Komunitas roda dua, perlukah mensyaratkan safety riding!?

image

Mungkin pembaca sudah baca artikel SF terdahulu mengenai pembenaran melipat spion. Sampai saat ini masih ada yang ngganjal dihati nih. Mengenai keberadaan komunitas motor baik di darat maupun didunia maya. Pertanyaan dasarnya cuma satu… perlukah komunitas tersebut mewajibkan anggotanya mentaati safety riding? Menurut opini pribadi SF… jelas perlu dan wajib! Komunitas saat menjadi besar dan ternama bakal diperhatikan rider maupun komunitas lainnya, jika komunitas itu berimage baik tentunya image baik juga melekat pada membernya. SF sendiri menyatakan kesalutan pada komunitas yang menekankan safety riding ini, bahkan sampai ada yang menyediakan media pelaporan online jika ada kelakuan membernya yang arogan atau melanggar aturan berlalu lintas. Sanksi bagi terlapor bisa dengan himbauan, teguran, kalau tetap membandel bisa sampai pemecatan (atau pemblokiran akun).
image

Komunitas besar jadi rujukan rider dengan kesamaan minat… jika diracuni hal-hal yang ga bener bisa bahaya…! Rider baru bakal menyerap info maupun tren dikomunitas itu. Nah jika melipat spion dianggap tren (atau sudah menjamur? ) , ban cacing dianggap gaul, pasang toa dan lampu strobo jadi berwibawa, turing kudu kenceng-kencengan …. lalu bagaimana image komunitas dan membernya yang beredar dimasyarakat? Nampak keren, gaul, berwibawa atau masyarakat malah menganggap alay, membahayakan dan arogan!?
Bagaimana komunitas motor yang baik menurut pembaca? Monggo di share jika berkenan….

image

6 thoughts on “Komunitas roda dua, perlukah mensyaratkan safety riding!?”

  1. bener wajib tu hukumnya,,,sekarang banya club gak jelas…jalan2 kenceng2…nutup jalan biar temennya pada lewat,,kayak yang punya jalan aja,,padahal tujuannya cuma nongkrong2 n makan2 doank gak emergensi or apa..hadeeehhh,pake sirine strobo,,pake lampu kayak polisi n sebagai macem,,tu kan pelanggaran,,

  2. cuma skarang kayaknya pandangan maskyarakat kadang2 menyamakan geng motor n komunitas motor…
    yg komunitas motor meski safety riding nya lengkap juga kadang masih sering bawa2 strobo n arogan.. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published.