Hal sepele yang perlu diperhatikan saat parkir menggunakan standar samping

image

Beberapa tahun lalu ada musibah konyol menimpa Tiger kesayangan SF, Nyaris nyemplung sungai kecil…!!! :mrgreen:  kejadian ini berlangsung saat SF pulang kerja. Begitu nyampai depan kontrakan SF berhenti sejenak untuk membuka pagar, SF turunkan standar samping dan segera menuju pagar. Tiba-tiba dari arah belakang terdengar DuBraakkkk… ! Setelah menoleh ternyata motor SF hampir nyungsep ke sungai kecil (got besar selebar 3/4 meter). Seberang kontrakan SF memang ada got lumayan besar dan dalam , kondisi jalan juga sedikit menurun. Kesalahan SF saat itu SF terlalu tergesa-gesa memposisikan motor kurang benar. Parkir menggunakan standar samping harusnya posisi motor harus dipastikan sedikit miring kekiri dan setir menghadap kiri. Setir dalam kondisi lurus atau hadap kanan nikin motor lebih gampang jatuh jika kesenggol. Biasakan juga masukkan perseneling ke gigi 1 (atau parking brake lock untuk matic) tiap kali parkir, sekedar jaga-jaga jika ada yang ga sengaja nyenggol, apalagi jika punya anak kecil yang aktif. Satu lagi jika punya anak kecil dan motor ga ada standar tengah, usahakan parkir disebelah kiri tembok (knalpot mepet tembok) sehingga tidak memberi space untuk sikecil iseng manjat motor. Jika sikecil lolos dari pengamatan dan manjat sisi kiri motor lebih aman daripada naik dari sisi kanan motor. Sikecil pun terlindung dari panasnya knalpot. Sekian sekilas infonya, moga bermanfaat.

33 thoughts on “Hal sepele yang perlu diperhatikan saat parkir menggunakan standar samping”

  1. “..usahakan parkir disebelah kiri tembok dan tidak memberi space untuk sikecil iseng manjat motor..”

    cakep nih tipsnya, bener juga yak 😉

  2. pemakaian standar samping udah jarang, karena pernah kejadian motor jatuh saat parkir dengan standar samping, jadinya trauma.
    jadi sekarang udah kebiasaan pake standar tengah agar lebih aman
    kecuali untuk yg sport, tp untungnya punya standar paddock di rumah.

  3. Sama diperhatiin apa standar sampingnya udah poll soalnya kadang2 kala cm stngah bisa2 standar sampingnya balik ketempat asalnya lagi.

  4. Wah..lebih parah kalo lupa memastikan kalo standar samping sudah diturunkan..alhasil gubrak..ketimpa motor dengan knalpot yang panas..

    *Pengalaman pribadi yang sudah beberapa kali terjadi..

Leave a Reply

Your email address will not be published.