Lipat spion bisa dibenarkan?

image

Woww… sungguh miris saat mengunjungi salah satu forum motor sport. ( Maaf ga enak nyebut disini nama forumnya… ) yang jelas bikin SF makin males kunjungi forum itu. Permasalahannya ada seorang member yang mengkritik rekan-rekannya agar memakai spion dijalanan tanpa memandang macet atau lancar. Yang bikin sungguh heran ternyata buaanyyaaakk member yang melakukan pembelaan melipat spion bahkan mencopot spion 🙁 . Bahkan ada juga yang meminta forum tersebut dihapus saja karena ga menghormati hak member lain yang memilih melipat spion.
Berada dibelakang motor tanpa spion memang mengkhawatirkan, harus hati-hati jika dia berpindah jalur meski sedikit atau makin bikin jengkel kalau ridernya urakan potong-sana potong sini (tapi nyatanya masih kalah sama rider matic yang jalannya santai :mrgreen: ). kalau boleh SF rangkum berikut pembelaannya :
– ga bisa selap-selip
– mengganggu pengendara lain karena dianggap menghalangi
– rawan rusak jika kesenggol pengendara lain
– sekalian dicopot saja karena jadi incaran maling
– ga masalah asalkan nyetirnya hati-hati
– spion bawaan dianggap masih memiliki blindspot jadi sekalian saja dilipat.
– kalau ga ada polisi ga masalah spion ditekuk.
-kalau pas ngebut seringkali spion ngelipat sendiri, jadi mending dilipat (padahal cuma bautnya saja kendor)
– nambah aerodinamis, nambah keren, nambah kecepatan (hallah ngawur… ditambahi dhewe sama SF nih 😆 )

Sekedar sharing rute kerja SF lumayan macet terlebih bulan puasa ini. Saat pulang kerja muacetnya puarah. Jarak 20km yang biasanya ditempuh dalam 1 jam bisa molor 15 menit hingga 30 menit. Saat riding SF selalu memanfaatkan spion… itulah gunanya spion bukannya pajangan saja kan 🙂 . Kalau sudah terbiasa rasanya aneh jika ga memakai spion. Spion sangat berguna saat berpindah jalur. Untuk selap selip memang sedikit menghalangi tapi ga masalah. apalah arti sedetik – dua detik terlambat pulang.
Kalau sudah dalam posisi lurus nyempil diantara mobil sungguh ga masalah. Bebek masuk Ninja pun masuk .. ga percaya? Coba ukur jarak antara spion saat dibuka bandingkan dengan lebar spion bebek. Sadar ga sih resiko melipat spion?  Ga pake spion saat berpindah jalur atau potong jalur lain kepala harus noleh. Tolehan itu ga bisa maksimal menjangkau area luas dalam waktu lama. Nah gimana jadinya pas noleh kendaraan depan ngerem mendadak? Atau bagaimana jika ada kendaraan kencang dari arah samping belakang namun ga sempat terpantau? Apa semua motor harus ngalah sama motor bagus?
Spion original ada area blindspot? Yup harus SF akui benar adanya.. terutama area persis disamping motor. Tapi area tersebut bisa mudah terpantau dengan lirikan mata. Jadi sekalian nglirik spion plus dilebarkan dengan sedikit melirik arah samping sudah lebih dari cukup untuk memastikan aman untuk pindah jalur. Selama setahun memakai spion dibentangkan alhamdulillah ga pernah kejadian yang ga diinginkan. Palingan kalau kesenggol dikit ya tinggal dibetulkan wong spionnya ga paten alias bisa ditekuk-tekuk. Pengen cari celah diantara kendaraan? Jaga jarak yang sedikit lebih agar ada space cukup bermanufer! Kalau ada duit lebih ganti saja dengan spion aftermarket yang pendek, tapi ingat yang cembung biar area pantaunya luas. 
Rute condet- semper bergantian SF tempuh memakai Spin, tiger dan Ninja dan kenyataannya memakai ninja dengan spion dibentangkan waktu tempuh dalam kemacetan ga lebih lama dibanding naik tiger atau spin.

image

81 thoughts on “Lipat spion bisa dibenarkan?”

  1. Setuju mas, spion emang berguna banget. Saya selalu pakai spion lebar (ori). Sekalinya pinjem motor orang yang spionnya kecil rada aneh, apalagi gak pake sama sekali? Jadi bingung mau nyalip atau pindah jalur jadi ilfil rada takut.

    Setuju sama poin di atas, enak kalo buat pindah jalur kanan kiri, kita bisa lebih aware sama keadaan di belakang. Tinggal lirik spion, gak perlu tengak tengok bahaya kalo tiba2 kendaraan di depan rem mendadak. Lah wong cuma lirik spion aja kadang masih kurang konsen sama depan 😀

    Juga paling kesel sama kendaraan yang spion dilipet, spion kecil, apalagi gak pake. Bikin kesel aja, ex: udah jalan di lajur kanan bukannya cepet malah pelan, begitu diklakson bukan minggir malah noleh.

    🙂

  2. jgn khawatirkan yg spionnya dilipat om, mereka punya nyawa cadangan :mrgreen:
    kalo mau nyelip tapi spion kelebaran mending waktu nyelip di lipat setelah berhasil dikembaliin ke posisi semula

  3. ha,ha,ha, intinya sih spion merusak tampilan.,
    kalau alasan laen2 tipis banget rasanya.
    Kalau motor ane slalu ane tambahin spion cembung bulat kecil kaya dimobil,,
    harganya jg murah,tp sangat berguna view jd lbh luas, trutama kalau ada motor laen di blakang kita jd trlihat. Masangnya jg mudah tinggal tempel aja di spion motor

  4. Terkadang saya malah sering di bell pengguna jalan seruntulan karena menghormati pengendara dari blakang yg ingin lewat dari samping ckckck klo gak pakai spion saya malahan ciut nyalinya gk berani ngapa2in

    1. Ga semua tapi banyak 🙂 . Kalau sampai adminnya menghapus artikel itu mending komunitas/forum itu mending dibubarin sekalian. Masa tujuannya mengingatkan member lain yang lipat spion malah dianggap ga menghormati member lain. Kalau ga salah dulu salah seorang adminnya blogger senior tapi sudah ga aktif lagi disono.

  5. spion bawaan masih ada blind spot ……….. trus dilipet gitu ???

    lah masih pasang aja ada blind spotnya apalagi klo ga dipakai. makin parah aja kelakuannya.

  6. sebut saja nama forumnya cyber ninja..
    Hehehe..

    Malah ada yg mengaku turing ke surabaya tanpa spion dan bisa selamet..

    Yaa..biarken saja mereka tanggung resikonya, kalo kita sudah ingatkan gak peduli ya kita apatis sajaaa

    Bagiku resikoku, bagimu resikomu

    Semoga lekas celaka bagi pelipat spion..

    1. Wajib ga wajib… wajib dijalanan ga wajib di sirkuit. Saya sudah beberapa kali berkomentar dan nulis soal kelakuan lipat spion. Jadi penasaran siapa saja sih yang suka nglipat spion. Rider baru kah? Saya sudah belasan tahun riding jadi sangat paham arti pentingnya spion. Kalau dianggap mengganghu ya ganti spion yang lebih pendek. Banyak kok alternatifnya. Pake spion mengganggu dikemacetan??? Berarti masih perlu belajar riding dulu

  7. 1>ga bisa selap-selip
    alasan goblookkk…pake spion atau gk ya sama saja…tahu knp?? spion knyakan paling maksimal sejajar stang…jd cm org goblok yg selip2 sampai kena spionn..alias gk bs nyetir mtor.

  8. spion dibuka, ibarat kita berdoa minta keselamatan.
    spion ditutup, berarti sudah selesai berdoa, dan makin mendekatkan diri pada Sang Pencipta.
    Amin..amin..amin..

  9. halo masbro Smartf41z, saya tuh yang bikin threadnya, tujuannya baik, buat ngingetin sesama rider ninin, eh tp malah pada ga nyantai semua, tanggapannya negatif, jadi males juga saya, makanya saya close aja dah hehe

    1. mungkin mereka menganggap remeh pendapat saya karena saya masih sangat muda, dan pengalaman saya mungkin tidak sebanding dengan pengalaman mereka, yo wis, saya stay calm aja, yang penting sudah saya ingatkan hehehe.

      1. ga usah diurusin masbro orang2 yg negatif kayak gitu. saya jg ga pernah lipet spion waktu riding. yang penting masbro sudah mengingatkan. salut 🙂

      2. Salute bro…. saya sebenernya awalnya ga enak juga bikin artikel ini karena memojokkan salah satu komunitas online, oleh sebab itu nama komunitasnya ga saya sebut. Tapi rupanya pengunjung dah pada tau, karena sudah melekat image kalau sebagian besar rider motor berfairing itu melipat spion dijalan raya. Beberapa kali saya ikut member komunitas motor baik didunia maya maupun di dunia nyata dan semuanya proaktif menyuarakan safety riding. Namun sungguh ironi komunitas “satu ini” ga menegur membernya yang jelas-jelas melanggar safety riding sampai akhirnya membentuk image jelek pengguna motor merk itu. 🙁 kalau dikomunitas lain member yang nakal pasti sudah dikeluarkan atau di banned. Demi membentuk image baik di masyarakat. coba lihat komen-komen lainnya. Mencerminkan bagaimana pengguna jalan lain bereaksi terhadap kasus ini. Semoga kedepannya banyak orang-orang seperti anda yang peduli keselamatan dijalan. Sukses selalu bro.

        Sekedar Saran : thread itu ga usah dihapus bro, dan judul disesuaikan kembali 🙂 untuk menunjukkan masih ada member yang peduli keselamatan dijalan dan menghargai pengguna jalan lain. Sukses selalu dan semoga Tuhan selalu melindungi

        Keep safety ride ! 🙂 🙂 🙂

  10. kadang menurut beberapa orang keren kerenan (lipet spion biar kayak motogp 😀 ) jauh lebih berharga daripada nyawa sendiri wkwkwk

  11. hal yg kecil justru penting,. dalam hal ini spion,. malah banyak yg menganggap spion itu cuma hiasan doank,. alhasil tu spion dicopot dari motornya,. hadeh,. emang tambah ngebut pa yah copot spion,. yg ada tambah resiko aja,.

  12. Belum ada komentator dari pihak lipat spion ya ?

    Saya termasuk rider muda, baru dapet sim tahun ini, motor saya sebelumnya Shogun 125, sekarang Alhamdulillah disubsidi sama orang tua sebuah Ninja 250

    Saya kira makin besar motornya makin dewasa pemiliknya, ternyata di kelas medium kayak Ninja 250 banyak juga ya yang ngotot membenarkan sebuah kesalahan. Saya yang masih termasuk rider muda aja gak pernah tuh lipet spion Ninja saya pas lagi jalan, saya malah gak pede jalan begitu . Walaupun emang ini spion masih punya blindspot, tapi buat ngeliat belakang yang jaraknya agak lebar lumayan kok.

    Terus spion ini bagus buat menakar lebarnya Ninja kalau mau nyelip-nyelip(Tapi ane sih males nyelip-nyelip pas macet, anggap aja lagi naik mobil :mrgreen:) , daripada fairing atau stangnya yang nyerempet kendaraan orang, kalau spion kan kalau kena paling cuman lecet dikit terus ngelipet. Terus juga bikin orang lain mikir-mikir dulu mau mepet-mepet kita, daripada Fairing kita yang lecet, mending spion kita jadi pelindung pertama.

    Padahal salah satu kelebihan Ninja 250 dibanding CBR itu spionnya yang lancip dan terkesan modern, sedangkan si CBR itu masih mirip motor bebek spionnya, tapi ane lihat malah banyak pengguna CBR yang berburu Spion Ninja buat dipasang di motornya(Walaupun banyak juga ane liat pengguna CBR yang agak maksa ngelipet spion standarnya). Nah sebagai pemilik Ninja 250 kita harus bangga dong sama spion kita, buka lebar-lebar.

  13. saya habis dari TKP baca abis page 1 sampai 13… dipikir simple aja…. bagi yang lipet spion… fungsi utama spion selain untuk melirik belakang jua sebagai pelindung sisi terluar motor… tidak kenapa2 jika spion motor tersenggol, tidak kenapa2 jika spion motor tepokan ma motor lain… TAPIIII… jadi kenapa2 jika stang sampeyan yang terkena (baca : ndlosoor dengan sukses) dan jadi kenapa2 jika fairing sampeyan yang kesenggol (baca : baret, pecah, retak, cat nglotok) … jika pakai suatu motor masih nyenggol motor lain, maka yang disalahin bukan motornya… tapi skill pengendaranya yang belum level dewa..

    dipikir simple lagi aja deh… spion motor mini moge paling mahal berapa sih? 1 juta, 2 juta, atau 10 juta? mahal mana yah sama fairing nya? mahal mana sama nyawa kalo stang nya yang kesenggol dan ndlosor… Ah… back to basic motor aing kumaha aing… wong kalo nyawa ilang kita jua ga nukerin nyawa sampeyan koq… xixixixiixixi

    1. Loh kok tau threadnya padahal judulnya disamarkan loh :mrgreen: di thread itu mereka sudah tahu saya bikin artikel ini. Reaksi ada yang marah ada yang ngejek 🙂 tapi nyatanya ga ada yang bales di artikel ini… entah kenapa? Sadar kesalahannya atau prinsipnya sudah kuat. Ga begeming meski dinasehati banyak orang. Oalahhh Le…le…. mbok yo eling to

  14. Baru baca, tp seru… Bisa beli mtr puluhan juta rupiah. Tp takut kesenggol, mahal katanya klu rusak?? (Kredit kali ya beli mtr). Udh gitu minta tanggungan sama yg ksh saran safety..lucu bgt. Emg cara berkendara’nya gmn?? Tu jln buat umum, minta yg sepi baru spion dibuka?. sama2 bayar pajak negara coy! Knp gk skalian nyentul aja?? Kan n250 di anggap cicitnya MOGE, “nih mtr besar mau liwat” yg lain minggir! Biar spion gk kesenggol, padahal hanya sekedar saran safety, eh nyolotnya selangit.! Pake acara ngejek lg..weh…

  15. buat yang spion motornya dilipet, jangan dong, bahaya tuh, kalau lagi nyalip trus ada mobil dibelakangnya trus ketabrak gimana?, gua kalau lagi bawa mobil suka ngeri liat motor nyalip mobil gua, bukan apa apa, ban mobil gua pakai 33″, kalau ketabrak lebih tepatnya kelindas, bisa mejret orang sama motornya 😀

  16. yaelah ga semua rider n250 kya getoo kalee..banyak rider brand dan jenis lain pake spion imut ataw malah ga pake sama sekali. gw lihat rider gaya alay malah di dominasi motor bebek, macam gaya no spion,ban kecil,mika bening stop lamp dll..dll

Leave a Reply

Your email address will not be published.