LG OPTIMUS PAD V900 review….(2)

image

image

Spesifikasi Utama LG V900

Prosesor Nvidia Tegra 1Ghz Dual-Core
LCD WXGA 8.9 inchi, 768 x 1280 pixel
Android OS Honeycomb
Memori Internal 32GB
Kamera utama Dual 5MP dengan Led Flash Kamera depan 2MP Video Recording 1080p 2D Video Recording 720p 3D
Baterai Li-Ion 6400mAh

SF ga pernah secara langsung membandingkan dengan tablet lain. Jadi ulasan ini bukan oleh pengguna profesional, hanya sebatas share pengalaman.
1. Paket penjualan Optimus pad(Opad) : gadget, wallet case, kabel HDMI, kabel data, kabel USB universal, charger. Cukup lengkap dan siap tempur.
2. Daya tahan baterai untuk nonton film nonstop kira- kira 5jam dengan kondisi internet terkoneksi terus. Belum nyoba untuk stanby mode karena tiap hari hampir terpakai maksimal.
3. Koneksi internet kenceng. Namun lemah dalam menangkap signal. Saat di modem dan hp masih dapat signal 3 bar di opad sudah berganti ke edge. Kelemahan lainnya seringkali mengalami gangguan saat perpindahan dari 3G ke 2G dan harus direstart ulang untuk mendapat signal lagi. Untuk mensiasatinya SF seringkali swift ke mode 2G only. Namun jika koneksi 3G cukup kuat sebaiknya pakai mode otomatis.
4. Aplikasi bawaan minim, yang mencolok hanya polaris(pengolah data layaknya word,excel,pwpoint), peramban(browser),perekam video 3D dan playernya, aplikasi kamera dan galeri, dll. Tidak ada game bawaan. Namun jangan kecewa aplikasi di android market lumayan banyak kok. Memori internal yang 32 GB meski tanpa slot kartu cukup memadai. Aplikasi yang SF install pertamakali adalah aplikasi wordpress dan media player. Selanjutnya berbagai macam game untuk hiburan ringan diwaktu luang.
5. Hasil kamera 5MP cukup memuaskan, dan memadai untuk ngeblog. hasil rekam video 2D juga lumayan. Namun untuk rekam 3D video, menurut SF belum ada gunanya coz SF sendiri ga punya kacamata 3D.
6. Slot USB universal yang kata salesnya bisa baca USB universal ternyata ga sesuai kenyataan. Untuk standarnya slot ini hanya berguna untuk disambung ke keyboard saja. Solisinya harus diroot dulu atau sekalian diupgrade ke android 3.1. agar bisa baca FD/hardisk s/d 500GB, mouse dan perangkat lainnya. Sampe saat ini SF belum sempat ngeroot opad.
7. Yang terpenting untuk aktivitas ngeblog. Agak susah jika memanfaatkan browser bawaan saat masuk ke menu administrator untuk bikin artikel atau sekedar membalas komentar masuk. Aktivitas copy/paste pun seringkali gagal jika sudah masuk ke administrator. Entah karena koneksinya lemot atau memang bug di opad ini. Alhasil untuk membalas komentar harus masuk dulu ke masing2 artikel. Untuk menunjang kegiatan ngeblog terpaksa SF harus instal aplikasi wordpress dari pihak ketiga. Untung saja aplikasi ini tak berbayar. Kegunaannya lumayan, dapat menulis artikel secara offline, mudah untuk copy/pastenya, dan tidak ada kendala refresh ratenya. Kelemahan aplikasi ini menunya hanya sebatas menulis dan membalas komentar pembaca. Untuk menyisipkan gambar hanya bisa dimunculkan dibagian atas tulisan, gambar tidak bisa diberi narasi dan diatur tempatnya, dan harus diupload langsung dari tablet.

Secara ringkas berikut 10 resume Opad
Kelebihan
1.Ukurannya 8,9″ cukup mudah dibawa kemana2 layaknya menenteng buku catatan.
2. Hasil kamera dan video cukup bagus.
3. Paket penjualan sangat lengkap.
4. Internet kencang saat signal bagus.
5. Ketahanan baterai cukup lumayan. Pemakaian normal untuk ngegame dan ngenet tiap malam perlu dicash ulang.
6. Sudah menerapkan technologi 3 D untuk layarnya
7. Ada slot USB universal yang bisa di root agar bisa membaca flashdisk, Hard disk, keyboard dan mouse
8. Case wallet juga bisa difungsikan sebagai penyangga
9. Layar cukup jernih dan ada fitur sensor yang dapat mengatur inensitas terangnya layar
10. Ada 3 speaker jadi saat diputar di berbagai posisi akan tetap terdengar stereo.

Kekurangan
1. Charger melalui lubang khusus alias tidak bisa dicash pada lubang usb.
2. Signal penerima kurang stabil.
3. Colokan USB cuma untuk keyboard saja. Harus ngeroot ulang agar fungsinya maksimal.
4. Tidak bisa main game online di facebook
5. Opad tergolong agak tebal dan berat
6. Harga tergolong mahal.
7. Service centre kurang kuat di Indonesia
8.baterai tertanam di dalam gadget tidak bisa dibongkar pasang.
9. Dalam paket tdak disertakan kacamata 3d
10. Suara speaker tidak terlalu istimewa/ biasa.
Meski banyak kelemahannya tetep saja SF lebih memilih opad meski lebih mahal dari samsung tab II 10″ karena selisih 1 jt akan memberi keuntungan lebih yakni wallet case, dan kabel konektivitas lengkap, serta memori 32 Gb alias 2 kali lipat Tab II.

24 thoughts on “LG OPTIMUS PAD V900 review….(2)”

  1. Opad ini memori ram nya 512 mb atau 1 gb ya? koq liat di option cuma 512mb tp spek di web bilangnya 1gb yah?
    trus koq dlm posisi stand by katanya sinyal suka tiba2 ilang
    trus pas masuk setting network ada “errorwhile searching for networks” … emang gtu yah?

    1. Cara ngerootnya harus pakai linux. Langkah2 nya ada di kaskus forum khusus LG optimus pad. Sampai saat ini punyaku belum sempat aku root. Susah banget cari toko hp yang pake linux

  2. saya baru beli opad..saya setuju ama agan ,mengenai koneksi yang gak stabil.tapi ampe sekarang saya masih belum bisa merasakan kenikmatan 3 d padahal udah disambungin di rumah yang tvnya lg 3 d juga.ada saran gan

  3. gan, supaya sinyalnya stabil dan ga ilang harus gmn ya? ini opad cukup mengesalkan memang kl lg urgent mau dipake ehh ga bisa digunakan untuk internet gara2 sinyal ilang, mau ga mau harus matiin dan hidupin lagi.. bener2 ga efektif ya.. mungkin ada yang bisa share cara ngatasinnya? dan apa aja kelebihannya setelah di root? soalnya saya dpt info bahwa ada pernyataan resmi dari LG kalo opad ini tidak akan dikembangkan lg alias ga akan kluar os android yg baru (ICS).. apakah harus custom rom? tolong dibantu ya gan..tq

Leave a Reply

Your email address will not be published.