Ga jadi milih Vario gara-gara inden !

image

Pagi-pagi dikabari rekan satu seksi jika yamaha MX keluaran 2008 miliknya laku terjual 7.250 jt lantas dia mengemukakan keinginannya meminang Vario 125. Sebelum siangnya pergi ke dealer untuk meminang motor ini, rekan SF googling mengenai motor incarannya hingga nyasar ke blognya bro IWB yang lagi ramai , apalagi kalo ga membahas penyakit ngoroknya Vario 125 .
Ga lama rekan SF ini langsung bertanya masalah ini pada SF. Yang SF tau kemungkinan masalah itu berasal dari berbagai hal, bisa jadi karena resonansi udara pada box filter (sesuai artikel di otomotifnet) atau memang benar bunyi tersebut dari kruk-as dkk seperti yang ditulis diblognya IWB. SF lanjut bertanya pada rekan ini :Β  pengen motor seperti apa sih bro? Keinginannya ada motor matik yang punya bagasi ekstra besar dan irit. Klo gitu kenapa ga spacy aja? Bagasi ekstra besar serta kapasitas tanki cukup besar bikin ga sering mampir POM. Ada dua pilihan yakni injeksi dan karbu…. Nah detik itu juga keinginan untuk meminang Vario 125 luntur dan ingin meminang spacy karbu, alasannya biar bengkel sebelah rumah bisa nangani jika ada problem dan lagi doi pualing males antri servis di dealer resmi. Weihh… cocok juga SF jadi sales ya πŸ˜›
image

Saat istirahat siang berangkatlah kami berdua ke dealer honda terdekat tempat kerja daerah semper dengan niat teguh meminang spacy karbu. Namun apa yang terjadi? Spacy karbu sudah tidak diproduksi lagi !!Β  Eggghh.. kok ga ngasih tau gw soal ini ya :mrgreen: . Nanggung sudah nyampai sana, SF lantas meminta ijin menghidupkan vario 125 yang didisplay, setelah ijin diberikan motor pun segeraΒ  distater, grenggg… (eh bener ualus coyyyy …) beberapa saat kemudianΒ  motor langsung digeber-geber dengan harapan mendengar suara ngorok yang kontroversial itu!!! Eh kok ga ada ya suara ngoroknya…. ?? SF berniat korek informasi lebih lanjut mengenai suara ngorok Vario pada seorang mekanik ditempat itu. Pengakuannya belum adaΒ  komplain vario 125 yang ngorok! Nah lohhh….Β  niatan rekan SF pun berubah lagi ingin meminang Vario 125 ! :mrgreen: . Namun masalah baru kembali muncul dan langsung bikin rekan membatalkan niatannya beli motor di dealer ini. Stok Vario 125 kosong dan harus inden 1 bulan versi non CBS dan inden 2 bulan untuk versi CBS!!! Weihh !… Rekan SF lantas memutuskan untuk pesan Vario 125 di PRJ siapa tau lebih diprioritaskan dan dapet diskon atau bonus πŸ™‚Β  . image

bingung juga kalau motor tunggangan sehari-hari laku terjual, dan ga segera punya penggantinya. Kemana-mana terpaksa pake mobil… borosnya ga nahan πŸ˜†

sayang saat berkunjung didealer ini HP SF ketinggalan dikantor πŸ™ terpaksa literatur gambar ambil dari google

76 thoughts on “Ga jadi milih Vario gara-gara inden !”

  1. ngorok itu bukan pad motor baru om, tapi sangat terdengar di odometer yg saat menunjukkan pemakaian diatas 100km (seperti yg diutarakan di blog iwb jika 100km pertama masih bisa ditolong, tapi diatas 500km maka harus ganti kalter,
    coba deh dengerin suara ngorok di motor yg udah selesai masa inreyennya…pasti terdengar
    #no BC lho,, pernah denger sendiri soalnya pas mau keluar dari parkiran toko

    1. Eitss… jangan salah. Kemaren waktu pulang kerja (setelah artikel ini dibuat) nyobain vario 125 milik temen lain dept. Eh ngorok loh meski kondisi ga jalan ngegasnya dadakan ga ngurut. Tapi overall menurut saya ga ganggu (dalam kondisi brenti loh ya), seperti suara resonansi filter. Entah belum jajal jika di coba jalan/ boncengan yang katanya lumayan kedengeran. Tapi jika saya sendiri emang hal kaya gini ga mempengaruhi keputusan pembelian karena mesin gen PcX sudah terbukti. Lain hal dengan rekan saya yang galau setelah baca artikelnya IWB.

      1. kalu ngegas dadakan , memang baru keluar ngoroknya, tapi setelah jalam normal ilang, barusan sambil kerja amati dari belakang

  2. kali mesin vartech, pake mesin motocros se makanya ngorok he..he..udah kapok beli matic pny vario cbs borosnya gak nahan.

  3. tips untuk mendengarkan ngoroknya vario125 :
    ngoroknya cuma di putaran rendah, jadi jangan menjalankan vario125 terlalu kencang, karena disinyalir cara tsb membuat anda tidak bisa menikmati ngoroknya vario125. tariklah gas secara β€˜tanggung’ itupun bagi pengendaranya sendiri kadang gak menyadari, kalo pengen ngeh kalo vario125 ngorok terpaksa kita harus memposisikan diri sebagai boncenger atau kita memposisikan diri di belakang atau disamping vario125.
    bagi pengendara vario125, bisa mencoba trik menjalankan vario125 di gang sempit yg kiri kanannya ada bangunannya.
    satu lagi, jangan mengendarai vario125 didekat kendaraan lain yg agak sedikit berisik karena dipastikan suara ngoroknya akan tenggelam.

      1. nah itu yg saya maksud, pada saat rider mau buka gas setelah kecepatan rendah , misal kelaur belokan , tarik gas nanggung, ngorok itu terdengar jelas, tapi setelah kecepatan stabil, ilang tuh suara,

        kebetulan saya iktuin tuh vario 125 nya dari belakang

    1. hehehe… sebenarnya menurut saya sebagai pengguna vario125 masalah ngorok terlalu dibesar2kan mas. wong saya sendiri sebagai pemakai jarang dengar ngoroknya. kalopun yg disamping merasa mendengar suara tsb itu malah bagus, jadi kita gak perlu main klakson kalo mau mendahului.

  4. update:
    untuk mendengarkan ngoroknya vario tidak boleh cuma sekali mencoba. harus berkali-kali dan memilah2 suara dulu, dan harus pakai perasaan. karena suara tersebut disinyalir tidak selalu muncul dan meskipun muncul tidak begitu terdengar bagi pengendara sendiri.

  5. jok dan shock spacy lebih keras oom, v125 lebih empuk, kalo gak masalah ama suara itu seh gpp. kalo mau jok empuk ya vario mmc. gw dulu gak ambil mmc karena takut discontine, eh malah vartech yg diskontinue.

  6. Sebelum ada kejelasan resmi dari AHM mengenai ngoroknya Var125 mending ambil yang lain yg jelas2 ga bermasalah. Gw sendiri prefer ke spacy Fi perawatan lebih mudah trus performa dan bahan bakar juga irit. tapi ya kembali ke selera masing2 ^_^

  7. Selain ngorok, yang ditunggu juga testimoni keiritan Vario125 ini. Ayo yang punya Vario125, ungkpin berapa sebenarnya konsumsi bbm si Vario125 ini …

    1. Ehh bcanda… gw blogger baru kkok πŸ™‚ tapi bener selain nyoba punya temen di parkiran tadi pagi nyoba jejerin vario 125. Saat akselerasi dari lampu merah sedikit terdengar tapi pas jalan stabil ngoroknya ilang. Overall bagi yang biasa bawa motor cc gedhe suara kaya gini ga mengganggu layaknya suara knalpot

  8. vario 125i punya ane emank ngorok kalo gas nanggung plus beban bonceng yang berat,,, tapi kalo agan mau vario 125i gak ngorok lagi,, tarik aja gasnya ampe habis,,,, gak pake rem2an,,, dijamin gak ngorok selamanya hehehe,,, just kidding gan,,,

  9. mungkin benar suara ngorok karena resonansi udara pada box filter (sesuai artikel di otomotifnet). dari komen-komen diatas diketahui bunyi ngorok muncul pas betot gas spontan (ga diurut) dan waktu bawa beban berat. pada kondisi itu mesin kerja keras (pembakaran gede) sehingga butuh udara banyak (aliran udara lebih deras) jadi muncul suara ngorok tsb..IMHO

  10. Ngorok-nya seperti apa si…? Seperti org tidur gitu?
    Seberapa mengganggu?

    Dulu juga org gembar-gembor soal suara rantai sebagai cacat di Tiger.
    Kok aneh? Sy malah berasa gahar dengan suara rantai Tiger, khas menurut sy, mencirikan sproket-nya dan biji rantainya yg gede2. Mantap… Jd bukan nilai minus Tiger menurut saya…

    Lhah, yg ini jangan2 jg spt itu. Bukan cacat atau kekurangan produk ybs.
    Yg jelas, sayaaaannnngggg banget inden kelamaan. Deket lebaran baru dikirim. Jadi,…… ke toko sebelah ajah

  11. @atas Ninja ane gak sebegitunya bunyi rantainya. Tapi emang sih Produk Honda sering khas dibunyinya, Kayak produk bebeknya tuh, kalau pas melewati lobang pasti berisik banget, kayak ada plastik beradu di bodynya . Ninja saya lewat lubang gak ada bunyi plastik beradu sama sekali

    1. Jadi kesimpulannya apa nih?
      Bunyi rantai Ninja lebih bagus dari Tiger?

      Berarti benar kan, banyak org menganggap suara rantai sebagai cacat Tiger.
      Buat sy kok enggak ya..
      Sebagaimana org menganggap mesin diesel berisik dan getarannya mengganggu,sy malah berasa gahar dengan mesin diesel πŸ™‚

      1. Bukan begitu :D. Cuman jangan sampai ada sesuatu yang gak wajar tapi di wajar-wajar kan. Kalau Diesel jelas suaranya sama semua. Kalau berisik gak ada yang protes. Kalau Rantai ?

  12. lihat aja kehancuran ahm tahun depan kalo ngoroknya vario sampai berakibat pada kerusakan mesin, kalo rondonya v125 jeblok gara2 ngorok, pasti orang beli honda juga kapok.

  13. Salam kenal all, gw pengguna vario 125 nih, awalnya gw jg tanda tanya ama nih motor, bnyk kabar ngoroknya sangat mengganggu, tp setelah pny ketakutan itu hilang, menurut gw ngoroknya ga parah seperti yg bnyk di bicarakan org, klo menurut gw suara ngoroknya mirip ky suara karbu yg di lepas saringan udaranya. yg jls ga mengganggu performance dan akselerasi tuh motor. nih motor nyaman banget di kendarainya apalagi klo boncengan, di tmpt macet enak, bensin beneran irit. 1: 53, suspensinya apalagi nyaman bener, serasa bw sedan, so buat yg kepingin pny ga ush ragu-ragu, lawong jaminan mesin 3 thnm system injectionnya 5 thn……

    1. Setuju banget2 ama bung Dhies. saya punya Vario 125 ini udah hampir 6 bulan dan nyaman2 aja makenya. bahan bakar irit dan akselerasi di atas rata2 motor matic lainnya. suara ngorok? gampang…ganti aja kipas radiator bawaan ama kipas Vario lama atau PCX 125

  14. buat yang mau vario 125 mending pikir ulang…. punyaku bermasalah tarikan awal sama tanjakan,,, belum lagi suara gregelll gregelll seprti getaran rantai aus….,kalo suara ngorok emang menganggu apa lagi ngoroknya kagak beraturan wahhh bikin malu t…saya lebih rekomend ke spacy ato kalo yang 125 lebih rekomended ke XEON 125 supaya tidak menyesal…

    1. ngapain pindah ke XEON 125 ?? tarikan bermasalah karena busi standar Vario 125 gak mumpuni. saran saya ikutin jejak saya ganti busi standar pake NGK platinum (atau kalo punya duit lebih pake busi iridium sekalian). bahan bakar saya sarankan pake pertamax. dijamin larinya ngacir lagi. XEON mah sering saya asapi dijalan

  15. ngpain ributin yg ngorok2.
    kl ga mau dgr ngorok..mnding pke onthel ajah.
    dijamin tuh ga ngorok.

    wajar lah namanya jg motor,pasti berisik.

  16. anehnya saya kadang dengar ada yg ngorok keras bgt kadang dengar yg halus
    itu yg bikin saya bingung
    kalo ngorok kan seharusnya ngorok semua ?
    jd masalahnya dimana ya?? πŸ™
    problem yg terbaru busi cepet mati tiap 1000km, digas ndut2an.
    duh semoga ada solusi dr pihak terkait

    1. busi standar vario jenis busi panas ganti busi standar Honda CS 1 type dingin DIJAMIN hilang ndut ndutnya

      NGOROK ganti kipas radiator dengan punya PCX 125 harga 180 DIJAMIN hilang..bunyi kongorok itu timbul dari bilah kipas vartec 125 lebih panjang.

      1. 1000% saya setuju dgn opini bung Waffen. masalah tarikan awal ndut2an atau mbrebet solusinya tinggal ganti busi dengan busi tipe dingin (bisa punya CS1, bisa juga busi platinum/iridium). kalo masalah suara ngorok, ganti kipas radiator standar ama kipas PCX 125 atau Vario 110 (soalnya bilah kipas Vario 125 lebih panjang dan lekukannya beda makanya karena hisapannya kuat timbullah efek resonansi suara yang orang bilang “ngorok”). Saya sudah praktekkan cara di atas dan alhamdulilah kalo dijalanan, lawan motor saya bukan lagi Matic tapi udah berani nguber Xivion atau NMP

  17. Spaci mtor culun AHM .mtor kayak gitu aj cuma orang culun aj yg pantas .tk ada model gembrot mania.PGMF1.JAUH CNGGIH AM YMJETF1

    1. jangan lupa bung, Yamaha Soul GT itu juga motor culun secara bodynya lebih gembrot daripada Spacy. salam ya buat komunitas FBY

  18. HALAH PADA NGOMONGIN AP KALIAN INI???
    PENILAIAN ITU RELATIF
    PRODUK ITU ADA YG PLUS ADA YG MINUS///
    TINGGAL BAGAIMANA KITA MENYIKAPINYA…..

  19. Knapa pada psingin ngorok, wong kllau kita pke knalpot racong aja ngoroknya udh kyak babi di jlanan
    Jdi msalah ngorok tdak usah di besar”kan lha brotherrrr πŸ˜€

  20. hendry :
    Knapa pada psingin ngorok, wong kllau kita pke knalpot racing aja ngoroknya udh kyak babi di jlanan
    Jdi msalah ngorok tdak usah di besar”kan lha brotherrrr

  21. slam rider vartech 125. emg hrus diakuin tnaga dri kuda metic ini diatas rata” metic lain gan. walau torsi cuma GOCENG

  22. berbagai iklan vario cbs iss, saling banting DP, Eh… pas mau kredit tuh barang, kata dealernya semua stok techno cbs MMC ataupun Cbs Iss ” INDENT ” di semua delaer di Bandung. ( Kayanya AHASS diambang Gulung Tikar…. Kellllesssss…!!! ) Ha…Ha…

Leave a Reply

Your email address will not be published.