Tanda-tanda Rantai Waktunya Ganti

Ada aja penyakit motor tua. Setelah ganti rantai keteng dan LAT, ganti shockbreaker, eh tiger ane sekarang minta ganti gear set. Gejalanya udah sebulan lalu, tapi sekarang udah tambah parah.

Nih tanda-tanda gearset minta ganti :

1. Setelan rantai udah mentok.

2.Ketegangan rantai naik-turun, kalau dilihat dari samping saat distandard tengah dan roda diputar bakal keliatan kalau rantai bagian bawah menegang dan mengendor (naik turun)

3.saat lepas kopling (untuk motor batangan) rantai meloncat-loncat dan motor bergetar hebat, ini tandanya rantai dan gear udah ga akur lagi, gak lancar lagi komunikasinya  antara nempel dan nglepasnya.

Motor minta jajan gir set nih

Kalo tiger ane gejala nomer 1 dan 3 nih yang parah. Karena keterbatasan dana (duitnya kepake buat beli shock nitro TVS), akhirnya ane putuskan untuk motong rante sepasang deh (2mata). Eh ternyata gejala rantai meloncat dan bergetar pas lepas kopling malah parah. Bener-bener minta ganti baru nih. Rantai dan gear yang biasa ane pakai bermerk indopart, harganya sih cukup murah 160rban (2 tahun lalu), keunggulannya sih ga bunyi berisik kaya rantai orinya tiger. Tapi emang ga seperti gearset orisinal yang bisa dipake 3 tahun lebih.

12 thoughts on “Tanda-tanda Rantai Waktunya Ganti”

    1. Nick namenya keong? ane penyuka aquascape lagi nyari keong juga nih. Dirumah dah ada turbo snail(zebra) dan keong tanduk (mohawk). kali aja agan tau tempat jual keong jenis laen

  1. Saya sudah hampir 5 tahun gear dan rantai blm ganti. kalau dilihat gear masih menunjukan gigi yang tebal namun kilometer ssekarang sampai 32.000 km. selama ini saya gunakan masih baik – baik saja. apakah sebaiknya diganti atau biarkan saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published.