Aquascape lumayan kurangi stress

Dari awalnya punya akuarium model bulat untuk nyenengin si faiz lama2 berkembang jadi aquascape ukuran 70x40x40.

Aquscape sedikit beda dengan aquarium karena menonjolkan tumbuhannya daripada ikannya. nah berhubung SF jatuh cinta sama yang namanya Discus yang merupakan salah satu ikan terindah air tawar, SF berusaha memadukan antara keindahan ikan dan tanaman air.Aquascape dikatakan berhasil jika terjadi keseimbangan dalam ekosistem buatan. Ikan mengeluarkan kotoran (nitrat) dan Co2 hasil pernafasan, selanjutnya kotoran dan Co2 tersebut akan dipakai tumbuhan untuk berfotosintesis sehingga menghasilkan O2 yang digunakan ikan untuk bernafas. Membangun aquascape termasuk rumit, SF sendiri belum bisa dikatakan sukses. lah wong sekarang aja kasih ditemui alga pengganggu. faktor yang harus diperhatikan antara lain cahaya untuk main di medium light menggunakan lampu minimal 6000Kelvin dengan perbandingan 0.5Watt/liter. Suhu air juga dijaga tidak melewati 29 derajat Celcius, seminggu sekali harus ganti air 1/2. Tabung Co2 adalah alternatif jika ingin menumbuhkan tanaman dengan cepat dan lebat. kalau ga telaten ancur deh tanemannya. Karena SF seneng modif hampir semua peralatan di akali sendiri sehingga bisa menghemat biaya ratusan/ jutaan rupiah. Lampu 3 set cukup 200rban (kalo khusus aquascape bisa diatas 600rb), filter cukup pake buat aquarium biasa, CO2 bikin dhewe dari campuran ragi+ gula+ nasi. Tiap hari pantengin aquascape ini belum juga bosen, bahkan rasa penat sepulang kerja jadi hilang melihat makhluk2 eksotis berkeliaran di ekosistem buatan ini, mulai dari discus, keong hias, udang hias, lobster mini air tawar, lele cebol dan ikan2 kecil pun bikin ramai aquascape SF.

discus snakehead
keong tanduk pemakan alga
lobster cebol (mexican dwarf)

Perkembangan aquascape ane ada dibawah ini.

Awal2 coba setting lampu kurang terang banyak tumbuhan melted

januari 2011

upgrade lampu 60 watt

maret 2011

Kondisi terakhir aquascape tgerpaksa disetting ulang karena pindahan rumah. sekalian upgrade lampu 80Watt dan CO2 DIY pakai 2 botol air mineral, plus pendingin dari kipas CPU

Juli 2011

inipun belum mencapai kondisi yang ideal karena masih ada alga rambut dan tumbuhan berdaun merah ga bisa berkembang maksimal. Jika ingin belajar lebih banyak kunjungi saja  http://forum.indoaquascape.com/

26 thoughts on “Aquascape lumayan kurangi stress”

  1. aku dulu juga jualan ikan hias dr sd sampe sma, untuk koleksi pribadi, aquarium dibanyakin tanaman airnya, klo ikannya cukup yg kecil2 macem gupy, sumatera & ikan neon 🙂

    1. mas bro pesen otocinclus dimana yaaaaa… pembersih alga terbaik. tapi susah bgt carinya.
      harusnya emang ikan yg kecil klo ikan gedhe macam discus permukaan daun jadi kotor karena “pup” nya gedhe2. ha3….

    1. Di Jl. sumenep (kuningan), kalo beruntung bisa dapet taneman 3000/pot. iseng2 istirahat kerja kesitu pake pakaian kantor eh taneman yang sama minta 10rb/ pot. kqkqkqk…. kalo discusnya cari di breedernya di daerah kalibata.

      1. soalnya saya juga pengen beli keong Tanduk, tp takutnya ntar tinggal cangkang aja… coz pake ikan LAE tanaman foreground pada smrawut.
        hehe..

        1. Eh bener keongku ada yang tinggal cangkang. Itu gara2 Discus ya? Aku bikir gara2 ikan lain. Ikan itu udah ane hibahkan. Waduh kacau…! Selama ini mereka alim2 saja dihadapanku :mrgreen: mending jangan LAE deh, coba borneo sucker. Trus keong turbo juga lumayan bantu bersihin lumut, cuma mereka bandel suka keluar aquarium. Untung selama ini kelahuan. Yg jelas aman dari pemangsa, lah wong ukurannya gedhe 🙂

          1. Setahu saya kalo discus emang damai kalo ma ikan lain. tp ngak tau kalo ma keong. makanya saya kan kemaren nanya sama SF hehehe
            Ok deh ntar saya coba beli keong dulu dah…
            thank infonya…

  2. kerren bgt aquascapenya… ukurannya gede yah akuariumnya..
    btw pengen tanya bikin co2nya gimana yah,???
    bs minta tolong dikasih tau kok ada pake nasi sgala ya..
    saya gagal trus udah habis satu kilo gula ma ager dan ragi tapi lom berhasil…

    makasih ya..

    1. Saya sekarang pake botol bekas pulpyorange karena jauh lebih keras dibanding botol aqua, tutupnyapun lebih tebal. Entah kapasitas berapa 🙂 gula 10 sendok teh, ragi fermipan beli ditoko roti/swalayan bentuknya sachetan dipake cukup 1/2 sendok teh, dulu pernah pake ragi tape tapi gagal. Sekarang sudah ga pernah pake nasi karena CO2nya memang kenceng (ngeboost) tapi cepet abis. Mending pake air gula meski ga kenceng tapi stabil dan lama abisnya. Campur semua bahan pada air hangat, jangan air panas karena raginya bisa mati. Diffuser pake ceramic sudah pake penyearah, tapi ujung ceramicnya saya ganti gumpalan kapas biar ga terlalu mampat, awalnya gelembung memang agak besar lama-lama jadi lembut/alus. Sebotol kecil bisa tahan 2-3 mingguan. Klo co2 ga bisa keluar dari diffuser berarti pasti ada kebocoran halus. Untuk sealant ditutup botol saya mending pake lem besi (berupa campuran putih-item) , daripada sealant aquarium yang cepet nglupas. Moga2 ga nyerah 🙂

  3. Monte upward cool web-site! Male. Attractive. Outstanding. I most certainly will bookmark your site and also make rss feeds likewise? I will be delighted to get a lot of valuable information and facts the following within the submit, we want determine excess approaches to that consider, appreciate revealing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.