Tips N Trik : Pasang Cover Knalpot Tanpa Las dan Bor

Cover knalpot selain berfungsi untuk estetika juga untuk melindungi agar kulit  tidak bersentuhan langsung dengan knalpot, apalagi yang punya anak kecil dirumah, penting banget keberadaan cover knalpot ini. Namun ga semua motor  make cover knalpot ini, seperti : Tiger lama, Megapro lama, blade, Dll. Berikut Tips N trik untuk memasang sendiri cover knalpot.

Bahan- Bahan yang dibutuhkan:

1. Klem yang diameternya lebih besar sedikit dari diameter knalpot. dua biji.

2. Mur baut + ring ukuran 8 atau 10, dua pasang

3. Cover knalpot, kalo mau yang murah meriah milik Jupiter lawas. Ato bisa juga model laen sesuai kehendak, asal baut pengikatnya ada 2, depan belakang.

4. Alas agar klem tidak bersinggungan langsung dengan knalpot (bisa pake kertas agak tebel/karton yang dipotong sepanjang dan selebar klem), bikin 2 buah.

Cara Pengerjaan :

1. Patahkan 1 ruas pada masing2 klem (posisinya hendaknya disesuaikan dulu pada knalpot) dengan menggunakan tang ato obeng, atau bor, yang bertujuan agar baut 10 dapat masuk ke ruas pada klem tersebut.

2. Pasang cover knalpot pada klem tersebut. urutan dari luar kedalam :  baut – cover knalpot- klem – Ring- mur. Jadi posisi baut masuk kelubang dudukan cover dan menembus klem, selanjutnya baut tersebut ditahan dengan ring dan mur, kencangkan mur baut agar sempurnya menjepit Cover dan klem. Ulangi proses yang sama pada bagian satunya. Hasilnya cover tersebut menjadi satu kesatuan dengan 2 klem tersebut.

cover knalpot

3. Langkah terakhir, selubungkan satu kesatuan cover dan klem tersebut pada knalpot, beri alas pada klem agar tidak bersentuhan dengan knalpot. Lalu kencangkan baut pengencang klem agar dapat menempel sempurna pada knalpot.

Langkah diatas sukses saya praktekkan pada knalpot orisinal tiger 2004

cover 2 knalpot

Selamat mencoba!

15 thoughts on “Tips N Trik : Pasang Cover Knalpot Tanpa Las dan Bor”

  1. Kebetulan ane punya balita juga mas. Yg tua 4 tahun, adeknya jalan 3 tahun. Tapi justru mrk lebih gampang di ingatkan. Klo ane blg : jgn deket2 knalpot!! Masih panas motor papah abis dipke!! Otomatis mrk langsung menjauh. Justru ane yang kadang kena nyooossss. Betis kanan 2 kali, yang kiri sekali,hahahahaw.
    Btw very nice post. Sangat fungsional niiihhhhh. Like this…

  2. @mas agus: wah ngalong mas.klo cover buat ninin cari yg agak besaran kali. klo punyaku dah pake freeflow jadi cuma anget
    @kangmas: solusinya pake knalpot silent sport atau cover knalpot

Leave a Reply

Your email address will not be published.