Tren penambahan berat pada motor baru

Pernah coba bandingkan bobot motor setipe keluaran tahun lama dibanding baru? Banyak diantaranya bahkan mayoritas motor generasi baru bobotnya lebih berat dibanding yang lama. Ambil contoh tiger lama berat sekitar 125kg, sedangkan tiger baru bertambah sekitar 10kgan, ninja 250 lama berat 169 kg sedangkan ninja baru 172 kg.

Fenomena ini ga hanya terjadi pada sport, bebek pun ikutan misalnya pada honda blade. Blade lama beratnya 96.8 kg sedangkan yang baru cukup lumayan menjadi 104 kg. Contoh diatas mungkin sebagian kecil saja, sangat mungkin terjadi pada tipe motor lain seperti vega,scorpio,jupiter series,megapro dll.

Ada beberapa hal yang menyebabkan penambahan berat motor antar generasi. Diantaranya perbedaan desain bodi dan pernak-perniknya, perbaikan rangka, sistem pengereman, sistem pengkabutan, dan masih banyak lagi. Jadi konsekwensi penambahan berat harusnya meningkatkan “value” motor itu sendiri seperti lebih stabil, lebih canggih, dan desain lebih up to date.

14 thoughts on “Tren penambahan berat pada motor baru”

  1. setelah beli bisa ikut progam diet biar kurus,,, pretel sana pretel sini,,,,,, ada pula yang tambah gemuk dengan penambahan accesoris kayak bok belakangm lampu dan speaker toa,,,,,,

  2. konsekuensi….. semakin uptodate semakin banyak piranti nempel, tp ada efek baiknya….. motor nggak bisa ngebut2 amat…. lbh safety…. tidak hanya pengurangan bobot tp juga power ( kasus FU )

  3. Udah tanya2 temen ni mau beli motor macho. Pikir2 mau ambil Bajaj. Sy tinggi 171 berat 78 kg. kira2 pas ngga ya?. Masalah perpindahan gigi itu gimana ya, apakah selalu seret – atau pada waktu2 tertentu? Dan apakah motor ini lebih cocok untuk touring dibandingkan dengan pemakaian sehari2 ?. Kalau dengan harga 18 jt, untuk touring harus diuji nih..tapi kayaknya pasti bagus tuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.