[repost+perdebatan menarik] Klasemen Sementara Kejurnas 250 IRS seri III, CBR 250 Makin Terpuruk

Posting ini sebenernya udah lama 4 Agustus 2011, namun karena terjadi silang pendapat mengenai spek motor yang ikut kejurnas 250cc, akhirnya saya angkat lagi. biar Pengunjung lain juga bisa mengeluarkan pendapatnya. Terutama mengenai persandingan Ninja 250, CBR 250 dan Moto 3.

 

—“Susah banget cari info soal ini.  Akhirnya dapet di forum kaskus. tapi sebatas klasemen sementara, sedangkan hasil lengkap seri 3 + best timenya Minggu kmaren masih ngubek lagi. emang susah jadi bloger sok sibuk dan ga modal kaya ane. Bisanya cuma nyari info di internet males dateng liat sendiri ke sentul. he3….

denger-denger kelas 250 khusus ninja sudah menyentuh 1waktu 1:50. ga tau lagi di kelas open 250 ini.

klik gambar untuk lebih jelasnya

Kenapa SF sangat tertarik dengan kejuaraan ini? jawabannya kelas 250cc adalah kelas motor jalanan paling bergengsi di indonesia. Jangan samakan dengan Supersport ato Superbike, itu mah kelas para alien. (blogger juga ada yang kelas alien dan gurem kaya SF ini loh. kqkqqkk….), selain itu ane pernah bersilang pendapat dengan seorang honda maniak yang yakin banget CBR 250 diseri-seri mendatang bakal menghabisi ninja di balap, pokoke honda kudu nomer siji (honda harus nomor satu) ga mungkin kalah sama pabrikan kecil kaya kawasaki. Meski udah ane jawab dengan penjelasan teknis dan data empiris yang ada, doi tetep ngeyel moto 3 aja kemaren berhasil bantai ninja katanya. CBR pasti bisa lah…. glodagh…!!!  wah kalo ini mah pemerkosaan otomotif! jelas lah Moto3 technologi moto gp thn 2011 lah ninja technologi motor jalanan tahun 80an. CBR terlempar urutan 14 klasemen sementara karena di seri 2 yang lalu ga bisa ikut, yang bikin penasaran diseri 3 ini kok ga dapet poin ya, kata pengunjung kaskus sih si Wawan turun loh, so kemungkinan bisafinish buncit ato DNF (did not finish) ada yang bisa ngasih pencerahan?”—

NB: CBR ternyata di seri III absen alias tidak ikut.

32 thoughts on “[repost+perdebatan menarik] Klasemen Sementara Kejurnas 250 IRS seri III, CBR 250 Makin Terpuruk”

  1. jangan gaptek lah,moto3 disentul itu motor gpmono dijual bebas lha wong mesinmya motor trail crf 250 dimodif,klo pemilik ninja gak terima kalah lawan motor gpmono usulin aja honda harus pakai 2 silinder 2karbu dlm hal ini ya cb 200 boreup ke 250,apa gak malu lawan motor jadul?

  2. Catatan
    1. Motor gpmono dijual bebas tapi khusus untuk pemakaian di sirkuit bukan untuk motor jalanan. Harganya ratusan juta perunitnya!
    2. Mesin ninja adalah mesin generasi 80an. Bahkan tenaga ninja sekarang disunat sekitar 8 hp dibanding ninja lama karena regulasi safety negara maju dan standar euro 2 dan 3.
    3. Ninja disuruh lawan gpmono ya jelas beda. Ninja motor harian yg dimodif seperti halnya superbike sedangkan gpmono diciptakan khusus balap seperti halnya motogp. Makanya meskipun 1 silinder bisa nglawan 2 silinder. Bisa menang 1-2 detik perlap dibanding ninja. Cbr 250 bisa nglawan ninja, tapi modalnya bakal sangat gedheee

  3. lha sdh terjawb 1 silder bisa ngalahin 2silinder,ingat!!!yamaha rosi yang 4silinder sanggup menang lawan honda 5silinder.kan sama2 khusus sirkuit.kemenangan bukan ditentukan hanya jmlh silinder mas!masih bnyk opsi lain.

  4. lha sdh terjawb 1 silder bisa ngalahin 2silinder,ingat!!!yamaha rosi yang 4silinder sanggup menang lawan honda 5silinder.kan sama2 khusus sirkuit.kemenangan bukan ditentukan hanya jmlh silinder mas!masih bnyk opsi lain.gitu bang smarth.

    1. Terjawab dimana? Moto3 (versi prototype) VS Ninja (Versi jalanan yang dimodif)?. Menurut ane seperti bandingkan Moto GP 800cc Vs Superbike 1000 cc, menang mana coba? Jauh jelas menang Moto GP. Moto 3 diatas cuma pembanding saja kalau motor Jalanan dimodif catatan waktunya ga tertinggal jauh dengan motor prototype. Kelasnya di kejurnas juga jelas dibedakan? hanya balapnya aja yang dibarengkan biar ga keliatan sepi. Makanya saya sangat penasaran dengan hasil balap CBR 250 1 silinder namun dikompensasi mesin modern (injeksi) dan bobot ringan Versus Ninja 2 silinder mesin jadul era 80an. di gelaran seri I CBR 250 jelas kalah telak best lapnya selisih 5 detik padahal pembalapnya kelas Nasional milik AHM. Para blogger senior yang lebih paham dan berpengalaman pun pesimis soal CBR bisa mengalahkan ninja disentul dengan regulasi seperti ini. (dengan berkaca pada ducati diSuperbike 2 silinder tapi diijinkan pakai CC lebih besar dan bobot lebih ringan dpd 4 silinder). Makanya untuk seri selanjutnya panitia lomba melonggarkan regulasi kejurnas 250 cc, nah CBRnya malah belum sempat tarung melawan ninja. Apakah CBR bakal beri kejutan jika Racing Full spec??? kita liat saja seri selanjutnya. thanks atas atensinya 🙂

  5. Sekali lagi moto3 diindonesia bukan motor prototyp .tp mesin motocros crf250 yg dimodif tuk balap sirkuit dan masih pake karbu,dah lamabanyak croser indonesia pakai nih motor,ninja dari sononya dilahirkan untuk sport,bore x stroke untuk mengejar rpm tinggi,posisi duduk sesuai balap,dan sama2 karburator.sebaiknya kita buka wawasan & jng terpaku bahwa 1silinder tdk mampu lawan 2silinder,coba buka lagi awal motogp 4tak ,Aprilia RS Cube yg 3silinder mampu mencapai 260 dk,sedang lawannya honda RC 211 yg5 silinder hanya220 dk,yamaha YzrM1 yg 4silinder 220, dk,Satu lagi pertibangan bahwa jawara drag ffa spor 250cc 4tak nasional dipegang oleh KTM250SX karburator,yang bore x strokenya sama persis dengan mesin CBR (76 x 55)apalagi sudah injeksi,ini berdasar data dan fakta,bukan dari kata2 yg tdk jelas.trim smoga bermanfaat.dan sebaiknya kita tdk menjelekkan suatu produk,apalagi produk ini dijual diseluruh dunia.

  6. regulasi super bike bahwa khusus ducati 2 silinder dibolehkan sampai 1200 hanya semata mata agar ducati tdk hengkang,ingat regulasi motogp hanya dibedakan bobot dan jmlh silimder,sedangkan cc tetep,smoga bermanfaat.

  7. 1. Sebaiknya liat fakta masbro Intip disini http://sang-pecintablog.blogspot.com/2011/06/spesifikasi-honda-nsf250r-moto3.html
    mesin moto 3 ternyata DOHC bukan unicam dan jelas memakai fuel injection. Tenaganya ga jauh dari ninja tune up. Motor inilah yang dipake moto3 disentul kmaren. Tapii….
    2. Jelas2 desain rangka moto3 diciptakan untuk balap. Lah rangka dan suspensinya diambil dari gp125 (rs 125) honda, rangka aluminium dan berat motor 84 kg alias hampir separuhya ninja/cbr. Tau kan seberapa besar efek rangka didunia balap.
    3. Upsss nampaknya anda salah menilai ninja. Desain ninja adalah sport turing, rangkanya memakai tipe diamond besi khas motor jalanan. Posisi setang jauh diatas segitiga atas persis seperti cbr. Masih ga percaya. Monggo buktikan. Apa jadinya jika dipaksa turun ke sirkuit. Tentu hasil modifnya sebatas turunin posisi setang dan atur setingan shockbreaker ga bakal semaksimal moto 3 kan.
    4.Sekarang kita abaikan masalah silinder. Coba kita bandingkan CBR 250 dengan moto 3. yakin dah ane kalau CBR ga bakal bisa menang. Bobot aja jauh bedanya belum lagi mesinnya. 1 silinder motor massal yang dituneup versus 1 silinder yang diciptakan pengganti GP 125.
    Pihak penyelenggara race aja jelas memisah kelas balap kejurnas 250 cc dengan moto3 . Bukan maksud ane menjelekkan cbr bro ane juga pengguna honda loh, bahkan ane lebih sayang tiger ane dpd ninja ane. Namun untuk disirkuit kliatannya CBR kurang cocok.

  8. asslm,ketemu lagi bang smartf,motor moto3 yg dipakai disentul bukanlah Honda NSF250 yang baru saja (kalo tdk salah launching maret)launcing,melainkan motor gpmono lansiran 2009 dng mesin motocros honda crf250 yg masih karburator(diacara otobursa “tumplekblek”)ada tuh dijual 1unit CRF250 lansiran 2008 rp 60 jt bisa diambil mesinnya nih),mengenai rangka,suspensi,dll memang harus dimodif yang awalnya untuk balap tanah berubah ke balap sirkiy jalan raya(nama bengkelnya adalah moriwaki),untuk mesin,CRF memakai tekno Unicam,dimana satu cam digunakan untuk menggerakkan klep masuk dan klep buang(SOHC,kebetulan dulu pernah bongkar nih CRF),beda dngan DOHC,yg satu cam untuk klep masuk atu buang saja,karbu untuk CRF adlah Keihin FCR40,bukannya injeksi.bore x stroke /diameter piston x langkah Honda NSF250 sama presis dng CRF yaitu,78 x 52,2.sedangkan CBR adalah 76 x 55.regulasi moto3 mengatakan bahwa mesin 1 silinder,250 cc,max diameter piston 81mm,dan harus injeksi,dilihat dr tpe mesin, CBRsangat sesuai dng regulasi tsb,dimana diameter piston 76mm,1silinder,250cc,injeksi,jdSANGAT MUNGKIN cbr digunakan untuk balap sirkuit sesuai regulasi moto3.Bila mekanik Ind ingin maju pilih spek motor yang mendekati regulasi spek motor dunia(moto3).trims smoga bermanfaat.

  9. Waalaikumsalam. Sip masukannya info ini saya baru cross check di http://triatmono.wordpress.com/2011/07/31/kawasaki-ninja-250r-lawannya-hanya-gpmono-moriwaki-bukan-honda-cbr-250r/ kutipannya “… lha wong lawannya adalah GP Mono Moriwaki… yang akan digunakan di MotoGP 2012 …!!! ” namun ternyata ada jeda info antara informasi dari bang triatmono diatas dengan spek yang link kan sebelumnya. thx koreksinya. ternyata honda NSF untuk GP mono 2012 bukan moriwaki MHD 250. bukti kalau sasis bisa berbicara banyak cek lagi di http://www.motorcycle.com/shoot-outs/moriwaki-md250h-vs-aprilia-rs125-shootout-89190.html betapa Aprilia RS 125 pun tak berdaya menghadapi moriwaki MHD 250 yang basis mesinnya dari CRF. “…the Moriwaki is built from the ground up as a pure racing machine…” berdasar spek diatas Power CRF yang hanya kisaran 32hp ga jauh dengan ninja/CBR, klo sama2 opreknya mungkin juga ga jauh perbedaan tenaganya. tapi bobotnya hanya 1/2 ninja/CBR (194lbs=88kg).
    Ternyata kita beda point of view. Saya beranggapan moto 3 adalah motor yang diciptakan khusus untuk sirkuit alias bukan motor massal untuk keperluan legal jalanan BPKB dan STNK saja ga ada, sedangkan bro Wahyu beranggapan moto 3 adalah juga motor produksi massal yang pantas dicompare dengan Ninja maupun CBR 250. . . mengenai CBR digunakan untuk balap moto 3, mungkin bisa asal boleh ganti frame biar berat motor tersunat separuhnya. kalau di kejurnas 250 boleh ga ganti frame ya?
    Cocok nih mas Wahyu jadi blogger biar bisa share knowlegde dengan motofreak lainnya thanks atas masukan dan koreksinya. biarlah beda keyakinan ini kita pegang sendiri- sendiri :).

  10. kalau begitu sama aja membandingkan moto 2 dng supersport , mesin sama 600cc tp sasis berbeda spek. moto 2 sasis khusus buat race dmn sirkuit tdk ada gajlukan , jalan mulus ,tikungan bisa rolling speed. beda dng sasis supersport yg diciptakan buat jalan umum dmn jalanan kondisinya lbh extreem daripada sirkuit…….kira kira begitu kalau ente membandingkan gp mono dng ninja 250 terlepas dari perbedaan cyl CMIIW.

  11. sasis gpmono dan ninja2,5 sama2 enak disirkuit,sama2 bisa roolingspeed,juga sama2 sangat tidak enak untuk jl gelombang.tapi bukannya sasis ninja250 lebih kuat dari sasis gpmono?karna terbuat baja tralis,sedangkan sasis gpmono dari almu.jadi untuk kekuatan sasis ninja punya kelebihan?sasis ini masih digunakan ducati.

  12. gp mono dibandingkan ninja 250r yo jauh. Power gp mno moriwaki bisa 42 hp, ninja tune sentul rata2 dapet 35-37 hp. wajar kl selisih lap timenya 3 detik, sedangkan cbr tune up dpt 30 hp aj dah bagus so selisih 5-6 detik jg wajar kq.
    Yg tidak wajar saat ffa dulu ada cbr 150 yg nempel ninin dan dpet no 2. Ga salah tuh..apa mesinya msh 150??? Apa ga di borup ampe 250cc atau engine swap??

  13. Awal mula posting ini ada karna,orang pd ribut sanggupkah satu silinder melawan dua silinder hanya itu.jawabnya,BISA”,contoh cbr pertama ikut dah nangkring no6,masih ada 5 ninja 2,5 dibelakangnya.dah gak usah ribut,lebih baik belajar gimana cara korek mesin yg bener

  14. justru klo cbr 250 diganti karburator saya rasa akan cepat ngejabanin ninja 250,karena moriwaki juga pake karbu,dan kecenderunganya mek indonesia masih sush bikin motor injeksi kenceng,susah ngakali pigybacknya katanya,dan ninja disini juga full korek lo(,di omr ninja),porting ,piston boleh ganti pengapian magnet ganti knalpot ganti,gigi ratio karbu boleh ganti,dan pastinya saya sangat menunggu regulasi kelas 250 cc yg paling adil,misal ninja250 ditambah bobot karna unggul power,cbr boleh kurangi bobot,boleh pake karbu,boleh boreup,intinya sampai bisa melahirkan balapan yang seimbang dan seru,karena saya sangat yakin akan lebih seru dari indoprix dan bisa jadi race di indoprix,ingat jenjang balapan di kejurdu hanya mengadu motor sport,saya rindu pembalap motor indonesia prestasinya minimal bisa menyamai pembalap mobil rio haryanto,dan tak lupa ditunggu partisipasi atpm lain terutama yamaha,ingat lorenzo juara tidak naik jupiter,stoner juara tidak naik blade,tapi bisa mendongkrak penjualan motor mereka,

Leave a Reply

Your email address will not be published.