng posisi mesin dalam ke adaan top ato TMA
    3.bagaimana cara mengetahui bahwa tonjokan keteng yg kita stel itu,sudah menyentuh atau menekan rantai kamprat…
    ok bro segini aja pertanyaan saya…….thanks bro…salam kenal

    • 1. bebas mau diputer mana aja, tapi baiknya puter berlawanan jarum jam, seperti saat nyeting klep
      2. tonjokan keteng itu udah otomatis, hampir semua motor 4 tak udah gak diseting manual, kecuali yg motor jaman penjajahan kali ya…
      jadi apanya yg mau diseting? kan udah otomatis.
      3. caranya ya diintip, hehehe.. buka aja tonjokannya, dorong lidah tensioner pake jari, ukur kedalamannya, bandingin ama panjang tonjokan tensioner ketika sedang full terbuka, kalo panjangna tonjokannya berati masih menyentuh.

      ayo FBH silakan bantu, kata fbh saya ini fby, tapi kok malah jawab pertanyaan di sini ya, heheheh…

  76. ane punya solusi buat LAT yaitu dgn cara manual, pake baut 10 yg aga panjang per sama tonjokan di buang aja , nah tonjokan dalem pake ujung stelan rem belakang , nah biar baut ga mentok ke stater baut di ptong , nyetel gampang ko tinggal pasin stelan sesuai keinginan ” selamat mencoba ” 100% awat ane pake 2 tahun alus2 aja

  77. ane punya solusi gan… barangkali membantu.. kebanyakan pemakai Tiger mengakalinya dengan cara mengganti baut penutup setelan LAT dengan baut sepuluh, ane sudah ngebuktiin di Honda megapro ane dan terbukti suara mesin jadi lebih halus dibanding megapro lainnya… kalo udah bunyi kletek2, tinggal setel baut 10nya lagi… cuma kalo udah keseringan bunyi mending ganti kampratnya sekalian gan… semoga membantu…

  78. mas bro mo tanya, tigi ane keluaran 2012, br setahun pakai di tigi ane ada suara seperti suara tikus (bunyi ngik ngik) di sekitar bagian jok bawah klo dipake jalan ngelewatin jalan yg gak mulus en polisi tidur. Itu kenapa yah mas bro.. Mohon informasinya. Terima kasih

  79. salam kenal mas, tirev sy tahun 2010, sy mau tanya ne knapa tiger revo saya klo boncengan lemah banget di tanjakan plus ada suara kletek2 seperti suara banting klep, mohon pendapatnya… thks

  80. sy sebenarnya sudah muak sekali dengan masalah pada honda tiger, mulai dari tangki bocor,mesin kasar,body getar,rantai berisik dll. tapi tetap aja saya beli tiger bahkan sudah sampai 5 kali (baru semua bro) dan tiger yg saya pake sekarang gress tiger 2013 bulan 5.

  81. @putra, coba cek kanvas kopling + spring dan kompresi. klo ga ada masalah ganti main jet jadi 130 dikombinasi dengan koil racing ( saya pake blue thunder gp 1). di jamin tanjakan puncak jawa barat enteng di libas walau berboncengan.

  82. bang , tiger saya suara mesinnya keras dan panas sekali tapi tidak ngasap. tolong dong apa penyebabnya,,,, dan kira2 apa aja yg perlu di ganti and brapa biayanya. trimsss bang

  83. bang..mu nanya niiih….tiger saya thn 2007,padahal udah 2x turun mesin dalam satu tahun dan penyakitny cuma itu,,tiap d tarik tuas koolin saat melaju,,,ada bunyi krotok seperti rante gir set srakn mau putus,,padahal bukan itu menurut saua,,mohon penjelasanny ya..makasiiih

  84. Mas brow, ane mau nanya nih, tirev ane 2010, klo baru nyala mesin normal, tapi kalo udah pake lama, mesin udah panas, mesin bunyi tek..tek..tek..tek..kira2 knapa tu masbrow? Rante keteng kah?
    Sekalian solusinya,,
    Nuwun..

  85. Ak jg pake tigi,96,tiap hari gas poll..
    Keteng pakai 25H 100,punya cb gir sentrik atas bawah di ganti puny gl pro black bukan neo tech,tp LATnyaj di potong kurang lebih 1cm

    • mas bro sy pake megi 2005 rencana mau ganti kamrat dengan glpro black series. sya masih ragu, kalau di ganti pnp gk yah,? dan beda antara glprop black series dan neo tech apa yah. cos di inet untuk glpro neotech panjang kamrat 100 (lebih pendek dari glpro biasa), alasan ganti dgn kamrat glpro black series, karena lebih pendek jadi fungsi tensioner tidak terlalu berpengaruh. tolong masukiannya. thx

  86. mas bro, mau tanya dong, ko skrup udara dikarbu tiger revo ane sering copot ya ? sama kalo pagi susah banget dinyalahinnya, padahal ane udah setel langsamnya dengan benar dan baik ๐Ÿ˜€

  87. Bro motor megapro 06, suara kasar pas mesin dingin ketika di panasin pagi hari, bunyinya lumayan keras tok tok tok gitu,, tapi ketika mesin sudah mulai panas suara itu makin lama makin hilang.. itupenyebabnya apa y mas bro,, Tapi suara brisik tik tik tiknya masih kedengaran.. mohon penjelasanya bro.. terima kasih sebelumnya…

  88. gara2 khbisan oli mesin tiger revoQ 2008 turun mesin pdhl ganti oli blm ada 1bulan,smpai skrang udh tak ganti ring seker dll msih aj boros oli,aq coba pkai oli apa aj sm aj, jd ngk tenang klo jln jauh.
    gimana itu ms bro slusinya??????

  89. PAra abang semua mohon Petunjuknya…

    kenapa tiger revo saya keluaran 2009 turun naik gasnya ga stabil.. pada saat digas poll.. turunnya lambat banget n kadang bisa gantung, Kalau abis digeber pas lampu merah gasnya bisa naik sendiri.. berkali2 dibawa kedaeler alasannya selalu sama tali gas kecepit… tapi diputer2 tali gas normal.. karbu juga udah dibersihkan sampai ngebongkar 3 x tetap sama….. sementara ini stelan gas bener2 saya turunkan jadi gas turun naiknya enak… tapi kalau dilepas mati mesinnya ๐Ÿ˜€

    mohon penerangannya para abang sekalian..

    • Sama kaya tempet saya… saya coba ganti manipol asli baru tetep kayagitu…
      Masalahnya bocor di bagian manipol yg nemplek ke blok. Ternyata setelah saya pasang prepak normal n di stel mudah… saya heran masalah prepak aja kok efeknya gasnya sulit turun pelan2… tapi gak tau kalo tempet mase… sekedar sher aja…

  90. mas,,motor saya tiger 2008 n ad beberapa keluhan,klep motorny sering banget banting jangankan pake gigi 4,pake gigi 1 aja kalo gasnya agak dikejutin dah keras bgt bunyi bantingannya,n kalo lg netral jg bisa gitu,padahal udah dicek piston g ada bekas benturan,klep jga udh d gnti

  91. Nah kbtlan, ada yg mau jual tiger 2005,
    sy mau beli tu mtr,
    tp saya ragu, tktnya tu mtr dah prnh trun mesin,
    org itu mau jual dgn hrga 5 jt,
    jd kira2 agar sy tau tu mtr msh bgs pa ngk,
    hrs gmna?

    • Gas mentok saja, keluar asep kagak? Trus dengerin suara ngelitik, cek kampas selip kaga… dan cek seluruh kelisteikan. Penyakit motor tua kelistrikan rawan korslet. Klo turun mesin motor tahun segitu saya rasa wajar kalau perna turun mesin

  92. Pingback: Pengganti Tiger Yang Paling Tepatโ€ฆ Gimana Ya enaknyaโ€ฆ | Smartfaiz

  93. Saya punya tiger revo 2008,kasusnya brisik di bagian keteng,,padahal dah 2kali ganti keteng trmasuk kamprat,tapi yg thailand,paling lama 1 bulan sdh brisik lagi,klo ganti kamprat yg aslinya dimana harus belinya? Sedangkan di ahas adanya thailand,

  94. Mohon info ttg keluhan tentang tiger saya tahun 2010, yakni kenapa lampu sen tdak bisa kedap-kedip bila bersamaan nyala lampu depan dan lampu rem belakang ? saat ini aki belum pernah ganti dan air akinya penuh, dan ditambah adanya klakson mobil. Terima kasih.

  95. permisi mas , tiger saya 2013
    karna dapet saran dari bengkel buat ganti kamprat cb k2 mata 100 , dan ganti gigi sentrik atas bawah
    karna sebelumnya berisik dibagian antara blok.kop
    tapi setelah diganti , ternyata bunyinya tetap ada

    menurut suhu” , itu penyakinya dari apa ya , apa mungkin laher noken ???

    terimakasih

  96. mas faiz.. mo nanya nih.. tiger revo 2013 saya kemaren rember oli di cover silynder head, padahal da dilem ulang pake kit A & B di ASTRA, trus, 2 bulan kemudian rembes lagi,apa masalahnya ya mas, da penyebabnya apa? ni turun mesin lagi, mana garansi dari astra hanya 1 bulan untuk overhaul..

  97. saya 6 bulan sudah make tigi kantor om,,,,sebulan sx ganti oli dan servis krna duit oprsional mtr ny sll dikasi ya saya jaga ni mtr kntr, krna cuma titipan hehehe,,, sy kuli pmrnth kementrian yg mengharuskan dinas k luar kota setiap sebulan sx,,,sy lbh mmlh naik mtr karna lbh enak kalau masuk k lokasi2 yg jalanny sempit,, perjalanan yg d tmpuh ni motor 3,5 jam dari PTK-mempawah-singkawang-sambas..kcptn minimal 80- 110>..
    pemakaian bensin sehari2 k kntor pake premium campur prtmx plus( di ptk g punya pertamax),,,kalo dinas luar kota pake pertamax plus g campur2..biar g capek ngantri,,oli pertamina enduro racing..bensin irit banget bagi saya untuk mtr cc200an berkarbu..

    enakny pake tiger jalan jauh g bakalan terasa capek dah,,,mtr plg enak yg pernah sy pake untuk jalan jauh (touring) sprtinya krna stang yg tinggi,, masih standar ni motr,,, depan ban trail 2,75 agar handling enak dan d jln tanah msh nge grip,,, belakang pake swallow street enduro 120/80,, plg ganti tuas handle rem m koling aja pake ride it dan slang rem dgnti pake tdr,,, selbihny mesin dkk standar,

    kalo masalah yg plg sering di tigi bagi saya seprtinya rante deh om,,,selain suka kendor + bunyiny itu beh,,,bukan2 dah,hahahaha,,,pdhl sy sll kasi chainlube,,dan prg dinas sy bw chainlubeny, ttp aja. ad saran om faiz???

    btw slam kenal y

  98. gan klo masalah di bak kanan tiger, saat stationer ada bunyi kyk benturan tapi halus. dan bisa hhilang sendiri. kira2 apa nya ya?

  99. mas bro saya punya honda tiger ratai kambratnya bunyi terus.. udh 3x saya ganti rantenya..tetep aja bunyi..kira-kira ada yg tidak pas ya..pada daleman mesinya…

  100. terimakasih atas informnya.., hal ini sangat membatu untuk para peminat motor tiger sebagai referensi tambahan

  101. Bro gimana cara mengatasi rembesan oli dari tutup kamrat padahl perpack sm sell udh di ganti tp masih tetep aja ngerembes,motor ane tiger 2000…trims mohon infonya

  102. butuh pencerahan nih om..
    klakson di tiger saya ga bunyi ,lampu,sein semua normal cuma klakson yg mati.
    padahal aki baru klakson juga baru dan saya cek kabel menggunakan avo meter dari klakson ke saklar bagus begitupun tombol saklarnya..pas saya cek soket ( + ) dan ( – ) pada klakson tidak sampai 12 volt ( dalam keadaan kontak ON ) menggunakan AVO meter hanya 1,7 volt…oia om jalur kabel klakson ( hijau muda ) itu kemana ya om ? ke spull/reflektor apa langsung ke aki om??

    mohon di bantu om,..masih pemula om ๐Ÿ˜
    Makasih om

  103. Mas bro,kopling tigi saya msih terasa selip pdahal kampas bru d ganti,trus pindah gigi dri besar k kecil terasa keras.
    Kira-kira apa ya penyebabnya??? Mohon pencerahannya….mkasih mas bro…

  104. sudah turun mesin 2x tapi gigi 3 masih tidak pungsi otomatis langsung gg 4 apa karena rotasi gg3 patah mohon penjelasannya bro

  105. Klo saya setelan rantai kamrat saya bongkar,dalemanya aku ganti pake per kopling.dah 5 tahun masih okey tuk pulang pergi pt dan juga jakarta bumen 2ร— setahun

  106. Salam kenal kang … tiger lama saya kenapa gampang copot rante keteng nya ya ? Di starter ga mau nyala tapi dinamo starter normal .. di selah juga ga mau nyala .. mohon pencerahannya .. maKasih …

  107. Mas punten saya mau nanya nih saya punya tirev 2008 tenaga motor ga ada kalo di tanjakan ga kuat nanjak kaya ke gedean gigi ada bunyi taktaktaktak sampe saya hentiin trus saya tarik gas lagi dengan gigi 1 malah susah naik sampe ada bunyi taktaktaktak lagi itu kenapa ya…padahal baru ganti kampas kopling….

  108. Mau tnya gan..mtr sy hnda tiger 2002.kalau waktu mesin panasss…ada bunyi cit cit cit pada mesin apanya gan…tp olinya mau naaik tu….

Leave a Reply

Your email address will not be published.