Manfaat gemuk/grease pada motor, haram untuk rantai

image

Gemuk berbentuk seperti gel atau cairan yang sangat kental dan licin. Banyak sekali manfaat gemuk (atau yang disebut juga grease atau stempet) di dunia permotoran. Selain melumasi parts, gemuk juga berfungsi untuk mencegah karat. Untuk pelumasan gemuk dapat difungsikan untuk melumasi laher roda, sistem ungkit rem atau bagian dalam pengungkit tromol, as roda, baut arm, standar samping/tengah, dll. Sifat gemuk yang agak padat dan lengket tentunya lebih lama menempel pada permukaan parts yang dilumasi dibanding oli atau pelumas cair. Oleh sebab itu  gemuk juga dapat digunakan untuk mencegah karat, misalkan saja pada rangka sehabis di las namun ga sempat di cat ulang, atau pada rangka yang rusak catnya karena gesekan dengan bodi, jok atau kabel-kabel.
Tapi bukannya gemuk tanpa kelemahan, sifatnya yang lengket lebih mudah menangkap kotoran. Oleh karena itu haram digunakan untuk melumasi rantai karena dapat memperpendek usia rantai. bayangkan saja cairan lengket ditambah pasir atau debu yang menempel serta gesekan antara rantai dan gir tentunya efeknya seperti gerusan terus menerus. Eh selain itu untuk melumasi rantai khusus motor yang menggunakan seal O-ring seperti Tiger dan Ninja 250 juga tidak dianjurkan memakai cairan penetran karena dapat merusak sealnya. Gunakan saja oli (kalau bisa baru) atau chain lube yang banyak beredar dipasaran.

16 thoughts on “Manfaat gemuk/grease pada motor, haram untuk rantai”

  1. pake apapun kalo dirantai debu tetap nempel baik chain lube bermerek sekalipun..kalo ane biasa pake oli sisa atau biasanya pake oli mesin bekas tap motor 2 tak,ato mungkin oli bekas yg masih bagus.

  2. Ga’papa pakai oli gearbox mobil/matic, itu udah benar, dan lebih hemat.

    Beli se liter, udah bisa buat setahun, gak kayak chainlube semprot, isi seiprit, cepat kering, Rp.20rb’an keatas.

    Oli gearbox itu hampir selalu pakai aditif ‘extreme pressure’ dan tanpa aditif detergent seperti pada oli mesin. Udah pas.

    Makenya ya rantai diolesi saat panas, tunggu meresap, lalu seka/lap sisa² olinya.

    Jangan dilumerin banyak², lalu langsung dipakai jalan, itu namanya botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.