Iklan kontroversial bajaj sebuah blunder besar

image

Beberapa kali baca artikel soal iklan pulsar yang berani main keroyokan musuh bebek jadi tertarik untuk beropini juga. SF sebenernya sangat appreciate atas produk bajaj pulsar yang menang tehnologi dan harga yang terjangkau dibanding produk Jepun. Karena iklan ini saya pun langsung kehilangan respect (abaikan jika saya pernah kerja 3 tahun ikut pabrik milik orang India terkaya didunia, jadi sangat hafal bagaimana mereka menjalankan usahanya). Silahkan baca komen-komen pengunjung yang bahas soal iklan pulsar ini. Jauh lebih banyak yang antipati daripada yang bersimpati. Lihat fakta ini! Berapa persen pengguna bebek/ maticΒ  dibandingkan sport? Jauh lebih banyak bebek kan? Inilah blunder besar yang SF maksud! Bajaj tidak mempertimbangkan efek jangka panjang dengan mencederai potensial buyernya, yakni pemakai bebek yang mungkin suatu saat ingin beralih ke motor sport.
SF yang bukan pengguna bebek ikut merasa ga nyaman dengan iklan bajaj yang dulu juga sekarang. Ortu saya pake bebek, nyoba pake tiger yang beratnya cuma 125 kg (tiger lama) aja mengeluh terlalu berat dan capek apalagi pake produknya bajaj. Adik saya yang kegiatan operasionalnya sehari-hari cukup berat pengguna bebek juga, alangkah keputusan bijak karena sering bawa barang berat kemana-mana dan butuh motor irit. Mertua saya juga milih pake bebek buat pergi ngecek tambak. Alasan-alasan diatas adalah barrier to entry bagi motor sport di Indonesia. Sport ! Itu alasan pertama pulsar kurang laku di Indonesia, yang kedua merk Bajaj sendiri. Saya yakin banyak rider mengakui kalau Pulsar canggih, berperforma baik dan irit. Tapi banyak pula yang meragukan durabilitas pulsar serta ketersediaan sukucadang. SF kurang yakin kedepannya Bajaj bakal moncer penjualannya jika iklannya selalu Alay dan BC serta kondisi aftersales yang seperti sekarang.
Prinsip yang sungguh ga habis pikir, kenapa bajaj anti motor bebek dan matic? Padahal jelas produknya ga laku di Indonesia, sebulan jualan 3000 aja ga tercapai. Inilah salah satu bentuk kesombongan seorang Bajaj, begitu percaya diri produknya begitu superior dibanding pabrikan lain. Ingat motor adalah buatan manusia, sangat banyak ketidak sempurnaannya, daripada Black Campaign mending fokus ke perbaikan aftersalesnya!
SF sudah 15 tahun jadi pengendara motor, dari motor 70 cc sampe 1800 cc pernah ane jajal, dan cukup bisa menyimpulkan : motor apapun yang Lo pake bukan masalah asal nyaman dan ingat selalu untuk bersyukur atas karunia Allah karena masih diberi kesempatan riding hingga sekarang. Pilihlah motor sesuai kebutuhan.

76 thoughts on “Iklan kontroversial bajaj sebuah blunder besar”

    1. πŸ™ fikir dulu bang… Sejak masa belajar ane udah MENDEWAKAN motor semprot. bahkan ane rela g pulang2 ( minggat kale πŸ˜€ ) hanya demi CBR150 . krn ane anggap bisa tambah macho, kenceng, Hitech.
      tapi setelah ane berkeluarga baru nyadar… fungsional lah yang penting, mkanya skarang ane beli matik. alasan bisa pake bareng2 istri . ngajak anak jln2 jg lbih santai. buat bawa blanjaan jg g ap2.

    2. BERARTI LORENZO BANCI YA BRO.KAN JAJAL NJZ HEHEHE.
      PEASSE BRO.MOTORMU APA?KLO MASIH PAKE TIGER VIXION THUNDER GA SOK GITUALH.

      1. knapa d blng cewe dloan… loe ga liat mukanya raut wajahnya yg songong,,,… kl ga songong yah diem2 aj bahkan ga bakal ad tuh iklan….
        gw liat d jalan jg byk bebekers yg ugal2an ganti2 knalpot brisik, pake lah knalpot yg bermerek suaranya bgs… kl ga mampu jgn ganti trima nasib…. ban d ganti ban speda… ga nambah keceng motor lu….
        norak iyah… dlo sih bwt cr duit drag2an nah skarang ckckckkc…
        masalahnya lorenzo ga alay dan dya ga naek bebek, dya cm iklanin bebek…
        lgian itu supra bukan njs koq tenang aj yah , yg komen bapanya lorenzo yah hahaha
        sabar aj yah bro yah
        piss sesama rider

    1. kl d liat dr komennya remehin smua motor sport donk….
      ga ad yg srh bli nasi goreng pake motor sport….
      low kl ud bs bli motor sport pasti ud bs bli bebek…
      gt aj dah
      bli nasi goreng pake bebek aj lah yah
      tp tergantung selera wkwkwkwkw

  1. iklan bajaj yg dulu sebenernya lebih alay lagi, nerobos pasar, salto dari atas gedung ke truk, lompat jembatan yg lg dibuka… tapi dijamin ga ada alay jalanan yg mo ngikutin, terlalu ekstreem…

  2. setuju tentang pendapat diatas tentang fungsi motor.

    mengenai iklan hanya waktu yang akan menjawab, penjuakan makin naik atau terjun bebas tinggal di pantau

    1. maap nih ane ga liat ad stiker supra x nya ?
      mngkn ane yg ga liat kl gt maapin aj
      tp seandainya ga ad yah sah2 aj
      byk sinetron minum susu indo milk misalnya , trus d stikerin logonya padahal nenek gw jg tau itu kotak susu indomilk, atau teh botol sosro,,,,

      nah gt aj dah
      tp kl ad stikernya d ksh liat d iklannya ane minta maap nih sbelumnya memang brarti pihak bajaj yg klewatan

  3. bener banget.. Bajaj keknya dah berlebingan, out of track. motor pada dasarnya kan sama “alat transportasi”.. smoga ada good will dari bajaj buat revisi neh bila ingin imagenya dpt applaus dari masyarakat biker tanah air.

    1. Tapi kalo beli bebek/matic giliran liat motor sport langsung ngilerrr … karena obsesinya punya motor sport.. kalo punya duit lebih mah mending 22nya …hehehe

  4. betul sekali, pilih motor sesuai kebutuhan.
    kalau utk riding luar kota, pake sport oke
    kalau untuk jalan di kemacetan jalan raya, mending pake bebek ato skutik, kalo pake sport…ya capek ngopling

  5. Analisa yang mendalam, tapi sah2 aja kalo menurut saya. Bukan nyindir ‘bebek’ nya tapi lebih nyindir pengendara ‘bebek’ yang alay disitu (pake bebek aja knalpot gde2)

    1. Ga habis pikir dengan tim kreatifnya bajaj. Sangat diragukan jiwa bikernya. Opo tumon bebek std nantangin motor yang sport yang kapasitasnya hampir 2 kali lipat. Jelss kesalip jauh to…. Eh setelah nglewati bukit lembah nikung2 ga karuan eh berhasil dijejerin sama bebek dilampu merah. He3…. sok alay ngebut eh selisihnya cuma semenit dilampu merah. Memang sih iklan ga perlu logis. Tapi mbokyo ga usah bikin panas yang lain. Ga punya etika nih pabrikan ginian. Secara Jelas menyerang terang2an pabrikan lain yang jelas prestasinya beratus kali lipat dibanding bajaj. DiIndia aja saat masih honda bareng hero bajaj ga bisa nglawan apalagi di Indonesia.

      1. Namanya aja pabrikan frustasi..
        Jual sport sambil obral murah denan teknologi yg ngakunya canggih tapi penjualan masi letoy

        Yah frustasi..

  6. menurut saya sah’ saja kok.
    namanya juga iklan, yang coba menampilkan sebuah hiburan yang didalamnya diselipkan sebuah product perusahaan.

    dan, sepertinya si mas bro saja yang terlalu ber’opini di sini.

    toh, kalau saya lihat memang lucu kok iklan itu, dan jadi cerminan juga, lha wong di jalan aja sering lihat kok bebek’ seruntulan dan sering geber’ motor batangan.

    1. Lah kalo blogger ga beropini, gimana ada artikel?
      Masalah utamanya di santun dalam iklannya masbro. Ada etika sendiri dalam beriklan (bagi yg ikut mata kuliah managemen pemasaran pasti paham ini) terang2 an jelas terpampang model motornya dan khalayak pada tau motor apaan itu. Gimana kalau honda ngiklanin cbr 150 trus nyalip Pulsar 200 atau 220, trus pengemudinya honda bilang jiahhhh…ngakunya motor lelaki sejati tapi kok lemot. Nah loh, rusak donk dunia periklanan kalau saling menjatuhkan.

      1. bro ini bebek bro…
        BROOOO…
        jgn bawa2 cbr150 yg innocent wkwkwkw
        pulsar ga bakal cr ribut sama motor yg bisa ngalahin cheetah wkowkowkowkw

  7. iya harga murah kok mau banter, orang awam kalau tidak tahu kalau motor mahal pasti banter….lho opo hubungane karo iklannya pulsar…….umpama kalau aku pengendara pulsar di salib cbr 150 atau tiger 200 ya wajar to…soalnya di salib sama motor mahal..kwk..kwk….

      1. emang ga bs lari pernah liat motor lari2an wkwkw
        lawan apa mas ?
        tergantung skillnya pemindahan gigi seakurat2nya motor bisa maksimal d kendarai

  8. lah wong iklan gitu kalau bagi orang ngerti apalah arti dari sebuah bongkahan besi, tetapi yang bikin panas itu merk sejuta umat sepertinya di lecehkan wajar, yang punya pasti akan kebakaran…kok nggak sekalian lawan hulk, spiderman. dll sekalian, coba yang di lecehkan bukan merk sejuta umat pasti ayem2 saja, opini aku cara berkendaranya saja yang kurang baik untuk di tiru, mungkin kru iklannya sudah terbiasa ikut memproduksi sinetron TV dan film horor yang rata2 kurang mendidik.

    1. ngapain panas.. wong kenyataan…
      kl fitnah br lah boleh panas hahhaa…
      yg panas ga usha panas cm iklan koq
      kl mrasa bebeknya supranya ad yg lbh kenceng dr pulsar d iklan bolah d yg bikin trus buat iklan br ataw d klarifikasi jumpa pers kwkwwwk

  9. Bajaj itu ngga sebagus motor jepang, makannya dia takut buat iklan semisal saingan sama vixion, byson, tiger atau apalah ….kenpa harus bebek saingannya? takuuut sama motor batangan jepang ? okelah kalo mau saingannya bebek, cobalah pakai satria 150 fu … ngga akan bisa menang bajaj walaupun besik satria 150 fu adalah bebek sport ….kalao lawannya vixion, byson, tiger dlll pasti cuma diketutin bajaj …..

    1. memang gw akui… tp lbh murah khan?
      IYA
      vixion cc 150 harga brapa mas..
      pulsar 220 harga d bawah vixion …
      kl d adu sih boleh lah hehehe…
      mngkn pihak bajaj msh ga mau cr masalah lah
      dya bikin iklan yg sesuai kenyataan aj
      pulsar ngalahin bebek = realita
      ud cukup ga ad motor yg lain…
      klaupun ad kebangetan tuh yg buat iklan
      btw yg buat iklan jg org sni
      org sno buat iklan gw liat cm bajaj doank sendiri
      ataw yg ngabanggain motor sendiri
      ga ad tampilin motor pabrikan lain…
      apa gara2 yg buat yah
      hahhaa
      kl byson blh lh d adu dikit… kl saya kalah yah saya minta maap huahaha
      kl lawan satria fu ga sesuai realita , bisa2 ga bikin iklan malah d ajak brantem wkwkw….

    1. yakin mas ? ud pernah d adu ?
      2 busi masa kalah dengan 1 busi apa tvs jg 2 busi
      kl cc mah kayaknya sama yah ?
      maap kl offensive responnya saya penasaran soalnya
      hahhahaha

  10. ntar ad iklan tandingan, honda bikin iklan cbr 150r ngacangin p220.. Bisa nggak ya…he..he..kl yg 250r ya jangan ditanya lha, motor terkencang gt lho…

  11. Sepertinya balik lagi budaya asal motor itu, orang jepang dasarnya sopan iklannya juga sopan, se ekstrem2nya iklan motor jepang ga pernah kayany nampilin tampang kompetitornya. Kalo orang india kayanya sedikit frontal, jadi ya wajar aja iklannya juga frontal, out of the box banget, dan terkesan songong.. Tapi mungkin itulah strategi marketing bajaj indonesia, pengen nonjolin value for money produknya..

  12. alalah, si bajaj main keroyokan sama supra, padahal dijalan masih banyak supra timbang bajaj. kalo bikin iklan yang realistis dong πŸ˜€

  13. mmgkin bajaj dah merasa superior kl ya dibanding honda.. Liat aja di blog manapun loncing pulsar 200ns rame amat jauh lbh rame dr loncing cbr

  14. ane pernah tuh adu sm fu pake pzoo, ampe 110 km/jam ane kalah tp diatas 120 km/jam pelan2 si fu akhirnya kesusul. Aplgi ntar pake pulsar 200ns dg tenaga 23 hp…wuss…lngsung ga kliatan fu aplgi piksen…

  15. Yang saya tahu motor bajaj klo diparkir di bwh pohon bakal mogok..konon katanya klo mau nyala lg kita hrs nyanyi smbil berurai airmata….

  16. @galuh itu relistis koq coba aj adu kencang.. wkwkw
    yg penting realistis wkwkw
    bukan masalah keroyokannya
    lagian toh cm iklan untuk memasarkan produk
    apa bisa iklan supra x kaya gt … 2 supra x ngepung bajaj…
    trus baja dloan dan supra x nyusul
    yah bebek memng terlahir bwt santai tenang dan nyaman
    dan pulsar terlahir sdikit agresif yah nyaman jg soalnya posisi ga racing2 amad…
    jd yg ngasih komen negatif liat2 dlo dong motor apa yg d pake dan liat realita bro dan skali lg ini cm iklan AKWKAWAKWAW

  17. dan kl masalaha berat .. emang ad yg nyruh loe dorong tuh motor
    yah d starter trus d gas .. apa berat ?
    pas d standarin jg ga berat2 amad langsng nyongsong d standartnya khan..ga nyruh d pegangin tuh motor…
    kecuali jatoh k tauan dah belangnya kl nih motor berat bgt haha….
    gw pengguna pulsar dan bebek revo yg plng rewel yah revo komstir lah bermasalah yah mngkn gwnya yg sial tp knapa pulsar ga komentar anteng2 aj
    gw tau byk d jalan pulsar lampu lednya mati ininya rusak itunya lah
    ITU DR USERNYA ALIAS RIDERNYA abis cuci motor lngsung d nyalain(ga tunggu kering, bukan abis cuci setara lngsng d nyalain , motor mahalpun jg bakal koslet hahhah)… yah lampunya koslet
    kl masalah suku cadang yah memang rada rebet kosong lah ini lah itulah
    yah tp loe bli motor apa liat suku cadang dlo
    yah kl tuh motor “cupu” d sni gw sebut cupu krn gw ga taw kt lainnya haha
    yah kl tuh motor “cupu ” tp suku cadang byk loe mau beli gw sih ngga
    buang duit … duitnya bisa boong kl ini
    bukan kl bli pulsar ga buang duit.. soalnya d sni kita lg berbincng seputar motor ini…
    megapro jg bgs ,satria, cbr , vixion , cm yg gw ga demen cm tiger knapa yah? mngkn ad yg blng tiger cm d oprek dr megapro jd 200 yg alhasil tenaga ngos ngosan desain jg ga beda2 amad… turing bukan sport bukan apalagi bison tenaga curut tangki gede kaya d suntik ga alami gedenya kl ninja 250 br gw salut (d kelas 200-250) desainnya inovatif… walaupun lampunya aneh kl d peratiin dan ndak ad deltabox tp overall true sport.. dan gw brani blng lbh bgs dr pulsar…
    PESAN GW : blh jelekkin motor pabrikan lain asal ad bukti kongkrit dan diterima masyarakat… ad lah yg bilang motor A nyalip bajaj d tikungan anu , yah wong lg macet masa tuh bajaj ikut2an nyalip bisa bradu trus nyungsep brng2 gt loh…
    yah kl mo ngadu cpet yah d trek resmi dan lurus dan sepi gt khan aman toh .
    pesan terakhir berhati2 aj berkendara hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.