Bikin nyaman motor sport untuk harian

image

Bagi yang tiap harinya bergantung pada motor sport sebagai sarana transportasi utamanya, ga ada salahnya membikin nyaman motornya. Motor standar pabrik merupakan motor produksi massal, disesuaikan dengan kondisi umum masyarakat bukan orang perorang, disamping itu motor produksi massal biasanya menekankan cost efficiency untuk memperoleh margin keuntungan yang makin besar. Nah untuk menyesuaikan motor agas pas nyaman ditubuh rider butuh beberapa langkah modifikasi, tentunya sesuai selera, budget dan prioritas. Kalau jarak antara rumah dan kantor cuma 5 km dan ga terjebak macet sih ga terlalu signifikan. Beda dengan rider yang menempuh puluhan km untuk cari sesuap nasi. Dengan dalih kenyamanan bisa jugakan buat alasan membujuk bini …?( moga2 bundaf41z ga baca artikel ini, he3… ). Kembali ke benang merah :). Untuk bikin motor nyaman ada beberapa sektor yang perlu diperhatikan, diantaranya sektor suspensi, jok, kemudi, serta bagasi. Sektor suspensi memberi pengaruh luar biasa, motor sport bersuspensi stereo yang sering diangung-agungkan memiliki kenyamanan paling bagus adalah Pulsar. Untuk itu SF tergoda untuk memakai shockbreakernya. Nah karena beli parts pulsar sungguh ribet, terpaksanya SF menebus milik tetangganya TVS yang sama-sama menganut shockbreaker gas. hasilnya mantab, empuk banget dan gak slide ketika nemu jalan keriting.
Sektor jok juga penting, saat memodifnya usahakan area yang nempel :maaf: pantat semakin luas, dengan demikian area yang menyangga tubuh makin merata. Caranya bikin kontur di jok sesuai bentuk tubuh 🙂 tentunya hal ini susah diterapkan pada motor sport dengan split seat semacam Ninja, CBR, dll. Selanjutnya sektor kemudi, lebih luas lagi modif yang dapat dilakukan disektor ini. Misalkan ganti handgrip yang mulai mengeras dan licin, memasang raiser setang agar posisi badan ga terlalu membungkuk atau bisa dengan ganti dengan setang motor lain, memasang handle kopling/rem adjustable agar dapat dengan mudah disesuaikan dengan keinginan dll. image
Nah yang terakhir bagasi, bayangkan kalau sering bawa lemburan pulang  (berkas setumpuk), jas hujan dll dimasukkan tas dan kita sangga selama perjalanan, tentunya bikin badan pegel juga, solusinya bisa memakai box maupun tank bag, dengan demikian badan terhindar dari siksaan barang bawaan yang berat.

Namun belum tentu selera masing-masing rider sama. Banyak juga yang merasa pas dengan kondisi standar pabrik atau merasa sayang duitnya dibuang untuk hal yang ga penting. Tentunya beda pandangannya bagi rider yang seneng modif dan hobi motor. Badan bugar, semangat kerja dan emosipun  terjaga. Salam modif!

22 thoughts on “Bikin nyaman motor sport untuk harian”

    1. Sektor jok dicustom, banyak tuh yang model elegan. Matik sudah cukup nyaman sih karena ga pake transmisi, tapi bagi ane kendala utamanya pada joknya yang sempit. bikin brutu cepet panas. He3…

  1. klo ane udah puas standart buat harian.. buat barang bawaan lebih pake side bag atau backpak dah ckp.

    well, senyaman-nyamanny riding, tetep basah jg klo ujan..

  2. mngkn termasuk tidak membiasakan make tas ransel? tapi lebih cenderung di ikat ke mtr atau taruh di box (kalo make box)…?

Leave a Reply

Your email address will not be published.