Spinku gampang mogok, ternyata….

image

Ketidaknyamanan ini terjadi 2 bulan terakhir. Setiap pagi sulit distater! Saat pertama kali stater gudu langsung nyala dan gas kudu digantung tinggi baru mau jalan. Jika tidak bisa hidup saat distater pertamakali bakal repot …. meski electrik stater masih nyala, tetep saja ga mau hidup motornya, pake kick stater pun butuh berkali-kali agar motor bisa nyala. Nah kejadian selanjutnya masalah merembet ke lampu utama. Seminggu sekali putus! Saya pikir kiprok, setelah dicek ke bengkel eh ternyata kiprok masih bagus. Aki juga SF pikir masih oke lah wong masih kuat muter dinamo stater, klakson dan sein juga nyala. Pusing dah gara-gara spin….
Nah puncak masalahnya terjadi Jumat kemaren. Pagi hari spin sukses dihidupkan dengan electrick stater dan langsung gantung gas tinggi. Beberapa saat kemudian langsung jalan cari es kelapa muda bareng bunda dan faiz. Anehnya saat mau pulang spin ga bisa distater. Electrik stater ga nyala, sein, klakson dan lampu rem tewas, cek sekring masih oke. Nyoba dihidupkan pake kick stater, sukses…!  Tapi ga berhenti sampai disini, begitu digas langsung brebet, gas di lepas mesin tetep hidup langsam, begitu digas lagi, eh brebet lagi. Anehnya lagi dalam kondisi motor direm depan malah mau digas. Lucunya saat sein dinyalakan dan motor digas, putaran mesinnya mengikuti kedipan sein :mrgreen:  Hadeww…. untung diseberang pas ada bengkel. Segera berkonsultasi dengan pemilik bengkel, jawabnya khusus matic suzuki jika akinya bermasalah motor suka brebet karena pengapian menganut sistem DC (CMIIW) bahkan sering bikin motor tiba-tiba mogok. Hmmm langsung beli aki kering merk toyo seharga 115rb dan SF pasang sendiri. image
Cuma butuh waktu sebentar, buka jok, buka tutup aki pakai obeng kembang, buka pengikat aki, dan keluarkan aki lama. Selanjutnya lepas kabel- kabelnya cukup dengan obeng kembang. Pasang dah aki barunya. Begitu terpasang tombol electrik stater dipencet, mesin seketika nyala. 🙂 
Esok paginya nyoba hidupkan motor dengan electrik stater dan motor langsung nyala langsam padahal grip gas sama sekali ga ane putar. Weh… gara-gara ginian 2 bulan terakhir bikin enegh sama spin, udah diservis, ganti filter udara, ganti membran vakum, ganti kabel choke yang macet eh tetep saja motor rewel.

188 thoughts on “Spinku gampang mogok, ternyata….”

    1. Agak trauma nih motor harian suzuki. Kapok dipimpong ksono kemari cari part dan akhirnya harus inden. Padahal saat itu spin merupakan andalan suzi di matic

    1. Eitss jangan digeneralisasi. Cek dulu ke bengkel resmi terdekat. Kalau suku cadangnya seret buat apa beli motor nyusahin. Mungkin saat itu spin udah mau diskontinyu makanya sukucadangnya di anak tirikan. Klo honda dan yamaha enak bengkel resminya buanyak. Fyi 2 kali ane ke bengkel resmi di dewi sartika dan selalu kecele. Pertama beli kampas kopling, per dan roller adanya cuma roller , trus kedua kalinya beli bodi depan hitam, sein kanan kiri, spion dan semua barang tidak ada harus inden kecuali spion sebelah kanan. Akhirnya semua barang dapet di toko asesori di otista, dan beberapa parts lagi di suzuki kelapa gading. Klo pas ga rewel maknyusss klo motor pas rewel nyusahin apalagi motor buat harian.

  1. kejadian yg sama bro ama spin ane….. kalo di ane, spin jarang dipake dan kalo dipake juga jarak pendek, cuma 2-4km/hari….. jadi ya gitu dehhh… aki trapassss…..

  2. wah mas, kenapa gk sekalian bli GS baru aja lagi? selisih 5000 aja, kemarin saya juga gitu di CS1 udah 3 tahun pakai aki modyar, mesin gampang mati(saat langsem), padahal stater gampang, lampu rada redup. ternyata bener masalahnya ada di AKI!! saya langsung bli baru GS yang harganya 120, eh abis di ganti akinya, di stater gampang, langsem gak mati dan lampu terang :mrgreen:

    1. waa…………jangan2 Shogunku suka mati2 pas baru dinyalain pagi gara2 masalah aki, pengapiannya sama2 menganut DC-CDI

      padahal starter nyala lancar, sen dan lampu rem juga nyala bagus biarpun keadaan mati mesin, Motor juga sering servis.

      @om Faiz : bener2 info yang bagus om……..nanti ganti aki ah, tks y

      1. Kayaknya.. Spin sudah pake kelistrikan Full-wave 3 phase, sedangkan Tiger (Yakin nih..) masih pake Half-wave 1 phase.. jadi tiger masih bisa dijalankan tanpa Accu, sedangkan Spin WAJIB pake Accu..

  3. Wahhh spin ku yo ngono, setelah hampir tiga tahun, tau tau susah nyala, trus sein rada rada segan untuk berkedip….akhirnya konsultasi ke bengkel langganan, langsung di cek dan ketemu klo penyakitnya ada di aki….ganti aki baru dan masalahpun selesai hehehehe

  4. smua suzuki gitu maz bro..
    shogun kl ga pake aki jangan harap bisa nyala.
    kalo orang ga ngerti, aki suka dicopot, pas mogong bingung sendiri.
    dikiranya motor honda yg bisa ga pake aki.

  5. untuk pencegahannya, trus gimana om cara mengetahui kalo aki sudah perlu diganti? padahal masih kuat muter motor stater.

    1. Kalau dalam kasusku, tiap pagi motor distater tanpa langsung digas bisa nyala tapi 2 detik langsung mati.distater lagi susah meski pake kick stater. Begitu nyala harus langsung digas gedhe, brebet sih tapi harus tetep digas terus sampe brebetnya ilang. Awalnya bengkel menganalisa karet vakum, selang vakum, filter setelah semua saya ganti sekalian servis tetep seperti itu. Eh ternyata aki bermasalah

  6. smua suzuki gitu maz bro..
    shogun kl ga pake aki jangan harap bisa nyala.
    kalo orang ga ngerti, aki suka dicopot, pas mogong bingung sendiri.
    dikiranya motor honda yg bisa ga pake aki.
    Oleh yellowduck on

    ————————–
    sapa bilang cuma honda yg bsa nyala tanpa aki, mtr ane smash ampir setaon t’akhr ga pake aki oke2 aje. Sekali pancal langsung nyala…

  7. waduh spin ku juga brsan mogok kirain cdi nya yg gak bener pasti ni kerjaanya aki yg soak. Huh apes bener gw dorong2 mtr ku ampe kantor ampe gw tendang2 tu motor hu hu hu

  8. gmn gak bt .. baru aja seminggu servis mesin,ganti oli,ganti v belt,roller,ganti lampu dpn yg suka mati… Padahal aki kering mtr ku blum ada 1th ku ganti… Eh udah ngadat lg tu mtr hik hik
    o ya minta informasi . klo Cdi dah rusak. Apakah mtr spin msh bisa nya tuh klo di hidup kan? Soalnya aku msh bingung mo ganti aki ato cdi dulu.
    Mtr ku nginep di kantor dah 2 hr maklum tanggung bln blum gajian wk wk wk .)

      1. o gitu ya… Terima kasih ya atas info2nya semua ini sangat membantu 🙂 jika teman2 ada masukan baru tolong di share ya..

  9. sama mas spin-ku juga rewel,mau ganti motor scutik baru merk lain keuangan lagi seret he…he…he…udah gitu sparepart susah bangeeeeeet,lieeeeeeeeuuuuurrrrr…….!!!!!!!!!!!!

  10. kemaren sore saya otak atik motor spin ku yg msh mogok seminggu ternyata masalahnya ada di soket kabel mesin sblah kanan .ada 2 soket
    yg satu tunggal dan yg satunya lg soket ganda. Dan ternyata ada loncatan api dari dlm soket stlah d periksa soketnya longgar lalu ku betulkan hanya modal isolasi bray… Kick stater dan brummm… Spin ku idup lg .. Gak jd deh beli aki baru hahaha lalu 2jam berikut aku cb stater tangan dan cekgur brum,… Biasanya kabel soket pengisian listriknya agak longgar ketarik tarik wkt melewati jalan berlubang.

  11. FYI suzuki spin itu menganut sistem perapian DC-CDI, Sistem ini dinamakan sistem DC karena arus CDI disuplai oleh baterai, sehingga arus yang masuk adalah arus DC (Direct Current). Jadi mengapa spin susah nyala ketika lama tidak dinyalakan, kemungkinan besar masalah ada pada aki yang tidak dapat menyimpan arus listrik untuk mensuply ke cdi dengan baik, sebaiknya motor jangan dibiarkan lama tidak hidup, setidaknya harus dipanasin terus tiap pagi, dan rajin-rajin check air aki agar aki tidak soak.

  12. Bro,spin gua uda 3th blm gnti aki..kemarin aki nya uda hbs..gua setrumin,tetap aja..electrik stater nya gk bs ,hrs pake kick stater..padahal aki uda di setrum..kira2 apa nya ya? Minta saran nya donk?lampu sein redup,lampu depan redup

  13. kata siapa suzuki ga pakai aki ngga’ bisa nyala, goblok buangetd!
    suzuki shogun 125 bisa nyala tanpa aki, plus hid juga bisa nyala TANPA AKI!
    saya pakai HID TANPA AKI.
    saya juga pakai CDI BRT POWER MAX TANPA AKI.

    suryatmobarong.blogspot.com
    yatmowibowo.com
    08566 84074 35

    call me to special information

    1. betul boss.wkwkk
      ane juga ngakak dengan komen2 diatas.motor spin aki lemot gak bisa nyala.wkwkkwk.konsep dari mana tuh!!
      racun sesat!!!l
      ada juga yg nyaranin ampu motor sering mati di salahin aki(pdhl aki bagus).wkwkwkwk

    2. maaf gan …..boleh tahu caranya,supaya shogun bisa nyala tanpa aki,coz shogun sp ku akinya lagi bermasalah dan gak mau nyala
      terima kasih….

  14. mohon info dunk, beli accu toyonya di mana? saya cari yang 7ah. saya sudah balik ke tempat yang jual ternyata habis. oiya just info, saya sudah pakai di megapro selama 2 tahun lebih. baru 1 bulanan ini masalahnya ga bisa electric stater.

  15. kalau untuk harian saya pakai nouvo sejak 2005, sampai sekarang masih matap,dari spin saya suka membrannya, selain murah dan tipis seperti asli nouvo.sekarang malah banyak yg tawar motor saya, kayaknya nouvo di cari orang sekarang.

  16. abcd ( aduh bo cape dech ) pake mtor spin,, soalnye ak jg pke spin 125,ampun dah kalo jajan ga ckup 100,ada aja yg msti dganti. mana spartpart nya susah bget,msti ori

  17. Sistem Pengapian CDI-DC
    Sistem pengapian CDI ini menggunakan arus yang bersumber dari baterai. Prinsip dasar CDI-DC adalah seperti gambar di bawah ini:

    Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa baterai memberikan suplai tegangan 12V ke sebuah inverter (bagian dari unit CDI). Kemudian inverter akan menaikkan tegangan menjadi sekitar 350V. Tegangan 350V ini selanjutnya akan mengisi kondensor/kapasitor. Ketika dibutuhkan percikan bunga api busi, pick-up coil akan memberikan sinyal elektronik ke switch (saklar) S untuk menutup. Ketika saklar telah menutup, kondensor akan mengosongkan (discharge) muatannya dengan cepat melalui kumparan primaer koil pengapian, sehingga terjadilah induksi pada kedua kumparan koil pengapian tersebut.
    Jalur kelistrikan pada sistem pengapian CDI dengan sumber arus DC ini adalah arus pertama kali dihasilkan oleh kumparan pengisian akibat putaran magnet yang selanjutnya disearahkan dengan menggunakan Cuprok (Rectifier) kemudian dihubungkan ke baterai untuk melakukan proses pengisian (Charging System). Dari baterai arus ini dihubungkan ke kunci kontak, CDI unit, koil pengapian dan ke busi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

    Cara kerja sistem pengapian CDI dengan arus DC yaitu pada saat kunci kontak di ON-kan, arus akan mengalir dari baterai menuju sakelar. Bila sakelar ON maka arus akan mengalir ke kumparan penguat arus dalam CDI yang meningkatkan tegangan dari baterai (12 Volt DC menjadi 220 Volt AC). Selanjutnya, arus disearahkan melalui dioda dan kemudian dialirkan ke kondensor untuk disimpan sementara. Akibat putaran mesin, koil pulsa menghasilkan arus yang kemudian mengaktifkan SCR, sehingga memicu kondensor/kapasitor untuk mengalirkan arus ke kumparan primer koil pengapian. Pada saat terjadi pemutusan arus yang mengalir pada kumparan primer koil pengapian, maka timbul tegangan duksi pada kedua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder dan menghasilkan loncatan bunga api pada busi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar dan udara.

    1. Motor ane smash tahun 2007 ,akinya cepet Soak…tapi saat udah Soak,motor mati ..ane copot aja akinya baru hidup..kira2 masalahnya apanya ya???mohon jawab ya yg tau

  18. sekedar berbagi pengalaman.
    suzuki spin 125 pake pengapian sistem dc.
    manggunakan sistem pengisian setengah gelombang.
    saya juga pernah mengalami hal serupa,yaitu pada saat grip gas di tarik motorku seakan akan ogah teriak.(no respon).saya cari penyebabnya ternyata pengapian terganggu yang disebabkan oleh arus baterry.langkah langkah yang coba saya cek:
    1.Periksa voltase baterry,(jagan buru buru beli baru) hasil pengukuran dengan menggunakan multi tester adalah 12,8 v.
    2.sistem pengisian baterry good.juga menggunakan alat multitester.
    yaitu dengan cara motor dihidupkan dan menunjukkan angka 13,2-14v.
    3.lampu head saya nyalakan dan ternyata ada perubahan pada langsam(sinjal).rpm mesin turun,tambah lagi lampu sein saya nyalakan juga malah tambahh parah.spin saya malah makin gk mau teriak.suhu ciprok juga lebih panas tdk seperti biasanya.
    4.kembali saya ukur baterry pake multes,masih diangka 12,8v.ngukur baterry nya saya rubah.stik merah pd terminal (+) stik hitam saya tempel ke body,wal hasil angka multes jd 4-5v saja.ternyata masalahnya ada pada connector (-) baterry.kabel (-) baterry saya tarik dan ternyata kabel tersebut terlepas dari connectornya.
    5.ganti connector (-) baterry dan hasilnya memuaskan.
    6,makan siang deh,laper hampir setengah hari nyari penyakit spin saya akhirnya ketemu juga.
    demikian pengalaman dari saya moga bermanfaat untuk pembaca sekalian,thaks banyak.

    1. sama bro aku jga nglami seperti anda bro motor aku jga spin.itu di ganti kabel generator yg mna bro aku gk ngrti.tolong di jelaskan.soalx aku sering ganti kiprok ama aki.jga lampu amblas semua pada putus

  19. “┏̲M̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲K̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲S̶̲̥̅̊┓̲┏̲i̶̲̥̅̊┓̲┏̲H̶̲̥̅̊┓̲”
    Posting Ώγª …sma persis dg kasusu ∂ķΰ ..
    Besok mesti beli accu deeh….

  20. waduh,,pusiing banget nih sama motor spin ane,,,tiap kali mau di hidupkan musti keluarin banyak keringat,,setarter ndak oke,,engkol juga ndak oke,,gan,,mohon sarannya,,untuk motor ane,,,gimana cara menanggulanginya,supaya gampang menyalanya,,jawaban di tunggu ya gan,,

      1. Jd setelah motor mbak d.ganti aki kering merek toyo, gimana kondisi motor spinnya apa sering mogok lagi atau tiap pagi susah starter

  21. mas bro,,,motor sepinku ndak mau di hidupkan nih,,,lampu terang,,sen kedip lancar,,tapi kalo semalem aja di taruh di gudang,,wah,,alamat bakal ngos ngosan tuh esok paginya nyalakan motor,,apanya ya,???

  22. yang bikin jengkel malam ini,,kontak di hidupkan eh,,semua lampu ndak ada yg nyala,,terpaksa engkol,,ampe buka baju koko nih abis taraweh,,,hahahaha,,,lama ampe mandi keringat,akhirnya hidup,,,lampu nyala terang,,lampu rem hidup terus tapi,,nah tancap gas pulang deh ane,,terus mampir isi bensin ceritanya,,,pas mau di nyalakan,wah kumat lagi,,,akhirnya ane dorong tuh kebo ane ampe rumah 1 km lah,,ancur deh badan ane mas bro,,,,apa ya yg bikin spin ane mogok,,,hikz hikz

  23. motor spin aq jg begitu barusan,,mesin nyala,,tp pas mau di gas eh malah mati >_< ,,pdhl udah coba ddiemin lama,,pas nyalain mesinnya,tp pas mau dgas tetep masih mati,,kenapakah itu??apa yg sdg dialamin spin aq??

    1. umumnya sih klo soal lampu hubunganya sm kiprok Gan, mngkin kiproknya yg gak cocok Gan, sb pake kiprok suzuki smash yg GENUINE/ASLI, insya allah normal lg gan, klo tetep mngkin ada arus kabel/saklar yg korslet/terkelupas

    1. bantu jawab Gan :
      biasanya itu seperti kasus diatas, aki spin agan dah gak normal arusnya, dah mw rusak, cb agan cek dlu dgn cara pinjem aki mtor lain terus bw tu mtor muter2, klo mmg normal, mmg akinya mnta ganti, spin mmg nyawa utamanya di Aki Gan, asal aki sehat, motor akan baik2 saja 🙂

  24. ikutan.
    saya rasa tidak semua masalah diatas disebabkan oleh aki, karena spin saya juga ngalamin hal yang sama ketika motor nyala gamau langsam dan kira2 di rpm 2000an mbrebet2(di choke lgsg ilang mbrebetnya),susah dinyalakan(di choke lgsg nyala),
    intinya ada pada pasokan bbm dan udara(setting karbu hrs tepat,filter udara dibersihkan atau elemennya diganti,selang vakum gaboleh berlubang,sistem choke gaboleh menggantung, intake manifold gaboleh bocor,dsb..) bukan pada aki saja, tidak ada hubungannya masalah yg bisa di shoot dg choke vs aki soak

  25. aq punx motor spin 125 kluaran 2009 saat di mw djlankan tiba tiba mati kayak ngak sanggup untuk di jlnkan.mhn bantuannya thanks

  26. kalaw motor spin ku kadang lanycar di stater kadang engga itu dari apa y’????,,,,,dari sikring apa dari aki y’????,,,,

  27. brebet pd spin tu lazim bro. bnrny jg mua matic gtu. mslhny jarum skep tu lecet jd gangu naik turunya gas. solusinya diputer aja yg lcetnya taruh disblah smping jgn ngadep intake manifold. trus filter angin sering2 dibrsihkn. ane ngrawat spin 2007 alhmdlilah ga nyusahin tu. msin nyaman bnsin lbih irit ktimbng mio tp lbh bros dr beat. tp ya tu kedodoran ditarikan awal.

  28. ane punya spin 2007,, baru beli,, pas ane bwa pulang dr tmpat beli lacar,, nyampe rmh d istirahatin pas ane make lagi smua yg berhubungan dgn listrik mati smua,, jd brebet,, besok ny ane beli aki baru awal ny lancar d pke maen pas perjalanan pulang gtu lg.. brebet ny parah kadang mati jg.. akhirny ane dorong aj.. masalah ny dmn y pdahal aki ny baru.. apa ada kabel2 yg korslet d spin ane? mohon bgt bantuan ny

  29. ane juga punya spin thn 2008 sampe sekarang msh ada. cuma ada kendala apa yg tadi udah di sebutkan di atas .masalahnya karbu ane keluar terus bensi dr pebuangan y.udag di bersihin msh gitu juga .mungkin ada saran dr teman2 yg baik.

  30. Makasih gan.. Sama penyakitnya ma spin ane.. Tpi klo ane karet vakum 2x ane ganti.. Sekarang blum brebet2 tapi listrik semua mati.. Ada saran ga gan buat ane email ane gan.. yhophir21@gmail.com .. Trims

  31. wahhh sama, ane juga ngalamin gini nih, di gas brebet, harus di choke dulu baru bisa di gas, sebenernya kenapa ya? masa di aki nya yg bermasalah? krna di choke bisa jalan lagi, udah ganti skep nya juga sama aja, mohon penjelasannya dan solusinya donk mastah mastah 🙁

      1. engga bocor gan, udah ane ganti 2x karet vakumnya sama yg ori SGP, tpi tetep aja setelah di servis 1-2 minggu kemudian kumat lagi mogoknya, udah ane coba servis ke bengkel suzuki juga tetep aja mekanik nya ga nemu masalahnya, help me gan, ane udah capek ni bolak balik tiap minggu ke bengkel 🙁

  32. mo tanya gan,knpa mtor spin aq klo di hidupkn nyala mesin putus2 & dri tuas rem kiri keluar strum,cek kabel smua normal,mohon jwbnx ya gan
    ☆ †h♌nk γ☺u ☆‎​

    1. aduuuuh ane udah banyak ngluarin dana buat c cpin ane,,,hahhhhh masih saja lampu nya mati,,aki 3 kali ganti,kiprock 3x,, cdi 3x,, apalagi lampu,,, trus kmaren ane coba komponen temen,sama spin,, pas di tuker tuker ,motor nyala lampu nyala,,, ini semua gimana kecocokan komponen nya gan,, kalo punya ane mah akki nya pake maxima gak cocok,, cocoknya pake gs yang murah hahaha bedanya stengahnya gan,,,maxima 200 lebih,, gs cuma 115rb,, coba gan tukar tukar sama temen,,jangan langsung beli ganti,pasti ngos ngosan tuh dompet,,, merk accu toyo yang cocok buat spin 2007,, mungkin,, jadi solusinya harus punya temen yang motor nya sehat gan,,coba tuker tuker tuh komponennya,,apalagi kelistrikan,, ya kalo yang rusak nya harus ganti sama yang udah di cocokan sama temen nya.. mungkin ini solusinya,,, jangan yang harus mahal mahal lah ,, yang lokal juga kalo cocok mah ,enak pake nya. trima kasih

  33. gan mo tanya,motor spin aq klo di nyalain langsung mbrebet trs dari handle rem belakang kluar strum,cek kabel normal2 aja,kira2 apax ya gan???Tlong jwbanx
    ☆ †h♌nk γ☺u ☆‎​

  34. MpSaya juga pernh ngalami tapi bedanya motor saya new smash.motor digas malah ngedrop sampai pusung bongkar pasang bersihin karburator 2 hari ngubek ngubek karburator kirain masalah ada disana akhirnya saya hampir putus asa.trs saya sholat hbs sholat saya utak atik lagi tanpa sengaja saya nyalain motor sama saya rem depan kok aneh motor direm kok gasnya bisa besar seniri akhirnya saya cabut soket kiproknya ternyata suzuki tidak bisa nyala tanpa kiprok kebetulan ane punya kiprok cadangan saya coba ganti jreng star langsung normal jaya.saya juga heran motor kok kiprok ada pengaruhnya ke mesin kayak hbis kecebur got he he.
    Selalu berdoa n berusaha semua pasti ada jalannya

  35. Klo urusan matic suzuki yg lagi pada ngambex ngadatz rewelll bisa hub 93306607 jaminan joss gandoss lagi deh maticnyee

  36. spin ane dulu susah nyala klo pagi” trus karbu ori.y ane gnti pk karbu rx king,
    k.betulan aki.y soak heuheu
    btw s.x engkol lngsng nyala
    tarikan ok ga prnh mbrebet

  37. nyimak gan,
    masalahnya spin ane sma kaya agan agan smua, makasih infonya coba ane cek dlu ntar klo misal ada apa apa ane tanya lagi,,,,
    ni aja spin ane msih rangka smua gara gara nyari penyebabnya ga ketemu ketemu…

  38. Saya punya spin tiap 6 bulan sekali aki nya pasti modar. Padahal kiprok dan dinamo stater dah diganti semua dgan yg asli tapi tetap aja 6 bulan sekali aki mati

  39. saya punya spin sering mogok.di gas brebet.pas kemarin itu matot alias mati total.lampu depan sein klakson gk nyala.oke ternyata aki ama kiproknya…yg ane tanyakn kenapa kok gitu….apa emang motor suzuki gt semua..thanks.

  40. apin ane,lampu masi oke,starter masi ganpang (ga kepake itu kick starter),tapi knp ya susah bgt ditarik gas poll.kaya yg nyangkuut,trus lgs down rpm nya.

      1. kalau skywave standar 2 dilepas motor langsung mati kenapa ya? walau pakai aki baru atau semua lampu juga mati tau kiprok diganti tetap sama standar 2 dilepas mesin lansng off/mati!!!

  41. SF singkatan dari apa gan…Spin ane baru ganti aki bulan maret lalu udah tekor lagi di elektrik ga mau, mau ny di engkel.. Pls bantuannya

        1. Jangan2 cuma sepele sekring putus. Pada tiger saya pernah ngalami. Penyebabnya ada kabel dari spul korslet di bodi. Jadi pengisian terganggu. Mesin juga brebet

  42. motor ane mau hidup tapi di choke trus, lepas choke mbrebet lagi gimana solusinya brow? aki toyo,filter ganti baru smua, karbu ori

  43. spin aku distart harus pakai engkol bisa hidup tapi ketika di rem depan mesin lgsg koit demikian juga ketika lampu sein dinyalai mesin juga koit tapi lampu utamanya nyala normal kira kira masalahnya apa ya gan???

  44. saya punya motor skaydrive sudah di servis ganti cdi pulser dan koil busi tapi tetap saja masih suka mati sendiri tiba2 hidup mogok kira2 kenapa ya gant mohon penjelasan nya tanks

    1. Untuk kasus skydrive hidup terus mogok tiba2 lalu diam beberapa menit hidup kembali , ganti per skep gan ! Ganti punya satria fu (lebih tebal&panjang)
      #pengalaman ane .

  45. maaf gan saya mau tanya . saya punya motor skydrive . pas tadi saya mau berangkt kerja motor saya stater masih bisa . trus pas saya pulang kerja tiba tiba motor saya gk bisa di stater . tapi kalau saya engkol motor masih bisa nyala . knpa ya gan ituh kendalanya ?

      1. Hadu spin mmang gni smua mslahnya, ane baru beli aki baru tetep aj gitu, pas servis lg ktanya rata2 aki tekor, bengkel gk ad yg ngatasi gan huft, mo ganti karbu mikir2

      2. Coba ganti cangklong businya ga.upayakan pake yang ori.pnya ane pake pnya mio.darurat mogok di tengah jalan.sampe skrg sehat wal afiat

  46. Sebenarnya matic suzuki tangguh bandel mesin & cvt partnya … Kalau untuk kasus suka mogok/mati secara terus menerus cek dulu mulai dari sekering , tegangan accu, bendik stater, kiprok dll …

    Kalau menurut ane sebagai pengguna skywave selama 8tahun alhamdulillah gak ada kendala serius , cuma per skep karbu diganti punya satria fu .. Saran ane lebih baik untuk varian matic karbu suzuki per ganti punya satria fu aja lebih tebal, keras & panjang. Trimss

  47. mau tanya spin ane ngadat di starter cobain nyalain sen kiri kanan nyala.itu apa yg kena ya trus mesti di apain.mohon solusi nya

  48. Mohon jwbn apa yg harus sy lakukan untuk memperbaiki .motor sy zuzuki sky wave 125 py msl kalau saat mesin hidup sekakel di on mesin langsung mati

  49. motor sy Zuzuki sky wave motor ini sy perbaiki sendiri py masala mesin hidup tapi kalau skakel lampu di on(di nyalahkan mesin kok langsung mati.kira 2 apa penyebabnya dn apa yg hrs sy perbaiki pd mtr zuzuki sky wave sy ini. Apa hrs kiproknya di ganti? Mohon jawabnya.trms

  50. Motor suzuki itu pantas klo ga laku.
    La trublenya aja susah ngatasinya..
    Bagusnya klo apinya hilang n akinya tekor2 terus,mending di kasih sumbu tangkinya terua di bakar,dijual seken aja ga laku…

  51. Motor suzuki itu pantas klo ga laku.
    La trublenya aja susah ngatasinya..
    Bagusnya klo apinya hilang n akinya tekor2 terus,mending di kasih sumbu tangkinya terua di bakar,dijual seken aja ga laku…

  52. share:
    Terakhir karena tidak perhatikan jika pakingnya rusak dan oli melumer dan menetes. Hasil akhirnya adalah mesin tiba-tiba mati (piston dan seher) tidak berfungsi. menurut kamu masih bisa di akali sendiri atau kah harus beli baru. seperti katamu. sparenya susah, apalagi untuk wilayah seperti Papua.

  53. Tanpa aki motor spin 125 ku larinya kencang, mesin cekgurrr asal arus dari sepul ke pengisian lewat regulator nya normal,, mau aki semahal apapun sebesar apapun nama merek nya kalau yang keluar dari regulator gak normal tetep aja mubadzir tuh ngomongin aki.

  54. Spin sering mati2,kalo d nyalain servis udah,ganti karburator usah tapi masih tetep aja,please kasih tau dong,terima kasih

  55. PA motor Suzuki spinku mati tapi klo pengapian bagus kalo distart cuma nembak2 Gamau hidup kira 2 apanya yang mati atau yg harus Di ganti

  56. Spin 125 klo sering mbrebet itu ada 2 faktor gan :
    1. Jarang dicuci.
    2. Jarang pengecekan.
    Kenapa begitu, pertama penyebab mbrebet berulang kali yg kualami disebabkan oleh kabel/ konektor/ soket yg kotor. Terutama coil ( karena letaknya di bawah sebelah kiri didalam. Klo terkena kotoran arus ke busi jadi tersumbat atau klo basah jadi konslet/bocor ). Dan juga disela2 kabel dinamo yg keluar dr blok mesin u/ lampu dan pengapian. Jgn sampai terkelupas ataupun kotor/ basah. Bersihkan bila perlu supaya yakin pake wd atau cairan pembersih kotoran/ karat lainnya.
    Kedua, biasanya ada baut komponen yg kurang rapat. Terutama di kiprok. Dan baut2 yg lain sehingga jadi goyang. Akibatnya Arus negatif/ massa tidak berfungsi dgn baik.
    Semoga bermanfaat.

  57. Brooo spin ane kagak bisa distarter,

    Kalo distarter bunyi nguk..ngik..nguk…ngikk doang tapi nyala kagak…
    Tapi di engkol langsung tancap gas diaa haha.. lampus, klakson, sein normal semua, cuk juga normal, cuman kaga bisa di electric starter ..

    Bagaimana solusinya? Bukan akinya kan yg harus diganti??

    1. Klo kontak on, klakson bisa bunyi nyaring kemungkinan bukan aki. Bisa bendik stater ato dinamo stater bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.