Gaya Berkendara Menentukan Umur Motor Serta Konsumsi Bensin

image

Sejak berkeluarga apalagi setelah lahirnya si Faiz, SF makin takut berkendara kencang. Cukup standar saja lah. Sering kali bukaan gas jadi mengurut ga menghentak saat masih remaja dulu. Terasa juga loh hasilnya, yang nyata terasa konsumsi bensinnya, kalau dulu tiger bisa mengkonsumsi 23-25 km/ liter sekarang hampir 30 km/ liter. Mesin juga ga terasa terlampau panas di Lampu merah.
Gaya berkendara sangat mempengaruhi usia motor dan konsumsi bensin. Semakin sering ngebut tentunya rpm nya semakin tinggi dibanding berkendara wajar. RPM tinggi berarti putaran mesin semakin banyak, komponen mesin bakal lebih banyak mengalami pergerakan. Bukan hanya itu, parts bakal menerima hentakan yang lebih kuat, bisa ditebak parts mesin bakal lebih cepat aus.  Yang tak herani banyak rider motor ngegas-ngegas ga jelas (bleyer) saat jalan pelan ato dilampu merah.
Keausan bukan hanya terjadi pada mesin loh, pada sektor kaki-kaki juga. Sering ngegas lebih dalam dijamin pasti lebih sering ngerem lebih dalam pula, mulai dari kampas rem, piringan cakram, kabel rem, gir, rantai, tromol hingga shockbreaker bakal lebih cepat aus.
Trus tipsnya gimana donk.. !? berkendara dengan RPM terendah pada kecepatan yang diinginkan, caranya jelas dengan memakai gigi tertinggi. Namun ingat cara ini ga bisa bikin motor galak berakselerasi. Kalau dipaksa bakal bikin mesin nglitik salah salah oblagh tuh setang seher. .  Motor kalau ga pernah nyentuh RPM puncak bakal lebih banyak keraknya, makanya perlu sekali-sekali kencang. Lah kok mbulet…. :mrgreen: Kenceng boleh tapi bukan dengan cara menghabiskan nafas pada tiap gigi, cukup pada puncak torsi. bukaan gasnya pun bukan lantas menghentak namun mengurut. Kalau ngejar jambret beda lagi ya!! Pindah gigi saat menyentuh red line 😆 dan putar grip secepatnya. Resiko tanggung dhewe yo !!! :mrgreen:

20 thoughts on “Gaya Berkendara Menentukan Umur Motor Serta Konsumsi Bensin”

    1. justru motor bagus enaknya dibawa pelan, biar orang2 pada ngelirik, kalo kenceng terus sih gak bisa gaya2an, siapa juga yg maungelihat, ya tho…..

      1. sependapat nih… hahaha…
        kalo pengen kenceng jg liat2 kondisi jalan…
        kalo macam ninja, cbr.. mau ngebut udah sepantasnya di jalur macam pantura… gak pantes ngebut2 di dlm kota… disangka org baru punya motor keren…

  1. selain umur pengalaman pahit jg menentukan, yg udah pernah mengalami kecelakaan motor hebat biasanya akan lebih “dewasa” saat berkendara lg..

Leave a Reply

Your email address will not be published.