Strategi ngekor produk sebelah, ndak masalah daripada konsumen selingkuh.

image

Jangan sampai kejadian konsumen lari ke merk lain karena merk yang “dicintainya” ga bisa memberi yang dibutuhkan.
Misal konsumen beli produk sebelah karena ada cakram belakangnya, konsumen beli produk sebelah karena injeksi, konsumen beli produk sebelah karena bagasinya paling luas, dll. Kalau tujuannya menyenangkan konsumen loyalnya ga ada yang nglarang kok ngekor strategi merk sebelah, daripada konsumen loyal dibiarkan telan ludah terus-terusan sampai akhirnya ga tahan dan lari kelain hati 🙂 . Gengsi mah cuma masalah sementara saja, kalau terbukti ngekor dan produknya lebih baik dari yang “diekori” yang untung kan merk itu sendiri.
image
Sedangkan yang merasa diekori ya harus sigap! continuous improvement kudu jalan, alias upgrade terus-terusan produknya. Dengan begitu produk yang ngekor ga ada kesempatan untuk nyalip. Tapi kalau kurang sigap , kompetitor yang ngekor bisa-bisa lebih kreatif. misalnya dengan meniru fitur merk sebelah trus ditambah fitur baru kreasi sendiri, bisa jadi role nya berubah dari ngekor menjadi diekori. Halah… mbulettt  :mrgreen:
image
kalau produsen berlomba-lomba seperti ini kan produk makin maju, kalo sama-sama maju akhirnya perang harga. Nah siapa yang diuntungkan ? Konsumen donk 🙂 produk maju berfitur lengkap dengan harga rendah. He3….
males main ekor-ekoran?! Ya telorin produk baru gitu aja repot! Mau sekalian dikasih contohnya?! Naked street fighter 250 cc! Supermoto entry level murmer! Dll

image

13 thoughts on “Strategi ngekor produk sebelah, ndak masalah daripada konsumen selingkuh.”

  1. Dalam dunia bisnis strategi mencontek sah-sah saja, contek kemudian kembangkan lagi sehingga walaupun secara umum mencontek plg tdk hrs ada value added yg lain, dan yg plg ptg ketika konsumen ttp tahu bahwa itu adalah produk kita.

  2. yg masalah itu klo udah tyerlanjur koar2 klo RDB gak penting, SKS gak penting, PBL gak penting, SSS gak penting tapi ternyata dijiplak juga.
    opo ora ngisin-isini…….???

Leave a Reply

Your email address will not be published.