91 comments on “Ganti kampas kopling matic + rumah koplingnya atau pake cara alternatif ya?

  1. Dibubut lagi saja rumah koplingnya, biar rata. Paling nggak bisa nunggu indenan rumah kopling.

  2. kalimat terakhir “mending pake punya hayate”
    berarti punya hayate sudah lebih bagus kah ? saya punya piaraan hayate juga nih

  3. kalo vario tua-ku, 60rebu km baru minta ganti (atau sayanya yang ga ngerasain yak!? :mrgreen: )

    “..Saat ke bagian sparepartnya dibilang kalau tidak ada persediaan mangkuk kopling (ndakk kagett, sudah biasa inden)..”

    Aaaaaku tak biasaaaaa ๐Ÿ˜†

  4. tergantung pemakaian dan perawatan sih, temen pake udah lebih dari 20rb km belum ganti juga, makenya bengis dan sadis lagi, matik suzuki mending makenya disiksa dari baru, tentunya dirawat dng baik ya
    misal, cvt dibersihkan scr teratur, oli mesin dan girboks jgn ampe telat, filter oli jg diganti teratur

  5. Pingback: Spin bugar kembali setelah ganti kampas dan mangkuk kopling « Smartf41z

  6. Punyaku skiwev th 2008 KM udah lebih dari 52rb ngga ada keluhan berarti, kalo masalah getar pada putaran rendah/nyundu-nyundul seting dikit langsamnya aja, biasanya agak ketinggian, tadinya SW ku juga begitu, karena SW gampang kalo mau nyeting karbunya,..GOOD LUCK,..

  7. klo per kopling smash tdr cepet erornya.
    masa kalo ngoper maju gak nyentil tapi klo stengah ke belakang nyentil.
    apa masangnya salah apa gimana ny mas bro !

  8. sy juga pake skywave km sudah 28 000 , alhamdulilah belum ada masalah , sy sering membersihkan filter udara pendingin CVT itu mutlak ,karena klu CVT kotor udah pasti Copling dan V belt selain panas juga akan cepat aus, motor sy ga pernah serviis bengkel, sy cukup bermodalkan Carbu Cleaner sy bongkar Carbu dan dibersihkan pake Carbu Cleaner. setelah bersih pasang lagi tanpa merubah setelan angin maupun lainya, hasilnya motor dstar tokcer dan larinya Normal, oli mesin selalu ganti setiap 2500 KM ,jangan lupa filter carbu juga di bersihkan, kanvas rem belakang dibersihkan 6 bulan sekali hasilnya selalu pakem, pemakaian ya standar jangan dikasarin , motor apapun jika pemakaian kasar ya cepat rusak, motor harian jangn disamakandengan motor untuk balap .

  9. wah,baru tau…,padahal ada niat mo beli spin buat yang di rumah (jadi ngeri ),honda beat saya alhamdulilah walau sudah km 62 ribu. ga ada masalah.cuma ikut buku panduan ganti VanBelt tiap km 24 ribu yang harga kisarannya 120 ribu,soalnya motor di siksa kadang buat bolak balik Bekasi – Karawang -Indramayu -Majalengka.dan dipakai nonstop senin-sabtu dari jam 11 – 17.maklum orang lapangan.kecepatan masih bisa naik ke km 100.dan masih bisa lah buat kejar kejaran sama motor lain yang cc nya 100-110.

    • Spin ane dr bru udh 5 thn n jln 6 thn ga ad mslh d’CVT ny bro slma ini amn2 aj…yg pnting rutin brsihin CVT ny…

  10. Apa Bro tau cara buka kopling dan rumahnya? kalu tau tolong dong
    dijelasin urutan kerjanya/caranya !.Apalagi klw dilengkapin dg gambarnya wah makasih banget dach. Tangks.

    • saya ga pernah bongkar sendiri karena perlu alat khusus bro . klo ada alatnya gampang tinggal buka penutup CVT trus bongkar bagian belakang (kopling set) cuma pakai 1 mur kok. nah saat buka mur ini perlu alat untuk pegangi mekanisme CVT agar ga bergerak saat mur diputar. sebenernya tanpa alat bisa sih pakai ganjel mengganjel mekanisme cvt depan. tapi beresiko. perhatikan urutan bagian-bagiannya jangan sampai saat pasang kebalik-balik

    • cek bendik stater… klo berfungsi (ditandai bunyi ctak-ctak saat tombol stater dipencet), kemungkinan spul pengapian lemah. pernah terjadi pada tiger saya. pake electrik stater susah tapi diengkol beberapa kali baru nyala. lama-lama tewas tuh spul

  11. Skywave saya juga odometernya Uฯ‘ยชh ฯ‘รฎ angka 50rb.G โ€Žโ€‹ยชฯ‘ยช masalah dg kampas kopling.cuma ganti roller ฯ‘วปฯ€ V-Belt doang

    • pantek kampas untung-untungan juga sih… beruntung kalau dapet bahan bagus, kalau dapet bahan jelek ya ga optimal alias selip. cek juga kopling housenya / mangkuk kopling siapa tau sudah ga rata bisa baret atau peyang

  12. gan,klu skydrive trkn bwh nderedet sprt klu sdh lwt polisi tdr..kr2 apanya yg di ganti ya?trs biar trknnya yahud apa yg hrs di ganti jg ya???mohon pencerahannya gan….

  13. Gw udh skian x y k bngkl, mslh gx hlang2
    karbulator,roller,v-belt, kampas ganda+rumah y ja
    mtor gw spin msh jga gx ad tarikan pling knceng 40 km/jam
    piston n ring y jga udh d gnti
    apa y mslh y

  14. gan, kenapa ya cvt mio ane pas baru di gas ada bunyi ngegeter, tapi kalo udah jalan mah kaga bunyi lagi, kemaren sih uda ganti roller, puli kipas ama rumah roller’y, cuma kanvas kopling’y blom… apa mungkin ya dari kanvas’y ya..???

    • Sangat mungkin bro… geternya biasanya pas kecepatan pelan agau dari berhenti mau jalan. Kalau sudah jalan lancar ga masalah. Cek kampas kopling dan mangkoknya apakah masih rata/bergelombang dan masih lingkaran sempurna? Kalau sudah ga waktunya ganti… lumayan loh harganya

  15. gan spin 125 ane bulan kemarin baru ganti kampas ganda tapi rumahannya belom, maklum blom ada duit waktu itu, kl udah sebulan gini ada efek negatif g gan? kl buat jalan pelan emang geter sih…

  16. q bru dpt rondo spin 07 aman2 ja tu. shock blkang diganti pnya beat jd empuk. mslh msin + cvt ga da mslh. klo nggeter awal tu, mren di prodo ganda diganjel aja sma plat 1 mili. dah sehat lg. mklm sparepart susah jg mhal. top speed 105km/h rata2 kdang 110 on speedometer. brarti sya bruntung atau agan admin yg apes?

  17. kalo spin ane beltnya terasa kendor trus klo lagi start awal mentok2 crankcase padahal belt baru ganti!!udah gtu waktu gas awal motor kaya brebet tenaga ketahan!!kira kira apa yg bermasalah ya gan???mohon penjelasannya agan

  18. numpang nanya nih.. kalo mio udh ganti kanvas kopling dan rolleer nya, kenapa ya kira kira seperempat gas motor msh bergetar? mohon pencerahannya saya msh pemula.. hehehe
    terima kasih sebelumnya.. ๐Ÿ™‚

  19. bro, aq punya spin sky drive, dah lwat 5 tahun, ne aq pnya msalah di bgian cvt dia ada bunyi klo makin kncang makin kuat, tuh bsa berpngaruh di bagian mna bro?
    mhon pnjelasan lah.
    thank,z

  20. saya barusan ganti per cvt sm roller,gejalanya kalo sdh pengereman lalu di gas suka loncat2,,menurut mekaniknya per cvt sm rollernya hrs diganti ,pdhl kanvas koplingya sdh tipis banget,tp ya ane ngikutin sm mekaniknya az ganti per cvt sm rollernya

  21. APAPUN JENIS MOTOR MATIC ANDA TERGANTUNG SI PEMAKAI, ANE PAKE SW TH 2008 GA ADA MASALAH SAMPAI SKRG, YG PENTING PERAWATAN DAN JGN MERASA PINTAR GONTA GANTI ONDERDIL SENDIRI APALAGI YG BAGIAN FITALNYA. PEMBALAP SEKELAS ROSSI AJA MEKANIKNYA SEGUDANG. TUGASNYA CUMA BW MOTOR DOANK KALO ADA MSLH DGN MESINNYA TINGGAL KASIH KE MEKANIKNYA. SAVE YOUR DRIVE WITH CAREFULLY.

  22. Kenapa ya mio j ku di tarikan pertama terasa brebet slanjtnya trek atas kok enak.
    Di sebabkan karena apa
    nuwun

  23. brow lw spin 125…lw star pertama itu dy susah kaya brat lari,,,padahal dulu star pertama ok,,,bisa angkat ban skrg gk bisa,,,,kira2 ap nya,,,mohon bantuanny

  24. Klau mangkok koplingnya aj yg d ganti masi berebet ga ya soalnya kanpas kopling gandanya masi tebel untk mtor suzuki skywave

  25. Bos mau tanya ni soal mtr mio ane.
    Klau tarikannya berat kira2 apanya ya bos
    Kampas metiknya udah ane ganti sama roller udah ane. Sama pernya juga udah ane ko masih berat bgt ya bos

Leave a Reply

Your email address will not be published.