Tips mencari penyebab bunyi getar

image

Bunyi getaran saat riding sering kali merusak suasana berkendara. Bikin penasaran lagi bunyi getaran itu munculnya pada rpm tertentu saja. Nah berikut SF bagi sedikit tips untuk mencari sumber bunyi.
Saat motor berhenti gigi netral gantung gas pada rpm tertentu sampai terdengar bunyi yang tidak diinginkan (klo matic tentu kudu distandar tengah). Pada tiger dan ninja 250 sih gampang pengatur stasioner gas berupa knop yang langsung bisa diputar dengan tangan telanjang, pada motor lain mungkin perlu bantuan obeng. Nah kalau ga ingin repot puter-puter stasioner gas ya minta bantuan orang lain untuk muntir gas πŸ˜€ . Ketika motor meraung segera telusuri bagian bodi mana yang mengeluarkan bunyi getar, pegang satu persatu bagian bodi sampai menemukan sumber penyakitnya.
Pada tiger tua SF parts yang riskan berbunyi getarΒ  adalah footstep yang sudah ga rapat lagi saat ditutup, baut plat nomor kendor, serta part bodi yang pada beberapa bagian sudah ga klop pada dudukannya.
Ada juga bunyi yang keluar seiring roda berputar. Nah kalau ini ya motor distandar tengah gas digantung dan masuk ke gigi 2 atau 3 , pada roda belakang yang sering jadi biang bunyi misalnya rantai menggesek arm, gir goyang, laher rusak, mungkin juga dudukan cakram (terutama yang modifan).
image

Seringkali bunyi-bunyian bergetar justru karena ulah rider sendiri, misal naruh gembok di footstep bahkan di dudukan plat nomor, taruh perkakas dibox tanpa dialasi, pasang variasi aneh-aneh dll.
Sedikit berbagi kisah.
Pernah ada seorang rekan yang curhat ada suara besi beradu pada motornya , setelah cara diatas dipraktekkan doi ga bisa menemukan sumber masalah. SF coba cek sendiri diparkiran ternyata cukup didengarkan saja jelas sumber masalahnya ada pada knalpot. Jelas ada jeroan yang kendor/lepas hingga keluarkan bunyi gemerincing. Rekan SF langsung cek tukang knalpot ternyata bener ada bagian sekat yang lepas didalam. Eh besoknya ketemu lagi sama doi… ” knalpotnya makin bunyi kerasss! ” katanya. Penasaran SF langsung ngecek motornya, eaalahhh…. pantas saja lah wong knalpotnya di bedhel alias dibobok :mrgreen: katanya sekalian saja mumpung melubangi silencer knalpot. Bukannya sekat yang lepas dilas, malah sekat yang ada dicopoti sebagian. “Daripada beli knalpot racing, mending dhedel saja knalpot ori, toh sudah rusak”….
Sakkarep wisss… πŸ˜†

Silahkan kalau mau nambahi,komentar, atau curhat πŸ™‚

28 thoughts on “Tips mencari penyebab bunyi getar”

    1. Tips perkakas biar ga bunyi… bungkus dengan kain bekas. Lumayan melindungi perkakas, menyerap bunyi, bisa juga buat bersihin tangan saat abis bongkar motor dipinggir jalan

  1. bodi bebek merk inisial “H” buanyak yg getar om, mau diakali gimanapun juga tetep aja da yg bunyi, kecuali kalo diiket lakban total mungkin baru bisa normal

        1. anjrit,,3 kali ganti bodi doang, wkwkwk soal mesin saya berani bilang kalo mesin karisma lebih bagus dari suprax125, pengalaman ama punya teman yg pernah punya karisma dan supra 125 dengan perawatan yg sama ternyata lebih kuat karisma, yg supra rontok duluan. bodi sama2 getarrrr, mesin kuatan karisma.

        2. Sutejo sm joko…..secara ane dah pernah punya supraX125 dan skrg pake karisma, tenaga sm mesin enakan karisma, supraX125 enaknya cuma di jalan datar aja…dikasih trek menanjak/bukit apalagi dgn boncenger, memble……kalah deh sama karisma klo ditanjakan.

  2. mas SF itu masang klakson keongnya kebalik, seharusnya lubang keluar suara ada di bawah bukan di atas gitu, air jadi gampang masuk, kalo mau masang model gitu seharusnya itu posisi klakson ada di sebelah kanan, alisa ketuker kanan kirinya

    1. Itu klakson tersembunyi kok. Coba intip gambar 1 :). Jadi posisi maksa masuk kedalam deltabox jadi-jadian bisanya cuma posisi gitu. Tapi bener juga kalau ditempatkan ditempat terbuka harusnya lubang dibawah. Thx tambahannya

  3. klo fairing p220 uda getar gt juga bener2 ngrusak suasana suaranya yg halus…mana susah banget lagi cari sumber getar, mana baut yg kendur… πŸ™

  4. kl kawan ane dengerin bunyi berisik di mesin dengan kuping aj,..kl masih gak jelas dia tempelin ujung obeng ke mesin dan ujung gagang obeng ke kuping …mungkin biar fokus sumbernya :mrgreen:

  5. mas yanuar, tigerku juga mulai ada bunyi dari bagian knalpot nih, persis kayak pengalaman temene mas yanuar, nek mbedhel/bobok knalpot gitu abis brp yak?

  6. mega pro gw suara knalpotnya kalau digas bunyi kayak suara besi tipis diseret… itu penyebabnya apa ya mas..??

Leave a Reply

Your email address will not be published.