Tiger Kesayangan Smartf41z Rontok Lagi

Kemaren jadi hari apes bagi smartf41z, niat awal benerin karburator ngrembes, malah harus ganti LAT + rante keteng/kamrat. Padahal baru 2 bulan lalu turun mesin loh. Ini akibat belum nemu bengkel yang cocok dan paham seluk beluk Tiger. Bengkel pertama salah menganalisa bunyi-bunyi aneh mesin. Saat itu hanya menarik kesimpulan laher noken oblak.  Setelah diganti, eh masih bunyi. Analisanya berubah lagi dan menuduh LAT (Lift Assy Tensioner alias tensioner penonjok kamprat/keteng), akhirnya LAT ganti juga made in Thailand. Eh masi bunyi juga. LAT diakali dengan cara memanjangkan tonjolannya dengan cara dilas paten. Kok masih berisik juga, waduh tiger ku jadi bahan uji coba nih. Daripada merembet kemana-mana akhirnya Smartf41z memutuskan untuk menggulung sendiri LAT tiger tersebut. Hasilnya sukses!. Eh tak dinyana 2 bulan kemudian kejadian lanjutan menimpa Tiger kesayangan, saat stel karburator dan digas  gedhe tiba2 bunyi berisik muncul tambah lama tambah kenceng. Udah deh, daripada ada apa-apa mending bongkar LAT dan cek kamrat. Hffftt… ternyata bener dugaan saya kamprat udah kendor, ternyata akibatnya gara-gara LAT yang udah dipanjangin sama bengkel sebelumnya sampe-sampe rantai kamprat molor melebihi batas toleransi.

kampret ohh kampret.....
Yahhh… beli deh LAT dan kamprat lagi. Oalahhh kampret…kampret… Kalau dari awal udah ketahuan penyebabnya dan tinggal ganti kampratnya, ga perlu deh ganti LAT segala, apalagi  bengkel sebelumnya merusak LAT yang baru tak beli saat itu.

Untung aja sebelumnya punya pengalaman baik dengan bengkel yang kedua ini. Saat bongkar CVT Spin sukses mamangkas ongkos ganti kampas kopling  jika di dealer resmi abis 350rb, di bengkel ini cuma 90 rb.

Sukur Tiger smartf41z udah normal sekarang. Kapok deh kebengkel yang ga jelas reputasinya.

16 thoughts on “Tiger Kesayangan Smartf41z Rontok Lagi”

  1. Nmpku hbs servis lengkap (klep jg dstel)d’ahass, tp knpa ya k0k hbs itu mlh mbrebet trs putaran stasioner gk stabil(klo mesin dngin kecil tp udh panas gde sndri)

    1. Jangan2 manifollnya kurang rapet. tigerku dulu juga pernah gitu, ternyata klem manifolnya kurang rapet, angin palsu katanya. mungkin loh yaa…. atau jangan2 cuma setelan anginnya aja ga pas

  2. Bang F4IZ mau nanya dong CS1 ane udh 40.000 KM tp udah bunyi brisik tek tek apa itu tandanya LAT udah lemah? ane udh nanya ke AHASS katanya LAT nya harus ganti kalo bli LAT thai dmn ya?
    Thank’s

    1. Di otista ada kayanya. perbandingan LAT ori 250rban Thailand cuma 70 rb. khasiatnya hampir sama. kalo CS1 kaga pernah liat mesinnya. tapi salah satu ciri Kamrat kendor saat stasioner rpm naik turun, atau malah ngegantung ga jelas saat gas dilepas. di bleyer dikit baru balik normal

    1. kadang muncul kadang ilang ya? kemungkinan rante keteng dan LATnya juga tuh. tapi sebelum ganti cek juga laher noken. kalo ingin ngecek LAT dan kamrat udah minta ganti gampang kok. copot dinamo stater, trus buka baut penutup setelan di LAT putar berlawanan jarum jam. Kalo suara anehnya hilang, berarti disitu penyakitnya. Segera ganti kamratnya aja kalo bisa LATnya sekalian. Kamrat pake ori yg 75rban, LAT cukup pakai thailand 70rb (yg ori 250rban).kalo ganti 2 benda ini ga perlu bongkar mesin. kalo ngecek laher noken, bongkar tutup gir keteng bagian atas (blok silinder sebelah kiri), begitu terbuka bakal kliatan gir noken, di jungkit aja pake obeng, kalo dia goyang berarti laher nokennya oblag. nah kalo ini baru bongkar mesin atas. setelah beres mongtornya langsung jual aja bro, ganti Diavel 😆

  3. brother…numpang tanya nih LAT tiger yg thailand itu yang ori thailand brpa harganya?
    terus nyari nya dimana yah bro..!!!!

    kalau bisa via fb aja boleh
    inbox ke fb ku deh :
    Ikhin Wae Lah

Leave a Reply

Your email address will not be published.