Indonesia Surganya Modifikator, asesori banyak pilihan cuy!

image

Beruntunglah kita tinggal di Indonesia. Meskipun jika dilihat negara negara maju mayoritas motor yang berseliweran ber cc 250 keatas. Loh kok beruntung???..Modifikator kita tak kalah kratif dibanding modifikator luar! Dengan keterbatasan tehnologi dan dana, produsen asesori motor dapat menciptakan produk-produk yang jauh lebih murah yang bikin ngiri rider luar negeri. Saat berselancar di youtube atau di bikepics sering kali motor yang berasal di Indonesia dikagumi rider luar (kategori motor nternasional semacam Ninja, CBR atau pcx). image Ninja 250 misalnya, tersedia berbagai asesoris yang diciptakan anak negeri, yang secara tampilan ga kalah dengan asesori dari luar negeri. Sebagai contoh :
– Knalpot : kalo di Indonesia mah urusan ecek-ecek kalo cuma ngelas- mengelas. Model apapun gampang dibikin, mulai konvensional, midship muffler, undertail bahkan hingga twin muffler dapat disesuaikan keinginan. Soal tenaga juga ga malu-maluin loh. Dyno test racikan ninja berknalpot lokal ga kalah dengan luar kok. Cek kejurnas! Adakah yang pake knalpot import? (Kalo jatuh bakal nangis darah tuh πŸ˜† ) secara harga knalpot lokal bisa 1/3 knalpot import.
– Windshield : mulai pesek sampai sangat jenong ada, harganya bisa 1/4 nya produk import, yang penting keren πŸ™‚
– bodypart : buanyak bertebaran ! Mulai tank pad, kondom tangki, rear hugger, bahkan full body pun banyak yang jual. Mau ninjanya bertransformasi jadi zx6, ducati atau R6, bisa!
– Performance part : TCI/ CDI, koil, noken, dll udah bisa juga bikin disini dengan harga menggiurkan
Masih banyak parts yang mampu dibikin di Indonesia tentunya dengan harga jauh lebih murah.

Teringat satu lagi hasil karya anak negeri yang bikin ngiler rider luar negeri, yup…. sidebox PCX yang beberapa saat lalu sudah SF bahas disini.

image

Kondisi di Indonesia Sangat beda dengan negara maju, bisa jadi pengendara motor adalah pengguna jalan minoritas. Otomatis bisnis dibidang ini ga menjamur seperti halnya di Indonesia. Dengan bahan baku dan tenaga kerja yang mahal menuntut produsen asesori motor kudu bermodal kuat agar produknya diminati. Hasilnyapun dapat dilihat, bukan hanya menembus pasar lokal bahkan internasional juga. Sebabnya jelas,Β  kualitas lebih bagus karena quality controlnya jauh lebih bisa diandalkan belum lagi brand power nya. Masih perlu contoh? Yoshimura, leo vince, two brother, mugen, dll ( ane ga memfavoritkan produk import jadi ga hapal lebih banyak lagi :p ). Nah disinilah produsen Indonesia kudu banyak belajar. Quality Control serta pelayanan aftersales kudu ditingkatkan agar bisa sejajar dengan produk impor. Sesuatu banget jika kualitas sama dengan produk luar namun harga jauh lebih murah. Ga mustahilΒ  pasar semakin berkembang lebih luas sampai menembus dunia internasional.
image
image

image

Beruntungkan bagi penyuka modifikasi Indonesia! Pilihan asesori buanyakk… mulai yang murah-meriah hasil produsen lokal hingga yang mahal karena import dengan mudahnya didapatkan (apalagi modifikator di kota besar). Satu hal lagi, yang bikin produk import mahal bukan hanya harga dasar barangnya tapi ongkos mengimpornya juga. Ga rela juga, beli asesori mahal karena ongkos angkutnya.
SF bukanlah brand minded (suka barang bermerk) namun lebih mencintai produk lokal asal hasilnya memuaskan. Namun jika di Indonesia belum ada atau belum memenuhi standar minimal (menurut pribadi SF ), mo gimana lagi. Selamat berkreasi !

29 thoughts on “Indonesia Surganya Modifikator, asesori banyak pilihan cuy!”

  1. problemnya untuk knalpot nih……….setau saya gak ada knalpot racing lokal buat moge…..ya terpaksa la.

    kalo di n250r, saya tau yang lokal bersaing ketat dgn yg luar.

    heheheh…

    1. Kalo custom banyak yang bisa bikin kok tapi ya tanpa merk πŸ™‚ . Lain cerita jika mogenya banyak bersliweran di Indo seperti ER6 / Ninja 650 nantinya , pasti dilirik produsen lokal

  2. beli knalpot 35 ribu dipasar loak (tapi barang masih segel dan baru) baru dipake seminggu di tilang pak polisi 40 ribu πŸ™ apes!

        1. Supra 125 buat double poston. Oh ya rem belakang sengaja pake kampas supra biar kurang pakem soalnya standar bawaannya terlalu pakem. Untuk kampas depan sebaiknya pake produk racing semacam daytona dll

Leave a Reply

Your email address will not be published.