Apa yang boleh dan tidak saat perawatan wasir/fistula

Anjuran dari dokter dan beberapa artikel yang SF baca. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat perawatan pasca operasi fistula ani
Disarankan:
+Banyak makan sayuran dan buah terutama yang berserat,
+Banyak minum,
+Perbanyak istirahat
+Jaga kebersihan luka, disiplin ganti tampon atau perban 4-5 kali sehari,pagi hari hati2 saat melepas perban karena biasanya perban/tampon mengering dan menempel dengan luka. Basahi dulu dengan berendam atau ditetesi air/rivanol
+Berendam dengan larutan disinfektan15 menit sehabis bab
+BAB teratur
+Makanan harus dikunyah halus sebelum ditelan
+disiplin minum obat dan mematuhi segala anjuran dokter

Hal yang harus dihindari
-terlalu banyak aktivitas seperti duduk/berdiri terlalu lama (dilarang keras pada Minggu pertama)
-makanan pedas,mengandung soda/alkohol,makanan kecut yang merangsang asam lambung
-menahan BAB karena takut sakit… bahaya karena semakin lama BAB ditahan air dalam feses diserap tubuh dan mengakibatkan feses mengeras
-makanan terlalu banyak bumbu kental misalkan masakan padang
-mie instan
-makanan keras misal tulang ayam/ikan
-mengejan terlalu kuat saat BAB, (jika feses dirasa terlalu keras gunakan pelembut feses atau obat pencahar)

Tambahan sedikit rangkuman untuk mencegah agar sobat sekalian tidak terkena penyakit “perknalpotan” ini (wasir,fistula,fissura)
*bagi pekerja kantoran/biker hindari duduk terlalu lama, selingi dengan berdiri,jalan dan minum yang banyak
*Perhatikan pola makan, intinya hindari feses keras dan kasar, kuncinya perbanyak makanan berserat
*olah raga yang cukup
*hubungan s#x lewat “jalan belakang” sangat dilarang
*BAB secara rutin, hindari BAB sambil baca buku , ngeblog (ini kebiasaan SF dulu), berlama2 di kloset bikin otot anus menerima beban terlalu lama. Jangan terlalu sering mengejan saat BAB.

Tentunya masih banyak hal yang mungkin terlewat mengingat SF bukan ahlinya. Jika ada keluhan jangan malu untuk konsultasi dengan ahlinya. Semakin lama ditahan bisa semakin parah penyakitnya. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kesehatan .
Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang lain. Jika ada tambahan atau sharing silahkan berbagi dengan saudara kita yang lain

33 thoughts on “Apa yang boleh dan tidak saat perawatan wasir/fistula”

  1. Makasih sharingnya mas SF…
    Sepertinya pantangan penderita wasir dan fistula sama ya? Saya pingin wasir saya dioperasi juga benernya, walaupun agak takut pasca operasinya..
    Pekerjaan saya sehari2 memang lebih banyak duduknya (di kantor dan di perjalanan dengan motor), dan pola makan saya yang kurang sehat, ditambah hobi sewaktu kecil nongkrong lama2 di wc sambil baca komik hahahaha… Penyesalan selalu datang terlambat

  2. Maaf lupa nanya mas.. Mas sf puas nggak dengan pengobatan di klinik safute? Saya juga sempat mikir2 di beberapa tempat mulai dari prof bafar yang harganya sadis, hingga klinik safute. Sptnya yang paling masuk akal hanya klinik safute ya untuk wasir saat ini?

    1. Selama ini sangat puas dengan pelayanannya… kapanpun konsultasi by sms Atau whatsapp selalu ditanggapi .enaknya lagi garansi 3 bulan. Jika perlu tindakan lagi free…
      Tapi overalll tunggu kesembuhan total… apakah nanti sembuh total atau bisa kambuh lgi.

      1. Maaf mau tanya waktu abis operasi kan pemulihan ya dan ada rasa gatal . Itu rasa gatalnya kira” sampai kapan ya ? Saya sekitar 2 bulan yang lalu abis operasi juga sama dr.panji dan ini sudah 3 hari mulai gatal lagi . Makasih kaa 🙂

        1. Iya saya juga sampai 6 bulanan kulit baru agak sensitif dan gatal. Elastisitas juga berkurang… jadi waspada jangan sampai BAB keras… karena resiko lecet. Sekarang dah setahunan masih kerasa kalau kulit kurang elastis. Jadi BABnya diusahakan setiap pagi biar ga keras

        2. maaf saya jg sudah operasi dg dokter panji sekitar sebulan yg lalu. Dan sekarang seringkali terasa gatal. Apakah anda masih merasakan gatal jg ? kalau sudah tdk terasa lagi, setelah berapa lama rasa gatalnya hilang ?

  3. ingin berbagi pengalaman juga. suamiku setahun yang lalu menderita seperti bisul di dekat anus, karena dianggap cuma bisul, alhasil penyakit itu hanya dibiarkan saja dan tidak diobati . alahamdulilah sembuh,,, tapi belakangan si bisul datang lagi, lebih besar, lebih menyakitkan sampai badan panas menggigil. dengan paksaan akhirnya dia mau untuk memeriksakan penyakitnya ke dokter. awalnya saya bawa dia ke dokter penyakit dalam, oleh dokter penyakit dalam diberi surat rujukan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter bedah. di sinilah baru ketahuan kalau penyakit yang kecil dan sangat merepotkan itu adalah fistula dan harus dilakukan tindakan operasi, karena kata dokter kalau dibiarkan fistula itu bisa berubag menjadi tumor atau keganasan. well, saat ini dia sedang menjalani pemeriksaan-pemeriksaan sebelum dilakukan tindakan opersai. semoga ini menjadi pelajaran berharga yang bisa dia petik dan juga oleh semua teman-teman. selam ini pola hidup suami saya memang jauh dari kata sehat. setiap hari sibuk bekerja , jika ada waktu luang lebih baik dia gunakan untuk bermain game, atau touring ke berbagai kota dengan klub motornya. jangankan untuk olahraga, sama sekali tidak terlintas di benaknya, pola makanpun juga berantakan , dia lebih baik lapar apabila disuruh makan sayur, sayur jenis apapun dia tidak mau.
    selama ini saya sudah cukup cerewet untuk selalu mengajaknya menjalani pola hidup sehat, tapi sama sekali tidak pernah digubris, semoga dengan penyakit kecil ini akan menyadarkanya untuk menjalani hidup yang lebih sehat. makan makanan seimbang dan olahraga teratur.

    1. Wah kalau kena penyakit saluran keluar.. buah dan sayur wajib tuh… jika ga mau sayur, buah terutama pepaya akan sangat membantu. Pepaya membantu melunakkan feces agar saluran keluar ga tersiksa…

  4. Klo mau d operasi mending ke dr. Panjinpriambudi aja, di jamin. Sya baru 2 minggu d operasi wasir stadium 3 alhamdulilah skrang ada perbaikan. Semoga klinik wasir safute lebih maju.

  5. Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal…disertai demam…sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa…dan saya di anjur kan untukbrtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh…tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik dimeuraxabanda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi…dalamhati saya wahgawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkanfistula…saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nyabisa sembuhkan fistula…tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol….!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan…diamenganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat bagus ya itu chitin+cordycep +cal ….wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya…ya akhir nya saya coba juga…dan demi allah alham dulillah baru 6 minggu saya minum hasil nya gila!!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi…tapi makanan juga harus di jaga juga…bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh secepat nya kita bisa sharing…ini no saya…hp 085361675232 & bbm 7cb2b113… Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua.

  6. Alhamdulillah…kami sudah sembuh dari fistula setelah sekian lama menderita…sudah oprasi 3 x tapi bukan makin sembuh malah makin parah..tapi allah memberi jalan dan pada akhir nya saya konsultasi dng dr yusuf…dan beliau anjurkan kosumsi obat dari dia selama 3 bulan…dan akhir nya dahsyat…fistel tak sakit lagi dan kami bisa be kerja lg…sekali lagi trimakasih dr yusuf…

    1. Saya pasien fistula dan sudah dilakukan operasi 4 hari lalu. Tetapi saya ingin melakukan konsultasi langsung dengan dr. Yusuf seperti yg ibu/bpk sampaikan. Mohon sekiranya saya diberikan ruang utk bisa berkonaultasi dg beliau. Bagaimana caranya ya? Mohon informasi dan pencerahannya. Terima kasih banyak

      1. Saya juga pasien fistula 3minggu yang lalu…sampai sekarang luka juga blum menutup kadang juga terasa gatal dan masih keluar nanah sedikiit… Apa emang begitu yaa mas SF.??…
        Trus dibekas lubang operasi ada melentung keciil saya takut sekali klo itu tumbuh fistula lagi… Pas kontrol uda ak ditanyain ke dokter katanya gpp itu tumbuh nya daging baru…
        Yaah mudah mudahan bener dan gak kambuh kambuh lagi ini penyakit…nyiksa banget pas paska op nya ??

Leave a Reply

Your email address will not be published.