Sharing penggunaan berbagai jenis led

image

Seperti yang diketahui lampu led memiliki keunggulan dibanding lampu pijar yakni lebih hemat listrik dan lebih awet secara teori. Kali ini SF ingin share berbagai tipe led model T10 (model tancap untuk sein,lampu kota, lampu spedo,dll) yang pernah SF beli.
Tipe pertama model led biasa (sebut saja begitu) -gambar no.4-
modelnya seperti kapsul bening . Harganya paling murah. Kalau di aMX kalau ga salah 3000 perak. Model ini paling mengecewakan. Selain ga terang daya tahannya payah… sekitar 1 bulan pemakaian dari 4 biji mati 2. Harga emang ga bisa bohong. Masalah usia pakai yang singkat SF rasa karena QC nya yang jelek… bukan karena sifat led itu sendiri.
Tipe kedua adalah led luxeon-gambar no.3-
Led ini sangat terang dan tersedia dalam watt yang cukup besar (untuk ukuran led) led yang berdaya 1 watt saja bisa mengalahkan terangnya bohlam pijar yang 5 watt lebih. Cirinya dibagian ujung led terdapat lensa cembung mini. Harganya sekitar 30 rb watt sepasang. Sayangnya dari 6 led yang SF beli 3 diantaranya mati karena pemakaian dalam jangka waktu 5 bulan. Satu mati karena terjatuh. Kelemahan lain cahayanya kurang menyebar.
Yang terakhir led model jagung… led ini berupa lampu led kotak kecil-kecil (seperti lampu led pada hp) yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai jagung. Beberapa hari lalu SF SF membeli bohlam ini kisaran 25 rb sepasang di AMX , ada 2 pilihan. Led 10 titik (gambar no.1)dan led 5 dengan ukuran led lebih besar (gambar no.2) , setelah di coba terangnya ga kalah dibanding led luxeon bahkan punya keunggulan cahaya yang lebih merata. Untuk ketahanan belum sempat nyoba lama. Namun pengalaman sebelumnya SF memakai led jagung untuk lampu rem tiger selama 3 tahunan sampai sekarang masih awet. Diantara led jagung 5 titik dibanding 10 titik , SF menyarankan 10 titik karena lebih terang.
Kesimpulannya…SF merekomendasikan led model jagung karena terangnya merata dan lebih awet.

image

39 thoughts on “Sharing penggunaan berbagai jenis led”

  1. klo yang versi mahal nya no 3, yang 5 mata 70rb sepasang terang banget lo…temen ane pake (jualan juga si.. 😆 )

  2. info besok ada aksi buruh .hostum.. Jakarta kmungkinan akan lumpuh. Share ke bro n sis smua ya agar tak terjebak macet..

  3. sama puas juga pake lED jagung 5titik buat lampu senja. lumyan awet dah 6bln msh blm ada yang mati…bagus tidaknya titik led tergantung dari papan led dan rumahnya.klo yang harganya lumayan apan+rumah lednya keliatan rapet.cmiiw

  4. saya merakit sendiri untuk stop lamp, biaya cmn 15 rb, terdiri dari 25 led kecil beserta resistornya yang disusun di papan pcb, sampe sekarang masih awet…

    1. Saya dulu juga bikin demikian… tapi kualitas solder ga bagus jadi kedip-kedip saat kena getaran.., ane lepas deh ganti bohlam rem yang dudukannya seperti bohlam asli

Leave a Reply

Your email address will not be published.