Sektor Buritan Motor Sport, Desain yang Sangat Penting

Salah satu bagian terpenting dalam penyusunan desain motor adalah sektor buritan motor. Terlihat dari belakang bakal banyak item yang terekspose mulai behel, bodi belakang, tail lamp+sein, spakbor, lebarnya roda, knalpot, piranti pengereman, dan shockbreaker. Motor yang keren terlihat keren dari depan cenderung percuma jika buritan tidak mendukung. Salah satu contoh fatal menurut SF adalah CBR 250/150, beberapa kali SF mengamati buritan CBR namun “feel”nya beda saat ada dibelakang ninja 250. Pada CBR kesan yang SF dapat adalah motor harian seperti pada umumnya (awal liat CBR malah ga sadar kalo motor ini sang CBR yang fenomenal itu), kesan nanggung semakin diperparah saat  boncengan, aura motor gedhenya malah hilang. Meski Ban yang diusung CBR lebih lebar 1 tingkat diatas ninja tapi masih ga membantu dongkrak tampilan belakang CBR. beberapa kali disalip CBR feel mogenya tetep kurang dapet.

Beda saat ada dibelakang ninja desain bodi belakang yang lebar dan penuh bikin motor ini beraura moge. Dipake boncenganpun masih terlihat mogenya.  Namun jika Ninja 250 diprotol spakbor belakangnya malah jadi norak ya? Begitupun jika pake spakbor mini, dimensi overall ninja 250 bakal terlihat semakin kecil alias kuntet atau pendek.

kalo ga salah gambar in dari benny the great

Contoh lain misal Scorpio yang sebenernya lumayan gagah jadi aneh saat sektor buritan yang kurang nungging, apalagi ambless jika dipake boncengan.

amblez

 

Akibatnya banyak rider yang nunggingin buritan scorpio.

Contoh lain lagi, vixion yang bannya terlihat cungkring karena pakai seukuran bebek. Nah kalo ini jelas solusinya ganti ban yang lebih lebar. Ini memang cara simpel upgrade tampilan buritan untuk motor sport, yang utama ganti aja ukuran ban belakang lebih lebar.

makin semok makin seksi

Kalo mau lebih extreem banyak juga pilihannya tergantung budget, mulai cakram belakang, pasang monoshock, led lamp, dll. IMHO.

11 thoughts on “Sektor Buritan Motor Sport, Desain yang Sangat Penting”

  1. Ya beda pabrik beda bentuk dunk………..kalo sama nanti apa kata dunia…….?
    dan belum tentu selera orang itu sama.Jadi yang jelek menurut anda belum tentu jelek menurut orang lain dan sebaliknya.

  2. moge? CBR 250 dan ninja 250 bukan moge om…
    membandingkan CBR 250i sport touring dan NINJA 250 REAL SPORT memang gak bisa disamakan, peruntukan sport touring biasanya desainnya bulet dan ramping, beda ama ninja yg emang racy dan lancip-lancip

    setau ane moge itu dikategorikan ber displacement >400cc keatas atau semua motor yang udah kena PPnBM :mrgreen:

    1. He3… ninja dan CBR sama2 sport turing bro. posisi mengendara sama. setir diatas segitiga atas. kalo ditarik garis dengan jok sama2 jauh diatas. yang real sport tuh zx 250. emang ninja bukan moge kok. tapi dimensinya persis sama supersport, termasuk bobotnya

  3. Akhirnya ada yang sependapat soal spakbor belakang 😀 . Saya juga kurang suka sama Ninin yang spakbor belakangnya hilang, kelihatannya jadi kopong gitu buritannya. Apalagi yang sampai ganti buntut jadi lancip dan ngilangin lampu rem, wah merusak estetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published.