Matic,kenapa booming

image

Melanjutkan artikel berturut-turut kemaren soal bahayanya matic yang salah satu sebabnya karena rodanya yang kecil sekaligus menjawab pertanyaan bro vanz21fashion, SF akan membahas kenapa matic penjualannya bisa booming bahkan sampai menggeser penguasaan motor bebek di indonesia.
Pertama : easy to learn and ride
Tanpa adanya perseneling, tinggal gas dan rem. Ini keunggulan utama matic. Ga salah dikota besar yang selalu macet saat jam sibuk matic menjadi pilihan utama.
SF beri sedikit cerita. Adik ipar SF (cewek) sebelumnya ga berani naik motor. Pertamakali nyoba spin milik bundafaiz langsung lancar. Nah begitu ketrima kerja dia memberanikan diri beli honda beat. mungkin dia seringkali melihat anak SD seliweran pakai matic. Masa kalah sama anak SD πŸ™‚ mungkin begitu pikirnya.
image

Alasan kedua : Kenyamanan
Selain bikin ga pegel kaki karena ga harus rem dan pindah gigi, bagi postur tubuh rata2 orang Indonesia, ergonomi matic sangat pas (kecuali buat SF yang segedhe beruang :mrgreen: ), terlebih posisi kaki bisa dirubah rubah. Mo riding ala harley bisa ala motogp juga bisa πŸ™‚Β  Sering SF liat Alay bergaya kaki nangkring di footstep boncenger πŸ˜† , ditunjang bodi ringan serta ban kecil makin enteng buat bermanufer.
Alasan ketiga : tren
Ga bisa dipungkiri, hal ini juga berpengaruh. Liat orang make dijalanan kok enak ya naik motor tinggal gas rem, tetangga juga pada beli, nyonyapun merengek minta beli, “beliin ya pa buat belanja dan nganter sekolah anak. Ga mau ah bebek ketinggian dan ga gaul”. Anak yang masih smp juga merengek ke bapaknya. “Pa temen2 klo sore hari pada jalan2 bawa matic nih, beliin dunk πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ ” yo wis tak beliin”, pagi buat ibunda, sore buat anaknya (ilustrasi loh ya πŸ™‚ )
Alasan lainnya : fungsional, dan kedepannya matic makin ekonomis dan kencang.
fungsi banyak, antara lain bisa bawa blanjaan lebih banyak karena dek rata, bisa bonceng anak didepan (not recomended, tapi umum dilakukan) dan kedepannya matic makin irit dan kencang berkat injeksi.

image

Nah ini sebab penjualan matic makin mengalahkan bebek. Monggo kalo mau menambahkan

30 thoughts on “Matic,kenapa booming”

    1. Saya 20 km menembus macet malah kerasa lebih pegel dibanding sport. Faktor ergonomi dan kebiasaan juga kali ya. Untuk kaum beruang seperti SF rasanya kurang cocok

  1. kayaknya major factornya trend ya.

    Bukan menggurui pemake skutik nih, tapi bagi saya pribadi kalo kasusnya buying power hanya mampu beli 1 motor (seperti yg di bahas di kolom komentar artikel “Kenapa sih matic harus selalu pake ban berdiameter kecil”) motor bebek konvensional adalah pilihan yang lebih bijak daripada skutik (pendapat pribadi loooh).

    Kutipan komentar yg punya blog: “Masalah ekonomi juga sih mampunya beli satu motor itu doang… jadinya kemana2 dipake. Kalo saya mah riskan keluar kota pake matic mending sport”

    Karena bagi saya skutik tetep bukan motor yang pas untuk dipake jarak jauh apalagi sampe luar kota. Di samping soal ban skutik yang cenderung kecil (di bawah 17′) seperti yg dibahas blog ini, dari sisi

    1. Itulah repotnya. Orang indonesia banyak yang latah, inginnya mengikuti arus, plus iming2 atpm dengan segala kelebihan matic, bikin makin kesemsem, atau Mungkin juga yang milih matic mikirnya jam terbang lebih banyak di kemacetan jadi lebih dipilih dibanding bebek. Selain itu nyonya, atau anak yang sebelumnya belum bisa motor lebih mudah belajar naik matic. Saya sendiri penasaran pengen nyoba spacy atau matic gambot lainnya buat kerja apa ergonominya pas buat saya. Kalo sejenis beat, mio, spin, atau nex mah kebanting πŸ™‚

  2. sekarang konsumen pada doyan motor matic gan…
    secara matic itu enaq ngegas nya langsung ngacirrr dhe ga perlu pke gigi,trus juga nyaman,design juga mantep-mantep sesuai selera konsumen masing2..yaa bs booming yaa karna itu…lum lagi matic injeksi suda mule brojol mana2…manteeep laaa….cth nya vario 125 pgm-fi yang ru brojol…wuihhh…bikin klepek2 dha…hahahah

  3. tambahan,
    ga perlu mikirin gigi tarik + rante, walaupun belt + roller juga ada umurnya tp lbh awet dan lbh murah dari satu set sproket + rante
    ada lagi, duduk bisa sambil bersila kalo pas banjir

  4. Apapun motornya, sport fairing jauh lbh cepat, buat macet sekalipun, sebab sport fairing lbh besar, akselerasi jauh lbh hebat drpd matik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.