Bagi Pabrikan Besar Seharusnya Ga Susah Bikin Motor Keren

image
Wacana ini sebenernya sudah beberapa kali SF sisipkan dalam artikel. Sebenernya jika diniati, ndak susah bagi pabrikan besar di Indonesia bikin motor berdesain menarik. Cukup banyak potensi yang dapat dikembangkan di Indonesia. Desainer motor kita ga kalah dengan luar loh. Liat saja hasil modif anak negeri, keren-keren kan. Padahal modif yang dilakukan rumah modifikasi ga perlu pake tehnologi tinggi.

Hal yang memudahkan lainnya, pabrikan besar mempunyai deretan motor CC besar yang eksotis kenapa ga dijadikan inspirasi (ditiru maksudnya 😆 ) !?. Tinggal pengaturan dimensinya disesuaikan dengan mesin yang hendak dipasang. Honda internasional sudah melakukan ini pada CBR yang mengadopsi model VFR 1200, Yamaha juga sudah melakukan pada byson yang desainnya segaris dengan FZ6, begitu pula suzuki GW 250 yang mencontek B-King.

Sangat disayangkan motor-motor yang SF sebut itu bukan hasil desain Indonesia. Coba bayangkan jika tiger didesain mengikuti desain CB 600 hornet, atau Next teralis yang nembak NC700S. Yamaha juga bisa jika mau, copas desain R6 dengan ditempelin mesin vixion biar ga dianggap ikut-ikutan R15 India. Suzuki apalagi! Sangat berpotensi mengembalikan image kencangnya dengan jiplak GSX dengan ditempeli mesin Satria 150 yang di injeksikan. Jangan kalah donk sama desain non Jepang, bajaj 200 NS keren tuh, megelli 250 juga ciamik.

7 thoughts on “Bagi Pabrikan Besar Seharusnya Ga Susah Bikin Motor Keren”

  1. Ga susah cuma ya itu, degree of authority yg dimiliki pabrikan2 yg ada d indonesia seberapa besar? Mekanisme komunikasi, hierarchy dan otoritas ini yg kayaknya berefek ke keputusan yg mana yg dipasarkan dan yg mana yg tidak. Apalagi bisa dibilang di indo hanya tmpat jualan tok (meskipun punya plant, well itu cm buat overcome trade barriets). Berbeda dengan Honda USA negara lainnya yg dijadikan basis R&D.

      1. Dari pihak indonesianya juga ga pinter ngeloby….
        Wong indonesia pasar gemuk buat motor dibawah 250cc, ko ga dikasi bikin desain sendiri… Aneh.

  2. krn transportasi negeri ini hampir sepenuhnya bergantung pada kendaraan pribadi, jd y semaunya.. coba transportasi publik maju, punya pabrikan nasional yg tak kalah hebat, pabrikan asing bakal nelurin motor2 terhebatnya buat menguasai pasar..

Leave a Reply

Your email address will not be published.