Spin bugar kembali setelah ganti kampas dan mangkuk kopling

Kembali SF membahas penyakit yang sudah umum menimpa matik suzuki, yakni sektor CVT yang bergetar dan tersendat-sendat diputaran rendah. Beberapa waktu lalu SF bikin artikel soal solusinya. Karena pertimbangan efisiensi waktu dan jaminan jangka panjang SF memilih untuk mengganti kampas kopling dan mangkuknya. Setelah inden seminggu kedua barang itu bisa SF tebus dengan menguras isi dompet… harganya bikin sesek 400 rb!!! Wah motor berusia 23rb sudah ga karuan minta belanja. Berdasarkan saran montir dan setelah baca artikel dari blognya arantan, kampas dan mangkuk kopling ganti milik Hayate. Beda kampas milik spin dan hayate adalah kampas hayate lebih panjang sedangkan spin sedikit lebih lebar.
image
Singkat cerita kedua item tersebut dipasang pada bengkel umum karena saat itu bengkel resmi antri.
Nah sudah beberapa hari ini Spin diuji coba, seperti yang diharapkan gejala getar dan tersendat diputaran rendah sudah hilang. Awal pemakaian terasa sedikit selip, mungkin dikarenakan permukaan kampas dan mangkuk masih baru. Namun setelah 2 hari pemakaian gejala selip hilang dan motorpun normal kembali. Selama 23rb pemakaian, sektor cvt yang sudah diganti yakni belt,roller, per cvt, kampas dan mangkuk kopling. Tinggal tunggu kalau 20rb kumat lagi berarti memang ga bener cvt suzuki… semoga saja ga kumat biar ane ga anti matik suzuki.

25 thoughts on “Spin bugar kembali setelah ganti kampas dan mangkuk kopling”

  1. sabar yah mas hehehe, dulu saya punya nouvo lele lansiran 2002 sampai saat ini gak ganti2 loh mangkuk sama kampasnya *walau katanya BEngkelRESmi sudah harus ganti :p

    1. Kemaren waktu ke bengkel umum montirnya nunjukin tumpukan bangkai cvt bagian belakang mio .. maklum motor terlaris dulunya… sekarang ini sudah banyak yang waktunya ganti. Berapan tuh kampas plus mangkuknya?

  2. saya pernah punya spin, lansiran 2008 NR, ganti kampas kopling, mangkuk kopling, roller, plus V-belt setelah lebih dari 2 tahun, yah kira kira hampir 30.000km, intinya seehhh tergantung gimana bawa motornya kang…..itu saya ganti karena kampas kopling dah tipis, sudah mengeluarkan bunyi hehehehe

    1. Mengganti kampas kopling,mangkuk kopling,roller dan v-belt di spin berapa abis biaya nya plus biaya servis dan pasang nya bang?

      1. waktu itu beli mangkuk kopling, canvas matic, v – belt, roller, plus oli mesin plus oli gardan trus gemuk/oli cvt dan ongkos servis, kebetulan bukan servis di beres tp bengkel biasa….total keseluruhan hampir mencapai 600rb rupiah bro

    2. Berarti ga hanya terjadi pada spinku saja ya. Sebagai perbandingan mio punya rekanku kmnya 25 rb cuma minta ganti beltnya saja. Kampas dan mangkuknya masih sehat

  3. q juga punya matik spin same sekarang masih kepake, (…mau beli lagi gak ada dwit …. he he he 🙂 spin langsiran paling lawas 2006 awal. tapi emang dah mulai ada keluhan sih bang di mesin cvtnya , , tinggal nunggu bawa bengkel aja sih ,

  4. keadaan motor saya begitu jadi saya mau tau solusinya dan saya ingin bertanya lagi apakah itu bisa membuat motor saya pulih kembali?

  5. vartech 125 ku sudah ganti V belt dan roller di km 19.000. belt sudah retak. mekanik juga sudah nyaranin ganti rumah kopling dan koplingnya…sudah aus.

  6. saya ad tips bwat para pemilik metik.. kampas cvt bsa bkin sendiri ,, yaitu kita tingal congkel kampas rem blkang, yg bagus tentu yg awet . bentuk sedemikian rupa dan jngan lupa bersihkan perumahan kampas yg mau d ganti, pakai lem epoxi d toko bangunan tentunya yg jual , dan tingal lem dan pasang, tuggu hingga 12 jm,, supaya hasil memuaskn, sisa bahan bisa bwat jika udah aus lagi,, harga kampas rem 25.000 harga lem epoxi 60,000 karna saya punya spin yg sering bwat turing, jgk bwat memperkecil biaya perawatan..mator tank you

  7. Skywaveku 9 th blm ganti kampas cvt, belt dan roll sdh ganti sekali, sekarang masih nyaman. Aneh to,.padahal dipakai harian

Leave a Reply

Your email address will not be published.