Honda Shadow 750, Tahun 80an Udah Pake Busi Dobel Loh

Jumat kmaren saat cari peralatan kamera di daerah pasar minggu dikejutkan oleh sesosok Motor V-Twin milik sang empunya lapak, bener deh dugaan Smartf41z ini honda Shadow 750 lebih tepatnya Shadow Ace (American Classic Edition) tahun 1998. Flashback saat Smartf41z masih dibangku SMA tahun 1998, motor ini adalah pengalaman pertama Smartf41z riding moge dan gara-gara itu smartf41z bercita-cita pengen punya motor twin – cylinder. Saat Smartf41z dateng ke lokasi kondisi motor saat itu sedang diservis ringan, kata mas Bowo (pemilik motor), motor dibongkar karena mau ganti busi, “businya empat loh”. Ternyata technologi ini udah dipake Honda Shadow sejak tahun 1980an. Honda shadow series terkenal punya torsi melimpah dan hemat bahan bakar gara-gara technologi ini. Keunggulan lain twin sparks yakni mengurangi emisi, dan menyempurnakan pembakaran agar tidak terjadi detonasi (knocking). Menurut Mas Bowo konsumsi motor ini berkisar 1:15 km/liter, mungkin bisa lebih kalo buat turing ya.

motret pake HP jadinya burem
ganti busi pake busi honda tiger 4 biji

Menariknya, busi cukup pake punya honda tiger sebanyak 4 biji. Hmmm kirain cuma bajaj yang pake technologi ini, ternyata banyak juga motor yang pakai twin-sparks pada mesinnya, terutama moge, semisal Royal Enfield, Harley Davidson, BMW 650, Yamaha 360 RT2 dan masih banyak lagi. Selain itu Honda Shadow ini dibekali dengan mesin V-Twin  745 CC, SOHC dengan 3 valves per silinder, tenaga sih ga seberapa gedhe cuma 33.7 KW namun torsinya badak 64.2 Nm khas mesin V-twin  long stroke.

Titipan dari Mas Bowo yang juga punya usaha asesori kamera ini, silahkan bagi yang membutuhkan asesori kamera yang murah meriah dapat menghubungi mas Bowo di 08567610100.Ini iklan ga mempengaruhi independensi loh ya, wong gratis cuma mo bantuin rekan sesama biker. 🙂

Smartf41z kemaren beli Tripod murmer seharga cuma 110 rb udah bisa dipanjangin sekitar 1360cman namun bisa dipaksa sampe 1600cm kalau kakinya ga dilebarkan mentok, barangnya lumayan ringan tapi kokoh. bisa memposisikan kamera vertikal maupun horizontal. A Realy Good Stuff!

20 thoughts on “Honda Shadow 750, Tahun 80an Udah Pake Busi Dobel Loh”

  1. ya mungkin kalo di bajaj ada “i:nya (DTS-i)>>intelligent
    2 businya gak asal ditempel dan nyala bareng gitu masbro…
    ada settingnya ndiri dr cdi…(atau honda yg lupa kasi paten)
    entah deh apa bedanya ama phantom inih

  2. seinget ane paten punya bajaj tuh untuk cc 400 kebawah! makanya untuk cc gede g masalah, lagian tuh motor udah dikembangin sebelum bajaj kan?

  3. smartf41z :
    Pengen jg nih. tapi harganya setara ninja 250 baru itupun cuma STNK. klo kumplit 60jt kali…

    =========
    berarti yg itu cuma motor STNK ya mas, hehehe,, yakin deh ane mas

  4. ah gak penting duluan mana dobel businya, toh sekarang bajaj mulai meninggalkan 2 busi dan beralih ke tripel busi, tuh si P200NS, motor 200cc tapi tenaganya melampaui scorpio 225cc, apalagi yg 200cc ala tiger revo, tambah jauuuuhhh banget performanya, masih unggul p200ns kemana-mana

Leave a Reply

Your email address will not be published.