GPS testing : Tiger ganti Velg 17″ speedometer makin ga akurat

Dibanding ninja 250 dengan kecepatan yang sama kok perasaan lebih pelan tiger ya. Jelas ini karena penggantian velg yang aslinya 18″ jadi 17″ pada honda tiger 2004 milik SF. Karena penasaran segera saya cek akurasi pake GPS. Media yang saya gunakan HP Sony erricson Xperia X1 dengan software Garmin Mobile XT.
Tes ini saya lakukan saat berangkat diklat. Area test di sepanjang Gatot Subroto. Test pertama saya tahan kecepatan 60 kpj beberapa saat, setelah saya rasa cukup segera berhenti untuk ngecek GPs. hasilnya max speed di GPS tertera 54 kpj (sori ga sempat foto hasilnya, keburu telat masuk) dari hasil perhitungan 60/54= 1.1111 artinya tingkat deviasi speedometer tiger 11.11% .
Selanjutnya saya pacu motor kearah kemanggisan. Sebelum plaza Slipi, saya belok kiri. Nah disitu saya sempet mempertahankan kecepatan pada spedometer tiger 80 kpj selama beberapa saat. Saat nyampai tempat diklat SF intip hasil record GPS dan hasilnya kecepatan maksimal yang tertera di GPS 72 kpj. Artinya nilai yang ditunjukkan pada speedometer 111.11% dibandingkan kecepatan real pada GPS atau 11.11% lebih tinggi. Simpangannya sama seperi pada kecepatan 60 kpj.
image

Sedangkan untuk kondisi standar karena SF ga pernah mengukur langsung, SF mencari info dari google. Beberapa hasil pengujian berhasil SF dapatkan. Salah satu sumber yang menurut SF dapat dipercaya adalah dari saft7, menurut artikelnya simpangan spedometer honda tiger sebesar 10.39%. Dapat disimpulkanΒ  penggantian lingkar roda menjadi lebih kecil berakibat simpangan/ deviasi pada speedometer menjadi semakin besar.

33 thoughts on “GPS testing : Tiger ganti Velg 17″ speedometer makin ga akurat”

  1. hohohoho kenapa gak pasang speedo koso…selain bs di setel utk ring 17 keakuratan ny juga bertambah + tampilan speedo ny yg WOW…
    #nebar racun dikit xixixixixixixi…

  2. minimal speed 100 di speedo tuh baru agak lumayan simpangan yang ada, apalagi speed tinggi simpangan makin tinggi,
    nunggu ah hasil 100kpj speedo nya … skalian ama nininnya bro

  3. cb kecptan ninja 250r di samakan dg gps ente dapet brp? Sy kq dapet deviasi 8-9% dari kec 100-160 km/jam. Ngukurnya pake gps alat bukan hp.

  4. tergantung ukuran ban.
    cerita di scorpio nih ya..
    ban 17″ tapak ban ukuran 130/80 lebih besar kelilingnya dari pada ban 18″ tapak ukuran 3.00 bawaan motor.

    masih bilang ban 17 gak akurat??
    tergantung ukuran bannya kali.
    ban 17 baru gak akurat kalo ukurannya di bawah 110/90. misal 70-90 dll. tergantung merk juga, beda merk beda kelilingnya walau ukuran sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.