Susahnya Bajaj Berkembang di Indonesia, Ngeyel sih!

image

Mungkin sudah beberapa kali SF sentil di beberapa artikel kenapa bajaj dengan varian pulsarnya susah mengalahkan pabrikan motor Jepang, hal ini tak lepas dari jaringan aftersalesnya yang masih lemah. Namun disamping itu adalagi sebenarnya yang bikin Bajaj susah diterima di Indonesia. Prinsip!… yup…. Bajaj maunya cuma bikin motor batangan alias sport. Tipenya pun sama semua alias monoton sport naked. Mulai P135 hingga 220, bahkan yang terbaru P200NS. Pasarnya sempit banget loh. Jika dilihat dari omzetnya sport di Indonesia hanya menguasai 13% market share. Total omzet itu diperebutkan oleh Yamaha 47,09% , Honda 33,50% dan kawasaki 18,18% dan sport lainnya 1.23% (sumber edorusyanto), sayang pada data ini ga diikutsertakan penjualan bajaj karena ga tergabung AISI. FYI sebagai gambaran saja, penjualan seluruh varian sport bajaj di 2011 sedikit lebih banyak dari penjualan sport yang paling ga lakunya honda alias tiger. Nah apa jadinya jika Pulsar tetep ngeyel jualan sport thok? Untungnya dikit! Meski nantinya bakal bangun pabrik disini tetep saja berat memporakporandakan vixion dkk.

Musuh Bajaj bukanlah Honda atau Yamaha, namun dirinya sendiri! Jualan dikit, untung dikit, akibatnya bagian keuntungan untuk peningkatan layanan purnajual juga sedikit.

Culture motor di India dan Indonesia ga bisa disamakan. Disono sport yang paling laku, nah disini sport paling ga laku. Apalagiย  pabrikan Jepang memposisikan sport sebagai flagship mereka, ga bakal diam melihat Bajaj merusak pasar. Strategi promosi bajaj yang menggiring pengguna bebek atau skutik agar beralih ke sport juga tampaknya percuma. Banyak kelebihan bebek/skutik dibanding sport. Jika terus ngeyel cuma mau bikin sport ya konsekwensi ga bisa berkembang pesat.

68 thoughts on “Susahnya Bajaj Berkembang di Indonesia, Ngeyel sih!”

    1. Dear guys..
      Ingin menginformasikan, jika teman-teman ingin melakukan jual / beli barang apa saja dan dari wilayah mana saja, kalian dapat mengiklankannya di http://www.keselip.com.

      keselip.com merupakan portal untuk kalian bisa menitipkan barang yang akan kalian jual dengan cara mengiklankannya pada web kami secara GRATIS. Di keselip.com kalian juga bisa mencari barang dari berbagai macam kategori yang ada.

      Ditunggu kiriman iklannya yaโ€ฆ.

      Thanks & Regards,
      http://www.keselip.com

  1. “Musuh Owner (Bajaj) bukanlah Honda atau Yamaha, soal spek dan Price seng ada lawan dah, namun dirinya sendiri (BAJAJ) ! Line produk terlalu terburu-buru, akibatnya produk baru seumur jagung sudah trancam Discontinue.
    Sementara, produk ready stok aja tidak terjamin spare partnya, apalagi produk Discontinue?”

  2. bisa aja sih asal 3s dah bagus dan merata pasar luar pulau jawa masih kosong dan berpotensi akan menjadi lebih besar (asal diiringi oleh pertamina tau diri lah luar pulau jawa SPBU jarang)

  3. biarin aja jgn dikasih tau.. nanti bajaj main bebek jadi tambah banyak bebek.. motor sport akan semakin mahal. honda dan yamaha ga bakalan berubah mindsetnya jejelin orang indonesia sama motor bebek. kalo bajaj udah main di motor batangan bagus buat shock terapi.. jadi kita doakan saja bajaj semakin baik layanan purna jual dan kualitasnya. dan jangan sampai main ke bebek.. amiin

  4. Kayanya yang nulis artikel ini yang ngeyel, dah tahu prinsip bajaj cuma buat motor bartangan. selain itu ada banyak hal dan alasan kenapa bajaj tetap berpegang teguh pada prinsip itu. ngga kaya punya jepun yang sedikit-2 harga dinaikin,….padahal teknologinya itu -itu aja…..masalah ngambil market produk yang lawas, itulah pintarnya bajaj….

      1. IWB, TMC, Indobiker, etc, selalu obyektif dalam masukan artikelnya, kalo yg saya baca di blog mari selalu subyektif, artinya mengagungkan produk jepun, tau sih punyanya brg jepun semua,…tapi sekilas dari baca judulnya aja dah subyektif,…mungkin di artikel lain bisa lebih bijaksana lagi menilai sesuatu,…atau mungkin harus training dulu nih,blogernya…sama yg diatas…jadi ngga selalu ngejudge yang negatif….

        1. Too soon tu judge bro. Artikel ini berpegang ada fakta. Data berbicara. Semua sport ga laku dibanding bebek/matik. Justru pabrikan jepang yg banyak tak kritik. Mulai jadulnya, overpricenya,sukucadang mahal. Beberapakali saya mengingatkan produsen motpang agar punya malu produnya operpress dngan fitur biasa. Klo mas bro sedikit saja jeli. Artikel ini ngasih masukan ke bajaj, spy memperhatikan aftersalesnya. Baca artikel kmaren bro, soal mahalnya part kawasaki. Atau soal eneghnya ane sama tiger karena penyakit turunannya, suzuki spin yg partsnya mahal dan langka, dll. Posisi kita sebagai blogger harus mengingatkan produsen berdasar fakta bro.

  5. bajaj ngeyel atau mencoba idealis…kita lihat kedepannya..
    saya akui idealisme kadang susah tuk berkembang untuk masalah ekonomi…

  6. mantan pengguna cripton n nuovo-z helem-in prtama menurut ane…ane dukung prinsip bajaj trutama value for moneyx,,, ujung2x bebek n matic yg di untungkan klo semakin banyak sport yg hrgax brsinggungan dgn betic otomatis harga ikut turun.. dgn syarat bloger ikut mendukung. sory bukan anti betik tapi hrgax itu lho udah setara motor sport. maklum ane orang kampung selisih 3-4jt udah dpt seekor sapi yg bisa branak pinak.

  7. wong nga rakus dibilang ngeyel ๐Ÿ˜†
    org megang idealisme motor sport murah untuk semua dibilang ngeyel ๐Ÿ˜†
    menurut yg punya blog, menimba ilmu itu perlu yang dalam atau perlu yg lebar kemana2..
    bangun rumah /merk itu mendalamkan pondasi dulu atau melebarkan rumahnya dulu ?

    1. Bingung ngartikan ngeyel bro? Apa hubungannya sama rakus? Bajaj tau kan berapa prosentase sport di Indo. Tetep masuk meski pasar sempit. Pulsar produk oke dan menurutku desain dan power diatas Jepang. Tapi ingat dikelasnya ada vixion, nmp,byson, dll bro taukan luasnya aftersales yang bikin mereka laku meski mahal?

      1. hehe
        kebingungan ya ama korelasinya ๐Ÿ˜€
        aye jelasin dah
        klo bajaj produksi bebek, matic, betik dll menurut aye terlalu rakus, semua mao dimakan..
        terus bajaj maen sport aja ente bilang ngeyel cth donk pabrik sebelah produksi a-z..
        Jadi sudah ngerti maksud nga rakus dibilang ngeyel ?
        Satu hal lagi yg korelasinya nga cucok, dimana2 namanya jualan sudah banyak, baru 3s nya meningkat untuk mengimbangi utilisasi 3snya..
        u kira produk jepun bikin bengkel dulu yg banyak selama 40 taon baru jualan skrg ?
        Demikian jg partnya, u kira pembajak mo bajak part lo klo jualannya masih dikit ?
        Orang nga latah dibilang ngeyel mo jadi apa dunia, sekalian aja piagio ducati dibilang ngeyel karena maen di pasar sempit..
        Bugati aja yg jualan hitungan jari dalam setaun bisa idup makmur dibilang ngeyel jg donk

        1. klo nrt gw seh bkn soal rakus ga rakus seh,gw rasa stiap pabrikan itu pgn dpt untung sebesar besar nya,kt jualan seh harus liat pasar jg di mn model ato jenis tertentu lebi laris klo mis slh 1 pabrikan itu cm meneloarkan 1 varian yg lebi sdikit market nya krn “idealisme” yah itu konsekwensi pbrkn itu sndr smua terserah pbrkn tsb mao cb di varian yg lebi diterima konsumen ato tdk..

          zaman skrg ini harus searah antara sale ama sparepart n service nya klo cm jualan walo dgn performa n kwalitas yg bgs tp payah suku cadang nya akan sgt slt tuk menarik konsumen lebi byk apalagi yg tlh di pengaruhi mindset..

          Bajaj harus berbenah 3S nya,jk tdk akan di tinggal konsumen nya,di tmpt gw sndr dealer Bajaj yg br berdiri ga lama tutup apakah sewa gedung nya tlh jatuh tempo ato tdk yah gw krg tau tp dr informasi katanya seh krg laku,di tmpt gw (SUMUT) mindset konsumen sgt kuat trhdp product JAPAN so ini tgs yg berat n harus menembus barrier itu,yah kt sm2 saksikan gmn kiprah BAJAJ selanjut nya tentu kt berharap YG TERBAEK n dgr suara konsumen nya..

        2. smartf41z :
          Susah ya liat bottom line artikel ini. Penjualan laku, 3 S terjamin , konsumen senang. Noh tak bikin simpel biar ngerti

          smartf41z :
          Susah ya liat bottom line artikel ini. Penjualan laku, 3 S terjamin , konsumen senang. Noh tak bikin simpel biar ngerti

          makasih loh dah rangkumin komen aye ๐Ÿ˜€
          penjualan laku otomatis 3s terjamin dan pada akhirnya konsumen senang begitulah korelasi yg indah

          @no name
          untung sebesar2nya itu dasarnya adalah rakus, enga perlu dimasking..
          itulah realita yg ada ๐Ÿ˜‰
          mindset ente dan blogger sama mainstreamer aka pengikut arus atau bahasa ndesonya latah. klo menurut bahasa om topiq pengikut red ocean strategy adu jotos jurus skutik sampe berdarah2..

          klo bajaj penganut blue ocean mentingin ‘Value Innovation’
          apakah perlu dijelaskan lagi ?
          enga perlu la ya skrg jaman kuda makan internet kok ๐Ÿ˜†

        3. – operpret

          bro,gw tanya ada ga 1 prusahaan di dunia ini yg tdk pgn untung sebesar2 nya?mao nya stagnan trs?tlg anda jelaskan soal “rakus” dlm bidang marketing?
          gw dha blg bro terserah prusahaan tsb mao tetap dgn “idealis” nya ato tdk yah tentu ada konsekwensi nya market sempit konsumen jg segmented klo prusahaan tsb merasa segment yg skrg lebi menguntungkan yah silahkan,cm segment sport “BUKAN blue ocean” mao buat product dgn value apa pun tetap akan bersaing dgn pabrikan laen walo OPERPRICE skl pun!
          Klo saja 3S nya blm di benahi gmn bs di terima lebi luas oleh konsumen produk bgs harus di tunjang dgn 3S yg bgs blm lg mindset konsumen yg dha tertanam dgn baek dgn product JAPAN!

  8. di kota ane bajaj kurang laku,walopun p200ns msk bakal tetap aja masih susah.karena brand imagenya msh kurang,ditambah lagi penjual motkas ikut memberi peran image bajaj tdk bagus.jadi bajaj smakin tenggelam.apalagi konsumen skrng cenderung pilih motor sesuai dgn komunitas,mayoritas,gy hidup.sdh jarang yg namanya biker sejati yg lebih mementingkan selera jati diri,tdk peduli dengan jaman.asal enak pake aja itu motor.berat tugas bajaj,dari minoritas menjadi mayoritas.hanya waktu yg bisa jawab…

    1. kalo bicara lifestyle…beda segmen bro…inilah biker sejati motor sebagai lifestyle bukan komunitas.. tapi with in your life bukan with in your daily life alias transportasi sehari-hari seperti yang mucul dan berkembangnnya komunitas sekarang…mereka cenderung ke senasib, dan gak dapet transportasi yang murah dan layak….muncullah komunitas motor anu..dan anu dan anu…kalo track back yahh intinya senasib dan sepenanggungan

  9. kultur india gimana ya, kalau dikita kan bebek sm matic udah jadi penyokong kegiatan ekonomi alias kebutuhan makanya sport karena dari sisi utilitas keseharian kurang (bensin agak boros, susah bawa barang, spare part dll), apa di India sana motor itu lebih ke hobby / medannya berat sehingga sport lebih laku ?

  10. Halo bro,

    Dalam bisnis, gak selalu banyak produk berarti banyak untung. Bisa jadi semakin banyak rugi. Semakin banyak produk berarti semakin banyak investasi, semakin banyak biaya produksi, semakin banyak pula biaya untuk marketing.

    Yang saya lihat, Bajaj berusaha untuk FOKUS. Dengan fokus pada satu produk/model berarti menghemat biaya dan memaksimalkan sumber daya yang ada.

  11. memang terlalu fokus ke sprot aja membuat tampak kurang fleksibel dan tampak jadi egois…………tapi ya itu la yang namanya fokus pada tujuan, kayak si bajaj ini.

  12. apakah penjualan bebek TVS bisa “nendang” bebek pabrikan Jepang? padahal TVS udah punya pabrik lho di Indonesia.

    dan apakah yang punya warung juga bisa menjamin kalo Bajaj ngeluarin bebek keuntungannya bakalan meningkat?

    kebijakan Bajaj emang cuma maen di motor sport, matic nya aja disuntik mati. kalopun akhirnya harus angkat kaki dari Indonesia, ya gak masalah masalah buat Bajaj, wong pasar mereka di India dan Amerika Latin lebih gede kok, apalagi KTM mau masarin produk Bajaj di Eropa.

    terus konsumen di Indonesia piye? itu sebuah RISIKO, kalo gak siap dengan risiko yang ada, ya jangan beli.

    IMHO

  13. Indonesia pny apa sih? Mtr ngga pny, mbl ngga pny..koruptor baru punya banyak lg…he..”ฬฎั›ฯฑั›ฯฑ:D”ฬฎั›ฯฑั›ฯฑ”ฬฎ:D”ฬฎั›ฯฑั›ฯฑ”ฬฎ:D.

  14. emangnya harus jualan bebek yah ? trus kalo punya varian bebek di jamin laku + gak rugi ? kaya tvs punya varian bebek trus apa di bilang laku atau bisa menyaingi produk jepun ? tvs salah strategi menurut nte nah coba jabarin salahnya di mana? tvs udah punya pabrik tapi 3snya di jkt lebih sedikit dari pada bajaj ini fakta lho…..

      1. Sekarang banyak artikel yg gag berimbang…. (gag kekk artikel blogh taun2 lalu)
        Di sinyalir,sepertinya,saia kira ada sesuatunya…. Map lho kalo yg saia kira salah…..

        Seharusnya,semestinya, artikel blok itu netral….

        1. Saya kira artikel ini ga ada niat jatuhkan bajaj, malah ngasih usul supaya ningkatin jualan dan aftersales. Bajaj semestinya harus tetap diingatkan agar memperbaiki 3 snya untuk kebaikan bersama juga. Dari dulu yang saya kritik soal bajaj tuh aftersalesnya

  15. ada satu lagi sudut pandang bisnis yang belum dikemukakan di artikel sini sebagai rujukan…semakin sedikit jenis produk semakin sedkit biaya, semakin banyak produk semakin bengkak biaya.. tapi masalah untung semakin dikit produk maka untung semakin tinggi dibanding produk yang banyak…rujukannya adalah artikel mastri tentang yamaha yang seharusnya berterima kasih pada honda…dimana honda menggelontorkan banyak pilihan produk berpengaruh ke penyediaan sparetpart yang jadi lebih luas..investasi lebih dan tentunya maintenance lebihhhbegitulah yang saya tangkap dari artikel tersebut, semoga melengkapi…buka restoran dengan menu banyak tentu menambah kesan tapi bahan baku dan keahlian koki harus dibayar mahal, bayangkan tukang nasigor keliling yang menjajakan mie goreng, kuah dan nasi goreng…skill cukup sama bahan baku gak jauh beda ..ya thoo..hahahahahaha kepanjangan

      1. dengan menu yang sedikit begitu mungkin….bisa gak itulah tentang ngeyel dan idealisme sebenarnya…hahahahahahaha balik lagi ke statement pertama ane…

  16. yg ane tau motpang saat ini sangat tergantung pda market di indonesia ( fakta motogp )…moncer bro he….nah klo bajaj dgn waktu penjualan yg sangat jauh dengan motpang kayanya mereka jga sedang meneliti market indonesia dgn belajar sklgus menelurkan produk baru with KTM…..ya ane ambil positif nya ja jdi banyak pilihn produk xixixi….& mopang gk mo kalh dengn produk motin….*mantow.com hi…

  17. Cb saja ntar kl pulsar ns dah keluar…. Asalkan jatah indonesia ampe 5 rb/ bl, dah bikin galau pabrikan jepang di jajaran motor batangan, tp kl jatah cm 1000-2000 unit/bl ya pabrikan jepang cm tertawa aj, percuma motor bagus kl jatahnya dikit, ga akan mengganggu samasekali

  18. Bagi saya gak masalah..selama Bajaj mampu menjaga komitmennya dengan motor batangannya..

    Siapa tahu 10 tahu kedepan orang Indonesia akan selalu berkata begini “motor laki, Bajaj. Motor cewe Honda. Motor matic Yamaha”

    Di mana pada 10 tahun nanti pabrikan motor sudah mempunyai ceruk pasar spesialisnya masing2..hohoho..siapa tahu?

  19. hmmm bukan susah,tapi masih akan berkembang,kecuali Bajaj merupakan produsen motor yang mendunia

    jadi perlu proses dan biaya yang lebih untuk berkembang

  20. Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
    Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
    Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
    Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
    Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
    Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
    Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
    Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
    Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
    Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

  21. This is the perfect blog for everyone who really wants to find out
    about this topic. You know so much its almost
    tough to argue with you (not that I actually would
    want toโ€ฆHaHa). You definitely put a brand new spin on a
    topic that’s been written about for decades. Great stuff, just excellent!

Leave a Reply

Your email address will not be published.