Adu kebut jarak pendek, volume oli pun dikurangi

image

Saat baca artikel dari motor plus mengenai dropnya tenaga hingga 2 dk jika volume oli motor berlebih. Jadi inget trik yang dipakai rekan SF saat adu balap liar (pengalaman masa lalu nih… 🙂 ). Doi sengaja mengurangi volume motornya agar larinya makin enteng. image Teorinya sih jika volume oli berkurang bagian kruk as yang terendam oli makin sedikit, dan makin banyak ruang kosong didalam bak mesin. Nah hal ini mengakibatkan kruk as, komponen gir dan komponen lainnya lebih enteng berkitir karena mengaduk oli yang lebih sedikit. Tapi harus waspada, jika volume oli terlalu sedikit pompa oli tidak dapat mensupply oli. Efeknya bisa fatal!, komponen blok mesin atas bisa-bisa jebol.
Untuk ngetes batas minimal volume mesin, rekan SF ini membuka baut setelan klep, jika ada semburan oli berarti oli sudah melumasi bagian atas blok. Ritual ini selalu dilakukan oleh rekan SF khusus untuk adu drag jarak pendek. Selama ini sih aman-aman saja dan terbukti mampu meningkatkan tenaga. Tapi jangan coba-coba lakukan ini pada motor harian, resiko mesin jebol sangat besar!

12 thoughts on “Adu kebut jarak pendek, volume oli pun dikurangi”

  1. mgkn karena cuma buat jarak pendek dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
    sebenarnya, mesin gak bakal hancur jg sih, kalo oli masih pada takaran paling minim, biarpun harian asal jgn kelamaan…….jadi kalo cuma buat nge drag ya aman2 aja la….

Leave a Reply

Your email address will not be published.