Ganti knalpot racing suhu mesin meningkat

image

Pertanyaan ini mampir ke user SF di milis komunitas ninja, suhu mesin saat memakai knalpot racing cepet naik dibanding menggunakan knalpot original? Sedikit menganalisa ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, ruang mesin terlalu kering alias supply bensin kurang ngucur. Hal ini bisaΒ  menyebabkan mesin cepet panas. Indikasi awalnya lihat ujung busi setelah dipakai beberapa saat. Jika berwarna putih berarti memang benar … ukuran spuyer minta dibesarkan!
Yang kedua simple saja penyebabnya, perubahan attitude/ riding style. Sering kali suara merdu yang dihasilkan N250 bikin ridernya bleyer gas, berubahnya karakter mesin lebih garang kadang juga bikin rider lebih sering bejek gas lebih dalem… yang bikin jengkel saat terhambat atau ngasih sinyal rider lain ga memakai klakson malah bleyer gas…… nah itulah yang bikin lebih boros.
SF sendiri ganti knalpot biar rider lain lebih aware alias mengetahui keberadaan si bolot. Suara ninja 250 memang sangat halus SF sendiri saja sempet kaget ada rider ninja 250 tanpa suara tiba-tiba wussss… nyalip tipis disebelah. Bahaya juga ya klo lagi riding kenceng pake ninja 250 tiba-tiba dipotong rider depan gara-gara ga aware kehadiran ninja dibelakangnya. Tapi kadang SF juga bleyer gas sih saat tiba-tiba dipotong metromini/ angkot tanpa sein πŸ™‚ whrommmm…. !!! meluapkan emosi sekalian pengen dengerin suara bolot yang jarang nembus rpm atas πŸ˜› . He3….
nah yang sedikit beda, SF ganti knalpot racing kok ga mengalami gejala suhu meningkat drastis ya, sudah biasa tuh bolot nembus kemacetan parah. Ini karena silencer yang SF pake sudah dimodif pake tambahan sekat didalamnya (dbkiller) jadinya ga murni freeflow lagi, waktu cek busi warnanya juga masih merah bata.
Ganti knalpot racing atau parts peningkat performa ?karburator wajib disetting ulang tentunya πŸ™‚ .Β  Tapi untuk CBR 250, Dtracker 250 ga perlu lagi mikirin setting karbu πŸ˜† sistem injeksi close loopnya sudah otomatis mengatur ulang campuran AFR (Air to fuel ratio ) nya agar sempurna.

image

27 thoughts on “Ganti knalpot racing suhu mesin meningkat”

  1. Kalau q punya duit segitu emang dilema antara 2 silinder sport sama 1 silinder touring. .
    Huft. .
    Untung kaga punya duit ya pak de
    Hahaha

  2. saya menggunakan CS1 berkenalpot R6 dan pipa dari Nob1 sama sekali gak mengalami yang namanya pemanasan mesin yang berlebihan, karena ya saya make gak ngebut2 dan sisanya udah di terangkan sama seperti di atas :mrgreen:

  3. Dtracker 250 ga perlu lagi mikirin setting karbu πŸ˜† sistem injeksi close loopnya sudah otomatis mengatur ulang campuran AFR (Air to fuel ratio ) nya agar sempurna.

    koreksi mz- pernyataan diatas SALAH BESAR

    di dtracker 250- tidak serta merta sistem injeksinya otomatis mengukur afrnya, ditandai dengan menembak2 pada knalpot apabila diganti dengan Racing- maka itulah diperlukan juice box dsb untuk mengakali setingan injeksinya

    ndak tau kalo cbr….

    1. Eh ya dtracker punya sensor co2 di knalpotnya? On 2012 5 30 11:31, “yanuar arristo” wrote:

      > Ow… thanks koreksinya…. statement diatas saya peroleh dari artikel > lain. > Sip jika ada opini langsung dari usernya

Leave a Reply

Your email address will not be published.