Spul Pengapian Tiger Tewassss!!!!

Kemacetan Jakarta memakan korban. Spul tiger ane jebos setelah menembus 1 jam lebih kemacetan. (he3… Jakarta lagi yang disalahkan… :P). sebenernya ini udah kali ketiga spul tiger SF mati. Yang pertama tewas saat digeber putaran tinggi saat di Surabaya kira-kira 4 tahun silam, karena saat itu harga spul tiger CW mahal (kisaran 600rban) SF memutuskan untuk menggulung ulang spul pengapian tiger. Yang kedua saat tiger ane susah distater setahun silam dan langsung digulung ulang sama mekanik langganan.

dari mbahhh gugel

Nah yang terakhir seminggu lalu. Sebenernya gejala spul udah ga sehat terasa 2 bulan belakangan. Stasioner ga stabil naik turun dan kadang2 mati mesinnya, stater dipagi hari susah meski udah dichoke, alhasil harus diengkol tiap hari meskipun kondisi aki sehat, gejala terakhir selepas 6000rpm putaran mesin terasa berat dan getaran berlebih sampai bodi tiger. Diperparah dengan macetnya Jakarta bikin spul pengapian tewas untuk yang ketiga kalinya. Karena takut terjadi hal2 yang ga diinginkan SF putuskan untuk mengganti spul pengapian tiger orisinal. Terpaksa siapkan duit 700rban untuk nebus spul ini. Eh lah kok Ndilalah 😛 spul ori Tiger CW 2004 yang konon asli Jepun sudah ga dijual lagi, ditawarin sama punya Tiger revo yang harganya 370rb (di Otista) katanya cuma perlu sesuaikan perkabelan sedikit. Setelah terpasang di tiger kesayangan efeknya langsung terasa, tarikan lebih powerfull, stasioner lebih stabil dan gejala getar diputaran atas semakin berkurang. Untung ga jadi belanja 700rban. Moga-moga aja awet spul ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

    • eh iya ya… ha3… itulah seninya ngrawat barang tua yang saat mudanya disiksa terus. maunya sih dijual tapi kok nilai historisnya terlalu tinggi. motor pertama yg beli dari jerih payah sendiri. pernah dibuat turing honeymoon sby-jgja. jadinya ya dituruti terus maunya apa tiger ini

  1. masih ada kok spare tiger lawas, cuma nyarinya ampe mabok..
    nyari regulator tiger lawas aja ampe mules2 walo akhirnya ketemu juga, tapi harga 2x lipat regulator tirev 🙁
    buat modif fullwave di motor yang shock belakangnya ente pake..
    nih lagi nabung lagi buat modif fullwave juga di jupeZ lawas..

    syarat pasang HID atau per-LED-an, wajib DC fullwave, kalo ngga resiko sendiri :mrgreen:

  2. menurut salah satu suhu kelistrikan di kaskus fr2 surabaya, regulator tirev gak rekomendasi untuk modif fullwave di motor lain, kecuali ngga rekomendasi dengan kantong ya gpp pake punya tirev :mrgreen:

  3. yup betul..
    makanya sangat direkomendasikan.. 🙂
    kalo mo aftermarket bisa pake kiprok cheetah power.. stok berlimpah.. tapi harga 11-12 ama kiprok tiger lawas.. :mrgreen:

    • lhaaa suhu ne mencungul.. 😳
      tusbol dulu 😯 maksudnya salim dulu..
      proyek see and be seen on the road pada airscope apache piye mbah? 😀

  4. Ane punya tiger 2005 skr Lagi bermasaLah
    Di spuL huh pusing mau ke otista ngeri…!!!
    Takut ketipu k’ AHM mahaL bgt…jadi bingung…!!! ToLong masukan’y…!!!
    ° • ♥·♡τнäήκ чºü♥·♡ • °.
    SebeLum’y…!!!

    • digulung ulang umur ga lama. tapi klo ga ada dana monggo saja. asal cari tukang gulung yang pro dan minta kabel yang berkualitas. sebenernya sebelum mati ada gejalanya kok. di electrik stater susah hidup. di kick stater beberapa kali baru mau hidup. trus motor sering brebet dan mati sendiri apalagi saat panas

    • Kmrn sy tnya kediler resmi,hrganya,486rb,tp itu dwlyh bsnjarmasin gan,tigy ane jg brmslh spulnya, pdhl tigy thn 2013

  5. @fadly,anonym,anggi : digulung ulang umur ga lama. tapi klo ga ada dana monggo saja. asal cari tukang gulung yang pro dan minta kabel yang berkualitas. sebenernya sebelum mati ada gejalanya kok. di electrik stater susah hidup. di kick stater beberapa kali baru mau hidup. trus motor sering brebet dan mati sendiri apalagi saat panas

    • masa sih ? aku gulung sendiri semua spulku gak pernah kaya gitu. klo brebet, susah hidup, mati kalau panas, itu kesalahan dlm memilih kawat spul. makanya make kawat yg jelas aja. jangan asal percaya kawat jerman, kawat inggris kawat jepang dll….

      pilih kawat yang jelas pabriknya. misal Philips, LG, Hitachi, ATCO, Essex dll …

  6. saat ini cb ane yg pakai spul tiger juga lagi ko, stelah dililit ulang…ternyata umurnya hanya seminggu ko lagi.
    nah skrng mekanik ane nawarin solusi : ganti aja pakai arus dc (sblmnya ac) cukup hanya ganti cdi dc (aku rencana mau pakai cdi shogun kebo) + socketnya….
    proses lagi berjalan smoga lancar…blarrrrr

  7. tu ori tau dari indopart bro??tiger 2005 ane jg pengapiannya
    lemah.di ahass ditawarin ganti spul ori harga 450rb.

  8. Mas bro kabel apa yg perlu si sesuaikan??minta pencerahan…tigi ane juga mengalami masalah yg sama
    Terima kasih

  9. motor ku.CB mesin tiger.. sering terjadi kendala trouble .eehhh.. setelah gue nyaranin di suruh bawa ke bengkel profesional.. (katanya sih hihihi) waduh.. malah kacau balau.. pertama kelistrikan enak setelah 1 minggu komponen kelistrikan semua mslah banyak terbakar.. uuuhhhh.. alhasil haruss beli komponen berupa CDI.KIPROK.FLASER.RELAY.SPOOL ORI TIGER. KABEL BODY.KOEL.BUSI. dan terakhir bohlam depan belakang meletus.. jadinya ganti juga.. semua serba baru.. tpi gak jamin sih kal0 semua baru bisa.. Normall.. pengalaman pake tiger.. gara bengkel goblok tempat sabrang ambulu jember jawa timur (bos.Ropek).. itu.. sial dechh pokoknya.. ongkos nya mahal 500rb. bayangin deh.. itu ongkosnya segitu.. sekian

  10. motor ku.CB mesin tiger.. sering terjadi kendala trouble .eehhh.. setelah temen gue (hafidin)nyaranin di suruh bawa ke bengkel profesional.. (katanya sih hihihi) waduh.. malah kacau balau.. pertama kelistrikan enak setelah 1 minggu komponen kelistrikan semua mslah banyak terbakar.. uuuhhhh.. alhasil haruss beli komponen berupa CDI.KIPROK.FLASER.RELAY.SPOOL ORI TIGER. KABEL BODY.KOEL.BUSI. dan terakhir bohlam depan belakang meletus.. jadinya ganti juga.. semua serba baru.. tpi gak jamin sih kal0 semua baru bisa.. Normall.. pengalaman pake tiger.. gara bengkel goblok tempat sabrang ambulu jember jawa timur (bos.Ropek).. itu.. sial dechh pokoknya.. ongkos nya mahal 500rb. bayangin deh.. itu ongkosnya segitu.. sekian