Diskriminasi pengguna motor non honda

image

Dilarang masuk kecuali honda, itu yang terpampang di parkiran motor sebuah pabrik ban group as**a didaerah Bogor. Itulah info yang saya dapat dari adik seorang teman diklat. Ditempat parkir yang nyaman dan terlindungi dari panas terik dan hujan itu hanya boleh ditempati oleh motor bermerk Honda. Lah terus gimana nasib karyawan yang motornya non Honda. Tenang, perusahaan masih sedikit memberi sedikit ruang yakni area terbukaΒ  yang bikin motor kepanasan dan kehujanan πŸ™
image

Diskriminasi juga terjadi saat perusahaan mengadakan turing bareng. Khusus motor honda dapat ban gratis!
Suatu usaha menciptakan loyalitas dengan cara mencederai Hak Asasi Manusia! Bagaimana menurut bro/sist sekalian? Monggo di share.

104 thoughts on “Diskriminasi pengguna motor non honda”

  1. namanya juga peraturan internal.. kalo saya bisa bikin perusahaan, saya juga akan bikin aturan sesuai keinginan saya, yang penting tidak melanggar aturan negara.. kalo misalnya pintu gerbang pabrik saya hanya boleh dimasuki mobil atau motor karyawan merk tertentu, saya rasa sah saja..

  2. ga juga ko…. di eropa juga ada. klo ga salah para pemain juventus dilarang parkirin mobil di area parkir latihan kecuali merek mobil mereka dari group Fiat

  3. Banyak masbro.
    Kalo sekutunya yamaho ya selain yamaho gak boleh masuk.
    Kalo sekutunya hondut ya selain hondut gak boleh masuk.
    Itu masih mending ‘musuh’nya boleh masuk

  4. klo yang punya motor selain hondanya gak masalah dan terima, dan juga dari pihak yang di exklusifkan juga gak mandang rendah pengguna motor lainnya… ya saya rasa tidak apa2

    asala jangan ampe ada konflik cuman gara2 masalah kek gini doang *tepuk jidad

    1. Masalah timbul saat karyawan sebelum masuk grup honda sudah punya motor duluan. Nah begitu masuk honda haknya disunat. Siapapun itu pasti kecewa bro. Termasuk sumber berita artikel diatas. Kerja sama-sama disiplin, sama juga memberi kontribusi bagi perusahaan tapi hak beda.

  5. dari awal sebelum masuk jd karyawan jg dah dikasih tau, kalo mau kerja berarti harus siap konsekuensinya dong. Lagian, maaf, kok bawa2 HAM ya? Apa hubungannya? Sekedar diskusi aja gan, ane seneng baca2 artikel ente. Tks.

    1. Jelas membatasi hak pilih dan kebebasan karyawan. Andaikan cari kerja segampang membalik telapak tangan. Nyatanya kita harus rebutan dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lain. Otomatis setelah bergabung mau ga mau harus ngikut aturan perusahaan meski hati ga rela. Ga bisa membayangkan jika saya ketrima kerja disana trus motorku Ninja 250, berhubung kepepet cari kerjaan mungkin saya trima dengan konsekwensi ninja sementara waktu parkir dibawah terik matahari ( klo disuruh tuker guling sama 1 silinder ogahh!) Tapi saya tetep cari tempat kerja lain yang lebih mengormati hak karyawannya

  6. hohe lorenzo saat balap pernah punya niat pake livery BARCELONA tapi ngga jadi karena terbentur sponsor FIAT gara2 1 grup sama JUVENTUS, hak asasi kah?

    1. Larinya jadi kemana-mana. Sekalian saja gini. Aturan kerja baju putih tapi saya pengen baju safari πŸ™‚ tapi akhirnya saya ikhlas nrima aturan perusahaan berbaju putih, karena feel saya pake baju putih dan safari sama saja. contoh diatas pabrik ban loh. grup astra lain seperti graphia, garda oto , dll juga ga mengharuskan karyawannya pake motor honda

  7. wajar…

    di jepang malah lebih berat, bapak saya cerita pas di jepang, ada pegawe perusahaan komunikasi dipecat karena ketahuan make operator saingan…

    true story…

    1. Klo critanya pabrik ban mungkin ga ya pabrik ini ngecek ban yang dipake di motor karyawannya trus klo kedapatan pake ban merk lain dipecat gitu.. wah keblinger perusahaannya.

    1. Tergantung sudut pandang . Dari sudut pandang perusahaan atau sudut pandang biker. πŸ™‚ Terus terang kasihan sama karyawannya yang berjiwa biker. Jadi susah kalo pengen punya ninja 250, ER6,duke 200, P200ns, GW250

  8. udah jadi rahasia umum mas bro, kenapa honda penjualannya banyak ???? karena yg beli karyawannya astra group (bisa dibayangin yg masuk astra group ada ribuan perusahaan)

  9. jangan telalu mudah disangkutkan dengan HAM. bukan kan pembedaan parkir jg biasa di mall. contoh : ini khusus pakir valet. ya kan.. toh.. yang punya motor merek lain masih bisa pakir di dalam perusahaan. kecuali di larang perusahaan untuk pakir dan disuruh pakir di jalanan.. atau dipecat gara2 pakai merek saingan.

  10. Tidak aneh dari budaya diskriminasi dan rasis sepeti ini lahir para FB (FANATIKER BUTA) yang sangat irasional dengan prinsip “BAGAIMANAPUN JUGA MOTOR GUE PALING UNGGUL”

  11. Sepertinya tidak terkait dengan HAM dengan kondisi tersebut, setiap perusahaan punya aturan terhadap produktifitas, loyalitas dan akhirnya promosi. satu hal, konsumen pertama dan terdekat adalah karyawan perusahaan itu sendiri.
    Diawal pasti HRDnya memberitahukan peraturan tersebut, dan buktinya masih menyediakan lahan untuk non Honda, kalau karyawan yg jatuhnya fanatik terhadap merek non Honda ya tinggal kasih sarung motor kalau tidak mau kepanasan .

    *bukan HRD, bukan karyawan disana dan bukan FBH

  12. alah, wong nek warung ae yo podo ngunu kwi kang.
    seng motore Yamaha (suzuki tapi aman) dadi kalah-kalahan kro lok-lok’an sak cakruk’an… alhamdulillah motor q honda πŸ™‚ hehehe

      1. Bener mas yg penting gak tawuran πŸ™‚ hehehe
        makasih mas buat info kampas ninja 250 yg pake supra 125, bisa menghemat pengeluaran πŸ˜‰

  13. jangan terlalu picik berpikir mas bro. itu gak ada sangkut pautnya dengan HAM. kecuali misal yg pake motor non honda gaji dipotong, gak boleh masuk lewat pintu depan, dsb. ini kasusnya cuma yg pake honda dapat fasilitas lebih aja. bukan berarti non honda, hak nya dikurangin. u see it? beda cara berpikir kita dimana. kalo mau maju mesti ubah pola pikir. peace yo.

  14. nyantai aja bro. ini seperti aturan tidak boleh suami istri dalam 1 kantor.konsekuaensinya salah satu mengundurkan diri atau keduanya.
    biarkan saja.itu kan kebijakan masing2 perusahaan.
    banyak juga kok di dealer2 honda karyawannya pake motor merk lain ga masalah.
    mungkin sudah dipikirkan matang2 oleh yang mengambil kebijakan

  15. biasa aja tuh, udah biasa, ya wajar2 aja lah, kalo pimpinan perusahaan bikin aturan seperti itu…..dia yang punya usaha, jadi hak2 dia juga bikin peraturan…buat yang motornya non honda, beli aja cover motor, 100rb juga udah dapet,

    jangan kayak anak kecil lah, baru gini aja ribut

  16. DISKRIMINASI…
    udah kulturnya di perusahaan itu…..tinggal yang mau kerja di sana mau terima konskuensi atau gak.
    Kan gak kebayang make merk kompetitor yg lebih bagus trus nyampur di sono, itu kayak iklan berjalan di selimut sendiri…….heheh

      1. ya mau gak mau la….hehehe

        kan mana mudah ganti motor yg udah dimiliki dengan mtr yg sudah ditetapkan si astri…..tau la ya, karyawan kan mana gampang beli cash apalagi mau nambah kreditan mtr lagi atau tukartambah demi aturan perusahaan….soalnya duit mereka adalah masih utama di soal kebutuhan sehari2, bukan untuk kemewahan dalam ber-r2.

  17. munkin intinya begini:
    karyawan berhak mendapatkan tempat parkir, tapi karyawan juga berkewajiban menjaga imej perusahaan.
    Karyawan pengguna motor Honda otomatis adalah konsumen ban Astra, wajar dapat ban gratis.

  18. Hak asasi manusia?

    Salah satunya adakah hak utk motor diparkir di tempat teduh.

    Sip sip.

    Di tempat kerja saya, facebook malah diblokir.

    Yg mau buka facebook, ya bawa modem sendiri, jgn pake wifi kantor.

    Di beberapa restoran juga ada tuh, diskon sekian persen buat pemegang kartu tertentu.
    Yg gak pake kartu itu ya nggak dapat diskon.
    Melanggar hak asasi juga?

    1. @all : Saya anggap melanggar HAM karena bagi saya motor itu lifestyle, ga semudah itu menyingkirkan barang yang kita sayangi ganti merk lain. Mungkin bagi sebagian besar pembaca motor ya motor, bagi saya motor adalah bagian dari hidup sehari-hari. Lebay?? Silahkan jika anggap demikian. Beli motor pertama kali penuh pertimbangan dan pengorbanan tiba-tiba dipush perusahaan untuk ganti motor, kalau ga mau ngikut ya terpaksa motor kesayangan kepanasan dan kehujanan.

      Pembanding dengan objek lain misal kartu credit lah, aturan seragam lah, tim sepakbola lah, jika bersedia ikhlas mengikuti aturan ya monggo ikuti saja. Kalo nggak ya silahkan protes dengan mempertimbangkan untung ruginya. Artikel saya diatas juga bertujuan untuk menyampaikan ketidakpuasan seorang pengguna motor non honda yang merasa tidak diperlakukan adil oleh perusahaan.

      1. yg membuat tampak melanggar ham, krn itu menyangkut masalah kebutuhan pangan seseorang…
        r2 yang dipakenya (mgnkn sdh dimilikinya sblm masuk kerja) adalah untuk mencari penghidupan, bukan untuk kemewahan.

        dan bila r2 nonhendi tadi juga ‘merosot’ kondisinya akibat parkiran diskriminatif dan turing (mngkn “diharuskan”?) dari perusahaan trus pecah ban….maka keluar lagi biaya dari hasil keringatnya yang sebenarnya tidak perlu..akibat diskrimasi tadi.

        kalo cuma facebook, creditcard….itu bukan soal2 mendasar macam sandang pangan papan…dan biasanya gak merugikan secara sigifikan…malah bisa2 menguntungkan kedua pihak.

  19. wkwkwk… baru tau kebebasan memilih tempat parkir termasuk ham
    definisikan ham dulu baru bicara ham, kaya ada orang mo bertamu di rumah saya dgn alasan ham dia masuk rumah pake sandal trus langsung ngambil makan kaya rumah sendiri ?! woi…. mungkin dirumah anda ga masalah tapi ini dirumah sy, sy punya aturan situ punya aturan selama bukan area publik atau umum sy punya hak bikin aturan di rumah saya

    1. Dangkal bgt ya. Ntar saya bikin aturan ah dirumah… selain biker dilarang bertamu. Datang harus cium tanganku, ga diterima jika ga bawa buah tangan. Suka-suka aku donk. WOIIi….!!!! Emang bisa seenak udelnya bikin aturan dhewe meski dirumah sendiri

      1. yup… klo tu dirumah ente ane ga masalah, ane kan punya pilihan tuk ga bertamu kerumah ente, sodara bukan, majikan bukan kenal juga kaga wkwkwk
        blog pake nama smart pikirannya cetek bgt dgn alasan lifestayle ato ham bisa bebas, besok ane beli sandal mahal pasti bebas main ke rumah situ coz ane beli sandal ini penuh perhitungan tar ilang ente pasti ga mo ganti jadi bebas dibawa masuk ama bebas ngambil makan karna hak hidup merupakan hak asasi yg paling asasi, tar klo gue koid gara” kelaperan kan kasian ente melanggar ham :mrgreen:
        tapi oga ah tar di racun tikus lg makanannya wkwkwk

  20. bebas aja rumah2 elo…paling ga ada yg mau dateng kerumah elo..karena gw ga dpt apa dari lo… sama dengan perusahaan, gw dpt gaji, anak gw sakit dibayarin..masih wajar kecuali ga boleh solat…

    1. Wah jangan sampe ga boleh sholat, buyar tuh perusahaan πŸ™‚ asal karyawan legowo nrima sih ga masalah. Nah berhubung rekan ane merasa dilanggar keadilannya, saya pun bersimpati dan sepaham dengan rekan saya ini tak belain bikin artikel yang ternyata bikin heboh πŸ™‚

    1. itu ada tujuannya

      tau kenapa?

      soalnya CDI motor Suzuki gampang dimaling, jadi motor2nya disatukan biar gampang diawasi sama petugasnya……..

      ada parkiran khusus Shogun, kalo yg lain saya ga pernah liat

  21. contoh perusahaan yg terlalu mendewakan jepang, sampai2 apa yg jadi milik karyawan dibeda2kan. kerja sih kerja, tapi hati belum tentu tentram. pembentukan fanatisme gak begini caranya kali ya…..

  22. MADINAH DAN MEKKAH JUGA DILARANG ORANG NON MUSLIM masuk tanah suci…
    apa itu berarti Islam tidak toleran terhadap agama lain dan melanggar HAM???
    TIdak kan…

    saya rasa Kantor tersebut PUNYA ALASAN TERSENDIRI…DAN PUNYA PRINSIP TERSENDIRI.

    beda cerita kalo itu Perusahaan tidak menerima pegawai yang ga pake motor Honda.. nah itu diskriminasi.

      1. emang kenapa kalo gw bawa2 Agama Woy Virus!!
        Gw bangga dengan Agama gw.. Gw muslim… Lha terus lo mau apa??

        Di dunia ini ga ada yg namanya bener2 ga diskriminasi… Sekarang gw tanya ama lo.. Ibarat kata ada orang yg ga lo kenal, bukan anggota keluarga lo, saudara juga bukan.. Mau minep dan makan terus di tempat lo???apa lo kasih dul??? Hah!!!

        Ga usah munafik… Kebanyakan orang juga akan berlaku berbeda dgn orang atau barang yg tidak dia sukai… Ga mungkin sama.. Karna cuma Tuhan yg maha adil.. Manusia susah mau adil.

  23. Pengguna honda dapat fasilitas lebih, tapi bukan begitu caranya. Lebih manusiawi kalo misalnya khusus pengguna honda dapat voucher service gratis. Alasannya jelas karena disitu adalah grup supplier motor honda. Jangan dengan memberi keuntungan sepihak tapi merugikan orang lain.

  24. yaa nggak masalah sebab itu area mereka.
    masalah jika itu terjadi di area umum.

    mungkin itu bertujuan agar karyawan bangga dan menggunakan produk dari groupnya, apa yang terjadi jika di perusahaan motor A parkiran dipenuhi motor B. bagai mana nyuruh orang lain beli dan gunakan motor A jika karyawannya saja pake motor B.

  25. hehehehe wajar gak wajar lah mas,,,nama nya juga kerja & aturan perusahaan,,,mau ikut hayuk,,kalo gak ya silahkan cari kerja di tempat laen….
    di Y****A malah lebih kejem,,kalo karyawannya ketauan pake motor H***A bakal di tunda kenaikan gajinya mana keiket kontrak lagi,,jadi ya cuma bisa pasrah aja yang kerja di sana….
    jadi??????

  26. wajarlah bero, mungkin takut bikin miring nama perusahaan itu di mata calon pembelinya. “lah itu AS*RA yang bikin motor HON*A kan? kok karyawannya pake motor SUZU*I, YAMA*A, KAWASA*I?”

  27. Anonymous :
    wajarlah bero, mungkin takut bikin miring nama perusahaan itu di mata calon pembelinya. β€œlah itu AS*RA yang bikin motor HON*A kan? kok karyawannya pake motor SUZU*I, YAMA*A, KAWASA*I?”

    Betul banget nih… bisa jadi salah satu alasan bagi astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.