Motor Nyusahin Kok Dipiara! Pengalaman 7 tahun menunggang Tiger

Tertarik menyingkapi komentar pengunjung bloknya SF (bro kebandur) yang menyarankan SF segera pensiunkan si tiger karena trouble mulu. (thanks bro masukannya) Ada benernya juga sih pendapat bro kebandur. Selama setahun terakhir ini emang banyak duit yang SF habiskan untuk belanja buat si tiger. Antara lain pernah kehabisan oli sehingga harus oversize 25, untung daleman silinder top cuma kena laher nokennya aja, selanjutnya shock belakang mati alias sudah keras bin atosss ganti deh dengan shocknya apache, next gearset yang minta ganti, kopling house yang oblag, sistem tensioner dan kawan-kawan yang bikin ulah 2 kali dalam setahun dan yang terakhir kmaren spul pengapian tewas.

31 agustus 2011 Tiger SF genap berusia 7tahun.

 

Feeling ane kedepannya pasti ada lagi yang minta jajan. Paling kerasa boss arm belakang udah oblag dan bikin arm geal-geol. Maklum makin tua motor makin manja.Mungkin bagi sebagian besar orang bakal memutuskan untuk upgrade tunggangannya kalo udah bikin ulah kaya gini. Sebenernya niat awal beli si Bolot (ninja 250) adalah untuk menggantikan si Tiger namun yang terjadi malah si bolot jadi jadi koleksi dan kendaraan operasional sehari-hari tetep tiger. Makanya meski udah 9 bulan umur si bolot kilometernya ga nyampai 2000km. Alasan utama ane tetep bersikukuh pertahanin tiger kesayangan ane adalah : Nilai historikalnya terlalu tinggi! tiger 2004 ini adalah motor hasil keringat (campur darah :)) SF yang pertama, maklum cicilannya perbulannya saat itu ga jauh dari gaji bulanan. Tiger ini juga nemenin ane pindah kerja ke 4 tempat, terjauh PP Surabaya pasuruan setiap hari (80km PP) nembus lumpur lapindo. Pernah dibawa turing honeymoon Surabaya-Jogja bareng bunda faiz, jatuh berdua juga sama bunda Faiz( gara2 jatuh itu malah ketahuan kalo Bunda lagi hamil faiz). Kalo pas terpisah jauh dan lama (pas mudik) yang dikangenin malah tigernya bukan ninjanya.

Tiger over the Ninja

Udah SF anggap keluarga sendiri Tiger ini, biar kata orang yang pernah pinjem komennya negatif, misal remnya kok keras ya, grip gas a lot, kopling juga, footstep licin, bodi getar semua,Β  ban belakang geal-geol, toh ane masih cinta motor ini. That’s why SF ga akan jual motor ini (Insya Allah kalo ga ada kebutuhan mepet bgt). Makanya sedikit demi sedikit SF restorasi si tiger biar ga bikin ulah lagi. Knalpot racing silent sport lengser balik ke ori biar tendangan balik terjaga dan ga boros, kopling balik pasang judder springnya biar ga loncat2 mulu, karbu disetel irit, dan timing pengapian balik ke semula lagi, toh sekarang udah ga hobi ngebut lagi. eh tapi sebelum insaf tiger ini masih bisa nembus 130 kpj lohhh πŸ™‚ Pernah di bypass krian menang sama vixion dan FU (kecepatan kira2 140kpj). Dites sama pulsar 200 kecepatan 100kpj juga masih didepan. Kalau dibandingkan sama tiger revo sekarang ya jauh, kondisi standard tenaga menang tiger lama hampir 1 hp, bobot tiger lama juga 10kg lebih ringan. Tapi itu mah dulu sekarang sama matic aja kalah (ngalah males ngladeni lagi) lagian kalo pas ngladeni tiger ane bisa jebol lagi. :lol

Berdasarkan pengalaman kelemahan utama honda tiger adalah pada sistem tensioner (kamrat dan LAT), untuk masalah lain cenderung motorsiawi aus karena termakan usia. Untung saja sparepart tiger sekarang murah2 ga kaya dulu yang harus beli ori dan kebanyakan buatan luar. Sebenernya meski udah ada 3 motor dirumah masih pengen nambah lagi nih biar Tiger banyak temennya…. Tapi ijinnya yang susah πŸ˜› (eh duitnya juga ding…. )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. betul masbro, nilai historisnya yang tinggi.
    saya juga punya motor sport yamaha umurnya 15thn. hehe..
    dijual sayang, ga dijual menuh2in rumah.

    menemani saya dari jaman kuliah.
    menemani saya ngeboncengin pacar pertama. (pacar gonta-ganti tapi motornya tetep :-p)
    menemani saya pertama kali cari duit.
    hiks hiks…

  2. jadi inget tigy 97 gw bro uda nemenin 11 taun,
    tapi gara2 banyak penyakit segala macem akhirnya dengan berat hati dlengserin juga sama vixy

  3. Nilai historis? Benar sekali. Walaupun kendaraan satu-satunya (Astrea Supra) sudah berumur 11 tahun, tapi kok sayang buat diganti baru ya. Untung deh tuh motor gak pernah rewel, daleman mesin cuman pernah ganti rantai kamprat (1 kali) dan kopling (juga baru1 kali). Lainnya servis rutin aja, kalo fast moving macam kampas rem dan ban sih standar aja gantinya.

  4. sama bro.. ane dulu juga punya tiger, umurnya 9 tahun.. historisnya tinggi, habis ane beli pulsar.. maksud ane tiger jadi koleksi.. tapi kok ya kyknya nggak kerawat, kasian.. akhirnya ada yg nawar, tiap hari nanyain.. akhirnya ane lepas juga.. sedih sih, tapi daripada nggak dipakai.. *loh kok malah curhat

  5. yup,historis bikin kita mempertahankan sesuatu.ane punya rc110 tornado gs,sudah 13 tahun menemani.kakak punya rc 80,semuanya gak dijual.punya kakak 23 tahun sudah.sisuzy topan menemani ane dari alay sampe jadi bapak 1 anak,dari tenaga sukarela sampe jadi pns*alhamdulillah* gak pernah rewel,inget pernah bokek betul minyak goreng jadi pengganti olsam.sekarang dia sudah menikmati masa tua,disayang dan dilap.kadang diajak keliling di dekat rumah ataupun berlumpur ria ke kebun.tapi ane tetap komit untuk tidak melegonya*kecuali kepepet :mrgreen: * ditabokin mama gara2 kepergok bonceng cewe 2 sekaligus*jangan ditiru…kenangan alay*
    sori curhat.tapi historikalnya tak ternilai oleh materi
    keep strong brader

    • ha3… ngapain puasa-puasa bo’ong batal ntar puasanya. Penyemplak tiger lama pasti tau. 1 hp lebih tinggi dari tiger baru (17.4hp) beratnya 10kg lebih ringan (125kg). tapi kemungkinan saat itu si satria std pake premium. ya pasti ngos-ngosan 130 kpj udah kesalip. (termasuk orangnya, lah wong sampe nunduk2 segala). eh sori baru inget saat itu tiger ane dah pake knalpot nobi silent sport.

  6. terima aj lah bro, udah resiko miara macan. kenangan dan petualangan hidup dg macan tak ternilai.. klo bisa si macan dijadiin kek si ninja, bkn utk harian. harian pake bebek ato metik aj…

  7. masa lalu jg ane pernah pelihara nih macan du kali, tahun 1994 sama yg tahun 1996 tapi yg terakhir bertahan cuma 4 tahun karena dah deket merit jd di lego ganti kijang. sekarang malah pingin maho lag, jd pilih Pulsar 220. kesan ane pake nih motor jauh lebih macho di banding tigy. permisi curhat jg, padahal umur dah 35 tp makin tua makin jadi πŸ˜€ hehehe

  8. mantep om tigor nya
    ane juga ada rencana mau ngangkat tigor 98(diprotes ortu karena ketuaan :()tiggal tunggu deal sama orangnya aja
    gak tau kenapa ane demen bet ngeliat tigor 2000 dibanding motor lain bahkan meneurut ane tIREV sama tigor 2000 masih kerenann tigor 2000

  9. hehe
    saya juga punya om, tiger 98, klo sekarang berarti udah berumur 14 tahun ya …
    tua memang, apalagi jajannya, gak ketulungan, saya total modipnya sampe jadi sekarang, sama harga motor, mahalan modip nya
    belom ditambah ongkos perawatannya
    sempet mau saya jual taun kemarin, sudah deal, paginya mau dibayar, tp setelah dipikir2 … sayang juga, apalagi saya anggep istri pertama *istri kedua yg bisa kentut dan sering protes :p

    tapi yaaa itu … tigi baru banyak yg jual … tapi gak ada yg jual nilai histori nya …

    sampe sekarang saya rawat … sekarang ada tiger 2 dirumah :p

  10. Semua montor ada nilai tambah dan kurangnya
    Jika sudah gak mau tiger dijual aja
    Toh anda sudah punya ninin
    Tp masih pakai tiger
    Itulah tangguhnya tiger
    Udah 10th lebih masih aja kuat
    Tiger lama sama tiger revo jelas beda
    Pengapianya aja dh beda
    Koil sama CDI aja beda
    Jd tiger revo adalah pengembangan dari yg lama
    Ia sekarang byk onderdil yg murah” buat si tiger

    Jaya terus TIGER INDONESIA

  11. Lha wong oli aja sampe telat, gmn ga rusak tu motor, ga cuma tiger smua merek kalo perawatannya gitu ya jebol. motor exlusive buat yang dompet tebel.

  12. tiger.. motor ber cita rasa eksekutif muda.. hehe
    gak semua orang berani piara lo, ganas kalo sampe minta jajan

  13. hmmm kalo tiger revo emang nyusahin ga awet karna onderdilnya buatan ahm sunter dan cikarang, coba pake tiger aku awet ga nyusahin tiger 2000 ga da air masuk ke tangki, rantai kamprat kendor, lat rusak dll soalnya mesinnya masih buatan jepang rantai ketengnya aja ori jepang aku tebus 200 rb hehrhe

  14. history-nya itu mas, yang emang gak kebeli…dulu saia juga gitu sama alm. gl-max ’95
    berhubung dah gak kuat “membiayai” meski berat, akhirnya dijokul buat nebus yang muda’an πŸ™
    maklum, kerjaan belom tetap, gaji pas-pasan, masih ikut pmi pula
    #lah, malah curhat :mrgreen:

  15. Salam kenal Mas Faiz…aq juga pake tiger koq, Tiger Revo (2011), pengalaman aq sih belum ada yg negatif, mugkin krn aq selalu tepat waktu ganti oli dan selalu menjaga “Si Meong” Emang sih kalo untuk tarik-tarikan sama motormatic dan motor2 lain yg lebih ringan pasti “agak tertinggal” tapi kalo untuk jarak jauh…. HAYUK. Si Meog kalo untuk jarak jauh lebih menantang.

    • alhamdulillah tirev 2007 sudah jd kawan setia alih-alih mau ditungga cuma buat hobby ehhh malah jd fovorit dari motor kerja.

      maung itu penuh kharisma saat ditunggangi, kalo soal biaya perawatan y relatif semua juga tergantung cara perwatan dan pakai.
      untuk soal maung bercitra motor boros jajan itu hanya ungkapan sejauh mana kita menyikapi.
      tiger itu bisa dibilang sakral karna hny org tertentu yang sanggup nerima.
      saran saya cukup rawat sesuai ajuran jgn bnyak sentuhan g perlu cc udah 200 , citra sudah gahar jd mau apa lagi?
      maaf tiger sekali blarrr knalpot standar juga orang pasti minggir dan segan.
      jgn dilepas susah lagi dapetnya nanti nyesel.

    • Beli motor itu yg komplit bos, diajak tarikan dominan, ban besar, dimensi tinggi besar, diajak jarak jauh juga dominan, gitu lo.

  16. mending dijual aja..gak ada gunanya miara kendaraan ngerongrong.
    lama-lama akan terlupakan..nanti juga akan cinta sama yang baru πŸ˜€

  17. asealammualaikum abang2 saya mau minta tolong nih sama kondisi tiger saya
    sayakan punya tiger revo duabulan yg lalu saya abis turun mesin gara gara udah keluar asep dari kenalpot tapiko udah turun mesin juga mesin tetep berisik padahal rante keteng + tensioner udah saya ganti malahan tonjokan ketengnya juga udah saya modip jadi kaya tonjokan rante keteng punynya sogun kira2 abanga2 ada yg tau ga ? dari mana asal bunyi berisik kelitik kelitik itu
    yg jadi anehnya mesin lebih halus sebelum turun mesin daripada sesudah turun mesin ?
    makasih

  18. salam pecinta motor macan, ttp setia pd si macan. punyaq jadul bgt, macan thn 1998, pemakaian awur2an (maksutnya jrg pelan) trs srg touring jg, tp pas kemarin aq ganti pir starter ternyata semua onderdil daleman msh jos gandos, bayangin, ud 17 thn brow msh tangguh. tiap hari naik turun gunung (maklum aq org gunung) hehehehehehehe.

  19. Hai pecinta macan….pngalaman sy slama pake macan dari 2011 blom ada keluhan, si macan sering lintas belitang- bengkulu selatan kira2 jarak tempuhnya 410 km…tp tetep nyaman dan pasti larinya wus wus…

  20. salam bikers……ane mw tanya nih, ane punya tiger revo 2010, pada saat langsam suara alus, pada saat digeber jg halus tp pada saat merunkan gas suara mesin terdengar kasar…klo boleh tw itu knapa yaa…..trimakasih sebelumnya.

  21. klu menurut saya tiger adalah motor nyaman buat jarak jauh krn saya kerja purwodadi semarang dgn jarak tempuh 140 km pp dan saya sudah gonta ganti motor mungkin ada 10 kali baik bebek sport maupun metik tapi tetep saya rasakan paling nyaman tiger makanya ak kbali ke tiger lagi wlu dgn banyak komentar keluhan katanya berat onderdil mahal tapi menurut saya tinggal perawatan aja terutama oil itu aja mantap utk tiger

  22. Sinabung emang jos,y walaupun brubpake hitungan bulan yg ptg emang perawatannya yg harus rajin.ganti oli 2bulan sekali,kl udh 3x ganti oli sxn service. Ane pake tirev 2008.

  23. Tiger 2000 tetap tangguh.emang pas buat perjalanan jauh, …apapun komen miring gak ngaruh, saya pakai 2005-2016 tetap ngacir..pergantian sparepart adalah motorsiawi..( lumrah )…yang pasti perawatan rutin dan detil..tune up ganti oli dll…di jamin tetap ngacir…diajak lari kecepatan tinggi ngacir walau 3 jam tanpa henti gas tetap gak ada habisnya….test aja sama motor seangkatannya tiger…kecepatan tinggi 3 jam atau lebih tanpa henti…nanti baru tahu..honda tiger…hehehe…lebay dikit aah..*ngelus2 si tigy*

  24. Salam kenal. Dari taun 96 sampe sekarang saya pake tiger yg sama. Ga rewel. Paling yg kerasa cuman kamcing gir belakang. Dr cinta pertama sampe cinta terakhir blm tergantikan. Yg jelas gampang ngurus nya bro

    • Bener bro, ane pny thn99 sampai skrg. Dah 2 x ganti kamret. mesin tetap mulus. Thn atau merk lain bukan patokan motor bagus nggaknya. Yang penting pemakai n perawatan. Ok

  25. Bro… sorry nh saya juga pengguna tiger dari tahun 2007 ampe sekrang masih bisa idupsaya minta saran dong spare part apa aja ya yang perlu diganti setiap bulannya ??? Maap bro masih dibawah umur jd belum terlalu ngerti

    • Cek sama ganti oli. Ketebalan kanvas rem klo dah tipis ganti sama ngecek kancingan gil belakang klo perlu ganti sama yg dah pake sistim nap kaya honda cb 150 r

  26. Sungguh luar biasa pengalamannya
    Mau curhat dikit nih

    Ane punya tiger 2000 a.k.a tilas tiger lawas taun 94 second production ane sebut bahasa sundanya “ucing” kalo bahasa indonya ya kucing hehe..

    Ane beli second hand dari temen ane ..memang saat ane beli tuh motor memang buruk rupa, mesin berisik body ancur aah pokonya ga recomended lah. Cuma 1 yang ane tau dari si kuda besi ini?! Yup ketahanan, kenyaman yang memang sudah melegenda. Ane sadar akan habis uang banyak ngurus ni tunggangan. Tapi ane dari dulu memang seneng dengar motor ini. Banyak orang mencibir jelek lah. Lambat lah dsb.

    Ga heran banyak orang bilang motor ini perawatan susah mahal dan apa lah. Menurut ane itu orang yg kikir ajah. Kalo ane dari taun 2006 sampe sekarang awal punya motor ya si ucing ini. Ya motor rewel ya wajar kita pakai kok .hahaha mungkin sekarang tiger tuh masih dewanya jalanan menurut ( Ane ) banyak komunitas tiger motornya gila gila bawanya kenceng2. Yah kalo ane lebih suka teknologi dulu sudah teruji ketahanannya. Bukan ane ngejelekin teknologi yg modern itu kan selera masing2 dan cerita masing2.

    So ane masih satu cerita sama yg punya tiger ini suka duka motor lawas tuh beda sama motor modern dari jatuh sampai senang. Karena kuda besi inilah yang menemani kita sehari hari dari nangis hingga tertawa.

    Salam ane oppi

  27. sama mas sy jg pnya mtor jadul syg bgt klo mau di jual..
    soalx dah bnyk kenangannya mtor Gl pro motor warisan nemenin dari jaman Sma sampai skrg dah 3 x sy bawa pindah tugas Makassar, poso sampe skrg di kota palu pdhl sda ganti ninja tp syg klo mau di jual

  28. Nilai Historis…betul Bro..tigi ku da 10 taon.dl problem spare part muaahaal..tp skrg sdh lumayan murah..tp mslhnya mesti hunting jg kmn2..tdnya mdel sw ganti dg mdel cw..ganti ring 17..mantap buat tempuh jarak jauh.gear std dicopot ganti gear 15 punya nsr…
    Sayang mo dilego..harganya jg murah..kalah teknologi ..hehhehej

  29. Betul Bro…tigi sdh terbukti bandelnya..yah sebanding hrg sparepartnya sih.hehhehhe..nilai historisnya sdh 10 taon ditunggangi..gk prnh rewel…