Motor Lama Belum Tentu Lebih Lemot

Old Ninja 39.4 hp
New Ninja cuma 31 hp

Motor Lama banyak loh yang lebih powerful dari motor baru yang memakai basis mesin yang sama. Komparasinya liat sejarah ninja 250. Generasi pertama/kedua sanggup memutahkan tenaga 39.4 Hp, ninja baru malah 31 Hp. Kalo ini alasannya regulasi dinegara maju yang membatasi motor untk pemula ber cc 250 dan tenaga ga lebih dari 33 hp, belum lagi aturan Euro 2 dan 3 sehingga knalpot wajib disekat dengan catalyc converter, turun lagi deh tenaganya. Sama halnya dengan Tiger. Tiger generasi awal powernya 17.4hp dengan berat 125 kg. lah tiger baru powernya cuma 16.7hp dengan berat membengkak 10kg, ukuran spuyer dan pengurang emisi penyebabnya. Contoh lain Scorpio baru juga turun tenaganya power scorpio lama 19 ps, power new scorpio 18.2 PS ini juga karena knalpot plus catalyc ditambah lagi CDI yang limiternya dimajukan. Bagi pencinta 4 tak jadul pasti tau kalo honda prima lebih jos larinya dibanding grand dan supra, tanya kenapa ? ukuran spuyer prima lebih gedhe. Sumber dari mekanik langganan malah menegaskan penyunatan tenaga motor baru dikarenakan material ga sebagus motor lama. hmmmm… bisa jadi juga. tapi jangan men- generalisasi semua motor kaya gini loh. Blade baru katanya lebih enteng daripada blade lama, Jupiter MX juga demikian. tapi tetep aja yang tambah lemot lebih banyak daripada yang tambah powerfull. Bisa jadi pabrikan mulai merubah mindset dari motor kencang ke motor yang awet dan irit.

10 thoughts on “Motor Lama Belum Tentu Lebih Lemot”

  1. hemm, bener emg……..btw:sekilas keliatannya si twin parallel first generation ini masih air cooled yah, ato saya yg salah liat y…..

    klo kasus itu sih banyak emang, Astrea Supra X aja klo dibandingkan sama Supra Fit, tarikannya masih lebih jos Supra. Shogun 110 dengan Smash 110, ini sih keliatannya semua orang udah paham, saya juga yang pernah pegang 2-2nya ngerti bener bedanya :mrgreen:

    Ada jg yg bilang JupZ lawas lebih kenceng dari JupZ baru. Untungnya sih klo Titan keliatannya lebih baik performanya dari Smash lama.

    1. Perbandingan dengan gen 3 emang ga beda jauh top speednya. Tapi akselerasi bisa jadi gen 3 bisa menang telak selain tenaganya 3hp lebih gedhe bobotnya juga jauh lebih ringan gen 3. Klo dibanding sama gen 1 dan 2 tambah ketinggalan lagi gen 4 ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.