Sharing perawatan pasca operasi filtula ani

Beberapa artikel sebelumnya SF membahas mengenai operasi pengangkatan fistula ani yang SF derita. Nah… kali ini SF akan berbagi sedikit mengenai perawatan pasca operasi. Jaringan fistula yang diambil oleh dokter bedah untuk kasus SF ga seberapa besar hanya sebesar ruas jari, kata dokter karena operasi segera dilakukan jadi jaringan yang diangkat ga banyak. SF menderita fistula ini memang hanya 4 bulan. 2 minggu sebelum operasi benjolan yang semula SF kira wasir pecah dan nanah ga bisa berhenti mengucur. karena saran bapak (yang pernah kena penyakit ini sebelumnya) dan hasil konsultasi dokter akhirnya SF putuskan segera operasi. Kasus yang dialami rekan SF dan bapak SF sendiri lebih berat karena jaringan yang diangkat hampir 10 cm. Pantas saja lah wong rekan SF dan bapak SF menderita fistula sudah bertahun-tahun.
Operasi pengangkatan fistula ini tidak sama dengan operasi lainnya, bekas operasi fistula ani tidak dijahit namun dibiarkan terbuka (bisa dibayangkan ngerinya kan) . Karena penanganan yang segera, fistula yang SF derita belum parah dan bersifat incomplete artinya hanya ada satu muara nanah di dekat anus alias ga sampai tembus kedalam saluran anus (fistula ani complete). Operasi yang dilakukan adalah mengangkat sumber fistula dan salurannya, untuk kasus fistula ani complete terpaksa saluran fistula luar dipotong hingga dinding saluran anus. Untuk SF jaringan yang diambil tidak sampai merobek saluran anus, jadi klo digambarkan luka operasi SF seperti goa sedalam 1 ruas jari.
Perawatan pasca operasi yang harus dilakukan adalah bersihkan luka dengan rivanol,mengganjal luka operasi dengan tampon alias kasa dibentuk bulat dan ditetesi obat merah. Dalam sehari proses ini diulang antara 4-5 kali. Tiap Sehabis BAB berendam 15 menit di cairan PK atau dettol. Diharuskan banyak makan pepaya, sayuran dan banyak minum, kalau perlu minum obat pelembut feses. Paket operasi di klinik wasir safute sudah termasuk obat-obatan, tempat berendam, dan konsultasi gratis seumur hidup ๐Ÿ™‚
image

Berikut pengalaman yang akan saya share selama 11 hari pasca operasi :
Hari pertama : operasi jam 11.00 kira-kira jam 1 an SF pulang mengendarai motor (nyetir sendiri). Sampai rumah baru kerasa ga nyaman. Nyeri makin terasa. Malam hari tidur kurang nyenyak. Posisi tidur paling nyaman dengan berbaring, dengan kedua kaki sedikit ngangkang. Kalau digambarkan rasa sakit dan ga nyamannya masih dibawah rasa sakit dan ga nyaman sewaktu menderita fistula. Khusus untuk duduk memang pasca operasi rasanya lebih sakit.
Hari ke- 2 : BAB pertama, eng ingg enggg… ini yang terasa sedikit nyeri. Karena feses bergesekan dengan luka pasca operasi.. setelah itu rasa perih terus-terusan terasa namun masih batas toleransi. Tidur terasa kurang nyenyak. Duduk juga sangat ga nyaman. Disarankan banyak berbaring. Sakit akibat iritasi meningkat sampai hari ke 4. Duduk lama dan berdiri lama masih ga kuat.
Hari ke-4 : BAB masih jadi momok karena nyeri terasa. Sf memutuskan datang konsultasi ke dokter naik motor. Sensasi ridingnya : nyeri menahan sakit selama perjalanan ๐Ÿ™ . Hasilnya overall luka membaik namun ada beberapa titik terjadi iritasi akibat gesekan luka operasi dengan feses saat bab (kesalahan SF fatal yakni makan mi instan beberapa kali selama 4 hari , bikin bab ga tuntas), dokter kembali memberi resep berupa salep dan obat minum untuk mengatasi iritasi. Hari-hari selanjutnya nyeri semakin berkurang.
Hari ke 6: Nyeri kembali terasa agak kuat sampai 2 hari , hal ini karena semua obat sudah habis. SF kembali konsultasi ke dokter lewat whatsapp kirimkan foto luka ferakhir… menurutnya kondisi luka membaik namun sepertinya ada iritasi. Dokter kembali menyarankan SF beli obat penahan nyeri, perawatan luka sedikit diubah dari semula tampon (ganjal kasa) yang diberi obat merah menjadi kasa plus salep faktu. Selanjutnya nyeri sedikit berkurang. Namun waktu bab dan setelah bab nyeri masih terasa.
Hari ke 8 : SF sudah berani riding kekantor sejauh total 40 km, pulangnya lebih terasa nyeri dan ga nyaman.
Hari ke 11 : Rasa nyeri berkurang, sudah kuat duduk lama namun perlu sesekali beristirahat (berbaring ), sudah kuat naik motor satu jam nonstop di kemacetan, sudah kuat kerja sehari penuh. Kondisi luka sudah mengalami penyempitan , hampir separuh dari kondisi semula. Namun sakit sewaktu BAB dan setelah BAB masih terasa.
Nah.. artikel selanjutnya akan SF share apa yang seharusnya boleh dan tidak boleh dilakukan pasca penyembuhan operasi.

33 thoughts on “Sharing perawatan pasca operasi filtula ani”

  1. Makasih banyak mas SF… Sharing mas SF sangat membantu bagi saya yang ingin berobat ke klinik safute. Walaupun saya hanya wasir dan bukan fistula ani, setidaknya dari sharing mas SF bisa memberi saya gambaran mengenai pasca operasi “knalpot” di klinik safute ini.

    Mas SF di fistula aninya external ya? Bukan internal? Kalo wasir saya sptnya internal + external. Nggak sakit sih, tapi bener2 mengganggu aktifitas saya yang sehari2 naik motor kesana kemari. Semakin lama semakin bertambah ukurannya, dan terasa semakin ngganjel kalau duduk ataupun berdiri.

    1. Sip mas bro… banyak orang merasa malu sama penyakit ini dan menyimpan untuk diri sendiri. Akibatnya wasir membesar. Yup mas bro fistula saya eksternal. Klo wasir semoga ga perlu dijebol saluran anusnya. Alias diambil dari luar Usahakan ambil cuti / libur agak lama agar konsentrasi ke penyembuhan. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Segera konsultasi saja. Dokternya ramah banget. Konsultasi juga gratis . Salam deh buat dokter Panji kalau ke pondok kelapa ๐Ÿ™‚

  2. begh serem jg om…kyak cerita om yudibatang klo malem jumat,
    btw ad saran nga’ buat mencegah sebelum kena….???.

  3. mas bro… dulu waktu ane dioprasi fistula ani dokter hanya memperlihatkan nanah di gelas kecil yang berhasil dikeluarkan tapi tidak ada jaringan yang diangkat, kok beda ya mas bro..? and setelah dioperasi pun penyakit ane blom sembuh sampe sekarang trus ketika bokong ane diraba masih kerasa benjolan yang semakin hari menurut ane semakin besar. apakah penyakit ane ini fistula internal trus apa bedanya dengan fistula external and harus gimana cara penyembuhan nya…?

    1. Yang namanya fistula pasti ada muara nanahnya. Kecuali masih stadium awal pusat fistula sedang mencari muara keluar.
      Mungkin yang dimaksud fistula eksternal atau internal muara nanahnya kali ya? Setahu saya istilah eksternal dan internal ada pada wasir.
      Penyembuhannya yang paling baik diangkat total pusat fistulanya serta salurannya. Memang bikin ga nyaman namun tingkat kekambuhan minim. Pencegahan tentunya dengan gaya hidup sehat. Untuk lebih jelasnya tentu harus kedokter. Karena artikel ini hanya pengalaman saya. Semoga bro Randy dikaruniai kesabaran dan kesembuhan dari penyakit yang ga nyaman ini

  4. Wah…
    Asik ya, sharing2 pengalaman + seputar motor…
    Jadi dalam sebuah blog gak ngebahas tentang motor aja,
    Tapi ada sharing2 pengalaman kehidupan dikit…

    Sip deh mas…

    Motor dan manusia hampir sama…
    Satu gejala yg didiamkan, maka akan merusak ke yang lain…
    Ada keterikatan batin..?
    Kita tidak tau..~_~

  5. Sy pasca oprasi ke 3 untuk fistel ditelinga bag luar,smoga ini yg terakhir,karena 10 th oprasi yg ke 2,ini kambuh Lยชgi,makanan โˆ‚pโˆ‚ yg โ€Žโ€‹ฦรคยช๎š• boleh dimakan ฮซยชยช?n โˆ‚pโˆ‚ โ€Žโ€‹ฦรคยช๎š• boleh basah terus karena kalo kramas takut air masuk ke lubang oprasi,barangkali bisa kasi info cara pnyembuhan biar โ€Žโ€‹ฦรคยช๎š• kambuh lg?
    Trims sebelumnya

  6. kami menyediakan obat u/ mempercepat penyembuhan pasca oprasi,jd yg oprasi bisa sembih berminggu2/hitungan bulan,klw pakai ini bisa dg hitungan hari…minat bisa kontak 081226147663/pin bb 282a150f

  7. Saya mau nambah sharing ttg perawatan pasca operasi fistula: kebersihan penting sekali di jaga. Berendam dg larutan detol 4x/ sehari. Air harus hangat tapi tidak boleh panas sekali (nanti terbakar). Air detol/ anti bakteri utk mematikan bakteri2 sekitar anus dan air hangat utk membantu mengurangi rasa nyeri. Sesudah itu dikwringkan dgn handuk (jgn digosok) kl bisa pakai hair dryer. Makanan harus yg banyak serat. Selama 3 minggu janagn makan karbohidrat yg proses dan gula. Karena bakteri hidup nya dari gula; infeksi jadi susah sembuh apalagi penderita diabetes. Jangan lupa, makan obat pelembut BAP 3x sehari dan minum HARUS banyak 8-10 gelas sehari. Semoga sharing saya bermanfaat.

    1. Sebelum lupa, ada beberapa hal
      lagi yg saya mau share: minum vitamin C 1000 cc utk daya tahan tubuh dan membantu pemulihan pasca operasi. Minum jus buah atau sayuran, jangan makan lemak dulu spt susu, keju, santan dan sejenis nya. Kalau harus duduk lama2, bisa beli pelampung anak kecil (karena tengah nya bolong), atau duduk di atas bantal yg buat leher (utk travel), atau bisa ke tukang jahit, minta dibuatkan bantal melingkar …:-). Olah raga ringan… jalan2 di tempat utk melancarkan peredaran darah (membantu pemulihan spy tidak infeksi). Semoga bermanfaat. Semoga cepat sembuh.

    2. Saya masih blm jelas dengan metode berendam dengan larutan sementara tampon dan perban masih dijalankan. Jadi ketika berendam larutan apakah tampon & perban harus dilepas ataukah tetap terpasang? Terima kasih sebelumnya.

      1. pasca operasi saya kali ini tidak menggunakan tampon dan kapas. Skg luka dibiarkan terbuka… jadi harus berendam 3-4x sehari utk menghilangkan nyeri dan bakteri. Tahun lalu, saya ada abses, lalu di kuret (operasi kecil), pasca operasi nya di kasih tampon dan perban… 2 hari kemudian (setelah tampon di cabut) di anjurkan “sits bath”. Coba tanyakan ke dokter, kapan packing nya (tampon dan perban) dibuka?

  8. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan…
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal…disertai demam…sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa…dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh…tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi…dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula…saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula…tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol….!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan…dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab…akan tetapi prouduk nya 3-6 macam dengan harga yang cukup mahal…wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya…ya akhir nya saya coba juga… Dan ambil yang paket buster karna saya ingin cepat sembuh karna ini sangat menyiksa saya…3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan pada akhir nya alham dulillah baru 6 minggu saya minum hasil nya gila!!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi…tapi makanan juga harus di jaga juga…bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh secepat nya kita bisa sharing…ini no saya…hp 085361675232 & bbm 7cb2b113… Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula…AMIN

  9. Mohon pencerahan saya habis mlakukan operasi wasir tp masih tkut utk Bab apakah ada saran utk melakukan bab? Setelah pasca operasi wasir

  10. SAYA RIFZKY ASAL TASIKMALAYA DULU MENGIDAP FISTULA ANI & SUDAH MENJALANI OPRASI DI BANDUNG DAN HASIL NYA LUBANG FISTULA MAKIN BANYAK DAN MALAH MAKIN PARAH…UNTUNG NYA SAYA ADA BUKA WEB DAN DAPAT KONSULTASI LANGSUNG DNG PAK YUSUF DARI ACEH…AWAL NYA SAYA TIDAK PERCAYA TAPI SAYA PASRAH DAN COBA PESAN OBAT DARI BELIAU…DAN HASIL NYA LUBANG DAN BENJOLAN YG ADA DI ANUS SAYA KERING DAN KEMPES…SEHIN GGAH SAYA BISA BEKERJA LAGI SEPRTI BIASA…BUAT SAUDARA YG BELUM SEMBUH SAYA SARAN KAN COBA HUB BELIAU DAN COBA OBAT DARI BELIAU…INSYAH ALLAH FISTULA NYA BISA SEMBUH…

Leave a Reply

Your email address will not be published.