Kelemahan lain honda GL series (megapro,tiger,dll), kancingan gir!!!!

image

Sebelumnya pernah SF bahas soal penyakit honda tiger, sekarang saya bahas penyakit motor laki honda GL-series mulai CB sampai tiger skalian share pengalaman . Kelemahannya ada di pengunci gir belakang model klem/kancingan. Saat dulu SF mengendarai Honda GL max selama 5 tahunan, pernah mengalami kejadian tak mengenakkan, yang pertama gir lepas saat turing ke trenggalek penyebabnya alur kancing gir terkikis sehingga kancingan gir terlepas, masih untung dekat bengkel kecil yang bisa mensiasati dengan cara memperdalam alur kancingan gir dan mengganti kancingan yang lebih kecil ( kalo ga salah milik cb atau gl 100). Pas disurabaya boss gir tepaksa ane las diral, dan dibuatkan alur kancingan baru. Tapi setahun kemudian kejadian ga mengenakkan terjadi lagi. Parahnya kali ini SF hampir dihajar motor dari belakang. Saat melaju dikecepatan 60 kpj an tiba-tiba gir lepas kembali, nah apesnya rantai langsung terjepit diantara arm dan gir, roda langsung terkunci. Bahkan as roda sebelah kiri sampai lepas dari arm. Pas dibelakang ane ada sebuah motor yang ikut ngerem mendadak sampai selip-selip, hampir ane ditabraknya.
Kejadian lain dialami oleh tiger ane, waktu balik turing Jogja -Surabaya. Gejala gir goyang ane rasa saat di tulungagung (lewat jalur selatan), karena takut terjadi hal yang tak diinginkan, boncengerku terpaksa pindah nebeng rekan lain. Sampai di Surabaya segera mampir bengkel deket rumah, dan kondisi saat itu alur kancingan gir hanya tersisa kurang dari 1 mm dari bibir boss roda. 🙁 Karena takut terulang kejadian pada GL ane, velg terpaksa ganti total. Lumayan sekalian buat alasan ke bini ganti velg dan ban lebar 17″ 😆 Sekarang jadi agak trauma dan lebih rajin periksa gir belakang. Kalau sedikit saja goyang, segera ane ganti karet bossnya. Honda wajib memperbaiki kelemahan ini pada motor sportnya. Kalo motor sport barunya honda apa masih pakai model kancingan gini ya(NMP dan CBR) ?

64 thoughts on “Kelemahan lain honda GL series (megapro,tiger,dll), kancingan gir!!!!”

  1. Owh, saya lg nunggu fanboi komen kemari mengenai ini.

    @smart
    Apa kejadian ini cuma jarang2 aja dan gǟƙ rata2 mtr hendi ada kelemahan ini? Secara rata2 yaa..

  2. MP’07 saya juga waktu umur 2th gir belakang udah goyang2.. untung kancingannya gak sampai lepas..
    tapi saya emang sering liat GL series gir belakang banyak yg pada goyang.. masalahnya apa ya?

    1. Masalahnya emang kesalahan konstruksi. Dari 125cc sampe 200 cc modelnya sama. Lah wong gl maxku dulu saja bisa jebol apalagi pada tiger. Untung kesalahan ini ga dilakukan disport barunya

  3. wuaduh! Sama dong ma megipret ane! Gir lepas wkt turing k pngandaran,trus tengki jg bocoooorrr mulu,mknya sy kapok pok pok pk honda,skr pk pulsar ckp puas n awet dah km30000,tp deg2an kl mo ganti sperpart,moga2 aj 3S bajaj d benahi

  4. barusan sy dari parkiran BRI. ada megapro yg iklan primus sebelahan ama jupiter mx. kalo dilihat2, gir blakang jupi mx itu terlihat kokoh, tebal, kuat. yg megapro terlihat ringkih, tipis. aneh

        1. Ha3… tapi kalo terlanjur cinta susah juga. Kaya tiger ane yang ga bakalan dijual karena nilai historisnya terlalu tinggi. Untung saja NMP udah ganti sistem kancingan gir belakangnya

  5. pernah sekali sy mengalaminya mas bro, memang biasanya bos gear dan sasis yg tdk center antara roda dpn dan belakang tdk lurus, setelah bos gear sy handmade pakai karet luar bks ban truck, + kancingan ditambah lg alhamdulillah tdk pernah kambuh lg biarpun untuk touring…

  6. ahhh.., arya payah.., mas megapro dibanding ama yupiter mx.., ya gak masuk dunk, yupiter mx bebek, nah megapro sport…, lagian dri segi tenaga yupiter mx payaahhh…, boros lgi…, masa maux ngebut terus, d bawa slow aja udah pada begetar semua tuch mesin, apalagi klo udah panas, ngambeg dah tuch motor… alias gak bsa d geber ber ber…

  7. maaf kalau keliru,ane dulu wkt kuliah pernh ngakali kasus tsb pd tiger kwn ane..baut pengancing pd gear blkang ane tembusin smpai tromol,tp hrus diukur pas pnjg bautnya..dan gear than ampe 2thn n ga pernh goyang..kalau ga slh sprti itu soalny dah 8thn lalu..jd detailny dah lupa.

  8. @feri itu solusi yg pass coz motor ane juga di buat gitu emang nich titik kelemahan dari GL series tapi di balik itu ini seninya bawa motor di banding bawa bebek ato matic capek deh,… motor orang males itu mah….

  9. kok sama…GL pro ane barusan 2hari yg lalu ngalamin lepas rante ma gir mruduul..semalam 2 kali mana bengkel udah pada tutup,untungnya ada tukang tmbal ban,akhirnya gir di ikat ma kawat ke jari jari buat jalan ampe rumah…

  10. sy juga 2x mengalami kejadian seperti mas,dan pernah juga sampai rante dan gear macet di arm.. sy punya solusi ya itu di buatkan mangkok untuk mengganjal gear belakang ny,yg di baut ke teromol dgn baut L 5mm 4pcs.. bentuk mangkok ny me nyerupai rumah kopling,tapi dgn jarak dan tinggi nat yg di sesuaikan dimensi teromol ny..

  11. OOiiiiaaaaa saya pnya gl100 Th82 memang plek gl ori berbasis tromol yahud yg kelihatan kokoh pada jaman nya , kalau kiita lihat skarang dah ktnggalan zaman bgt jau dri ymha n gw udah sering bgt ngalami kya gtu akrir nya plk gw ganti sma plek jupiter n udah 3th gir maupun karet rante gw awet.

  12. Bos, numpang nanya donk,
    Hmm, tromol belakang GL 100 kalau kita pengen ganti dengan tromol motor lain kira-kira tromol motor apa yang cocok atau yang dimensinya sama ya?
    Saya mau yang pas tinggal pasang saja,
    Soalnya tromol GL 100 ane bermasalah, mau ganti Tromol GL-100 tapi barangnya udh ga ada yang jual lagi.
    Jadi mau kanibal punya motor lain gitu.

  13. punyaku mungkin udah 5x tuh baut gear nya trus ganti bos gear baru 1x setaon ini dan skrang bos gear waktunya ngganti

  14. misi gan… apa ada jual kacingannya aja…. krn aq udah ganti pelk variasi tiger untuk minervaku.waktu aq stel rantai dan aq pake jln nyelip antara pelk n gir..dan buat kancingan patah jadi dua..sampe skarng ger motor kocak pdhal bolak balik ke bengkel. apa saranya gan…. terima ksih.

  15. gan , , solusi yang lebih jelas and praktis gimana ? soalnya saya udah hampir gila mikir gir motor megapro ane , , kemarin saya buwat touring , pulang girnya goyang kayak inul , ,

  16. NSR 150R juga pake seperti itu bro..pake karet bushing dan kancingan gir juga

    malah itu powernya 27dk (klaim pabrikan) jauh di atas Tiger/GL series, tapi kasus tsb tidak terjadi di NSR..(mana ada NSR geol geol girnya)

    tapi karet bushing NSR ada 5, kalo Tiger/GL series cuma 4

    1. gan saya punya mega pro 97 sudah strukan,tp suara mesin di nalpot kaya mendem,apa lg yang hrs di perbaiki.trmksh

  17. tromol yang dipakai biar plek untuk tromol mega pro apa ya gan…capek ni bolak2 cm urusin soal gir goyang nyenggolin sok terus …

  18. mau tanya jg ni bro,kenapa pro pimusku sering macet, mati sendiri kalau lg jalan,susah hidup waktu pg,kenapa ya,mohon info bagi yang tahu

  19. saya punya gl pro thn 1997, kancing gir nya jga sudah lemah….sya pun jga ngri pake nya..takt lepas..udh k makan….tadi nya jga saya mau dobll x ya,,,????? spaya jgan lpas…hbis stiap hari saya pke krja…

  20. Pake aja tromol rx king atau bisa juga pake tromol megapro yg baru, kagak usah pake kancing kancingan segala
    kalo gue sih pake tromol jupiter mx tetapi as-nya harus dirubah yg diameter lebih kecil dikit, juga gak pake kancingan, karet bosnya besar mantap jadi lebih halus tarikannya

  21. Selain panel tromol new tiger Panel tromol motor apa ya yg sama dengan panel tromol tiger2000???mohon bantuan ny

Leave a Reply

Your email address will not be published.