Tips bagi biker berkacamata

Berkacamata memang sedikit membatasi ruang gerak kita. SF merasakan hal ini, maklum sejak SD SF harus berkacamata. Entah kenapa semua saudara SF berkacamata dan minusnya lumayan tinggi. Tapi bukan lantas SF tak bersyukur, banyak kok cara mensiasati kelemahan/ ketidaknyamanan bagi rider berkacamata. Berikut SF bagi sedikit tipsnya :
– pilih helm yang bener-bener pas dan nyaman. Hindari beli helm online karena kita belum pernah mencobanya. Helm terlalu kecil ukurannya bikin mengganjal tangkai kacamata, posisi kacamata jadi meleset dari tempat seharusnya. Helm yang SF rasa pas adalah model flip-up, karena ga merepotkan saat memakai dan melepas helm ( ga perlu lepas/pasang kacamata)
image
– hindari turing jauh dimalam hari apalagi melewati daerah yang kurang penerangan. Salah satu kelemahan riderย  berkacamata (apalagi lensanyaย  tebal) adalah silau jika berpapasan dengan dengan kendaraan.
– pilih kacamata yang agak melebar kesamping, pastikan seluruh area pandangan tercover. Kacamata terlalu kecil sangat menyusahkan saat harus nyelip diantara kendaraan.
– selain malam hari, musuh utama rider berkacamata adalah hujan. Embun pada kaca helm dan embun pada kacamata. Nah embun di kacamata ini yang susah hilang. Jika kaca helm dibuka malah parah, air hujan langsung mengenai kaca mata. Saran SF, buka sedikit kaca helm agar ada sirkulasi udara. Beberapa merk helm ternama menyediakan asesori khusus berupa alat kecil yang mencegah nafas biker membikin embun pada kaca helm. Kalo ga salah mbah dukun pernah mengulas soal ini.
Sebelumnya SF pernah mencoba memakai contact lens, tapi saat riding dijalan mungkin kena hembusan angin jadi ilang satu. Lagian ane orangnya kurang telaten harus ngobok mata tiap hari. Belum lagi rasa gatal dimata dan perawatannya (obat-obatan) yang lumayan mahal.
Meski segala sesuatu diatas sudah dilakukan, ada saja beberapa hal yang ga bisa dihindari. Seperti contohnya saat turing bareng istri, eh ditengah jalan kena hujan lebat akibatnya laju motor diperlambat. Akibatnya malah kemaleman dijalan. Sudah malem, hujan lagi….. :mrgreen: pas dah. Klo udah gini terpaksa ekstra hati-hati dijalan, paling kecepatan cuma 60 kpjan.

image

38 thoughts on “Tips bagi biker berkacamata”

  1. pas hujan…kacamata malah aku buka, memang sih pandangan jd kabur tanpa kacamata. kecepatan gak lebih dr 50kpj, wong macet….jl raya bekasi gitu loh….. tp lebih baik dp kacamata tertutup air. dilema memang.

  2. betul..benar..betul ๐Ÿ™‚

    ane dr smp pk kacamata, ane jg agak ribet memang saat riding apalagi saat hujan ane pun trpaksa lepas sarung tangan buat ngelap kacamata kl.udh gak jelas pandangannya ๐Ÿ˜€

    kadang bner jg mesti buka sedikit.visor helm biar gak ngembun..cm kdang ya itu wlpun pake visor bening tetep kadang2 ane buka visornya mrn udh byk air n gak jelas padangannya.

    nice tips masbro

    n

  3. andai saja ada kaca helm yg bisa dipesan di tukang kacamata,
    kaca helmnya ada ukurannya seperti kacamata, kan ajib toh. bisa pesen kaca minus sekian, sekian dan sekian, heheheh

  4. salah satu solusinya.. ya pasang anti fog. untuk helm lokal sekarang udah bisa kok, apalagi kalo di juragan helm visor helmnya bisa dibikinin dudukan buat anti-fog. ato ga pake anti-fog helm. kacamata sendiri kalo si penghalang nafas di helm bekerja baik ga akan naik ke atas dan ga berembun. Kalo berembun mungkin anti-fog-nya musti ditempel di kacamata juga kali ya :p hehehe.

    *anyway, pengen si punya flip-up, tapi kebanyakan masih berat2.

  5. Senasib ma ane pake kacamata minus,, ribet , tp kalo ga pake kacamata jalanan burem2 gtu apa lg malem ,kalo ujan ya sengsara ,

  6. kalau saya justru cr helm yg pres kepala…
    dulu pernah soalnya pakai helm yg agak longgar, emank lebih nyaman…
    tp saat lewat jln kriting, helm nya ikut goyang mantuk2 dan yg ga enaknya lagi di kacamatanya, kaca matanya ikut mantuk2 karna tercepit antara sisi kepala dan busa helm. pandangan jd ga karuan karna kacamatanya ikut getar naik turun, jd aga pusing… @.@

    1. idem… nyari helm yang bagian kupingnya agak rapet…

      terus sekedar saran nyari kacamata yang pas kena sinar langsung pandangan teduh (ngak tau istilahnya apa:) )

  7. Betul, hujan di waktu gelap dan kabut adalah ‘musuh’ bagi rider berkacamata. Pada suatu dini hari yang berkabut tebal, saya pernah nabrak pengendara sepeda yg bawa bronjong gara2 silau oleh sorotan kendaraan dari depan. Saat itu kacamata berembun dan sorotan lampu dari depan silau sekali (HID), saya nggak bisa lihat apa2 yg didepan. Untung kami berdua tidak apa2… Sejak itu, saya ekstra hati2 dan waspada riding malam pas hujan/berkabut.

  8. Bener gan, ane sering ngalamin turing jarak jauh lintas provinsi udah sendirian keujanan pula, bukan mata di kacain jadinya tp malah kaca di matain.

  9. ditambah klo pake masker, nafas naik ke atas lewat sela2 idung langsung kena kacamata tambah berembun.. ๐Ÿ™ ๐Ÿ™

Leave a Reply

Your email address will not be published.