Bangun mini aquascape ahh

image

Sekejap melupakan dunia permotoran dengan ngurusi hobi satunya yakni aquascape. Sebenernya SF sudah punya aquascape berukuran besar yang juga dihuni ikan eksotis (discus) . Nah kebetulan SF juga punya aquarium mini dari bahan akrilik yang semula untuk treatment benih discus. Karena indukannya sudah tewas πŸ™ kepikirian untuk bangun mini aquascape buat ditaruh kamar.
Proyek dimulai… beli pasir malang 15 rb, potongan akar berbentuk bukit mini 25 rb, eh dikasih beberapa bonus taneman mini sama sellernya. πŸ™‚Β  Nyampe rumah pasir langsung dicuci bersih… potongan akar ditempel moses yang SF ambil dari aquascape besar, tempel ke potongan akar pakai steples. Ternyata baru keinget pupuk dasar lupa dibeli :mrgreen: padahal pupuk harus ditabur didasar sebelum pasir dimasukkan. Karena kepalang tanggung dan males keluar lagi disusun dulu mini aquascapenya. Potongan akar yang mirip bukit yang telah ditempeli moses dan diberi pemberat batu bagian belakangnya ( diiket pake benang jahit) ditaruh dasar selanjutnya pasir malang dimasukkan. Air dimasukkan separuh baru taneman ditancapkan. Setelah itu aquascape ditempatkan dikamar dan diisi penuh. Untuk lampu jepit, lagi2 ane ambil dari aquascape besar , karena aquascape udah berlebih lampunya . Lampu ini merk Jebo JB15 dengan lampu bawaan 13 watt tapi sudah ane upgrade pake bohlam hitachi 20watt daylight. Air yang dipakai ambil dariΒ  aquascape besar ane karena kandungan sudah terjamin (lah wong aquascape yang besar udah jadi πŸ™‚ ). Hari kedua keluar lagi untuk beli pupuk cair 5rb, hairgrass 10rb, dan red cherry (udang mini) 20 ekor @1000, udang segera dimasukkan plus beberapa ikan dan beberapa keong lagi dari aquascape besar.Eh esok harinya beberapa udang tewas, seluruh ikan dan keong berada di permukaan . Wah.. tanda2 kekurangan oksigen karena fotosintesis belum terbentuk. Untuk ngeboost agar fotosintesis segera terjadi, ane bikin Co2 sendiri dari botol plastik yang diberi air gula dicampur fermipan (ragi). Sementara agar udang dan ikan ga tewas ane beri aerator (gelembung udara). Tinggal tunggu pembentukan ekosistem, harusnya sih bisa terbentuk sempurna karena beberapa kriteria sudah ane penuhin. Cahaya, pupuk, co2 dan suhu dingin (kamar ber AC). Tunggu hasilnya…. beberapa hari lagi πŸ™‚

image

image
image

nah ini beberapa contoh mini aquascape dari hasil googling yang sudah terbentuk sempurna (hati-hati keracunan πŸ™‚ :

image

image

image

40 thoughts on “Bangun mini aquascape ahh”

  1. akuariumku isinya tanaman plastik :mrgreen:
    pengen sih bikin yang tanaman asli juga. ohya kalo pake tanaman darat (yang dialam hidupnya nggak kerendem air) kira-kira bisa hidup nggak ya ?

  2. salah satu hobi ane juga nih…
    prnah juga piara ikan hias laut krn tertarik sama warnanya dan terummbunya…
    tapi ga bertahan lama ikan pada mati.
    krn sirkulasi air yg ga bagus

    1. Yoi… aquarium gedhe pake fan cpu suhu jadi 28 Β° makanya lumut harus rajin2 dibersihkan sehari nambah air 1.5 gayung air. klo yang di kamar kemungkinan jauh lebih dingin pasnya blm pernah tak ukur

        1. Seminggu dijajal, tanaman terlihat kotor. Terlihat butiran kotoran halus berterbangan. Mau tak mau kudu beli bilter. Akhirnya ditebuslah filter gantung entah apa merknya 85 rb plus 3 ekor udang coridoras panda. Nah dinding bukit dan permukaan tanaman sehari saja sudah bersih dan air sangat bening. Beberapa rumput (hairgrass) tumbuh. Tanda2 proses fotosintesis terjadi pesat πŸ™‚ tunggu beberapa minggu lagi agar aquascape terlihat penuh πŸ™‚

  3. gue minat juga mas…..
    tapi pas gue liat2 digoogle…ampun dah…….biayanya gede banget,,,,
    tapi sekarang gue tertarik lagi…….
    coz ternyata ada cara “hematnya’….
    mau tanya…
    itu penempatan air gula plus raginya dimana mas?
    cara kerjanya gimana?
    dan sampe kapan co2 itu diperlukan…..???
    boleh kasih gambaran.. kira2 butuh biaya berapa ut2 memulainya, thanksbefore

    1. wah masih pemula bgt nih. πŸ™‚ artikel ini bertujuan ngracuni penghobi motor agar tertarik aquascape. eh… beberapa ada yang keracunan πŸ™‚ Sip bro meluncur

Leave a Reply

Your email address will not be published.