Hati-hati dibelakang mobil- titik pengereman mobil dan motor berbeda

Awal mula sih smartf41z ambil jalur kanan dibelakang toyota avanza silver bareng motor bebek disebelah kiri ane yang juga mo balik kanan, karena jalur kanan khusus balik arah ane dan pengendara bebek sebelah mengira avanza itu juga ikut balik arah. Nah pas ane konsentrasi liat spion kanan saat akan berbalik arah tiba2 avanza didepan ane ngerem mendadak sampai bannya berdecit, ane pun kaget dan langsung ikut rem mendadak, tapi nahasnya tetep aja tiger ane nyium pantat avanza tersebut. Ternyata penyebabnya pengemudi bebek disebelah kiri ane ga sabaran dan nyalip avanza dari sisi kiri dan langsung motong balik kanan, Si Avanza yang mau lurus otomatis langsung ngerem mendadak dan ane jadi korban. eh setelah ketabrak, siAvanza malah jalan terus. Untung aja motor ane ga lecet sedikitpun, cuma plat nomer dan hanguard yang posisinya berubah, namun avanza itu lumayan baretnya tuh.

Hmmm dapet satu lagi pelajaran berharga, tingkah laku pengemudi dijalan ga bisa diprediksi. Meski udah siaga dan konsentrasi ada beberapa titik yang bikin kita kurang waspada dengan kondisi depan kita. Contohnya ane yang lagi konsentrasi melirik spion karena mo balik arah otomatis kondisi lalu lintas di depan kurang terpantau (ane jadi ga sadar motor bebek itu motong avanza, sehingga avanzanya ngerem ndadak). Next time jaga jarak lebih dengan mobil didepan karena titik pengereman mobil dan motor jelas berbeda. Meski motor ane pake Cakram dan ban lebar tetep aja ga nutut ngerem mendadaknya.

17 thoughts on “Hati-hati dibelakang mobil- titik pengereman mobil dan motor berbeda”

    1. Mas, ini Avanza, belum aplikasi 4 disc brake belum Distributed Brake System juga. Jadi kalau ngerem yang depan yang aktif, rem belakang hanya aktif untuk Hand Brake

      1. Tapi harus diakui emang mau gimanapun juga rem mobil jauh lebih pakem dibanding motor. Coba aja injek pedal rem kuat-kuat pasti sensasi dorongan ke depannya lebih kuat daripada motor.

  1. jarak antara motor kita dan mobil sekitar 1 motor, kalo ada motor yg ngisi bagian yg kosong antara kita dan mobil biarin aja, kalo ada kejadian gitu kan dia yg nyium bokong mobil.. :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published.