Perkiraan biaya dan langkah setup aquascape mini

image

Karena ada pertanyaan dari pengunjung sekaligus memberi gambaran pada pengunjung lain yang ingin mencoba, dikesempatan ini SF akan jabarkan langkah2 bikin aquascape versi iseng (pemula) πŸ˜†
image
Nah berikut bahan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aquascape mini
-Aquarium mini harga sekitar 80 rban
-lampu neon 20 watt , jika pake jebo khusus aquascape bisa 100 rban, itupun lampu stdnya 13 wattan, upgrade pake lampu 20 watt sekitar 30 rban. Lampu usahakan angka kelvinnya diatas 6500 K (daylight) syukur2 dapat yang 10rb K (klo ga salah merknya megaman atau leutech), nah jika kreatif bisa murah jika pakai dudukan lampu belajar atau lampu neon panjang dengan kotak bikinan sendiri. Kebutuhan lampu berkisar 0.5 watt hingga 1 watt/ liter air
-Filter hang on, merk china SF dapat sekitar 85 rb
-pasir seharga 15-25 rban
-kayu/ batuan sebagai hiasan bisa berbentuk bukit atau ranting2 an 15-25 rb
-pupuk dasar 15 rb
-difuser ceramic (pemecah gelembung CO2 agar semakin banyak yang larut dalam air) 25 rban, selang aerator semeter paling 5 rb dah dapet,Β  CO2 bisa bikin sendiriΒ  dengan campuran air gula kira-kira 6 sendok makan + ragi (fermipan untuk bikin donat) setengah sendok teh semua bahan dilarutkan dalam air hangat dan dimasukkan botor aqua. Tutup botor dilubangi untuk dimasukkan slang. Ujung slang yang lain ditancapkan ke diffuser yang dimasukkan aquarium. Nah hati2 jika bocor, CO2 bakal hilang dijalan πŸ™‚ kebocoran biasanya terjadi ditutup botol, bisa disealent pake sealent kaca atau lem besi (berupa campuran hitam putih) . Tunggu beberapa jam hingga campuran bereaksi. CO2 buatan ini bisa bertahan hingga 2 mingguan. CO2 ini sifatnya optional, tanaman masih bisa hidup tanpanya, namun pertumbuhannya ga secepat jika pakai CO2. Klo ga ingi repot silahkan saja beli tabung CO2 beserta kelengkapannya, tapi jangan kaget kalau harganya bisa diatas 500 rb πŸ˜€
image

-moses , sejenis lumut yang ditempel ke batuan atau kayu, harga sekitar 40 rban sebanyak gelas plastik. Cara nempel kekayu atau batuan bisa pake benang, atau steples.
– Macam tanaman 3000- 5000Β  per jenis, klo yang puluhan ribu juga ada kok :mrgreen:, klo ini ntar aja klo ekosistem dah berjalan sempurna
– keong hias untuk membersihkan kaca sekitar 5000 / ekor, cukup 4 ekor saja
-ikan sejenis guppy atau tetra 1000-2000 Per ekor, beri 6-8 ekor saja. Ikan ini untuk membasmi lumut hama yang mengganggu pemandangan
– ikan coridoras, untuk membersihkan kotoran didasar dan dikayu/batuan 5000 an, cukup 2 ekor saja
– udang mini red cherry 1000/ ekor, nah ini beli sebanyaknya deh πŸ™‚ tukang bersih2 paling rajin, tapi awas paling rentan mati juga :mrgreen:
– suhu dingin juga salah satu syarat pesatnya pertumbuhan. Kalau SF penempatannya dalam ruangan ber-ac jadi lumayan dingin, jika dalam suhu ruangan bisa pakai fan CPU (kisaran harga 35 rban), tapi konsekwensinya air cepat menguap harus sering2 nambah air

Okay itu beberapa barang yang SF setengah ingat harganya, setengahnya main kira2 . He3…. maklum beberapa item umurnya sudah berbulan bulan lalu, mindah dari aquarium satunya.Β 
Cara menyusun aquascape ;
-Jika objek utama ditengah memakai kayu, pastikan kayu itu tenggelam. jika tidak, ikat dengan pemberat batu/ besi dll (tergantung kreativitas), sebelum masuk ke aquarium, tempel dulu moses (lumut2an) memakai steples atau diikat pakai benang. Nah masukkan objek itu dalam aquarium,
-taburkan pupuk dasar kedasar aquarium,
-masukkan pasir (kerikil halus) yang sudah dicuci dan dibilas bersih pada dasar aquarium , tebalnya sekitar 2 cman, atau bisa dibuat lebih.
-isi dengan air secara perlahan kira-kira1/3 bagian, susun tanaman sesuai kehendak, setelah itu penuhi aquarium. Ingat hari2 mengisi airnya jangan sampai merusak penataan. Jika tidak harus obok2 lagi nantinya
-pasang lampu, filter, fan (jika ada), CO2 (jika ada).
– tunggu 2- 3 hari hingga air jernih, setelah itu masukkan ikan, udang dan keong, jika keburu-buru (seperti sF kemaren) banyak udang tewas :mrgreen:

Silahkan jumlah sendiri kebutuhannya, meski angkanya ga pas tapi ga jauh dari itu kisarannya. Jangan salahkan SF jika keracunan ya, Selamat berkreasi ! Untuk informasi lebih lengkap silahkan googling (salah satunya di http://forum.indoaquascape.com/ )

61 thoughts on “Perkiraan biaya dan langkah setup aquascape mini”

  1. ribetnya.. tp emang sebanding ama hasilnya..
    yg model kek hamparan rumput keren tuh, pas difoto terlihat spt bkn acuascape tp alam nyata..

  2. Thanks mas……
    sekarang udah ada “gambaran” di kepala….
    step by step-nya….
    hm…..
    niatnya gue sih..mau buat yang ukuruan 90 x 45 x 45cm,,
    terus isinya ikan oscar (hehehehe,bercanda),,
    Discus kayaknya keren,,
    πŸ˜€

    1. Saran saya jangan dicampur ikan besar deh. Bakal muncul masalah. Meski pake filter ukuran jumbo tetep saja permukaan daun kotor dan banyak lumut. E e’nya besar2 soalnya. Ditambah ikan discus makanannya mahal (tetrabit) botol kecil aja 25 rban. Klo dikasih makanan koki warnanya ga muncul. Aquarium besar segitu pencahayaannya bisa diatas 70 watt tuh, wajib extra fan biar suhu aquarium ga panas. Tap itu seninya sih :). Biayanya bisa 2 x lipat aquascape mini tuh

  3. mau nanya bos, mulai keracunan nih. bosen ngliatin tanaman plastik terus
    1. untuk lampu jebo, itu hanya untuk penerangan (estetika) atau memang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman ? kalo aquascape saya letakkan di teras rumah yg banyak cahaya matahari apa masih perlu lampu jebo juga ?
    2. disebutkan co2 dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, jadi lama kelamaan aquascape akan makin rimbun. kalo saya mengendaki agar tidak bertambah rimbun apa co2 bisa saya lepas ?apa tanamannya kan mati mengingat co2 bisa berasal dari sisa pernafasan ikan-ikan ?

    1. Nah ini yang saya lupa kasih info. Cahaya matahari adalah cahaya paling perfect untuk pertumbuhan. Lampu sebagus apapun ga bisa nyaingi. Co2 seperti yang saya bilang optional. Sayapun pake untuk ngebosst pertumbuhan. Saat sudah terbentuk sesuai keinginan ga pake lagi deh. Lebih baik aquarium ga langsung kena sinar matahari. Karena bikin suhu air naik drastis. Bahaya bagi sebagian tanaman, bisa melted.

  4. gan aquarium sya ukuran 80 x 45 x 45 tentang pencahayaan ane msih bingung nih,, lmpu nya harus pke jebo yah ? kalo pke pilips 6500K bisa ga ? btuh brp watt tuh ??
    thanks sblumnya gan,,

    1. Lumayan besar tuh. Diitung itung bisa 162 liter. Kebutuhan lampu minimal 80 wattan, tumbuhan yang perlu cahaya kencang bisa diatur penempatannya dekat dengan sumber cahaya. Untuk bagusnya bisa diatas 100watt atau bisa sekalian 160 watt. Tapi ingat banyak lampu suhu permukaan air bisa naik. Tumbuhan kurang subur karena daya serap nutrisi berkurang. Kudu diimbanhi dengan pendingin (fan komputer atau chiller jika punya budget lebih) lampu ga harus jebo karena mahal . Bisa diakali dengan lampu daylight (6500 K) semacam osram atu philip buat rumah. Tapi kalau bisa lampu jangan bocor keluar area aquarium (diberi reflektor)

  5. suweeerrr bikin ileran liatnya.
    Btw, kalo buat taro di meja kantor, kira” ukuran aquarium yg pas ukurannya brapa yah mas?

  6. Sekedar koreksi….. sebaiknya untuk udang ga dicampur dengan ikan .. karena udang bisa stress . Anakannya pun rentan dimakan ikan (udang cherry gampang beranak). Masalah lain kalo kelaparan dikhawatirkan ikan juga nyruput indukan udang. Jika tetep mau mencampur ya dikasih tempat sembunyian yang banyak.
    Update terbaru aquarium diatas sudah berubah total. Berubah jadi highlight jadi tambah tabung co2 dan lampu, penghuninya jadi khusus udang

    1. Mas, ada referensi toko di Jakarta yg murah2 nggak?

      Dah liat artikel ini dr jaman kapan dah, tapi baru sekarang ada niat mau buat aquascape yg kecil2 (mungkin pakai tangki 25 literan).

      Tapi masih ngumpulin bahan2nya dulu, aquarium juga masih blm ada, hehehe.. Thanks πŸ˜‰

  7. Aku mau nanya lagi nih gan nama tanaman yang menjulur panjang tanpa akar yang biasanya di pakai untuk tempat bertelurnya ikan itu namanya apa ya tolong kasih gambar nya juga dong gan ……………..?trims

  8. gan mau nanya dong, ane udh seminggu ini browsing tentang aqua scape buat dikamar. nah ane pengen bgt.minta referensinya dong. gw pengen punya ikan neon, kira2 neon bisa dicampur dengan apa ya?
    apa bisa dicampur dengan red cherry, coridoras, dan keong hias juga?..dan makanan yg tepat kira2 apa ya?
    thanks infonya..

  9. Mau tanya.

    Kalau dikasih ikan komet atau ikan mas, ikan manfish, congo tetra, tanaman nya pada dimakan ga ya?
    Atau ada tanaman yang cocok buat ikan2 itu?

    thx

    1. Sebenernya semua main kira2… πŸ™‚ untuk gula bisa dicicipi saja saat membuat larutan kudunya terasa manis sekali. Makin manis makin kencang bpsnya. Untuk ragi (saya pake fermipan) ukuran 1.5 liter kasih sepucuk sendok teh saja. Sip dah ada temennya main aquascape. Aquascape min saya dah pensiun. Sekarang main yang gedhe 2 biji πŸ™‚

      1. Mantep masbro, saya gak main aquascape, hanya ikan hias aja. Tapi kalo pas ada permintaan ya saya sanggupin. Tinggal dekor aja sih πŸ˜€
        Cuman, akhir2 ini banyak yang tanya sama saya tentang co2 DIY itu. Saya gak tahu cara bikinnya.

        1. Masalah utama pada botol buatannya. Sering bocor… jadi harus betul2 dipastikan tidak ada kebocoran. Botol disarankan pake yang keras. Misalnya pulpy orange ukuran besar. Trus keluaran slang pake sambungan slang aerator yang ditancepkan di tutup botol. Lem bisa pake lem aquarium.

          1. Jadi bahan campurannya cuma gula sama ragi aja ya? Setelah itu tinggal disambungkan ke diffuser. Kalo pake bubble counter bisa terdeteksi juga gak mas? Terima kasih sharingnya mas πŸ™‚

          2. Ada yang ditambahi jelly juga.. untuk menahan bps agar keluarnya dicicil alias ga cepet abis (katanya sih.) Disarankan tidak pake diffuser karena kemungkinan ga kuat botolnya. Malah resiko bocor sana sini. Cara sederhana ujung slang disumpel spons puntung rokok. Lebih disarankan lagi buble dipecah dengan powerhead kecil saja. Jadi urutannya botol, bubble counter trus masuk masuk sedotan powerhead. Sedapat mungkin ga ada tekanan berlebih pada mekanisme diy ini. Agar bubble efektif masuk aquarium.

          3. Sekarang sudah mulai mengerti mas, jadi bubble yang dihasilkan tidak bisa membuat tekanan sendiri seperti halnya co2 yg ditabung? untuk bahannya terutama jelly ini biasanya bisa didapatkan dimana? Apakah sama seperti jelly yang kita bikin agar itu? Hehehe maaf banyak tanya mas, mumpung ketemu sama ahlinya πŸ™‚

          4. Jiah bukan ahli yang berhasil tapi sering gagal… he3… jelli serbuk yg banyak dijual ditoko. Tapi entah saya ga pernah buktikan. Pake diy ini bisa bertahan 10 harian. Tekanan bubble ga sekuat co2. Tekanan terlalu kuat karena pemakaian diffuser memicu kebocoran terutama di tutup botol yang dilubangi. Dulu awal2 saya pake diffuser tapi karena sering bocor ditutup botol, saya ganti busa rokok yg saya ganjalkan didalam slang abis gitu slang saya masukkan kedalam sedotan internal filter (bentuk kotak bodi dalam air). Hasilnya bubblenya alussss πŸ™‚ .
            Sekarang saya pake tabung gedhe yg saya cabang untuk 2 tabung. Plus tabung kecil untuk cadangan. Pake diy boros juga trnyata, dan merepotkan.

    1. Waduh kalau sulawesi saya kurang tau… silahkan maen ke linknya indoaquascape… ada di sebelah kanan (blogroll) mungkin adanyang bisa mendisteibusikan sampai sono

  10. Gan… tanaman yg kayak karpet hijou yg bisa merata di permukaan pasir namanya apa ya.. maaf pemula pingin bngt coba…

    1. Macam2 ada glosso, cuba, ricia, monte carlo. Klo ini sepertinya bukan untuk yg advance. Butuh co2 , lampu kuat (1watt/liter) dan nutrisi tinggi (pupuk cair rutin), dan suhu dingin. klo ada salah satu ga balance serangan alga menggila

Leave a Reply

Your email address will not be published.