Suka Duka Pelihara Discus di Aquascape

Pulang kerja seharian dan jenuh dengan kemacetan dijalan segera terobati saat pulang kerumah karena disambut Bunda dan Faiz. Setelah itu langsung lakukan ritual rutin. Nongkrong didepan aquascape (aquarium + ekosistem buatan dengan tumbuhan hidup) sambil ngasih makan ikan kesayangan dan melihat discus saling berebut makanan. Rasa penat pun segera terobati. Discus mempunyai berbagai macam jenis yang dibedakan oleh warna dan motif. Karena ga ingin monoton, ane mengkoleksi 6 jenis yang berbeda diantaranya yang SF ingat, Snakehead, blue diamond, red melon dan marlboro red, 2 lagi lupa namanya.

discus snakeheadskin

Discus memang menjadi makhuk paling eksotis penghuni aquascape SF. Awal mulanya Discus yang SF pelihara warnanya ga semenarik saat ini. Rata-rata terjangkit bintik-bintik hitam, garis zebra, dan warna pucat dan gelap. Beberapa diantaranya mati karena salah penanganan. Padahal menurut artikel yang SF baca ekosistem discus adalah di sungai yang terdapat akar/ batang pohon, batu-batuan dan tanaman hidup, pas seperti aquascape SF.

Penyebabnya adalah :

  1. Besaran ikan Discus di Aquascape ane tidak sama, ada discus dewasa dan discus kecil. Ikan yang mati biasanya ikan yang ukurannya masih kecil dan mentalnya belum kuat. Selain itu saat memberi makan saya kumpulkan di cup khusus cacing.
  2. Selama ini makanan yang SF berikan berupa pellet untuk ikan koki dan terkadang cacing sutra /cacing beku.

Setelah berkonsultasi dengan peternak discus dan perbanyak literature di internet, akhirnya SF dapatkan beberapa info :

  1. Discus biasanya hidup berkelompok, namun jika waktunya makan seringkali Discus yang besar akan mempertahankan jarahannya (makanannya) caranya dengan mengusir ikan lainnya yang mendekat. Jadi harusnya pelihara discus yang ukurannya sama besar. Saat memberi makan pun harus disebar.
  2. Makanan Discus bukan sembarangan, cacing sutra cukup bagus bikin Discus cepet gedhe namun kurang bisa memunculkan warna. Makanan yang disarankan Tetrabits (pellet khusus discus warnanya orange terang dan tenggelam saat masuk air) dan burger (istilah peternak discus terhadap produk olahannya yang berasal dari hati sapi yang diolah menjadi lempengan/burger)
  3. Discus cocok disuhu hangat (30derajat C), Discus stress ditandai dengan bintik hitam dan garis-garis vertical hitam. Ikan baru membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri di lingkungan baru dan bersosialisasi dengan tetangganya, biasanya garis zebra/vertikal akan muncul dengan jelas karena stress. Semakin kuat mental ikan semakin cepat proses beradaptasinya.
  4. Tips memilih discus : ikan yang paling agresif dikelompoknya biasanya mental paling bagus, bentuknya semakin bulat semakin bagus, siripnya selalu tegak, matanya tidak boleh terlalu menonjol, ikan yang berukuran 3” keatas harusnya warnanya sudah muncul, kalo masih belum muncul susah untuk dirangsang keluar, kecuali untuk discus 2-2,5” masih bisa dimunculkan warnanya.
discus dan aquascape

Tantangan lain pelihara discus dan aquascape adalah kebutuhan antara aquascape dan Discus yang berbeda, aquascape butuh suhu sedingin mungkin, sedangkan Discus butuh suhu hangat. Solusinya suhu disesuaikan ditengah-tengah (27-28%). Selain itu kotoran discus besar dan banyak seringkali mengotori permukaan daun, mau ga mau harus sering dibersihkan.

Awas artikel ini dapat meracuni beberapa pengunjung πŸ˜› !

60 thoughts on “Suka Duka Pelihara Discus di Aquascape”

    1. Waduh sayang. Punyaku berhubu pakai aquascape lampunya pake 75watt pluss pendingin cpu. Alhasil suhu kisaran 26-28. Kmaren betelor dan udah menetas lah tadi pagi anaknya pada ngilang entah kemana πŸ™

  1. Saya juga pelihara discus aquarium polos gak pake aquascap, sepertinya dengan aquascap lebih indah ya dan membuat discus lebih nyaman, tpi saya masih takut terserang penyakit cos agak malas kalau harus sering-sering membersihkan.

    1. Kalo ekosistem buatan sudah berjalan, keseimbangan terjaga. Ga perlu kuras lagi. Karena ane pake fan biar suhu turun otomatis air menguap dan tiap hari harus nambah 2 gayung air.

  2. Karena ane pake fan biar suhu turun otomatis air menguap dan tiap hari harus nambah 2 gayung air….maksud nya ini fan yang bagaimana yah tolong penjelasan nya soal na tertarik juga pelihara discus…trims

  3. hai SF, ikan saya baru beli tadi pagi yang satu besar dan yang satu kecil … Kasian yang kecil … di pojok atas aquarium terus kluar garis2 hitam sambil agak miring2 gitu … Solusinya gimana ya?
    Mohon dijawab ya …
    Thanks,

    Bchnalz

    1. Waduh stress tuh. Tandanya keluar garis… trus ga mau makan. Alias takut sama discus besar. Stress selain karena adaptasi bisa karena ga PD , atau kondisi air yang kurang hangat. Lain kali kalo gabungin ikan harusnya seukuran.. klo ga gitu si kecil stress. Coba beberapa hari.. klo mau makan berarti bisa survive klo ga ya kudu dipisah tuh discus…

      1. oke terima kasih banyak ya Akan saya coba dulu sekitar tiga hari,

        Terima kasih buat fast response, krn buat newbie seperti saya pertanyaan yg ky gini sifatnya urgent, Thanks

  4. saya juga baru ngambil tadi sore 2 yang ukuran 5 cm
    saya campur dengan ikan kecil, tapi yang tidak melebihi ukuran discus.
    kira kira berapa bulan ya besarnya?

  5. hai SF…mau nanya nih….ane punya discus 5 ekor di aquascape tp kok kerjaannya sembunyi terus yaa….and suka didekat power head gt…kenapa y???

    1. Eh kok kebalikan…. discusku langsung menyerbu saat majikannya dateng (minta makan). Bahkan saat saya masukkan tangan ke aquascape doi ga belingsatan malah sering aku sentuh dalam air dianya. Mungkin punya bro Atara belum biasa kali ya… punyaku sih dah dewasa semua. Coba kasih tetrabit makanan kesukaannya dia…

  6. halooo….aku pemula nih ngurus discus,,awalnya aku beli 6 discus 5bluediamond dan 1 gold apa gtu lupa…nah seminggulagi aku tambah 1 bluediamond lagi sama 3 redmelon…tapi ukuran lbh kecil..discus yg gede suka gigit2 diskus yg baru kasian jadinya,,:'( sama warnanya ko jd ga seterang pas beli ya…tolongin donggg..knp ya discusnya..sama pakan kan di kasih cacing beku trus katanya cacing beku gampang terkena virus ya??diganti kan sama tetrabits..tp ga di serbu tetrabistnya malah didiemin,,kalo pas cacingbeku pada nyerbu…knp ya?

    1. Waduh klo miara discus harus seukuran sist… klo ga yang kecil bakal stress dan ga mau makan lama-lama koit dah… cara ngasih tetra bit… biarkan ikan sehari ga dikasih makan, besoknya baru dikasih makan. Biasanya mau tuh. Pake tetrabit bisa munculkan warna loh… cacing sekali-sekali dikasih gpp, tapi jangan terlalu banyak. Bikin kadar amoniak meningkat, bakteri juga . Usahakan jangan kasih makan terlalu banyak… (sekali kasih harus habis) mending dikit-dikit tapi sering. Kalau saya sih sehari 2 x.

    1. Kalau saya ga pake… klo dikasih heater mati semua tanamannya. Malah saya kasih fan pendingin. Suhu berkisar 26-28c. Memang discus kurang cocok sama aquascape, klo pengen hasil max sebaiknya pakai heater

  7. salam kenal agan2.mau nanya ni gan, gimana penanganan ikan discus klo mati lampu?, soalnya di rumah ane sering mati lampu. makasih

  8. saya orang awam nie mengenai discus, ksh gambaran bentuk discus yang baik, dan corak-coraknya, soalnya corak berkaitan dengan nama, itu yang saya tidak ngerti

    1. Gambaran discus yg baik semakin bulat semakin bagus, tubuh tidak berbintik hitam, tidak bergaris-garis,mental kuat/ga takut orang,untuk jenis-jenisnya mungkin bisa googling πŸ™‚

  9. Saya pelihara discus dengan aquascape. Discusnya sehat dan mau makan/ tumbuh, padahal sejak awal beli discus s/d sekarang saya gk pernah kuras aquarium. Intinya, jika mau pelihara discus di aquascape adalah: Aquascape hrs benar2 jadi dulu, tumbuh2an hidup dengan baik, ikan2 kecil penghias aquascape hidup sehat (beri neon-tetra, krn ikan ini dpt menjadi barometer untuk mutu air), filterisasi air yang baik dan beri cahaya lampu antara 10 jam s/d 12 jam perhari. Setelah semua pedoman di atas terpenuhi, barulah masukan discus ke aquascape. Pilih discus yang besarnya sama, paling gk 6 ekor spy mereka berkoloni dan cepat tumbuh keberaniaannya. Selamat mencoba sobat, Goodluck.

  10. Gan…ane punya 3 ekor ukuran 5cm…kira2 msh bisa pa gak kalo warnax di munculkan. ane campur sama silver dollar selama ini akur-akur aja.

  11. agan…..saya baru 3 minggu melihara discus baru punya 3 ekor ukurannya 3″ awalnya sih ga apa” adem ayem aja tuh ikan tapi ko sekarang nih ikan suka saling ngejar temennya sendiri apa tidak apa-apa ya gan .? minta pencerahannya.,.,.
    makasih…

  12. gan. mau tanya, ane punay discus ada 4, 2 di anatara nya blue diamond sama red scorpion, awanya baik” aja trus gara” kmaren akuarium ane sempet bocor, mereka harus dievakuasi, eh skrg pas balik ke akuarium nya malah jadi pada berubah warna jadi hitam pekat, begitu dipindahin ke ember 50L baru keluar lagi warna nya, knapa yah? pdhal suhu stabil 27-28 derajat, dan ada 2 discus lain nya baik-baik aja

    1. Stress tuh dijamin πŸ™‚ lama2 balik lagi kok… discusku sekarang tinggal 1 gara2 ekosistem aquascape yg ga cocok buat discus… aquascape minta dingin discus minta anget

  13. mas, saya juga baru seneng discus. Tapi sy beli discusnya setelah aquascape-nya di set 10 hari (hari ke 3 ganti air semua karena ada β€œikan percobaan” yg mati), waktu belanja tanaman, saya nggak berpikir kalo nggak semua tanaman bisa hidup dengan heater suhu 27 drjt keatas. 10 hari ini isinya ada manfish (manvis?) dan neon tetra saja (tanpa heater), nah, di hari ke 11 (hari ini), kebeneran ada temen yg mau pindahan dan menjual borongan 8 ekor. Sewaktu discus2 ini berada di rumah teman saya, ia menggunakan heater, dan ketika saya menulis ini, ikan2 tsb baru 1/2 jam yg lalu masuk ke akuarium saya, dan tampak masih pada stress.

    1. Nah apakah yg sebaiknya saya lakukan supaya mereka semua (discus, tanaman, dan ikan2 lainnya) dapat hidup sehat semua? Saya takut besok pagi bangun atau besok lusa ada yang mati.

    2. Bisakah Discus hidup tanpa heater? Saya tinggal di Bandung dan udara Bdg belakangan ini lagi dingiinnnnnnn banget….

    Terimakasih ya mas.. Mohon jawabannya secepatnya ya mas, saya yg pemula ini mulai stress hehehe… Hatur nuhun!

  14. Nice Artikel..

    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, “untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?” Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya…

    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    http://www.aqua5cape.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.