Saatnya membangkitkan trend knalpot racing silent sport!

image

Sekitar 3 atau 4 tahunan lalu SF kesengsem sama terobosan nob1 yang menciptakan knalpot racing dengan tipe silent sport. Desainnya ciamik, warna hitam dan lubang keluaran ga berada ditengah penampang knalpot melainkan di ujung atas penampang knalpot, disepanjang silencer tabung dilengkapi heat cover sebagai pengaman. Enaknya knalpot model ini ga perlu lagi pakai glaswoll, karena masih memakai sistem sekat. Suaranya cukup adem bahkan lebih halus dibanding knalpot standard tiger namun karakter suara berubah menjadi seperti suara vixion. Performa jga lumayan meningkat, apalagi kalau jetting disesuaikan.
Beda dengan knalpot racing dual tone sekarang yang memakai sistem freeflow (sarangan). Meskipun memakai db killer tetep saja suaranya ga sehalus knalpot silent sport murni. Dalam jangka panjang suaranya dipastikan juga berubah karena terbakarnya atau mampatnya glasswoll. Sayangnya knalpot nob1 silent sport ini terpaksa SF lengserkan karena diserang karat yang cukup mengganggu di lehernya. Cat didaerah silencernya juga banyak yang terkelupas. Terpaksa deh balik lagi ke penggunaan knalpot standar, selain juga biar irit. 🙂
Nah prospek knalpot model ini tentunya cukup menjanjikan kedepannya. Selain kadar suaranya yang sama seperti knalpot standar (aman dari aturan kebisingan) juga dapat meningkatkan performa motor, tendangan balik keruang bakar juga masih terjaga bikin mesin ga cepet jebol dan terutama ga ribet pake glasswoll segala. Kenapa ga dihidupkan lagi tren knalpot ini, tentunya dengan bahan dan desain yang lebih bagus.
SF pernah liat desain yang ciamik untuk motor matic merknya pasword (kurang tau pake sistem sekat ato murni freeflow yang di tambah dbkiller), tapi sayang masih pakai sistem cat yang disinyalir ga bakal awet pada bagian lehernya.

image

25 thoughts on “Saatnya membangkitkan trend knalpot racing silent sport!”

  1. kenapa yg begini kurang laris?
    apa krn bikers kita rata2 gak tau info atau memang krn make demi ‘menggertak’ di jalan shg yg berisik lebih laris?

    1. Karena ga ada yang berkualitas. Knalpot silent sport yang beredar bahannya besi biasa dan finishingnya dicat. Beda dengan knalpot freeflow ada yang aluminium,karbon bahkan titanium. Ini yang saya maksud agar produsen knalpot makin kreatif menciptakan knalpot bersuara “sopan, mampu menaikkan performa, serta berbahan dan berdesain ciamik

  2. sama ni, ngarep ada pabrikan besar yang kluarin knalpot macam ini, untuk cbr250 dan ninja250… jadi yang pingin naikin hp n torque tapi gak suka brisiknya juga ada pilihan… sleep race… =D

  3. Gw pernah punya, cover penutup per gampang lepas, selongsong peredam biar suara silent juga gampang kendor..bikin berisik.
    parahnya sambungan leher knalpotnya pernah patah harus di las listrik.

  4. menurutku knalpot NOB1 Silent Sport menerapkan sistem cyclone seperti knalpot Honda NMP, CBR 150 dan CS 1 jadi walaupun nyaris tak terdengar tapi akselerasi dan tenaga mesin jadi lebih besar dari pada knalpot teknologi lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.