Jangan Sembarangan Port Polish

image

Salah satu cara meningkatkan power motor secara instan adalah melakukan port polish. Namun perlu hati hati dalam memilih bengkel. Kalau metode yang dilakukan benar hasil yang didapat berupa kenaikan power dan hemat bensin, tapi jika ngaco bakal bikin tenaga ngempos dan boros. Seperti yang dijabarkan oleh Tommy Huang sang produsen BRT. Porting polish yang benar bukan menghilangkan kulit jeruk ( ini yang sering salah kaprah) karena dengan menghilangkan kulit jeruk bahan bakar dan udara tidak tercampur sempurna. Port polish yang benar berfungsi memperbaiki aliran udara /flow dengan cara mengurangi hambatan yang ada.

image

34 thoughts on “Jangan Sembarangan Port Polish”

  1. “Port polish yang benar berfungsi memperbaiki aliran udara /flow dengan cara mengurangi hambatan yang ada.”

    Maksudnya gimana nih Bro, ga mudeng.

    1. @prio n bintang menurut tommy huang : memperbaiki arah aliran , memperbaiki sudut setting valve dan reface valve

      detail tekniknya tentu mekanik yang udah biasa menangani balap yang tau

      1. Ma’v sblm’y klo blh tw cara’y gmn ya memperbaiki arah aliran, memperbaiki sudut setting valve dan reface valve? Dan klo blh tw sudut setting valve dan reface valve itu apa sihh…???

  2. om Sf…tau bengkel rekomendasi yg terpercaya ga buat Port Polish vixion di daerah jakarta ato di daerah tangerang…???
    mohon pencerahannya om….
    thx

    1. Klo ini ane ga bisa jawab. Coz udah insaf ngoprek mesin. 🙂 Pengen tau bengkel yang bagus, liat saja kejuaraan balap dari tim/bengkel mana yang menang biasanya teorinya paling bagus. Pengen lebih mudah cari infonya cari di forum/ komunitas vixion. Gut lak 🙂

  3. saya gak yakin port polish itu menambah power…..yg ada malah melemahkan yg sdh ada. Masih lebih baik cukup ganti cdi/tci dan knalpot aja drpd portpolish +ganti cdi&knalpot.

    Ibaratnya sama kayak selang air……lebih kuat semburan yg mulut selang yg dipersempit atau yg cuma diperbesar diameternya?
    so..yg bagus malah diperkecil ruang aliran dari klep in dan klep ex……..

    1. Sory mas bro mungkin teorinya gini, kalo dianalogikan dengan selang air. Ukuran selang diperkecil memang semburannya lebih kuat tapi dipastikan volumenya juga lebih sedikit dibanding selang besar karena semakin kecil selang semakin besar hambatannya. Kulit jeruk dalam jalur klep in dimaksudkan untuk mencampur rata bensin dan udara agar pembakaran sempurna. Sedangkan memperbaiki sudut aliran, efeknya sama seperti meluruskan selang yang berkelok-kelok. Kira2 seperti itulah. 🙂

      1. mungkin maksud si tommy, bukan portplsh…krn ‘kulit jeruk’ itu bagus.
        Kasar itu bagus, biar ada turbulensi, jadi fuel gampang tercampur dengan udara…soalnya fuel lbh berat drpd udara.

        1. mungkin yang benar adalah menerima apa adanya settingan mesin dari pabrikan. karena perhitungannya jauh lebih baik dibandingkan dengan pengerjaan2 bengkel yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tingkat ke-safety-annya,

    1. Maaf untuk detailnya saya ga tau mas bro. Tapi coba masuk forum motor yang dimaksud, atau liat hasil kejuaraan balap daerah yang dimaksud, bengkelnya biasanya ahli ngoprek tuh

  4. gmn klo’ yang dihilangkan kulit jeruk.a tuh pd bag.exhaust port(yg ke muffler/knalpot)? Apakah tindakan ini juga salah?

  5. intinya, bagaimana membuat lubang/port yang sekecil2nya untuk menghasilkan aliran yang sebesar2nya,
    salah satu caranya, membuat lubang bulat, dan selurus mungkin menuju ruang bakar. selain itu, dengan sudut tertentu akan membuat aliran masuk memutar (swirl) di ruang bakar untuk efek homogenisasi, menyempurnakan pembakaran.
    kalo sudah bulat, lurus, hambatan kecil namun aliran kurang besar, baru diperbesar diameter portingnya. diameter porting kecil namun mampu mengalirkan debit besar jauh lebih menguntungkan, karena torsi terisi dari putaran bawah hingga atas.
    patokan diameter port dari ukuran katup yang digunakan,
    tidak boleh licin, apalagi polish seperti kaca, harus kasar, tapi rata. karena udara akan mengalir baik pada permukaan yang rata namun kasar. liat aja bola golf, dia tidak didesain rata, namun bergelombang, untuk mengurangi efek bundary layer

  6. polish yang dimaksud sampe licin kayak kaca ya jelas salah, nanti bensinya jadi tetesan air di lubang silinder, polish blok hanya cukup meratakan hasil gerusan portingan saja. jadi pnp yang bener begini :
    – porting pake mata bor tuner (khusus korek)
    – polish pake mata bor biasa dibalut amplas
    tujuannya supaya hasil korek dari tuner diperhalus dan diperata dengan amplas. Kulit jeruknya ilang, masih tetep kesed polesan amplasnya, pengabutan jauh lebih halus dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.