Review oli top 1 SAE 10-30 untuk ninja 250

image

Kali ini SF ingin sharing penggunaan oli untuk ninja 250. Sebelumnya SF terbiasa menggunakan enduro racing dengan kekentalan SAE 10-40 namun karena kali ini stok enduro kosong, penjualnya nawarin Top 1 dengan kekentalan SAE 10-30. Seinget SF pernah baca dibuku panduan Ninja masih bisa pakai oli dengan kekentalan tersebut , SF putuskan untuk mencobanya. Karena SF ga bongkar filter oli kapasitas oli cukup 1.6 liter alias 2 botol kapasitas 800ml. Harganya klo ga salah 75 rb untuk 2 botolnya. Kesan pertama saat distater mesin terdengar sedikit kasar, namun beberapa saat kemudian suara halus kembali. Yang bikin beda akselerasi meningkat dibanding menggunakan enduro SAE 10-40. Awalnya puas pakai oli ini. Hari-hari berikutnya saat motor distater dipagi hari, suara kasar sedikit terdengar dan beberapa detik kemudian kembali senyap. Awalnya SF kuatir akan terjadi selip kopling karena oli terlalu encer, namun ternyata gejala itu ga terjadi tarikan tetep maknyusss.. 🙂 . Beberapa kali SF terjebak macet, dan terasa suhu mesin meningkat lebih dibanding menggunakan enduro racing (feeling saya sih…, 🙂  ) . Overall Top 1 SAE 10-30 cukup menambah galak akselerasi. Namun kedepannya mungkin SF mending balik lagi pakai oli SAE 10-40 karena ga perlu-perlu amat akselerasi dan pastinya bunyi mesin lebih alus. Meski dipedoman petunjuk ninja oli bisa dipake 10000 km tapi ngeri…!!! CMIIW Tetep saja tiap 1500 km atau kalau kalo khilaf 2000 km ganti oli biar mesin tetap fresh 🙂

34 thoughts on “Review oli top 1 SAE 10-30 untuk ninja 250”

  1. Tapi kq banyak y bro komen negatif ttg top one ini..bertebaran di internet…adalah yg bilang oli artis…oli abal2…oli palsu krn iklannya pabriknya di amerika..eh dicek disana engga ada…makanya sampe sekarang g berani dan g pernah make..

    1. Sejak jaman SMA motor masih GL pake oli ini ga masalah. Tapi memang untuk kasus top one 10w/30 dipake dininja ada gejala kasar saat pertama kali distater, entah jika pake oli lain dengan kekentalan yang sama.

    2. sebenernya sih Top 1 gak jelek bro…

      cuma yg ane rasain dulu waktu spek oli 20w-50 masih ngetop, ntu oli top 1 serasa kentel banget, bikin putaran mesin jadi berat benget dibanding oli 20w-50 lainnya. malah yg ane rasain lebih berat dari enduro 4t 20w-50.
      padahal enduro 4t 20w-50 udah termasuk bikin berat mesin juga sih kalo dipake di motor moped & baru diganti oli. cuma kalo buat touring jarak jauh bikin adem mesin & umur olinya lumayan panjang.

  2. ga mesti juga om pake oli encer bisa selip kopling, soalnya dulu waktu ane masih pake ijo 250 pernah coba oli castrol P1 10w-40 malah selip koplingnya,,
    kalau oli 10-30 recomended sih ahm spx1 om,, saya dah pake buat fu dan hasilnya emang enak,, harga sama kualitasnya ok
    yamalube sport 10w-40 juga bisa jadi alternatif selain pertamnina enduro racing
    ini bukan promosi lo,, ane dah coba sendiri..

  3. “terasa suhu mesin meningkat lebih dibanding menggunakan enduro racing (feeling saya sih…, ) .”
    bener tuh om testi dr tman yg make’ jg gt…tipikal olix kali….

  4. wkwkwk…oli menang iklan doang, kalo gak terpaksa gak bakalan beli top1 deh, mending enduro bikinan pertamina, cinta produk dlm negeri.

  5. Karena SF ga bongkar filter oli kapasitas oli cukup 1.6 liter alias 2 botol kapasitas 800ml.
    ===
    kalo gak lepasin filter oli, kan cukup 1,3 ltr. Kalo dilepasin, br 1,6 ltr.
    Kelebihan 300ml, apa gak berat?

    BTW, ai pake SAE10-40 kadang 15-50, tapi 1,3 ltr kalo gak lepasin filter oli.

  6. Saya pernah pake juga di Vega. Itu juga gara2 direkomendasiin sama mekanik langganan (kayanya bengkel dapet insentif khusus kalo bisa ngejual oli TOP1 dalam jumlah banyak :mrgreen:). Tercatat udah 3 kali berturut2 saya pake oli ini. Testimoninya juga persis kaya yang dipaparin bro SF. Tarikan lebih ganas, tapi mesin lebih berisik. Cuma akhirnya saya berhenti, soalnya niat mau nurutin spek oli yang lebih kental (20W-40) yang direkomendasi sama pabrikan motor

  7. kl bisa mending ganti oli sendiri, mekanik kawasaki sering oon, masa setiap ganti oli di dealer diisi 1.8-1.9 l, pdhl 1.7 l dah cukup. Pernah motor ane habis ganti oli ampe tarikan malah berat dan oli muncrat, sy cek dan keluarkan ternyata kelebihan 275 cc, apa ga gila tu oli hampir 2 liter dimasukin semua…
    Pdhal kelebihan oli malah bisa menurunkan power ampe 2 hp

  8. Ane ganti oli tiap service sob 3000km dengan catetan sesuai anjuran. Itu juga ga nyampe 1 bln soalnya yah motor kepake tiap hari sekitar 150kman.

    Masalah oli aye juga seneng pake 10w-40 selain sesuai rekomendasi pabrikan pastinya lah perlundungan optimum plus performa optimum serta lifetime yang menjamin

    Masalah oli top 1. Kata babeh temen ane yang profesor dan ngerti oli kendaraan. Top 1 bukanlah merek yang bagus gans, malah katanya lebih bagis merek lokal katanye

  9. Hello admin, do you monetize your smartf41z.com ?
    There is easy method to earn decent money every day, just search on youtube – How to earn $25/hour selling articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.