Gir Belakang Goyang, Buruan Ganti Karet Bos Gir Kalau Ingin Aman

Salah satu kelemahan GL series mulai dari generasi lama sampai sekarang (mulai GL Max sampai honda tiger) adalah Bos belakang/ dudukan gir belakang yang gampang slek. Karena Gir ini hanya ditahan oleh sebuah pengunci yang diselipkan pada alur di bos roda belakang. Sebenernya kalau perawatannya rutin dipastikan ga timbul masalah. Tapi jika pemiliknya lalai memperhatikan kondisi karet bos, dipastikan gir belakang akan goyang dan lama-lama akan mengikis dinding alur pengunci gir. Akibatnya fatal Gir bisa lepas dan rantai bisa saja putus atau terjepit. Kejadian ini pernah ane alami  saat SMA solo turing pake GL MAX boncengan dengan sepupu ke Trenggalek.

Perhatikan selalu kondisi gir belakang, kalau goyang segera ganti karet bos girnya

Gir belakang lepas karena kancingan/ pengunci  gir copot dari alurnya. Gara-garanya sebelum berangkat baru ketahuan kalau girnya oblagh dan terpaksa diganjel sementara pake ring pegas. Eh ternyata malah fatal, gir jadi makin terdorong keluar dan merusak alur pungunci gir. Saat balik ke Surabaya terpaksa alur pengunci Gir diperdalam dan pengunci gir ganti milik GL100 (atau CB 100 ya, lupa nih pokoknya lebih kecil dari punya GL MAX). Tapi ini Cuma solusi sementara loh ya. Sesampai di Surabaya langsung bongkar total untuk dilas diral dan dibikin alur baru yang presisi.

kelemahan GL series

8 thoughts on “Gir Belakang Goyang, Buruan Ganti Karet Bos Gir Kalau Ingin Aman”

  1. klo Saya masih bisa di akali sementara Mas Bro, tambah ring di atas bos karetnya baru di pasang lagi gigi tariknya..

    *lumayan bisa tahan 2 tahunan juga,, Tanpa OBLAK tentunya..

    PISS..

    1. ane dulu juga gitu tapi kesalahan pasang ring per. akibatnya kancingan gir kedorong keluar. tapi kalo karetnya udah getas dan bos dalemnya udah ga akur lagi sama karetnya harus diganti tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.